SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Masa liburan adalah momen yang tepat untuk refreshing pikiran dan salah satunya adalah bertamasya ke wisata gunung. Pilihannya sangat beragam dan Gunung Welirang di Batu adalah salah satunya.

Dijamin wisata gunung yang satu ini tidak akan membuat Anda menyesal. Terlebih jika Anda adalah pecinta alam. Anda bisa melakukan wisata jelajah alam di kaki dan lereng gunung ini.

Sekilas Tentang Gunung Welirang

Gunung Welirang adalah sebuah gunung berapi aktif yang memiliki ketinggian 3.156 mdpl. Di bagian lereng dan kaki gunungnya ditumbuhi aneka pohon dan tanaman hijau khas pegunungan.

Karena hampir semua kawasannya berselimutkan vegetasi hijau, masyarakat sekitar sering menjuluki gunung ini dengan sebutan kebun teh-nya Swiss.

Dengan pesona dan keindahan alam inilah banyak wisatawan yang penasaran dan ingin merasakan kesegarannya secara langsung.

Tempat wisata di Malang yang wajib dikunjungi ini secara data administratif terletak di area perbatasan Pasuruan-Mojokerto. Sebagian besar kawasan lereng gunung menjadi habitat ratusan tanaman hijau dan pepohonan yang tumbuh dengan subur.

Melansir dari situs resminya, gunung ini menjadi area konservatif di bawah pengawasan dan pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo. Nama ‘Welirang’ sendiri memiliki arti ‘belerang’ karena memang di kawasan puncak gunung ini merupakan pusat mineral belerang.

Kandungan belerang yang melimpah inilah yang menjadikan gunung ini menjadi target bagi para penambang belerang lokal – sebuah aktivitas penambangan belerang yang sama dengan penambangan belerang di Kawah Ijen.

Tentu saja aktivitas penambangan belerang ini menambah sisi menarik yang jarang dijumpai di gunung lain. Sebenarnya gunung yang katanya serpihan dari Semeru ini juga kaya akan spot wisata alam yang sangat menarik untuk dijelajahi. Air terjun hanya salah satunya saja.

Spot wisata air terjun di sini sangat populer. Sebut saja Air Terjun Tutukan Sendi, Air Terjun Lemahbang, dan Air Terjun Watu Ondo. Anda boleh mendatanginya satu-satu karena tiap air terjun menawarkan atraksi wisata yang unik dan berbeda.

Sementara itu, bagi Anda yang rindu sekali dengan pemandangan alam yang hijau, ada sebuah spot wisata yang bernama Petung Sewu. Di sini Anda bisa dengan puas memandangi panorama alam yang menyejukan dan asri. Cocok juga untuk Anda yang hobi fotografi.

Pasalnya, lokasinya yang berada di lereng gunung membuat tempat wisata ini menampilkan pemandangan dua air terjun di tengah hutan bambu. Terlebih saat cuaca sedang cerah, Anda dapat melihat secara jelas keindahan puncak Welirang.

Daya Tarik Wisata Alam Gunung Welirang

Puncak Gunung Welirang

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Gunung yang terakhir meletus Juni 2002 ini menyimpan daya tarik alam yang melimpah. Sebagian besar daya tarik ini berupa air terjun dan juga view alam yang masih alami.

Gunung yang letaknya bersebelahan dengan Gunung Arjuno ini juga menjadi lokasi yang asik untuk beberapa aktivitas wisata outdoor tertentu. Contohnya adalah camping, outbound, soft trekking, dan pastinya hiking.

Petung Sewu

Wisata panorama alam ini menawarkan spot selfie Instagramable dengan view khas bukit dan hutan sebagai background foto. Daftar spot foto di Petung Sewu ini antara lain Titanic Spot dan gardu pandang berbentuk segi enam.

Selain itu ada juga spot foto sayap kupu-kupu, kursi dan meja, hammock, dan sarang burung. Mata Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan air terjun dan Welirang itu sendiri.

