SalSari Resto & Coffee

Tahukah Anda bahwa ada Kebun Raya, selain Kebun Raya Bogor? Di kawasan Jawa Tengah, tepatnya di kecamatan Baturaden juga ada Kebun Raya! Jadi, jika Anda jalan-jalan ke kawasan ini, cobalah main-main ke Kebun Raya Baturaden!

Jika Anda akhir-akhir ini menonton Drama Little Women, pasti Anda tahu tentang Anggrek biru misteriusnya! Memang Kebun Raya ini tidak memiliki anggrek biru seperti dalam drama. Namun, di sini ada beberapa koleksi Anggrek yang sama misteriusnya, seperti Anggrek Hitam misalnya!

Bukan hanya melihat koleksi bunga-bunga langka, di sini Anda juga bisa bersepeda, berpiknik, atau menemani anak bermain. Tidak kalah dengan tempat wisata Baturaden bagus lainnya, Kebun Raya ini juga memiliki spot-spot foto menarik!

Sejarah Kebun Raya Baturaden

gedung putih Kebun Raya Baturaden

Pembangunan kebun raya ini bermula dari gagasan Ibu Megawati Soekarno Putri. Beliau mengusulkannya saat mengikuti acara penutupan Jambore Nasional 2001 di Baturaden.

Pada tahun 2002, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, memutuskan untuk menindaklanjuti gagasan tersebut. Dalam masa perintisannya, Kebun Raya Bogor banyak membantu pembangunan Kebun Raya ini dengan mengirimkan bibit-bibit tumbuhan.

Akhirnya, pada 29 Desember 2004, Pemerintah meresmikan Kebun Raya ini. Pada 2005, Pemerintah menetapkan tempat ini sebagai Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus Untuk Hutan Penelitian Dan Pengembangan Serta Pendidikan Lingkungan.

Namun, akhirnya pada 19 Desember 2015, kebun raya ini mulai beroperasi untuk umum. Dengan luas mencapai 143,5 hektar, pohon spesies Pinus merkusii, Agathis borneensis dan Altingia Excelsa mendominasi kebun ini.

Karena itu, kebun ini ditunjuk sebagai kawasan konservasi ex situ flora pegunungan. Kebun Raya ini merupakan tempat wisata Purwokerto favorit masyarakat sekitar. Jika Anda penasaran, Anda harus berlibur kesini!

Setelah puas berlibur di Banyumas, Anda bisa lanjut ke Semarang dan Jogja dengan paket wisata murah!

Fasilitas Kebun Raya Baturaden

fasilitas Kebun Raya Baturaden

Kebun Raya ini memiliki tempat parkir yang luas. Jadi, meskipun ramai, pengunjung tidak perlu khawatir kehabisan tempat parkir. Selain itu, ada juga pusat informasi bagi pengunjung yang kebingungan.

Meskipun awalnya hanya hutan penelitian, tapi setelah dibuka untuk umum, wisata alam ini benar-benar memperhatikan publik. Misalnya saja, Kebun Raya ini menyediakan berbagai wahana, spot foto, outbond, meeting room, cafe, camping ground dan penginapan.

Lalu, seperti pada tempat wisata pada umumnya, wisata alam ini juga menyediakan toilet dan mushola. Terakhir, seperti tujuan utamanya, sebagai hutan penelitian, pengembangan dan pendidikan lingkungan, Kebun Raya ini juga menyediakan program kegiatan edukasi.

Mahasiswa yang bergumul di bidang tumbuh-tumbuhan, sangat bisa melamar magang atau PKL di sini.

Harga Tiket Kebun Raya Baturaden

Untuk memasuki kebun raya ini, harganya sangat terjangkau. Karena itu, Anda tidak perlu khawatir jika ingin berlibur bersama kerabat. Anda cukup menggunakan layanan sewa bus pariwisata dari Pekalongan dengan harga murah.

Retribusi Tarif
Tiket masuk Weekdays Rp20.000,00

Weekend Rp25.000,00

Lokasi dan Rute Menuju Kebun Raya Baturaden

rute Kebun Raya Baturaden

Wisata alam ini berada di area lokawisata Baturaden, tepatnya di Jalan Pancuran Tujuh, Wana Wisata Baturaden, Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah. Kebun Raya ini terletak tepat di pusat Baturaden, tempatnya juga sangat terkenal, sehingga ada banyak penunjuk jalan untuk wisatawan.

