SalSari Resto & Coffee

Gunung Sibuatan merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Sumatera Utara. Ketika sampai di puncaknya, Anda akan tersaji keeksotisan pemandangan alam yang sangat menakjubkan.

Ketinggiannya mencapai 2.457 mdpl dapat membuat pengunjung bisa menikmati pemandangan sekitar dari ketinggian dengan leluasa. Bukan hanya saat sunset ataupun sunrise, pemandangan malam hari di sekitar lokasi juga begitu menawan.

Sejarah Tentang Gunung Sibuatan

sejarah Gunung Sibuatan

Gunung satu ini tercatat sebagai gunung tertinggi di Sumatera Utara dengan ketinggian mencapai 2.457 mdpl mengalahkan Gunung Sinabung. Hal ini karena Gunung Sinabung sempat mengalami beberapa erupsi yang menyebabkan ketinggian berkurang sampai 2.451 mdpl.

Dengan ketinggian tersebut, dari gunung ini pengunjung bisa memandang indahnya danau, bukit, sampai gunung lain. Oleh sebab itu, sering menjadi sebagai tujuan para pendaki yang ingin mencari sensasi berbeda saat melakukan pendakian.

Agar bisa menikmati keindahan pemandangan alam di puncaknya, pengunjung perlu melalui jalur pendakian yang melewati pepohonan cukup lebat. Ketika musim penghujan, di beberapa titik akan sangat becek bahkan lumpurnya mencapai lutut.

Informasi Harga Tiket Gunung Sibuatan

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp10.000,00
Parkir inap Motor Rp10.000,00

Mobil Rp20.000,00

Jam Operasional Gunung Sibuatan

Pengelola hanya membuka izin pendakian dari pukul 06.00 – 13.00, karena jika lebih dari itu merupakan waktu para hewan liar seperti macan dan harimau sedang keluar mencari makan.

Bagi yang sudah terlanjur, akan lebih baik jika menghabiskan waktu dengan berbelanja oleh-oleh khas medan yang tahan lama.

Selain berbelanja, Anda juga bisa mencicipi berbagai kuliner khas Medan lezat yang menggoyang lidah. Kesempatan-kesempatan berharga ini sayang untuk Anda lewaktkan.

Lokasi dan Rute Menuju Gunung Sibuatan

Lokasi dari Gunung Sibuatan ini terletak di Wilayah yang sama seperti Gunung Sinabung dan juga Sibanyak yaitu di Laksa, Kec.Pegagan Hilir, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Letkanya dekat dengan Danau Toba. Jadi, setelah melakukan pendakian bisa singgah sejenak di Danau Toba.

Rute menuju gunung Sibuatan harus melewati shelter-shelter yang telah ada di penjelasan sebelumnya. Manfaatkan layanan sewa Pajero Medan harian murah di Salsa Wisata untuk mengantarkan mu ke basecamp pendakian Gunung Sibuatan.

Jalur Pendakian Gunung Sibuatan

Jalur pendakian ini bermula pada Pintu Rimba Deleng Sibuaten yang memakan waktu sampai ke puncaknya sekitar 7-9 jam tergantung kondisi alam saat mendaki. Berikut rutenya:

Shelter 1

Start dimulai dari pintu Rimba kemudian menuju ke Shelter 1 dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menitan. Saat di perjalanan, Anda akan disajikan dengan pemandangan pepohonan rindang.

Shelter 2

Dari shelter 1 ke shelter 2 disebutkan memakan waktu sekitar 45 menit ditempuh dengan berjalan kaki. Perlu diketahui, pada rute ini pepohonan di sekitar semakin lebat dan Anda akan mulai menemukan lumu tebal.

Shelter 3

Anda memerlukan waktu sampai 3 jam untuk sampai ke shelter 3. Pastikan membawa makanan dan minuman agar tetap kuat untuk mencapai puncaknya sesuai dengan estimasi waktu yang telah ditentukan.

Apabila ingin beristirahat, jalur ini tepat dijadikan pilihan. Biasanya daerah tersebut memang dijadikan tujuan untuk beristirahat oleh para pendaki yang merasa kelelahan.

Shelter 4

Pada saat akan memasuki jalur ini, Anda perlu mempersiapkan tenaga dan fisik yang benar-benar kuat karena menjadi jalur terberat untuk mencapai puncak Gunung Sibuatan.

