earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Baturaden merupakan kecamatan kecil di Kabupaten Banyumas yang mempunyai banyak tempat wisata menarik. Bahkan tidak sedikit tempat wisata di Baturaden yang terkenal hingga ke luar kota dan selalu ramai saat liburan.

Keindahan alamnya jadi daya tarik utama yang bisa Anda dapatkan di setiap destinasi wisata yang ada. Sehingga sangat cocok untuk Anda yang ingin healing melepas penat dari rutinitas.

Dan berikut ini 14 rekomendasi tempat wisata favorit di Baturaden dan sekitarnya yang tidak boleh Anda lewatkan

Daftar Tempat Wisata Baturaden Hits dan Populer

Telaga Sunyi

Telaga Sunyi

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Berada di Baturaden tidak ada salahnya untuk mampir mengunjungi Telaga Sunyi. Karena seperti namanya telaga atau kolam alami ini memiliki suasana sunyi yang tenang dan pas untuk Anda bersantai.

Airnya berasal dari aliran sungai serta sumber mata air alami yang masih bersih dan jernih. Lokasinya yang berada di lereng Gunung Slamet juga membuat hawa tempat ini masih sangat sejuk dan segar.

Namun tidak seperti Telaga Sarangan yang luas, telaga ini berukuran lebih kecil dengan kedalaman sekitar 2 hingga 6 meter. Dengan kedalaman tersebut, tempat ini sering menjadi tujuan wisatawan yang ingin snorkeling dan berenang.

Sambil menyelam, Anda dapat melihat batu-batuan besar dan dasar telaga yang berpasir dengan sangat jelas. Tidak sedikit pula wisatawan yang eksis berfoto di dalam air selama berkunjung.

Sebelum menuju lokasi Anda harus melakukan treking terlebih dahulu melewati perkampungan desa. Alamat persis telaga ini sendiri berada di Daerah Limpakuwus, Sumbang dekat dengan perbatasan Baturaden.

Wanawisata ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Untuk tiket masuknya sendiri Anda hanya perlu membayar retribusi sebesar Rp15.000,00 per orang.

Curug Bayan

Curug Bayan

Jika biasanya curug berada di tengah hutan dan minim fasilitas, lain halnya dengan Curug Bayan. Air terjun ini memiliki fasilitas yang lengkap seperti Curug Maribaya, salah satu ikon wisata Maribaya Bandung terbaik.

Selain dapat menikmati keindahan air terjun setinggi 7 meter ini, Anda pun bisa bersantai dengan tenang. Sebab tersedia fasilitas restoran yang menawarkan berbagai kuliner lezat untuk Anda santap.

Tidak ketinggalan fasilitas penginapan dengan view sungai dan alam sekitar juga siap memanjakan waktu berlibur Anda. Pilihan ini sangat cocok untuk Anda yang ingin staycation bersama keluarga atau teman.

Curug ini sendiri memiliki beberapa kolam yang sering menjadi tempat bermain wisatawan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa yang ingin snorkeling bisa memuaskan dirinya bermain air di tempat ini.

Untuk Anda yang tidak ingin menginap atau ingin langsung menuju curug juga bisa, biayanya pun lebih murah. Tiket masuk kawasan Curug Bayan ini berkisar antara Rp10.000,00 hingga Rp30.000,00 tergantung pilihan Anda.

Alamatnya berada di Jl. Kalipagu Dusun II Ketenger, Ketenger, Baturaden. Jika tidak menginap, air terjun ini bisa Anda nikmati antara pukul 07.30 WIB hingga pukul 16.30 WIB setiap harinya.

Lokawisata Baturraden

Lokawisata Baturraden

Mengunjungi Baturaden wajib sekali untuk mengunjungi Lokawisata Baturraden. Kawasan wisata ini merupakan pusat wisata yang tidak kalah lengkap dari kawasan Wisata Lembang.

Di sini, Anda bisa mendapatkan keseruan di sejumlah wahana dan fasilitas dalam satu tempat yang sama. Misalnya saja seperti berenang di area perbukitan atau menikmati keindahan danau dengan sepeda air.

Selain itu, tersedia pula pemandian air panas untuk Anda yang ingin relaksasi. Bahkan keindahan beberapa curug juga bisa Anda nikmati di sini seperti misalnya Curug Gumawang atau Sendang Mulya.

Tidak ketinggalan fasilitas selfie dengan panorama menarik juga bisa Anda coba. Salah satu yang cukup populer adalah spot ayunan serta sepeda gantung yang memiliki view dari atas ketinggian.

Lokasinya yang sejuk dan nyaman karena berada di lereng Gunung Slamet juga menjadi alasan tempat wisata ini menjadi favorit di Baturaden. Tiket masuknya pun tidak terlalu mahal sekitar Rp20.000,00 hingga Rp25.000,00 per orang.

