SalSari Resto & Coffee

Sumedang kini sudah jadi tujuan wisata alternatif selain Bandung. Banyaknya wisatawan yang memadati Bandung, terutama di musim liburan, membuat banyak orang mulai mencari tujuan wisata lain. Jangan salah, Sumedang tidak kalah dibanding Bandung. Ada banyak wisata alam di sana yang harus Anda jelajahi.

Salah satu tempat wisata Sumedang yang sedang hits yaitu Wana Wisata Kampoeng Ciherang Sumedang. Di tempat wisata ini, Anda dan keluarga bisa beraktivitas di alam terbuka sambil menikmati pemandangan yang memukau.

Konsep wisata di Ciherang ini yaitu outdoor. Pas sekali untuk Anda yang sedang mencari camping ground atau aktivitas outbound. Area camping-nya kurang lebih mirip seperti di Bukit Kemuning Paralayang.

Sekilas Tentang Kampoeng Ciherang

camping di Kampoeng Ciherang

Sebetulnya, terbentuknya wisata Kampoeng Ciherang ini akibat desakan dari penduduk lokal karena di sini sering diadakan kegiatan off road ilegal. Seringnya, kegiatan ilegal tersebut dilakukan di dalam area hutan lindung Ciherang. Tentu saja pohon-pohon jadi rusak akibat perbuatan tidak bertanggung jawab tersebut.

Nah, sebagai solusi, pihak Lembaga Masyarakat Desa Hutan dan Perhutani lalu sepakat untuk mengajak investor untuk membangun sebuah tempat wisata. Dengan begitu, kegiatan off road itu bisa dicegah, karena area ini jadi lebih terjaga.

Karena lokasinya sendiri ada di dalam area hutan lindung, pastinya objek wisata ini memberikan pemandangan dan suasana yang alami. Tempat ini juga bisa dibilang jauh dari hiruk pikuk kota. Ditambah lagi dengan pohon-pohon rimbun yang ada, udara di sini jadi sejuk dan suasananya juga masih sangat asri.

Di tempat ini, Anda bukan cuma sekedar melihat-lihat pemandangan. Ada banyak hal menarik yang bisa Anda lakukan bersama keluarga, seperti misalnya naik kuda tunggang sampai menyewa mini motocross.

Ada juga berbagai warung makan untuk Anda wisata kuliner Jawa Barat lezat. Tak lupa berbagai kios yang menjual souvenir dan oleh-oleh khas Jawa Barat tahan lama. Pendeknya, wisata di Ciherang sangat lengkap.

Fasilitas Kampoeng Ciherang

fasilitas Kampoeng Ciherang

Sebagai kampung wisata, tentu saja pengelola sudah menyediakan banyak fasilitas, baik yang utama maupun pendukung, untuk kenyamanan pengunjung. Secara keseluruhan fasilitasnya sudah cukup lengkap dan memadai.

Mulai dari area parkir yang luas, spot foto Instagramable, toilet, gazebo, camping ground, mushola, dan area outbound. Sementara fasilitas penunjang lainnya ada berbagai wahana permainan dan banyak kios oleh-oleh khas Jawa Barat kekinian.

Harga Tiket masuk Kampoeng Ciherang

Untuk bisa menikmati pemandangan alam yang tersaji di Kampoeng Ciherang, Anda tidak butuh keluar uang banyak. Berikut harga tiket masuknya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Anak weekdays Rp20.000,00
Tiket Masuk Dewasa weekdays Rp25.000,00
Tiket Masuk Anak weekend Rp25.000,00
Tiket Masuk Dewasa Weekend Rp30.000,00
Tiket Terusan Semua Wisata Rp40.000,00

Rute Menuju Kampoeng Ciherang

rute Kampoeng Ciherang

Wisata Kampoeng Ciherang terletak di Desa Cijambu, Tanjungsari, Sumedang. Dari Tanjungsari menuju lokasi wisatanya hanya sekitar sepuluh kilometer.

Kalau berangkat dari Bandung, anda bisa masuk ke tol dan keluar di Cileunyi. Dari situ, Anda bisa mengarah langsung ke Jatinangor dan Tanjungsari. Selanjutnya, tinggal cari desa Cijambu.

Kalau Anda sedang berlibur di Bandung, kami sarankan untuk menggunakan layanan rental mobil Avanza plus driver Bandung jika ingin menjangkau daerah-daerah yang jauh seperti ini. Bisa rental mobil plus sopir, sehingga Anda tidak perlu pusing cari rute.

