SalSari Resto & Coffee

Jika Anda ingin mahir berbahasa inggris dengan cara yang menyenangkan Kampung Inggris Pare ini bisa jadi solusi. Kampung unik di Kediri ini hampir setiap warganya mampu berbahasa Inggris dengan fasih.

Meski begitu, gaya hidupnya tetap seperti pedesaan dan perkampungan seperti pada umumnya. Sehingga nuansa belajarnya jadi sangat berbeda dan berkesan cocok untuk mengisi waktu liburan Anda.

Penasaran dengan keseruan dan keunikan lain di kampung wisata edukasi satu ini? Silakan simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Sejarah Kampung Inggris Pare

Kampung Inggris Pare merupakan kampung wisata edukasi yang menawarkan banyak tempat kursus berbahasa inggris. Sehingga banyak wisatawan dari luar kota yang datang berkunjung untuk menghabiskan waktu belajar di sini.

Mengulas tentang kampung unik di Kediri ini tentu tidak bisa lepas dari sang legenda Mr. Kalend Osen. Beliaulah yang memulai kursus bahasa Inggris di Pare hingga kemudian menjadi tenar seperti sekarang.

Kalend Osen memulai membuka kursus sejak 15 Juni 1977 dengan mendirikan BEC (Basic English Course). Hingga saat ini, tempat kursus tersebut telah meluluskan setidaknya 27.000 siswa.

Wujud Kampung Inggris seperti yang sekarang ini juga merupakan harapan Kalend Osen pada saat memulai BEC. Beliau memiliki harapan untuk mewujudkan tempat kursus yang memiliki kualitas unggulan.

Harga Kursus di Kampung Inggris Pare

Harga kursus Kampung Inggris Pare biasanya mulai dari Rp900.000,00 dan berbeda tergantung durasi atau programnya. Berikut rincian biaya kursusnya:

Program Kursus Durasi Tarif
Integrated Speaking Program 2 Minggu – 3 Bulan Rp900.000,00 – Rp4.000.000,00
Toefl Program 2 Minggu – 1 Bulan Rp1.200.000,00 – Rp1.850.000,00
English Master Program 4 bulan Rp5.150.000,00
Program English Ramadhan 1 Minggu – 1 Bulan Rp985.000,00 – Rp2.750.000,00

Rute Menuju Lokasi Kampung Inggris Pare

Lokasi Kampung Inggris

Lokasi Kampung Inggris terletak di Tulungrejo, Kec. Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Jarak dari pusat Alun-Alun Kediri hanya 23 km atau sekitar 45 menit dengan kendaraan dan kondisi lalu lintas normal.

Dari kota mana saja, arahkan kendaraan Anda menuju pusat kota Kediri misalnya alun-alun. Kemudian ambil jalan menuju Monumen Garuda Pancasila. Kampung Inggris berada tepat di sebelah tugu.

Cara termudah lain untuk Anda mengunjungi kampung ini bisa dengan menggunakan layanan rental mobil murah terdekat. Anda bisa meminta antar sopir yang tersedia untuk langsung mengantar ke lokasi.

Jam Buka Kampung Inggris Pare

Kampung Inggris Pare buka setiap hari selama 24 jam karena menyatu dan termasuk area perkampungan. Namun khusus untuk setiap lembaga kursus yang ada biasanya memiliki jam kerja seperti biasanya.

Fasilitas Kampung Inggris Pare

Bagi yang ingin belajar di Kampung Inggris, maka tidak perlu khawatir dengan fasilitasnya. Fasilitas di tempat wisata hits Jawa Timur ini sudah dibuat khusus untuk mendukung proses belajar di sini sangat lengkap.

Beberapa fasilitas yang ada di kampung ini adalah camp atau asrama berbahasa Inggris, kaos dan modul pembelajaran. Anda juga akan mendapatkan tas dan ruang belajar nyaman serta mendukung.

Pastinya, seorang instruktur atau guru kursus di sini juga berkualitas yang akan memberikan layanan terbaik. Selain itu semua, lokasi kampung sangat eksklusif karena semuanya berbicara bahasa Inggris di sini.

Daya Tarik Kampung Inggris Pare

BEC yang memiliki jumlah siswa sangat banyak ini akhirya yang memunculkan nama Kampung Inggris Pare yang sebenarnya tertuju pada BEC. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa daya tarik berikut ini;

Banyak Lembaga Kursus Bersertifikat

BEC adalah lembaga kursus paling tua yang ada di sini. Jumlah muridnya paling banyak dan bisa Anda sebut sebagai salah satu yang paling berkualitas. Sebab BEC memiliki berbagai penghargaan.

