SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Tadinya nama objek wisata Kapalo Banda Taram tidak populer seperti sekarang. Penyebabnya adalah karena faktor letaknya yang berdekatan dengan wisata Lembah Harau yang tenar lebih dulu.

Namun popularitas tempat wisata ini langsung naik setelah ada seorang netizen yang mengunggah sebuah foto keindahan tempat ini di media sosial.

Seketika tempat wisata Padang terbaru ini langsung melejit dan viral berkat pesona alamnya yang sangat menawan.

Keindahan alamnya mampu memikat publik dengan cepat. Tak lama setelah tempat wisata ini viral, yang tadinya hanya sebuah desa biasa, kini tempat ini telah bertransformasi menjadi destinasi liburan yang lagi hits di Sumbar.

Sekilas Tentang Kapalo Banda Taram

Wisata Kapalo Banda Taram merupakan area sungai irigasi yang berfungsi untuk mengairi area perkebunan dan pertanian milik warga setempat.

Sejak tempat ini mulai didatangi oleh banyak wisatawan, warga berkolaborasi dengan pemerintah setempat membangun sarana dan prasarana dasar yang diperlukan oleh para wisatawan.

Kedua belah pihak bekerja sama, mulai dari pembuatan desain hingga proses pembangunan. Alhasil, kini warga bisa menikmati hasilnya.

Kini tempat wisata baru ini mampu bersaing dengan tempat wisata terdekat, yaitu Lembah Harau, baik dari segi potensi wisata maupun fasilitas.

Letaknya yang berada di kawasan dataran tinggi Payakumbuh menjadikan tempat ini terkenal dengan nama Taram Payakumbuh.

Sekedar tambahan informasi, Payakumbuh sendiri adalah sebuah dataran tinggi di Bukit Barisan. Areanya penuh dengan hutan dan juga perbukitan.

Tak heran jika Taram Payakumbuh memiliki panorama alam yang hijau asri dan udara yang sangat segar dan bersih.

Daya Tarik Wisata Hits Kapalo Banda Taram

Wisata Kapalo Banda Taram

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Tak bisa dipungkiri bahwa tempat wisata yang satu ini kaya akan daya tarik yang sangat spesial dan unik. Hampir tidak ada satu pun tempat wisata di Indonesia yang memiliki daya tarik yang sama.

‘Aquarium’ Alam

Meski Taram Payakumbuh menjadi sebuah spot wisata yang bagus dan terkenal, tempat ini tidak mengubah fungsi utamanya sebagai sumber irigasi.

Sistem irigasi ini tetap menyumbangkan airnya kepada kehidupan sekitar, terutama lahan pertanian dan perkebunan.

Area perairan pada kolam raksasa ini sangat bersahabat. Kedalaman airnya sangat dangkal. Rata-rata kedalamannya hanya sekitar 50 cm saja.

Namun ada di area-area tertentu yang cukup dalam. Kedalamannya sekitar 1 hingga 1.5 meter dari dasar. Kondisi air yang tak dalam ini plus airnya yang sangat jernih membuat sistem irigasi terlihat seperti sebuah akuarium raksasa.

Apalagi di dasarnya terdapat batu-batu dengan warna alami yang sangat cantik. Terkadang suka terlihat ada beberapa ikan kecil yang muncul. Pemandangan ini sedikit mirip dengan pemandangan ala aquarium alam di Umbul Sigedang, Klaten.

Wisata Rakit

Wahana rakit adalah daya tarik utama dari objek wisata ini. Dengan rakit sederhana ini, Anda akan diajak untuk berkeliling di atas area perairan.

Rakit ini terbuat dari rangkaian bambu utuh yang diikat dengan tali. Selama menjelajah dengan menggunakan rakit, posisi Anda berdiri, tidak lagi duduk.

Rakit kemudian perlahan jalan mengambang menyusuri hamparan air yang sangat jernih. Di kanan-kiri Anda terlihat pemandangan hutan yang sangat luas. Terlihat pula pemandangan barisan pegunungan yang memukau.

Wahana Ayunan

Nikmati suasana santai liburan dengan main ayunan yang satu ini. Wahana ayunan ini bukan sembarang ayunan. Melainkan ayunan yang dipasang di atas permukaan air.

Jadi, ketika sedang menaiki ayunan, kedua kaki Anda bisa menyentuh dinginnya air sungai dan memainkannya. Wahana ini bisa menjadi pengalaman baru dan menyenangkan selama liburan.

Bangunan Surau dan Makam Tua

Taram Payakumbuh ini ternyata juga mempunyai situs wisata sejarah dan religi loh. Pasalnya, di area selain area aliran sungai, terdapat sebuah makam tua yang sangat bersejarah.

Makam ini menjadi tempat peristirahatan terakhir seorang tokoh penyebar agama Islam di Sumbar. Beliau adalah Syekh Ibrahim Mufti yang berasal dari Negara Irak.

Situs sejarah semacam ini mengingatkan kita pada salah satu situs wisata ziarah terkenal di Jatim, yaitu Makam Sunan Giri. Terdapat pula sebuah surau tua yang dahulu menjadi pusat penyebaran ajaran Islam oleh beliau.

Spot Selfie dengan Latar Pemandangan Alam

Tak perlu ditanya lagi soal pemandangan alam yang ada di sini. Rangkaian pegunungan terlihat jelas, seolah sedang berdiri dengan gagahnya.

Gunung-gunung ini seakan sedang berselimutkan hutan hijau. Bagian terdepan terlihat aliran sungai dengan air sebening kristal. Di area muara, tampak undakan-undakan yang teraliri air sungai.