Untuk bisa mendapatkan pemandangan ini, Anda harus berdiri di tepi tebing yang terjal. Tapi tak perlu khawatir, tebing ini aman karena sudah dilengkapi dengan pagar pengaman.

Air Terjun Watu Ondo

Coban Kembar Watu Ondo alias Air Terjun Watu Ondo ini terletak di Desa Pacet, Mojokerto. Seperti namanya, spot wisata air terjun ini memiliki dua buah air terjun yang kemudian disebut air terjun kembar.

Kedua air terjun ini saling berhadapan dengan ketinggian yang berbeda. Yang satu tinggi menjulang hingga 69 meter, sedang air terjun yang satunya lagi hanya 15 meter saja.

Nama ‘Watu Ondo’ sendiri merujuk pada anak tangga yang menjadi satu-satunya akses menuju ke air terjun. Anak tangga ini tersusun dengan rapi dan sering menjadi spot untuk berfoto.

Selain pesona air terjun, spot wisata alam ini juga menghadirkan spot foto berupa tanaman unik berbentuk hati.

Untuk Anda yang menyukai aktivitas wisata outdoor, di bagian kawasan landai di dekat air terjun, terdapat camping ground dan spot-spot untuk panjat tebing dan outbound.

Loka Wiyata Surya

Spot wisata alam ini berada di Desa Claket, Kecamatan Pacet, Mojokerto. Tempat ini sangat cocok untuk camping karena areanya lapang, landai, dan alamnya sangat asri dan sejuk.

Namun ada area tertentu yang dimanfaatkan untuk kepentingan wisata edukasi dan wisata pendakian. Melalui wisata pendakian ini, Anda boleh memilih gunung mana yang akan Anda daki; apakah Gunung Pundak atau Gunung Pulosari.

Bukit Watu Jengger

Dengan ketinggian sekitar 1100 mdpl, bukit ini bisa menjadi alternatif selain pendakian Gunung Pundak dan Gunung Penanggungan. Bukit ini juga sangat recommended untuk pendaki pemula karena jalur pendakiannya tidak begitu curam.

Fasilitas di Wisata Alam Gunung Welirang

Pendakian Gunung Welirang

Tentang fasilitas, kelengkapan dan kualitas fasilitas di gunung ini tidak jauh berbeda dengan fasilitas tempat wisata gunung terdekat, Arjuno. Fasilitas yang ada antara lain area parkir yang lumayan luas untuk memarkirkan beberapa unit mobil dan sepeda motor.

Toilet umum juga tersedia di hampir semua spot wisata yang ada di gunung ini. Meski tak semua spot wisata dilengkapi dengan warung makan, ada beberapa yang menyediakan warung makan yang menjual makanan dan minuman.

Apabila Anda beruntung, Anda juga bisa menjumpai menu spesial, yaitu makanan khas Malang Batu di spot wisata yang Anda datangi. Fasilitas mushola juga bisa Anda jumpai di kebanyakan spot wisata di gunung ini.

Lalu ada banyak sekali fasilitas camping ground yang bisa Anda pilih untuk tempat bermalam selain di penginapan. Sebelum memutuskan akan camping di lokasi yang mana, pastikan semua kebutuhan camping sudah terpenuhi dengan baik, terutama tenda dan logistik.

Bagi wisatawan yang ingin camping mendadak, tersedia juga pusat persewaan tenda di sejumlah lokasi wisata. Namun untuk keperluan logistik, lebih praktis untuk menyiapkan bahan makanan yang instan.

Anda juga boleh membeli snack di pusat oleh-oleh khas Malang terdekat sebagai camilan nanti saat camping. Spot foto hits dan kekinian tersebar di Petung Sewu, sedang spot foto alami mudah sekali di sepanjang jalur gunung ini. Anda hanya perlu memilih angle fotografi yang tepat untuk hasilkan foto terbaik.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Gunung Welirang

Anda bisa menjelajahi spot-spot wisata yang menarik di gunung ini dengan harga tiket masuk yang murah. Pihak pengelola menetapkan tarif retribusi tiket masuk yang berbeda untuk hari biasa dan hari libur.

