SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Jalan-jalan ke Kota Santri alias Gresik jangan lupa mampir untuk ziarah ke Makam Sunan Giri. Sunan Giri adalah salah satu tokoh penting yang turut berperan sebagai penyebar Agama Islam di Gresik.

Kompleks wisata makam ini hampir setiap hari ramai oleh peziarah, terutama peziarah luar kota. Apalagi pada hari libur. Jumlah peziarahnya melonjak 3 hingga 4 kali lipat dari jumlah biasanya.

Selain sebagai salah satu pusat wisata ziarah di Daerah Gresik, kompleks makam ini juga sering menjadi situs wisata sejarah dan budaya seperti situs Batu Tulis di Wonosobo.

Di sini, terdapat situs-situs peninggalan Kerajaan Giri Kedaton yang dicetuskan oleh Sunan Giri tanggal 9 Maret 1487.

Sekilas Tentang Sunan Giri

Sunan Giri merupakan salah satu tokoh Wali Songo. Beliau lahir tahun 1442. Semasa hidupnya, beliau sangat aktif menyebarkan ajaran Islam bersama dengan Kanjeng Sepuh dan Syekh Maulana.

Selain menjadi pemuka agama, beliau juga menyandang gelar Prabu Satmoto. Gelar ini disematkan karena beliau pernah menjadi pemimpin Kerajaan Giri Kedaton sekitar tahun 1487.

Sejarah Singkat Makam Sunan Giri

Makam ini terletak di atas area bukit kapur di Gunung Kendeng bagian Utara. Lokasi tepatnya di Dusun Giri Gajah dan jadi salah satu destinasi wisata penting di tempat ini.

Area makam ini sangat luas dan teduh karena dipenuhi dengan pepohonan berdaun rimbun di sekitarnya. Kawasan makam ini terbagi menjadi 3 bagian, yaitu area pintu masuk, area gapura, dan area inti, yaitu makam sunan.

Dulunya, kompleks pemakaman ini merupakan sebuah padepokan. Di sini, beliau mengajar Kitab Kuning.

Padepokan dengan nama Giri Kedaton ini terdiri dari 3 tingkatan undakan yang mana masing-masing undakan memiliki peran yang berbeda.

Undakan pertama adalah selasar untuk belajar ilmu agama dan beribadah. Kemudian undakan yang kedua yaitu area pemakaman, tepatnya di sebelah Barat. Sedang undakan ketiga, terdapat masjid, gapura, dan menara.

Harga Tiket Masuk Kompleks Makam Sunan Giri

Peziarah yang ingin berkunjung ke tempat wisata religi ini tidak perlu mengeluarkan biaya karena tidak ada biaya pembelian tiket, alias gratis.

Namun peziarah wajib membayar biaya parkir yang besarnya telah ditentukan oleh pihak pengelola. Berikut daftar biaya parkir kendaraan:

Retribusi Tarif
Parkir Sepeda Motor Rp5.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00
Parkir Bus Rp15.000,00

Biaya parkir di atas dapat berubah kapan saja tanpa ada info atau pemberitahuan dari pihak yang berwenang. Jadi, ada baiknya peziarah menyiapkan budget lebih untuk menyiasati kenaikan biaya parkir.

Daya Tarik Kompleks Makam Sunan Giri

Sejarah Makam Sunan Giri

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Setidaknya ada 2 daya tarik terkait dengan kompleks wisata ziarah makam sunan ini. Ketiga daya tarik tersebut adalah Museum Sunan Giri, mitos buah mengkudu.

Museum Sunan Giri

Bangunan museum menjadi tujuan wisata kedua di kompleks makam ini. Pengunjung museum ini tak hanya berasal dari turis lokal saja, melainkan juga dari mancanegara.

Karena museum ini adalah bagian dari situs wisata religi, 90% koleksi yang dipamerkan adalah berbagai koleksi yang ada kaitannya dengan aktivitas penyebaran agama Islam.

Seperti halnya museum sejarah islam di Masjid Agung Semarang yang menampilkan koleksi bernuansa islami.

Sebagian besar koleksi yang tersimpan di museum ini adalah benda peninggalan Sunan Giri saat menyebarkan ajaran Islam di Gresik.

