SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Banyuwangi merupakan salah satu kota eksotis di Jawa Timur yang menyimpan banyak pesona keindahan dan kuliner makanan khas yang masih jarang diketahui orang. Meski berada di Jawa Timur, budaya yang dimiliki Banyuwangi sedikit berbeda dari kebanyakan suku di pulau Jawa terutama urusan kuliner.

Ada banyak Makanan Khas Banyuwangi yang terkenal dengan kelezatannya namun hanya bisa Anda temukan saat berkunjung ke Banyuwangi saja. Sehingga tidak heran bila banyak Paket Wisata Banyuwangi yang juga menawarkan perjalanan wisata kuliner kepada para wisatawan.

Berbagai macam hidangan unik, lezat, dan menarik Suku Osing bisa Anda coba mulai dari makanan besar atau sekedar cemilan. Agar tidak bingung mencari, Berikut ini 18 rekomendasi makanan khas Banyuwangi yang wajib Anda coba saat berkunjung.

Daftar Minuman dan Makanan Khas Banyuwangi yang Terkenal

Rujak Soto 2400

rujak soto

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Salah satu makanan khas Banyuwangi yang sangat unik dan menarik adalah Rujak Soto yakni perpaduan nikmat antara rujak dan soto. Rujak yang digunakan juga bukan rujak biasa melain rujak sayur yang dicampurkan dengan soto daging atau soto babat.

Resep Rujak Soto juga cukup sederhana cukup siapkan bumbu rujak petis dengan isian kangkung, tauge, kacang panjang, tahu, dan tempe. Lalu buat soto daging seperti biasanya, setelah itu siramkan kuah soto ke isian rujak dan berikan bumbu petis diatasnya.

Jika Anda ingin menikmati Rujak Soto ini bisa datang ke Dusun Kepatihan tepatnya ke kedai Rujak Soto Mbok Bret. Harga Rujak Soto di tempat ini biasanya dibanderol sekitar Rp20.000,00 per porsinya dengan ukuran yang cukup mengenyangkan.

Wedang Secang

Wedang Secang

Selain makanan unik, Banyuwangi juga memiliki minuman enak dengan berbagai khasiat untuk kesehatan yakni Wedang Secang atau sering disebut Secang. Seperti namanya, minuman ini terbuat dari serutan pohon secang dengan tambahan rempah seperti jahe, serai, kayu manis, cengkeh, dan kapulaga.

Cara membuat Wedang Secang ini pun cukup mudah tinggal rebus semua bahan dengan air mendidih dan minum selagi hangat. Masyarakat percaya Manfaat Kayu Secang dalam minuman ini mampu melegakan tenggorokan sekaligus meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.

Anda bisa menemukan dengan mudah minuman ini dijual di berbagai angkringan atau warung sederhana di Banyuwangi. Segelas Wedang Secang biasanya dibanderol sekitar Rp5.000,00 hingga Rp10.000,00 dan bisa dibeli mentahannya.

Pecel Pitik

Pecel Pitik

Bosan dengan pecel ayam atau pecel lele yang biasa saja? Pecel Pitik Khas Banyuwangi ini bisa jadi pilihan Anda. Sedikit berbeda dengan pecel ayam pada umumnya, Pecel Pitik dari Banyuwangi menambahkan parutan kelapa sebagai pendamping nasi dan ayam.

Resep pecel pitik khas Banyuwangi bisa Anda terapkan dengan mudah di rumah karena bahannya gampang didapatkan. Penyajiannya juga masih sangat sederhana, ayam yang sudah dibumbui dan dipanggang kemudian disuwir dan ditaburi sejenis urap dari kelapa. Pecel pitik ini biasa disajikan dengan sayuran rebus serta sambal dan lalapan segar sebagai teman bersantap nasi hangat.

Banyak orang yang menyukai cita rasanya yang gurih dan pedas tidak hanya suku Osing asli Banyuwangi namun juga para wisatawan. Salah satu tempat terkenal untuk menikmati hidangan Pecel Pitik ini terletak di Desa Adat Osing Kemiren Banyuwangi. Porsi yang ditawarkan cukup besar dengan harga yang terjangkau yakni sekitar Rp10.000,00 hingga Rp20.000,00 per porsinya.