Tarif antara pengunjung lokal dan pengunjung dari mancanegara juga berbeda. Selain tiket masuk objek wisata, berlaku juga retribusi tiket masuk basecamp khusus untuk pengunjung yang ingin melakukan pendakian hingga ke puncak.

Untuk tahu lebih detail, simak daftar tarif masuk tiap objek wisata dan juga tiket masuk basecamp terupdate berikut ini:

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp10.000,00

Rp15.000,00

Rp200.000,00

Parkir kendaraan Rp3.000,00 (Motor)

Rp5.000,00 (Mobil)

Wisata Air Terjun Watu Ondo Rp11.000,00
Petung Sewu Rp15.000,00
Bukit Watu Jengger Rp15.000,00

Tarif di atas dapat berubah sesuai dengan ketentuan dan kebijakan pihak pengelola. Apabila mengalami kenaikan, umumnya selisih nominalnya tidak begitu besar.

Anda bisa jadikan info HTM di atas sebagai referensi saja. Anda boleh menyiapkan budget lebih dari tarif di atas untuk berjaga-jaga. Tentu dengan tarif yang cukup terjangkau ini, Anda tetap bisa berwisata hemat tapi tetap menyenangkan.

Jika ternyata budget yang Anda siapkan berlebih, Anda bisa gunakan sisa budget untuk kebutuhan wisata lain. Misal untuk jelajah kuliner di pusat wisata kuliner Malang terdekat.

Rute Menuju Lokasi Wisata Alam Gunung Welirang

Lokasi Gunung Welirang

Gunung berapi ini terletak di Kota Batu, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Mojokerto. Jika dari Kota Batu, Malang, rute tercepat yang bisa Anda lalui adalah via Jalan Trunojoyo dengan waktu tempuh hanya 47 menit.

Rute alternatifnya adalah via Jalan Brigjen Abd. Manan Wijaya yang juga bisa ditempuh dalam waktu 47 menit.

Perjalanan dengan kendaraan sendiri pastinya akan lebih nyaman. Namun ada alternatif lainnya untuk bisa menjangkau lokasi ini tanpa lelah, yaitu dengan sewa mobil plus supir.

Seperti paket sewa mobil Hiace Malang ke Batu dari Salsa Wisata ini. Layanan ini tentu akan menjadi pilihan yang tepat untuk mewujudkan perjalanan wisata yang Anda impikan.

Jam Operasional Gunung Welirang

Untuk jam operasional tentu tiap spot wisata yang ada di kaki dan lereng gunung ini memiliki ketentuan jam operasional yang berbeda. Namun rata-rata jam operasional yang berlaku adalah pagi hingga sore hari.

Namun pada tempat-tempat tertentu yang menyediakan fasilitas camping ground, jam operasionalnya selama 24 jam. Hanya saja untuk pelayanan, ada batasan jamnya, yaitu maksimal jam 19.00 WIB.

Hanya dengan membaca ulasan ini, siapa yang tak langsung tertarik untuk menjajal satu per satu spot wisata di gunung ini. Sudah pasti Anda langsung tertarik, bukan?

Demi perjalanan wisata yang nyaman, praktis, dan hemat, kami sarankan Anda untuk manfaatkan paket wisata Batu Malang dari Salsa Wisata.

Menjadi peserta tour kami akan sangat menguntungkan bagi Anda. Akomodasi berkelas, transportasi nyaman, dan tempat wisata terhits sudah pasti akan membuat Anda akan merasakan momen liburan yang paling berkesan.

Tak perlu berlama-lama lagi, hubungi team kami sekarang juga lalu tentukan pilihan paket wisata yang akan membawa Anda ke Gunung Welirang Arjuno ini.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Zaki

Penulis yang senang makan dan melakukan hal menyenangkan sambil jalan-jalan bersama rekan.
By Categories: Destinasi, Malang

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)