Ketika sudah sampai di kawasan Baturaden, Anda cukup mengikuti jalan sampai menemukan Terminal Baturaden. Setelahnya, lurus terus sampai ke lokawisata Baturaden. Selanjutnya, Anda tinggal belok kanan ke arah Kebun Raya ini.

Jika berangkat dari Banyumas, Anda hanya akan membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Namun, jika berangkat dari Semarang, Anda akan membutuhkan waktu 3 jam lebih. Jika ingin perjalanan yang lebih nyaman, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, atau memanfaatkan layanan rental mobil plus driver murah.

Jika menggunakan mobil pribadi, akan lebih mudah juga bagi Anda untuk membawa oleh-oleh yang Anda beli di sini. Walaupun awalnya Anda tidak berniat membeli apapun, tapi pada akhirnya mungkin Anda akan tergoda, sebab di sekitar sini ada banyak pusat oleh-oleh khas Jawa Tengah tahan lama.

Daya Tarik Kebun Raya Baturaden

Koleksi Tumbuhan

medical garden Kebun Raya Baturaden

Sebagai tempat yang awalnya sebuah Hutan Penelitian, Pengembangan dan Pendidikan Lingkungan, maka tidak heran wisata alam ini memiliki tumbuhan melimpah. Tidak hanya itu, di sini juga ada rumah kaca, rumah kompos, tempat pembibitan dan lain-lain.

Sampai saat ini, Kebun Raya ini sudah memiliki kurang lebih 3000 spesies tanaman. Tanaman-tanaman tersebut merupakan, hasil eksplorasi para peneliti ke sebelas pegunungan di Jawa. Hasilnya, di sini jadi ada berbagai taman, seperti Taman Bunga, Palem, Tanaman Paku dan Tanaman Obat.

Tanaman unik tersebut diantaranya adalah berbagai Kantong Semar (tanaman karnivora), Mimba (pestisida alami), Pelahlar (tanaman Nusa Kambangan) dan banyak lagi. Selanjutnya, ada koleksi Anggrek, sepeti Anggrek hitam dan Anggrek Gunung Slamet.

Spot Foto

spot foto Kebun Raya Baturaden

Bukan hanya memiliki banyak koleksi tumbuhan, tempat ini juga memiliki desain yang cantik, sehingga ada banyak spot foto untuk pengunjung. Anda bisa berfoto dengan berbagai latar taman yang berbeda.

Area Permainan dan Outbond

wahana outbound Kebun Raya Baturaden

Wisata alam ini memilki beberapa permainan untuk anak-anak. Sebut saja, jungkat-jungkit dan seluncuran. Selain itu, ada juga wahana-wahana menarik, seperti beberapa rumah pohon, jembatan kayu dan lain-lain.

Selain itu, wisata alam ini juga menyediakan area outbond untuk siswa sekolah. Area ini dapat menampung hingga 300 anak lebih. Area ini juga memiliki berbagai fasilitas seperti aula, kantin hutan, wahana high ropes, kolam air alami, serta toilet dan mushola.

Taman Labirin

taman labirin Kebun Raya Baturaden

Jika Anda suka tantangan, Anda wajib sekali menjelajahi taman ini. Seperti dalam adegan film Harry Potter ke-4, Anda juga harus berusaha mencari jalan keluar di tengah labirin yang lumayan rumit.

Tracking

trekking Kebun Raya Baturaden

Wisata alam ini memanfaatkan datarannya yang penuh tanjakan dan turunan dengan sangat baik. Mereka membangun jalur tracking yang lumayan panjang dan lebar. Pasti seru bukan, tracking di dataran tinggi bertemankan pohon-pohon yang menguarkan angin sejuk?

Air Terjun

air terjun mini Kebun Raya Baturaden

Tidak perlu pergi lagi ke tempat wisata lainnya untuk merasakan kesegaran air terjun, karena wisata alam ini juga memilikinya. Air terjunnya cukup tinggi, meskipun kolam-kolamnya agak kecil. Namun, tetap saja area air terjun ini sangat indah dan airnya sejuk.

Jam Buka Kebun Raya Baturaden

Kebun Raya ini buka setiap hari, dari pukul 06.00-15.30 WIB. Anda bisa berkunjung kesini kapan saja. Namun, sebaiknya Anda berkunjung di pagi hari ketika suasananya masih segar dan matahari belum naik tinggi.

Sepulang bermain di Kebun Raya Baturaden ini, Anda bisa langsung mengisi ulang tenaga dengan menyantap makanan khas Jawa Tengah lezat. Karena tempat ini sangat terkenal, maka tidak heran jika ada banyak pengusaha yang membuka restorannya didekat sini.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)