Es Setup

Es Setup

Es Setup merupakan salah satu jenis minuman khas Banyuwangi yang dikenal juga sebagai es buah di kalangan masyarakat. Minuman ini sering terlihat dijual saat bulan puasa dengan menggunakan gerobak kaca yang berisi penuh es setup dengan berbagai buahnya. Namun sedikit berbeda dengan es buah, Es Setup ini memiliki kuah atau air yang bening dengan rasa manis yang pas.

Meski begitu resep setup buah ini tidak jauh berbeda dari es buah bahkan lebih mudah karena tidak memerlukan banyak bahan. Bahan yang diperlukan hanya buah nanas, pepaya, apel, kolang kaling, kayu manis, cengkeh dan gula. Pertama rempah-rempah direbus bersama gula lalu masukan kolang kaling masak hingga mengental baru kemudian tambahkan potongan buah dan siap disajikan.

Rasa manis, dingin, dan menyegarkan dari es setup mampu menghilangkan dahaga dari panasnya cuaca di Banyuwangi. Anda bisa menemukan dengan mudah Es Setup ini dijual di berbagai tempat wisata di Banyuwangi dengan harga yang murah. Satu bungkus atau satu porsi Es Setup ini biasanya dijual dengan harga mulai dari Rp8.000,00.

Bolu Kuwuk

Bolu Kuwuk

Bolu Kuwuk atau lebih dikenal dengan Bolu Kering merupakan makanan khas Banyuwangi yang sering disajikan saat lebaran. Ukuran bolu ini sangat kecil dengan rasa yang renyah dan nikmat sehingga sering dijadikan sebagai oleh oleh khas Banyuwangi.

Resep Bolu Kuwuk sendiri cukup mudah karena hanya memerlukan tepung terigu, telur, dan gula yang dicampur bersama. Setelah semua bahan tercampur tinggal dibentuk seperti kura-kura lalu dipanggang dalam oven hingga mengembang dan matang. Bolu Kuwuk atau Kelemben ini sering dihidangkan sebagai teman bersantai menikmati kopi hangat.

Anda bisa mendapatkan sebungkus Bolu Kuwuk ini di berbagai toko oleh oleh khas Banyuwangi yang ada di Kota dan sekitarnya. Biasanya satu bungkus berisi 12 hingga 24 biji dan dijual dengan harga sekitar Rp10.00,00 hingga Rp20.000,00.

Sego Cawuk

Sego Cawuk

Banyuwangi juga memiliki berbagai macam jenis nasi campur yang tidak kalah nikmat dengan nasi campur lain salah satunya Sego Cawuk. Sego Cawuk ini merupakan nasi campur khas Banyuwangi yang berkuah gurih dengan rasa yang manis. Nama cawuk sendiri diberikan karena pada awalnya makanan berkuah ini disantap menggunakan tangan sehingga disebut cawuk

Nasinya disajikan bersama dengan gendam kuah pindang dengan lauk pepes ikan, dendeng, dan pindang telur serta parutan kelapa atau gecok. Gecok sendiri merupakan parutan kelapa yang sudah diberi campuran teri kecil sehingga memiliki rasa yang gurih. Campuran berbagai bahan tersebut membuat Nasi Cawuk memiliki cita rasa unik dan khas yang membuat siapapun ketagihan.

Ada banyak tempat untuk Anda bisa menikmati Sego Cawuk ini di Banyuwangi namun yang paling terkenal adalah Warung Mak Mantih. Warungnya terletak di dekat Stasiun Rogojampi, Pancoran Kulon dan buka mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Satu porsi Sego Cawuk ini biasa dijual dengan harga sekitar Rp10.000,00 sampai Rp15.000,00 tergantung dengan lauknya.