Bahkan alumni dari BEC ini juga kemudian membuka lembaga kursus dengan nama masing-masing di daerah yang sama. Hingga total ada lebih dari 100 lembaga kursus yang ada di sini.

Pak Kalend sendiri cukup senang dengan banyaknya lembaga kursus, khususnya yang memiliki izin. Sedangkan beliau agak kecewa dengan lembaga kursus musiman yang tidak berizin dan tidak berstandar.

Oleh sebab itu, jika Anda hendak memilih kursus di Pare ini pastikan lembaga tersebut berizin dan bersertifikat. Sehingga antara harga dan kualitasnya juga tidak mengecewakan.

Beragam Pilihan Paket Kursus

Selain lembaga kursus yang banyak, pilihan paket kursusnya juga beragam. Ada yang fokus ke TOEFL, fokus ke Listening and Speaking dan fokus ke pendidikan lebih tinggi.

Bahkan ada yang fokus untuk yang ingin ke luar negeri. Oleh sebab itu, ini tentu memudahkan calon siswa untuk memilih paket kursus Kampung Inggris Pare sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Menariknya, walau yang paling mendominasi adalah lembaga kursus bahasa Inggris, di sini juga ada kursus bahasa lain. Beberapa di antaranya ada kursus bahasa Mandarin, Korea hingga bahasa Arab.

Biaya Hidup Murah

Daya Tarik Kampung Inggris

Tempat pendidikan bahasa Inggris ini memang cocok untuk semua kalangan. Sebab biaya hidupnya juga murah. Sehingga selama berada di sini siswa tidak akan terbebani dengan biaya hidup.

Bahkan tidak sedikit menu makanan khas Jawa Timur yang komplit, harganya sekitar Rp10.000. Bagi anak-anak dan mahasiswa yang belajar bahasa Inggris di sini, biaya hidup ini adalah pertimbangan yang penting.

Walau kursus murah, jika biaya hidupnya mahal maka akan menjadi perhatian. Sedangkan di Pare ini selain kursusnya terjangkau, biaya hidupnya juga murah. Wajar jika banyak siswa yang tinggal di sini.

Dekat dengan Berbagai Wisata

Kawasan kampung ini juga sangat dekat dengan beberapa destinasi wisata di sekitar pusat kota. Misalnya seperti Simpang Lima Gumul, Taman Kilisuci, Goa Surowono, Brantas Park, Alun-Alun Kediri dan banyak lagi.

Akhir pekan adalah waktu yang pas untuk menjelajah destinasi wisata di Kediri. Anda bisa mengajak keluarga atau teman-teman lain untuk healing seru dan rehat sejenak dari kegiatan kursus bahasa Inggris.

Banyak Penginapan atau Asrama

Selama berada di Kampung Inggris Pare, siswa yang sedang kursus akan tinggal di penginapan atau asrama. Asrama ini akan memudahkan mereka untuk lebih lancar berbahasa Inggris.

Sehingga proses pembelajaran itu tidak hanya di dalam area kursus saja melainkan juga di asrama. Inilah keunggulan dari Kampung Inggris sehingga lulusannya benar-benar mahir dalam berbahasa Inggris.

Vibe Sangat Mendukung

Jika Anda memasuki kawasan Kampung Inggris, maka ada hal yang sangat berbeda dari tempat kursus lainnya. Yakni semua siswa yang ada di sini saling support agar semua bisa berbahasa Inggris dengan lancar.

Bukan hanya itu, bahkan para pedagang yang ada di sini akan berbicara bahasa Inggris dengan lancar. Sehingga semakin sering Anda berbicara dengan bahasa Inggris, maka akan semakin lancar dalam waktu singkat.

Vibe yang sangat mendukung ini adalah nilai jual yang sangat mahal di wisata edukasi Kampung Inggris. Jadi, walau baru satu bulan berada di sini, maka Anda akan lancar berbahasa Inggris.

Di dekat Kampung Inggris ini juga ada cukup banyak pusat oleh-oleh Kediri. Anda juga bisa menemuinya di pusat kota. Ada cukup banyak oleh-oleh yang bisa Anda beli dari jajanan hingga souvenir.

Segera rencanakan pembelajaran bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare. Salsa Wisata dapat menjadi solusi untuk urusan transportasi baik untuk pemberangkatan, pulang atau wisata di Kediri dan sekitarnya.



By Categories: Destinasi, Kediri

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)