SalSari Resto & Coffee

Memang, belum banyak yang tahu soal potensi wisata Tasikmalaya. Padahal, seperti kota-kota di Jawa Barat lainnya, Tasikmalaya juga menyimpan pesona alam yang tidak kalah dari Bandung. Ada banyak objek wisata yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga. Yang terbaru dan tengah populer sekarang ini yaitu Karang Resik.

Taman wisata Tasikmalaya Instragamable satu ini rupanya dikelola oleh Pemkot Tasikmalaya langsung. Jadi, bisa dibilang ini adalah objek wisata dari pemerintah yang sengaja dikelola untuk menggenjot sektor pariwisata di Tasikmalaya.

Lokasi tempat ini sendiri sebetulnya tidak persis di Tasik, melainkan berbatasan langsung dengan kabupaten Ciamis. Jadi, wisata ini ada di jalur  penghubung antar-provinsi di pulau Jawa. Sangat strategis, bukan?

Sekilas Tentang Karang Resik

Taman Wisata Karang Resik

Objek wisata ini belum lama berdiri, sekitar tahun 2017 baru diresmikan. Rupanya, tempat ini sempat “mati” selama satu dekade. Sampai kemudian pemerintah kota merevitalisasi tempat wisata ini dan menjadikannya sebagai daya tarik wisatawan.

Dengan luas 32 hektar, Karang Resik disebutkan sebagai taman wisata terbesar di daerah Priangan timur. Tempat ini bukan cuma sekadar jadi wisata alam, tapi juga wisata kuliner. Buat Anda yang ingin mencicipi makanan khas Jawa Barat lezat, bisa bertandang ke sini.

Tempat ini sendiri sejatinya memiliki sejarah yang sangat penting bagi penduduk Tasikmalaya. Lokasi ini merupakan saksi peristiwa Agresi Militer Belanda pertama pada Agustus 1947. Serdadu Belanda yang memaksa masuk ke Tasik dihadang oleh rakyat dan tentara RI.

Di atas jembatan, tentara Belanda yang datang dari timur dihadang oleh tentara dan warga Tasik yang bersatu. Pertempuran sengit itu berlangsung selama dua hari. Perjuangan rakyat tidak sia-sia. Belanda kalah.

Untuk menyelamatkan tentara Belanda yang tersisa dan terjebak di situ, pemerintah Belanda pusat mendatangkan pesawat pengebom. Akhirnya rakyat dan pejuang lalu membakar jembatan supaya penjajah itu tidak bisa masuk Tasik. Kemenangan mereka diabadikan menjadi sebuah tugu perjuangan.

Sampai sekarang, bekas jembatan itu masih bisa terlihat. Anda masih bisa melihatnya, karena itu jadi salah satu ikon di tempat wisata ini. Bekasnya adalah sebuah fondasi besar jembatan yang terbuat dari batu.

Fasilitas Karang Resik

Secara keseluruhan, fasilitas yang tersedia di taman wisata ini sangat memadai. Fasilitas umumnya antara lain toilet, area parkir luas, dan mushola. Anda boleh membawa makanan dari luar. Namun kalau tidak pun, Anda bisa membeli makanan khas Sunda kekinian di resto dan kafe yang tersedia.

Untuk fasilitas penunjang, ada taman satwa, amfiteater pertunjukan, aneka spot foto, wahana outbound, dan waterpark. Pasti Anda tidak akan kehabisan aktivitas kalau berkunjung ke sini.

Harga Tiket Masuk Karang Resik

Masih banyak wahana lain yang bisa Anda nikmati di Karang Resik. Dengan begitu banyak wahana yang tersedia, harga tiket masuknya terbilang sangat terjangkau. Berikut rinciannya:

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp35.000,00
Tiket farmhouse Rp25.000,00
Tiket waterpark Rp20.000,00

Harga tiket masuk tersebut sudah termasuk akses ke lima anjungan negara (Yunani, Belanda, Korea, Jepang, India). Anak dengan tinggi badan di atas 85 cm wajib membeli tiket.

Rute Menuju Karang Resik

Taman Wisata Karang Resik tasik

Karang Resik berlokasi di Jalan Dr. Moh. Hatta nomor 31, Desa Sukamanah, Kecamatan Cipedes, Tasikmalaya. Memang bukan di pusat kota Tasik, tapi tempat ini mudah dijangkau, kok. Kalau naik angkutan umum, Anda bisa naik angkot nomor 07 dari Tasik jurusan Pancasila – Karang Resik.

Kalau Anda ingin yang lebih praktis, tentu bisa bawa kendaraan sendiri. Dari pusat kota Tasik (Jl Otto Iskandar Dinata atau Jl. Hz Mustofa), Anda bisa ambil arah ke Simpang Lima. Dari stu, belok kanan dan langsung ke arah Jalan Moh. Hatta. Lurus terus sampai bertemu pertigaan Jl. Jend. Ahmad Yani, tetap lurus sampai tiba di tempat tujuan.

Sebagai agen perjalanan terpercaya, kami menyediakan jasa rental mobil di berbagai kota di Indonesia, dengan pilihan plus sopir atau lepas kunci. Atau, kalau ingin yang lebih praktis lagi, Anda bisa pesan paket wisata dari kami. Paket tersebut bisa Anda atur sendiri sesuai budget.