Uyah Asem Pitik

Uyah Asem Pitik

Butuh makanan yang menyegarkan dan menggugah selera, Uyah Asem Pitik Khas Banyuwangi ini bisa jadi menu pilihan yang tepat. Secara harfiah Uyah Asem Pitik berarti Ayam Asam Asin dan menjadi salah satu makanan khas Banyuwangi yang wajib dicoba. Masakan ini terbuat dari ayam kampung dengan kuah asam pedas gurih yang siap membuat lidah Anda bergoyang.

Uyah Asem Pitik sendiri cukup mudah dibuat, cukup sediakan ayam, belimbing wuluh, kecombrang, ranti, daun jeruk dan bumbu dapur lainnya. Mula-mula rebus ayam selama 10 menit lalu tiriskan sambil siapkan bumbu halus untuk ditumis dari bawang, cabai, dan ranti. Setelah ditumis masukan ayam serta air rebus baru bersama dengan belimbing wuluh, kecombrang, daun jeruk dan bumbu, masak hingga matang.

Rasa asam dari belimbing wuluh dan aroma daun jeruk yang segar membuat hidangan ini terasa nikmat disantap selagi hangat. Anda bisa menemukan Uyah Asem Pitik ini di berbagai restoran serta rumah makan khas Banyuwangi yang ada di kota dengan harga bervariasi. Biasanya Uyah Asem Pitik dijual dengan harga sekitar Rp25.000,00 hingga Rp60.000,00 per porsinya tergantung tempat.

Pindang Koyong

Pindang Koyong

Selain Uyah Asem Pitik yang memiliki rasa segar, Pindang Koyong juga bisa jadi pilihan terutama untuk Anda penikmat ikan. Pindang Koyong ini menggunakan ikan tenggiri atau ikan tongkol yang dimasak pindang dengan kuah asam yang segar. Sekilas Pindang Koyong mirip dengan Soto Ikan namun dengan bumbu yang sedikit berbeda.

Disamping bumbu dapur, Pindang Koyong juga menggunakan lengkuas, kemiri, jahe, kunyit, serai, belimbing wuluh, dan daun jeruk dalam masakannya. Ikan yang sudah dibersihkan direbus bersama lengkuas, daun jeruk, serai, dan cabai sebelum ditambahkan bumbu halus dan belimbing wuluh. Setelah semua tercampur rata dan diberi garam serta gula Pindang Koyong siap disajikan bersama nasi hangat.

Rasa kuahnya yang segar dan daging ikan yang lembut bisa jadi teman makan nikmat saat panas di siang hari. Pindang Koyong ini sering menjadi menu utama di sejumlah rumah makan di Kota Banyuwangi dan sekitarnya. Untuk harganya sendiri bisa dibilang cukup terjangkau karena hanya sekitar Rp7.000,00 per porsinya tergantung jenis ikan yang digunakan.

Pecel Rawon

Pecel Rawon

Pecel Rawon atau Rawon Pecel juga termasuk makanan khas Banyuwangi yang cukup unik karena memadukan dua hidangan berbeda dalam piring. Konsepnya hampir sama dengan Rujak Soto yakni mencampur Rawon dengan Pecel yang terkenal nikmat dan lezat.

Untuk membuatnya pun sangat mudah cukup siram nasi dengan rawon lalu tambahkan berbagai sayuran pecel lengkap dengan bumbunya. Tidak lupa tambahan rempeyek serta sambal pedas untuk menjadi pelengkap nikmat hidangan pecel rawon ini.

Ada banyak tempat yang bisa Anda pilih untuk menikmati Pecel Rawon, namun yang paling terkenal adalah Rumah Makan Pecel Ayu. Satu porsi Nasi Pecel Rawon ini juga sangat terjangkau yakni sekitar Rp5.000,00 hingga Rp10.000,00 tergantung lauknya. Karna harganya yang relatif murah dan enak, pecel rawon menjadi oleh-oleh khas Banyuwangi.

Botok Tawon

Botok Tawon

Makanan khas Banyuwangi yang tidak kalah unik adalah sayur yang menggunakan tawon dan lebih dikenal warga Banyuwangi sebagai Botok Tawon. Bagian yang digunakan juga tidak sembarangan, Botok Tawon menggunakan sarang lebah serta telur anak lebah yang masih menempel di sarang.