Mengapa disebut sebagai jalur yang cukup berat, karena ketebalan lumpurnya bisa mencapai 30-50 cm, selain itu juga udaranya semakin dingin.

Shelter 5

Meski hanya memerlukan waktu sekitar 1 jam berjalan kaki dari shelter 4, namun jarak dari kedua tempat ini cukup jauh. Dari lokasi ini, puncak Sibuatan sudah terlihat sangat menakjubkan.

Jika ingin mencapai puncaknya, kamu masih perlu mendaki dengan waktu sekitar 1 jam. Ketika akan melewati jalur satu ini, silahkan untuk mengaitkan sepatu lebih erat karena jalurnya semakin terjal.

Biasanya di shelter 5  menjadi tempat berkemah para pendaki yang ingin mungkin sudah kemalaman jika akan melanjutkan perjalanan.

Daya Tarik Gunung Sibuatan

camping di Gunung Sibuatan

Meskipun memiliki jalur pendakiannya yang cukup terjal, namun ada banyak pesona yang akan menyambut para pendaki saat berada di sana. Apa saja itu? temukan jawabannya pada ulasan berikut ini.

Sunrise dan Sunset yang Indah

Kenampakan alam paling banyak dicari oleh para pendaki gunung Sibuatan yakni sunrise dan sunsetnya. Sebab keindahannya terlihat lebih jelas dan bakal jadi momen tidak terlupakan.

Jangan lupa membawa kamera dan juga makanan khas Sumatera Utara yang enak untuk Anda nikmati sambil menyaksikan indahnya sunrise ataupun sunset. Kapan lagi bisa makan dengan sajian keindahan alam khas ketinggian.

Hutan Lumut

Di area sekitar lokasi pendakian memang terdapat hutan lumut dan berbagai flora langka. Pendaki yang melewati area tersebut biasanya akan dibuat takjub dengan pemandangan indah di sana.

Disebut sebagai hutan lumut karena memang ada banyak lumut yang tumbuh di sekitarnya. Pastikan Anda berhati-hati saat melalui jalur ini. Jangan sampai memetik atau bahkan membawa pulang tanaman langka yang tumbuh.

Selain itu juga pastikan berhati-hati ketika melewati area hutan lumut untuk menghindari terjadi hal-hal tidak diinginkan.

Tersedia Lokasi Kemah

Perjalanan yang perlu Anda tempuh untuk mencapai puncak gunung tertinggi ini memang membutuhkan waktu lama. Tentu sangat disayangkan jika tidak mencoba spot-spot foto instagramable.

Supaya lebih puas, maka Anda bisa mendirikan tenda di lokasi yang sudah tersedia. Jangan khawatir, di hari-hari libur biasanya akan ada banyak pengunjung yang juga berkemah bersama teman-teman atau keluarganya.

Terdapat Puncak Pilar

Pendaki memerlukan waktu sekitar 45-60 menit dari shelter 5. Lokasi satu ini ditandai dengan sebuah beton setinggi 1,5 meter bertuliskan SEC Triang No 191.

Dari Puncak Pilar, pendaki akan melihat pemandangan indah. Akan lebih menakjubkan ketika sampai di sana saat pagi atau sore menjelang malam. Kabut serta indahnya warna jingga dari matahari dapat menyegarkan mata dan tubuh yang kelelahan.

Fasilitas yang Tersedia

shelter di Gunung Sibuatan

Fasilitas yang tersedia di sekitar lokasi tidak begitu lengkap karena memang berada di ketinggian. Hanya saja pihak pengelola tetap menyediakan beberapa fasilitas yang dapat menunjang pendaki untuk mencapai puncak. Beberapa fasilitas yang tersedia yaitu:

  • Tempat parkir inap
  • Basecamp pendakian
  • Porter
  • Guide
  • Tim rescue

Setelah selesai berkunjung ke Gunung Sibuatan, destinasi lain yang cocok untuk Anda kunjungi yaitu wilayah Lombok. Salsa Wisata menyediakan paket trip Lombok murah untuk memaksimalkan pengalaman liburan saat di daerah tersebut.



Bagikan Artikel Ini Ke:

Apa yang menarik minat Anda?

5/5 - (10 votes)