Nanti, harganya sudah termasuk akomodasi dan transportasi. Dengan menggunakan paket wisata tersebut Anda sudah bisa mengunjungi tempat wisata yang sedang hits dan pusat oleh-oleh khas Jawa Barat terkenal.

Daya Tarik Karang Resik

Meskipun Karang Resik sarat dengan peristiwa bersejarah, jangan kira tempat wisata ini merupakan semacam museum. Ini adalah wisata alam berkonsep outdoor. Berikut ini aktivitas yang bisa Anda lakukan di tempat ini.

Menikmati Taman Bunga

taman bunga Taman Wisata Karang Resik

Ini adalah daya tarik utama di tempat wisata ini. Taman bunganya dikelilingi oleh skywalk dan berbentuk lingkaran sempurna. Bukan cuma tanaman hias, taman ini juga dihiasi dengan berbagai patung hewan dan spot-spot foto menarik di sana-sini.

Anda bisa berfoto sepuasnya di spot-spot foto tersebut, termasuk di patung-patungnya. Jangan lupa mengajak anak-anak ke sini, karena Anda bisa mengajaknya berjalan-jalan sambil mengenalkan hewan.

Keliling di Farm House

farmhouse Taman Wisata Karang Resik

Area farmhouse ini terlihat segar dan hijau. Menggunakan dekorasi rumput sintetis, tempat ini jadi terlihat asri dan menghijau. Ada wahana outbound juga, lho, di sini. Area tersebut bisa untuk melatih kemampuan motorik anak-anak.

Di tempat yang berseberangan, ada labirin bertembok rendah yang bisa untuk spot foto. Di sini, Anda juga bisa mengajak anak untuk berinteraksi dengan hewan-hewan ternak, seperti kelinci dan sapi.

Hewan-hewan tersebut sudah jinak, jadi tidak perlu khawatir. Anda juga bisa memberikan pakan pada mereka secara langsung. Konsep farm house seperti ini juga ada di Urban Farming Purwakarta.

Main di Waterpark

waterpark Taman Wisata Karang Resik

Meski tidak sebesar Victory Waterpark di Bandung, Anda pasti tidak mau melewatkan yang satu ini. Taman bermain air ini sebetulnya lebih cocok untuk anak-anak, karena ada dua kolam khusus yang dilengkapi dengan berbagai wahana untuk anak.

Meskipun begitu, ada juga kok kolam untuk dewasa. Beberapa wahana yang bisa Anda masinkan di sini yaitu seluncuran, pancuran air, terowongan, dan ember raksasa yang menumpahkan air tiap beberapa menit sekali.

Flying Fox dan Sepeda Gantung

sepeda gantung Taman Wisata Karang Resik

Ingin sesuatu yang lebih menantang? Bisa juga coba wahana flying fox atau sepeda gantung. Ini adalah wahana andalan di tempat wisata ini. Soalnya, tidak seperti flying fox di tempat lain, di sini Anda akan meluncur melintasi Sungai Citanduy.

Tentu rasanya lebih seru jika bisa main flying fox sambil menikmati pemandangan. Cocok bagi Anda yang menyukai tantangan sekaligus ingin melihat pemandangan dari atas.

Rumah Pintar Polisi

taman lalulintas Taman Wisata Karang Resik

Wahana yang satu ini merupakan hasil kerjasama pemerintah kota dengan pihak kepolisian setempat. Anak-anak tentu akan sangat senang menghabiskan waktu di sini.

Di Rumah Pintar Polis, anak akan belajar lebih dalam tentang tugas seorang polisi. Pengunjung juga bisa belajar soal rambu lalu lintas, mengemudikan kendaraan, dan latihan baris berbaris.

Wonderland

Habis dari Rumah Pintar Polisi, jangan lupa ajak anak Anda main ke Wonderland. Ini adalah arena bermain anak dengan konsep edukasi. Di sini, anak-anak bisa bermain peran yang merupakan simulasi bagi cita-cita mereka. Anak-anak bisa jadi pemadam kebakaran, masinis, kasir, koki, dan masih banyak lagi.

Tiap profesi dilengkapi dengan sarana yang berkaitan berikut dengan seragamnya. Selain itu, anak-anak juga bisa bermain di kolam bola.

Destinasi Budaya

rumah jepang Taman Wisata Karang Resik

Belum lama ini pihak manajemen merilis destinasi baru di Karang Gesik untuk menambah daya tarik dari tempat wisata ini sendiri. Destinasi baru tersebut yaitu spot kebudayaan dari luar negeri.

Saat ini, ada tiga kebudayaan yang bisa Anda kunjungi yaitu Yunani, Belanda, Korea Selatan, Jepang, dan India. Di areal ini pengunjung dapat melihat bangunan yang khas sesuai dengan negara tersebut. Selain itu, Anda juga bisa menyewa baju khas tradisional kimono dan berfoto di dalamnya.

Jam Operasional Karang Resik

Karang Resik buka setiap hari. Di hari kerja, taman wisata ini buka dari pukul 09.00 sampai 16.00 WIB. Sedangkan di akhir pekan, taman buka dari pukul 09.00 sampai 17.00 WIB.

Ingin berwisata ke Tasik tapi bingung soal akomodasi dan transportasi? Memang, Tasik bisa dibilang bukan kota wisata, jadi agak sulit mencari akomodasi dan sewa transportasi. Namun, Anda bisa serahkan semua ke Salsa Wisata.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (13 votes)