Cara membuat Botok Tawon ini sama seperti membuat botok pada umumnya dimana larva tawon dibumbui kemudian dikukus menggunakan daun pisang. Rasa larva tawon yang pedas, asam, manis, dan gurih dipercaya mampu meningkatkan stamina pria dan mencegah berbagai penyakit.

Jika Anda ingin menikmati Botok Tawon bisa datang ke Warung Simpang di Lemahbang Kulon, Rogojampi Banyuwangi. Warung ini dikenal juga sebagai Botok Tawon Bu Misnah yang sudah berdagang Botok Tawon sejak tahun 1981. Untuk harganya Botok Tawon ini cukup terjangkau karena berkisar antara Rp5.000,00 hingga Rp20.000,00 tergantung dengan lauknya.

Sup Kesrut

Sup Kesrut

Satu lagi makanan khas Banyuwangi yang wajib untuk Anda coba adalah Sup Kesrut, salah satu masakan berkuah pedas Suku Osing. Nama Kesrut sendiri berasal dari bahasa Osing yang menandakan bunyi hidung yang meler saat menyantap hidangan pedas ini

Sup Kesrut bisa dibilang sebagai versi pedas dari Uyah Asem Pitik dan sering menjadi sayur pendamping dari Sego Tempong. Cara memasaknya pun hampir sama dengan Uyah Asem Pitik yang berbeda hanya bumbu yang digunakan seperti tambahan cabai dan terasi. Rasa ayam dengan kuah yang pedas mampu menggugah selera makan Anda untuk terus menambah.

Hidangan tradisional Suku Osing ini sudah cukup sulit untuk ditemukan, hanya beberapa tempat saja yang masih menjual Sup Kesrut. Salah satu tempat paling terkenal untuk menikmati hidangan ini terletak di Dusun Karangsari tepatnya di Ayam Kesrut Kanggo Riko. Biasanya satu porsi Sup Kesrut ini dijual dengan harga Rp30.000,00 dengan porsi lengkap termasuk lalap, tempe, dan lainnya.

Sego Tempong

Sego Tempong

Bagi Anda penikmat pedas, Sego Tempong atau Nasi Tempong ini wajib masuk daftar wisata kuliner Banyuwangi yang harus Anda coba. Sego Tempong sendiri sejenis nasi sambal yang memiliki rasa begitu pedas sehingga serasa seperti ditampar atau ditempong dalam bahasa Osing.

Hal yang membuat hidangan ini istimewa adalah sambal pedasnya yang terbuat dari cabai rawit, ranti, terasi, dan jeruk limau. Rasa pedas yang segar dari sambal disandingkan dengan berbagai lauk dan sayur seperti ikan jambal, lalapan, hingga sup kesrut.

Tempat yang bisa Anda kunjungi untuk menikmati Sego Tempong ini terletak di Jl. Kolonel Sugiono tepatnya di Warung Mbok Nah. Satu porsi Sego Tempong biasa dijual sekitar Rp6.000,00 hingga Rp12.000,00 tergantung lauk dan sayurnya.

Nasi Kalak

Nasi Kalak

Banyuwangi juga memiliki sajian nasi rames yang khas yaitu Nasi Kalak yang termasuk salah satu masakan dari Suku Osing. Nama Kalak berasal dari jenis sambal yang digunakan untuk hidangan ini yaitu Sambal Kalak, sejenis sambal terasi khas Banyuwangi.

Untuk mendampingi nasi dan sambal biasanya ditambahkan mie kuning, daging suwir, telur, tahu, tempe, dan tumis kacang panjang. Tidak lupa ditambahkan juga lalapan, serundeng kelapa, dan bakwan jagung untuk menambah nikmat sajian Nasi Kalak ini.

Nasi Kalak bisa Anda nikmati di sejumlah Rumah Makan Khas Banyuwangi yang tersebar di seluruh Kota Banyuwangi. Untuk harganya, Nasi Kalak ini biasa dijual dengan harga mulai dari Rp8.000,00 hingga Rp15.000,00 tergantung lauknya.