Daya Tarik Kampoeng Ciherang

Berenang di Kolam Alami

kolam alami Kampoeng Ciherang

Seperti Kolam air Panas Cimanggu di Bandung, di sini Anda juga bisa berendam dan berenang di kolam yang sumber airnya masih alami. Yang lebih unik, tidak seperti kolam-kolam lainnya, kolam di sini dibuat berbentuk bulat dan berundak-undak.

Airnya terasa segar dan jernih. Tidak butuh kaporit untuk membuat air di kolam ini senantiasa jernih. Memang awalnya terasa dingin, tapi kalau sudah terbiasa, tubuh Anda akan terasa sejuk. Rasakan sendiri sensasi berenang dikelilingi pepohonan rimbun.

Naik Perahu Bebek

perahu bebek Kampoeng Ciherang

Tidak jauh dari kolam renang, ada juga kolam luas yang tampak seperti danau buatan. Di sini, Anda bisa naik perahu kayuh berbentuk bebek sambil menikmati pemandangan sekitar.

Anda bisa mengayuh bersama pasangan supaya lebih seru. Jangan lupa ajak anak-anak untuk menikmati naik perahu di danau buatan.

Menikmati Arung Jeram Mini

arung jeram mini Kampoeng Ciherang

Jangan bayangkan arung jeram seperti di Pesona Garda Semarang. Arung jeram di Ciherang adalah arung jeram mini. Meskipun begitu, jalurnya tetap menantang juga. Cocok untuk Anda yang suka tantangan, tapi belum pernah coba arung jeram.

Di sini, Anda akan menyusuri sungai dengan perahu karet. Arus sungainya cukup besar. Belum lagi batu-batu besar di sungai yang memompa adrenalin.

Main di Udara

sepeda gantung Kampoeng Ciherang

Bagaimana caranya main di udara? Anda bisa coba wahana Sepeda Gantung di Kampoeng Ciherang ini. Anda akan merasakan sensasi mengayuh sepeda, tapi di udara. Lintasannya juga dibuat tinggi dan panjang. Benar-benar memacu adrenalin. Ini cocok untuk Anda yang suka tantangan, tapi tidak suka basah-basahan main arung jeram.

Selain Sepeda Gantung, ada juga flying fox yang merupakan wahana standar di setiap area outbound. Rasakan bagaimana rasanya meluncur cepat dari ketinggian. Meskipun rasanya mendebarkan, di atas nanti Anda bisa melihat pemandangan indah yang membentang.

Outbound Anak

outbound Kampoeng Ciherang

Rasanya, aktivitas outdoor tidak akan lengkap tanpa outbound. Objek wisata ini pun menyediakan fasilitas outbound, tapi hanya untuk anak-anak. Ada jaring laba-laba, jembatan goyang, dan jembatan gantung. Bukan cuma bermain, anak-anak bisa melatih kemampuan motorik mereka di sini.

Selain itu, Anda juga mengajak anak main mini-cross. Ada area khususnya yang cukup luas. Meski untuk anak-anak, lintasan mini-cross ini jalannya naik turun dan berbatu. Pasti bisa membuat anak Anda senang. Tenang saja, ada staf yang siap mendampingi Anda dan anak, kok, untuk main mini-cross ini.

Foto-foto

spot foto Kampoeng Ciherang

Ada banyak spot foto unik yang tidak boleh Anda lewatkan. Pengelola telah menyulap sejumlah titik di sini menjadi tempat foto yang instagrammable.

Beberapa spot foto yang harus Anda coba adalah sarang burung, rumah pohon, dan serabut pohon berbentuk hati. Selain spot swafoto, Anda juga bisa berfoto di seluruh kawasan Ciherang, karena pemandangan alam lebih bagus sebagai objek foto ketimbang spot-spot buatan.

Jam Operasional Kampoeng Ciherang

Kampoeng Ciherang baru bisa dinikmati pengunjung dari pukul 08.00 sampai pukul 17.00 WIB setiap harinya. Kalau Anda ingin menikmati pemandangan matahari terbit di sini, disarankan untuk berkemah di camping ground-nya.

Ingin liburan ke Bandung dan sekitarnya tanpa ribet? Anda bisa gunakan jasa Salsa Wisata. Sebagai agen perjalanan yang sudah lama berdiri dan terpercaya, kami punya banyak pilihan paket wisata Bandung murah yang bisa Anda pilih. Harga yang Anda bayarkan untuk paket tersebut sudah termasuk akomodasi dan transportasi. Praktis dan efisien.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)