Pemandangan alam ini tentu akan menjadi spot selfie yang jarang Anda temui di tempat lain. Maka dari itu, agar tak menyesal nantinya, jangan sampai terlewat untuk mengabadikan semua ini dengan kamera terbaik Anda.

Fasilitas di Objek Wisata Alam Kapalo Banda Taram

Tiket Masuk Kapalo Banda Taram

Area wisata yang satu ini merupakan destinasi liburan yang berfasilitas lengkap. Wisatawan yang gemar berjelajah di area terbuka, pihak pengelola telah menyediakan trek khusus untuk kegiatan jungle tracking.

Beda lagi dengan wisatawan yang ingin wisata alam, ada area khusus untuk kegiatan outbound dan camping. Biasanya kegiatan wisata alam ini menjadi kegiatan utama acara family gathering dan reuni.

Kemudian ada sejumlah fasilitas dasar seperti toilet umum, mushola, dan tempat parkir. Bagi yang bentar-bentar lapar atau ingin ngemil, tak perlu cemas, ada warung  makan dan foodcourt yang menjual banyak pilihan makanan dan minuman.

Ada yang dalam bentuk jajanan dan ada juga makanan khas Padang selain Rendang. Pihak pengelola tentunya juga menyediakan kamar bilas khusus untuk wisatawan yang tengah asik bermain air.

Spot selfie tidak lupa untuk disebutkan karena fasilitas yang satu ini termasuk fasilitas prioritas. Fasilitas balai pertemuan dengan area yang luas tersedia untuk wisatawan yang datang secara berombongan.

Biasanya tempat ini juga kerap menjadi lokasi pemberian briefing teruntuk rombongan wisatawan. Fasilitas yang terakhir atau toko souvenir yang mana ada banyak produk souvenir yang dijual di toko ini.

Mulai dari kaos, gantungan kunci, topi, aksesoris, dan masih banyak produk souvenir lainnya. Produk-produk souvenir ini tampak cocok untuk Anda jadikan buah tangan atau oleh-oleh khas Padang selain makanan untuk kerabat di rumah.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Kapalo Banda Taram

Untuk menikmati semua daya tarik yang ada, rupanya tak butuh biaya besar lantaran harga tiket masuk Kapalo Banda Taram cukup terjangkau. Begitu juga dengan biaya sewa rakit dan biaya parkir kendaraan.

Biaya tambahan juga perlu Anda bayarkan apabila Anda membeli makanan, atau minuman di pusat wisata kuliner Padang terdekat.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp20.000,00
Parkir Kendaraan Rp2.000,00 (Motor)

Rp5.000,00 (Mobil)

Sewa Rakit Mulai dari Rp10.000,00 – Rp20.000,00 per jam

Rute Menuju Lokasi Wisata Alam Kapalo Banda Taram

Lokasi Kapalo Banda Taram

Kapalo Banda Taram Payakumbuh terletak di Desa Taram, Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumbar. Jarak lokasi ini ke pusat Kota Payakumbuh cukup jauh, yaitu mencapai 11.5 KM.

Anda bisa menggunakan kendaraan jenis mobil atau sepeda motor. Akan tetapi jauh lebih aman jika menggunakan sewa mobil. Apalagi jika perginya bersama rombongan.

Menggunakan layanan paket sewa mobil Avanza matic di Padang akan menjadi solusi yang paling tepat. Sebab, Pajero Sport dari Salsa Wisata selalu dalam kondisi prima sehingga akan menjamin performanya.

Adapun rute yang sebaiknya Anda pilih adalah jalur utama yang merupakan jalur searah menuju wisata Lembah Harau.

Mulai perjalanan Anda dari Jalan Jenderal Sudirman lalu ke arah Jalan Gajah Mada. Anda juga bisa gunakan jalur lainnya, yaitu via Jalan Rangkayo Rasuna Said dengan waktu tempuh sedikit lebih singkat.

Jam Operasional Kapalo Banda Taram

Tempat wisata alam ini tidak buka selama 24 jam dan berlaku jam operasional yang sifatnya tetap, yaitu dari jam 08.00 sampai jam 17.30 WIB. Pihak pengelola akan rutin menginformasikan jam operasional ini kepada semua wisatawan.

Kemudian untuk jadwal buka, tempat ini melayani kunjungan wisatawan dari Senin sampai Minggu dan juga hari libur nasional.

Tentu akan lebih menyenangkan apabila memasukan destinasi wisata ini ke daftar kunjungan wisata bersama dengan objek wisata favorit Anda lainnya.

Semua pasti akan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan ekspektasi bila Anda memanfaatkan layanan paket gathering murah dari Salsa Wisata. Selain itu, biaya liburan juga akan lebih hemat tanpa berkurang kualitas pelayanan, fasilitas, dan transportasi.

Tunggu apa lagi? Siapkan itinerary Anda dari sekarang, konsultasikan kepada team kami, dan lanjut reservasi. Proses reservasi bisa secara online atau by phone. 

Objek wisata Kapalo Banda Taram Payakumbuh adalah sebuah hidden gem yang terbuka tabirnya berkat kolaborasi antara karya manusia dan alam. Jadikan tempat ini sebagai destinasi liburan Anda selanjutnya dan bersiaplah dengan segala pesona alamnya.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Zaki

Penulis yang senang makan dan melakukan hal menyenangkan sambil jalan-jalan bersama rekan.
By Categories: Destinasi, Padang

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

4.9/5 - (11 votes)