Selain itu, benda-benda pribadi beliau juga tersimpan rapi di sini. Sebut saja surban, sajadah, Al Quran, rebana, Keris Kalam Munyeng, dan pelana kuda. Koleksi lainnya adalah benda-benda hibah dari Eropa dan Cina.

Menariknya lagi, ada beberapa koleksi yang tidak ada kaitanya dengan sejarah penyebaran agama Islam. Koleksi ini meliputi artefak kuno, fosil manusia purba, dan lain sebagainya.

Mitos Buah Mengkudu

Di dalam kompleks makam ini, terdapat sebuah pohon mengkudu yang sangat melegenda. Konon, buah mengkudu yang tumbuh dari pohon mengkudu ini sangat berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Tak heran banyak peziarah yang memburu buah mengkudu ini. Bahkan ada beberapa peziarah yang berharap dengan memakan buah mengkudu ini, mereka akan segera mendapat keturunan.

Fasilitas di Makam Sunan Giri

Kompleks makam ini termasuk tempat wisata Surabaya yang lengkap dari segi fasilitas. Tak kalah lengkap dengan fasilitas-fasilitas yang dapat kita jumpai di Surabaya North Quay.

Berikut kami sebutkan fasilitas yang tersedia di sini:

Area parkir luas dan memadai. Tempat ini dapat menampung puluhan sepeda motor, bus, dan mobil. Biaya parkir dapat Anda lihat di atas.

Fasilitas mushola tentu tersedia di sini. Mushola sudah dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti tempat wudhu, sajadah, sarung, dan mukena.

Kamar mandi dan toilet umum juga ada di sini. Kebersihan fasilitas ini selalu terjaga. Jadi, pengguna pun akan  tetap merasa nyaman ketika menggunakannya.

Rumah makan menjadi bagian dari fasilitas yang paling sering didatangi oleh wisatawan di sini. Biasanya rumah makan yang ada di lokasi menjual Nasi Krawu sebagai menu andalannya.

Nasi Krawu asli Gresik ini kini tengah melejit popularitasnya dan masuk dalam list rekomendasi wisata kuliner khas Surabaya.

Lokasi dan Rute Menuju Makam Sunan Giri

Lokasi Makam Sunan Giri

Kompleks wisata ziarah ini terletak di Dusun Giri Gajah, Desa gajah, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Lokasi ini cukup dekat dengan pusat Kota Gresik, yaitu hanya 4 KM saja.

Di sini, Anda boleh mampir di pusat jual oleh-oleh khas untuk keluarga di rumah. Oleh-oleh yang dijual tak hanya berupa jajanan atau kuliner khas Gresik saja, melainkan ada juga oleh-oleh khas Surabaya yang melegenda.

Rute termudah untuk sampai di kompleks makam sakral ini bisa melalui Surabaya. Perjalanan dimulai dari Tol Surabaya-Gresik lalu keluar tol melalui Exit Romokalisari.

Melewati Jalan Veteran, perjalanan berikutnya Anda lanjutkan ke Jalan Panglima Sudirman lalu menuju Jalan Malik Ibrahim.

Namun akan jauh lebih mudah dan praktis jika Anda menggunakan kendaraan sewa. Salah satu rekomendasinya adalah Salsa Wisata yang siap mengakomodasi perjalanan ziarah Anda.

Melalui paket sewa bus pariwisata, pasti cocok sekali untuk perjalanan wisata ziarah Anda bersama rombongan. Tidak perlu repot lagi berkendara sendiri dengan iring-iringan yang panjang.

Jam Operasional Kompleks Makam Sunan Giri

Kompleks wisata ziarah makam ini buka setiap hari selama 24 jam. Pihak pengelola siap melayani para peziarah kapan saja.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk berziarah ke situs Makam Sunan Giri ini, bisa gunakan layanan tour dari Salsa Wisata.

Dapatkan pengalaman berwisata dengan nyaman dan praktis hanya dengan memilih paket tour Surabaya di tempat kami. Segala kebutuhan perjalanan Anda akan kami siapkan dengan standar layanan terbaik.

Sehingga akan memudahkan sekaligus melancarkan agenda liburan Anda di Surabaya. Jadi tunggu apalagi, segera tentukan tanggal dan berangkat bersama kami berkeliling Surabaya selama liburan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Destinasi, Surabaya



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)