Siapa yang belum mengetahui Kebun Buah Mangunan? Tempat ini sudah sangat terkenal sebagai salah satu spot terbaik menikmati sunrise di Yogyakarta.

Panorama perbukitan dan suasana alam yang asri menjadi magnet utama objek wisata ini. Sebuah destinasi yang sangat direkomendasikan untuk Anda pecinta fotografi.

Akses menuju kebun Mangunan ini juga sangat mudah. Sebab banyak paket gathering Jogja dari biro perjalanan yang menawarkan tempat ini sebagai destinasi.

Sejarah Kebun Buah Mangunan

Dulunya tempat ini hanyalah kawasan tandus di pelosok Bantul. Namun setelah tahun 2003 tanah gersang tersebut mulai berubah.

Pemerintah Bantul bekerja sama dengan penduduk sekitar berencana memanfaatkan lahan seluas 23 hektar tersebut. Sehingga tanah bisa lebih produktif dan banyak memberikan manfaat.

Mereka bersama menanam bibit buah seperti durian, rambutan, jambu biji dan buah musiman lainnya. Hingga akhirnya di tahun 2009, usaha tersebut membuahkan hasil.

Mulai banyak wisatawan yang tertarik mengunjungi kebun buah tersebut menyaingi Puncak Becici. Lalu hal tidak terduga terjadi. Di tahun 2010, buah yang dinanti para pengunjung ternyata belum berbuah.

Akhirnya mereka memutuskan untuk beristirahat di puncak bukit setinggi 150 hingga 200 mdpl ini. Ternyata di puncak tersebut tersimpan pesona keindahan alam yang menawan.

Panorama yang terhampar tersebut menjadi daya tarik utama para pengunjung. Sejak tahun 2014 tempat wisata Jogja ini selalu ramai dan menawarkan banyak hal menarik bagi para wisatawan.

Spot-spot apik pun mulai ditambahkan untuk kenyamanan para pengunjung untuk berfoto. Fasilitas-fasilitas tersebut membuat bukit buah Mangunan semakin ramai dan diminati wisatawan.

Harga Tiket Masuk Kebun Buah Mangunan

HTM kawasan wisata Mangunan ini masih sangat terjangkau bahkan saat akhir pekan. Semua fasilitasnya pun bisa nikmati hanya dengan sekali membayar tiket masuk tersebut.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Hari Biasa Rp5.000,00
Tiket Masuk Akhir Pekan & Hari Libur Rp6.000,00
Parkir Motor Rp3.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Harga tiket diatas belum termasuk untuk beberapa fasilitas yang ada. Namun sudah cukup untuk Anda bisa menikmati pesona alam tempat ini.

Bila Anda ingin biaya liburan lebih hemat dan efisien, Paket Gathering dari Salsa Wisata bisa jadi solusinya. Cukup sekali bayar semua yang Anda perlukan saat liburan bisa terpenuhi seperti akomodasi, konsumsi, dan transportasi.

Jadi Anda bisa duduk santai menikmati waktu liburan dengan tenang. Sebab segalanya telah kami siapkan demi kenyamanan Anda.

Kegiatan Seru di Kebun Buah Mangunan

Berbagai hal seru telah menanti Anda di tempat wisata ini. Mulai dari sekedar bersantai hingga sesi pemotretan khusus bisa Anda lakukan dan berikut ini ulasan lengkapnya:

Menikmati Sunrise dan Sunset

sunrise puncak kebun buah mangunan

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, pemandangan sunrise dan sunset dari tempat ini termasuk yang terbaik. Keindahannya tidak kalah dengan Candi Ijo di Sleman atau pantai-pantai Gunung Kidul.

Anda akan terkagum-kagum dengan panorama yang terlihat dari ‘Negeri di Atas Awan’ ini. Warna keemasan di langit saat mentari muncul terlihat begitu apik.

Kabut tipis yang menyelimuti perbukitan hijaunya membuat bentang alamnya semakin epik. Sungai oyo yang berkelok pun ikut menghiasi pemandangan pagi dan sore hari tempat ini.

Bahkan wisatawan rela datang pagi buta setelah subuh agar tidak melewatkan keindahannya. Momen sunrise dari puncak bukit ini selalu dinanti dan jadi hal yang wajib Anda nikmati.

Bersantai di Taman Cantik

Datang kesiangan? Tidak masalah. Sebab di tempat wisata Bantul ini terdapat taman cantik untuk Anda bersantai menikmati pemandangan yang ada.