Sego Bungkus

Sego Bungkus

Hidangan nasi yang cukup legendaris di Banyuwangi adalah Sego Bungkus yang berbeda dari nasi bungkus pada umumnya. Sego Bungkus Banyuwangi ini memiliki ciri khas pilihan nasinya yang beragam mulai dari nasi putih, nasi merah, hingga nasi jagung.

Selain itu Anda juga bisa bebas memilih sayur dan lauk yang tersedia dan kebanyakan adalah sayur rumahan tradisional. Modelnya yang prasmanan ini membuat banyak wisatawan tertarik dan senang untuk berkunjung dan makan.

Jika Anda ingin menikmati Sego Bungkus bisa datang ke Sego Bungkus Bu Poer yang sudah terkenal berjualan sejak tahun 1987. Satu porsi dari Sego Bungkus Bu Poer ini juga sangat murah yakni mulai dari Rp5.000,00 tergantung dengan lauknya.

Kupat Lodoh

Kupat Lodoh

Selain Lontong Campur, Kupat Lodoh juga bisa jadi pilihan Makanan Khas Banyuwangi untuk Anda yang bosan dengan nasi. Kupat Lodoh ini biasanya disajikan saat malam hari atau hari raya dan jadi kuliner malam favorit sebagian besar warga Banyuwangi.

Untuk membuatnya Kupat yang sudah dipotong potong disajikan dengan ayam lodoh atau ayam goreng bumbu kelapa dan juga telur pindang. Ayam Lodoh inilah yang membuat Kupat Lodoh istimewa dengan rasanya yang gurih dan pedas.

Anda bisa menikmati Kupat Lodoh dengan mudah dengan mengunjungi Desa Oleh sari di akhir pekan saat acara Jajan Bengi berlangsung. Satu porsi Kupat Lodoh ini juga sangat terjangkau karena hanya sekitar Rp8.000,00 hingga Rp10.000,00 tergantung lauknya.

Lontong Campur

Lontong Campur

Bila Anda bosan dengan hidangan nasi, Lontong Campur Khas Banyuwangi ini patut untuk Anda coba karena berbeda dari lontong biasanya. Lontong Campur Banyuwangi dikenal juga sebagai Lontong Campur Glenmore karena berasal dari daerah Glenmore Banyuwangi.

Uniknya lontong campur ini adalah kuah lontong campur yang menggunakan bumbu bali yang pedas dan kaya rempah. Untuk menemani lontong biasanya ditambahkan bihun, tahu dan daging bumbu bali, telur, terkadang juga diberi bumbu kacang serta karak.

Salah satu tempat terbaik menikmati Lontong Campur ini terletak di Pasar Glenmore dimana banyak warung yang menjual Lontong Campur enak. Harga satu porsi Lontong Campur Glenmore ini juga sangat terjangkau karena hanya dipatok seharga Rp7.500,00.

Selain beberapa makanan yang telah disebutkan diatas, masih banyak Makanan khas Banyuwangi yang bisa Anda nikmati di seluruh kota. Mengunjungi setiap tempat makan enak di Banyuwangi ini akan lebih mudah bila Anda menggunakan jasa sewa mobil Banyuwangi.

Sopir yang sudah berpengalaman dan mengerti seluk beluk kota siap mengantar Anda ke berbagai tempat makan menarik. Kemudian Anda juga bisa mendapatkan rekomendasi terbaik tempat bermain di Banyuwangi yang seru untuk dikunjungi.

Anda yang datang bersama rombongan juga tidak perlu khawatir karena banyak tempat sewa bus Banyuwangi yang siap mengakomodasi liburan Anda. Mulai dari hotel, perjalanan, hingga pulang membawa oleh-oleh khas Banyuwangi semua bisa Anda dapatkan.

Dengan begitu liburan dan kunjungan Anda di Banyuwangi bisa menjadi sangat berkesan, mudah, serta menyenangkan. Jadi tunggu apalagi segera jelajah berbagai pesona yang dimiliki Banyuwangi sekarang juga.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Banyuwangi, Kuliner



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (4 votes)