Berbagai macam tanaman hias tumbuh rapi dengan penataan yang elok. Jalan setapaknya terbuat dari undakan yang terlihat cantik dari sisi manapun.

Di beberapa titik juga terdapat gazebo berbentuk pendopo yang cocok untuk Anda bersantai. Suasana alam sekitar yang asri dan sejuk semakin menambah nyaman waktu berleha-leha Anda.

Keindahan kawasan puncak Mangunan ini pasti membuat Anda betah. Terlebih lagi datang bersama rombongan teman atau keluarga.

Berfoto Ria

Foto Puncak Kebun Buah Mangunan

Sangat sulit rasanya mengunjungi bukit buah Mangunan ini tanpa berfoto sama sekali. Lanskap alamnya begitu menawan dan sangat cocok menjadi latar belakang foto Anda.

Momen golden hours seperti pukul 09.00 WIB dan 15.00 WIB jadi waktu terbaik berfoto di sini. Jam terbaik lainnya sekitar pukul 05.00 WIB saat matahari terbit atau 17.00 WIB ketika mulai terbenam.

Spot-spot foto yang tersedia semakin memanjakan wisatawan yang senang berfoto. Apapun pose gaya foto Anda, hasilnya akan tampak menarik di tempat ini.

Sehingga wajar bila banyak sesi pemotretan pre-wedding atau paket bulan madu Jogja menjadikan kebun buah ini sebagai destinasi. Suasana romantis dan cantik yang tercipta membuat momen liburan Anda semakin istimewa.

Menjelajah Daerah Sekitar

Hal menarik tidak hanya bisa Anda temukan di satu titik saja. Banyak sekali tempat yang menawarkan hal seru yang bisa Anda kunjungi di sekitar kawasan ini.

Salah satunya seperti memetik buah langsung dari area perkebunan. Aktivitas ini tidak kalah seru dengan kegiatan petik apel di Kebun Apel Malang.

Tempat menarik lain adalah area penangkaran rusa timor yang tidak jauh dari kebun buah. Di sini Anda bisa berinteraksi langsung dengan rusa-rusa hasil penangkaran pemerintah Bantul.

Anda yang senang memancing juga bisa menyalurkan hobi di kolam pemancingan yang tersedia. Ikan-ikan tawar seperti bawal dan patin bisa Anda pancing namun dengan peralatan sendiri.

Selain aktivitas yang sudah disebutkan tadi, masih banyak kegiatan lain yang bisa Anda lakukan. Contohnya seperti camping, outbound, hingga berenang semua tersedia fasilitasnya.

Fasilitas di Kebun Buah Mangunan

Saat ini fasilitas di tempat wisata ini sudah sangat lengkap. Fasilitas umum seperti mushola, toilet, dan gazebo semua tersedia.

Selain itu akses jalannya juga sudah sangat baik. Mobil berukuran besar bisa parkir dengan mudah di sini. Sehingga wajar banyak mobil dari rental Hiace Jogja berjajar rapi di lahan parkirnya.

Sayangnya untuk fasilitas seperti penginapan atau hotel belum ada. Begitu juga dengan restoran dan rumah makan, hanya warung kecil yang menjual jajanan biasa.

Lokasi dan Rute Menuju Kebun Buah Mangunan

Alamat Kebun Buah ini  terletak di Jl. Imogiri – Dlingo, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul. Jaraknya sangat dekat dengan Hutan Pinus Mangunan yang hanya sekitar beberapa menit perjalanan.

Sedangkan jika Anda berangkat dari Malioboro, membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Rute terbaik menuju tempat ini bisa Anda dapatkan dengan bantuan Google Maps.

Bisa juga dengan memanfaatkan layanan rental mobil innova Jogja dari Salsa Wisata. Selain mobilnya yang selalu prima, sopir lokal kami sangat berpengalaman dan siap mengantar Anda kemanapun tujuannya.

Jam Operasional Kebun Buah Mangunan

Bagi Anda yang ingin berkunjung terdapat dua shift waktu yang bisa Anda pilih setiap harinya. Pertama mulai pukul 05.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB.

Lalu shift kedua dimulai pukul 14.00 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB. Anda bisa memilih waktu yang pas sesuai keinginan. Bila ingin menikmati sunrise tentu harus datang saat pagi begitu juga dengan sunset yang ada di sore hari.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)