Anda bisa berkunjung pada jam operasionalnya mulai pukul 07.00 WIB hingga 15.30 WIB setiap hari. Alamatnya sendiri terletak di Jl. Syaikh Muhammad Al-Khidhir, Dusun I Karangmangu, Karangmangu, Baturaden.

Curug Jenggala

Curug Jenggala

Ada banyak sekali tempat wisata instagramable di Baturaden yang bisa Anda kunjungi, salah satunya Curug Jenggala. Curug ini memiliki tiga buah air terjun yang berasal dari dua aliran sungai berbeda seperti Coban Putri Malang.

Sebelum terkenal seperti sekarang, air terjun ini memiliki nama Curug Tempuhan karena menjadi titik temu Sungai Mertelu dan Banjaran. Lokasinya berada di lereng Gunung Slamet tidak jauh dari PLTA Ketenger.

Setelah mendapat polesan dari warga sekitar, kawasan curug ini jadi tempat selfie yang hits di kalangan anak muda. Berbagai spot menarik bisa Anda pilih untuk berfoto bersama teman atau keluarga.

Salah satu spot yang jadi favorit wisatawan adalah spot papan hati di atas tebing dengan latar air terjun. Keindahan curug ini pun bisa Anda nikmati dari sisi lain yakni area bawah dekat aliran sungai.

Di area bawah ini, Anda bisa merasakan langsung segarnya air curug yang masih sangat alami. Tapi sebelum tiba ke lokasi, Anda harus berjalan beberapa ratus meter melewati jalan setapak selama beberapa menit.

Selama perjalanan tersebut, Anda juga akan melewati beberapa tempat wisata menarik lain seperti DAM PLTA Ketenger atau Curug Muntu. Alamat curug ini sendiri terletak di Jl. Pangeran Limboro, Dusun III Kalipagu, Ketenger, Baturaden.

Anda bisa datang setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB. Cukup sediakan biaya retribusi sebesar Rp10.000,00 per orang, Anda sudah bisa puas berfoto dan menikmati kecantikan curug ini.

Curug Sendang Bidadari

Curug Sendang Bidadari

Berbeda dengan Curug Bidadari Bogor, curug yang ada di Baturaden ini punya keistimewaan sendiri. Salah satunya dari segi nama sebab air terjun ini terkenal dengan beberapa nama lain seperti Sendang Bidadari atau Curug Lawang.

Selain namanya, bentuk curug ini pun sangat istimewa dan tampak menawan. Di sini Anda bisa menemukan dua air terjun berbeda yang sama-sama mempesona dengan tinggi mencapai 25 meter.

Air terjun pertama berada di bagian depan yang mengalir antara dua tebing yang berdempetan. Sedangkan air terjun kedua letaknya tersembunyi di balik tebing yang membentuk lorong atau pintu.

Tebing inilah yang kemudian menjadi asal usul mengapa namanya Curug Lawang. Di curug kedua ini juga terdapat kolam jernih dengan dua aliran deras air yang jatuh langsung ke kolam.

Tempat inilah yang menjadi favorit wisatawan untuk berfoto atau bermain air karena keindahannya bagai bidadari. Curug ini bisa Anda kunjungi setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB.

Lokasinya berada di Dusun II, Karangsalam, Baturaden, tidak jauh dari Curug Tilu dan Kedung Pete yang juga terkenal. Untuk masuk kawasan wisata ini Anda hanya perlu menyiapkan tiket sebesar Rp5.000,00 per orang.

Taman Langit

Taman Langit Baturaden

Tidak seperti Taman Langit Malang yang hanya menawarkan spot selfie, Taman Langit Baturaden ini punya kemasan berbeda. Tempat ini merupakan restoran yang memiliki banyak spot apik dan asyik untuk santai serta berfoto.

Tempat wisata hits di Baturaden ini selalu menjadi tujuan anak muda saat malam minggu tiba. Sambil nongkrong, Anda bisa menikmati pemandangan cantik lampu-lampu kota yang terlihat dari area outdoornya.

Selain area outdoor ini, Anda juga dapat berfoto di sejumlah spot selfie yang telah tersedia. Misalnya saja seperti jembatan kaca atau taman-taman bunga cantik di sekitarnya.

Area indoornya juga tidak kalah estetik dengan konsep yang instagramable namun tetap nyaman. Menu makan di tempat ini pun harganya tidak terlalu mahal, masih standar cafe kekinian pada umumnya.

Kisaran harganya mulai dari Rp9.000,00 untuk minuman hingga Rp55.000,00 untuk menu makanan berat. Selain biaya tersebut, Anda tidak perlu membayar tiket masuk jadi bisa langsung duduk dan menikmati pemandangan yang ada.

Lokasi cafe instagramable ini sendiri berada di Jl. Raya Baturaden Barat Karangtengah, Dusun II, Karangtengah, Baturaden. Anda bisa datang antara pukul 11.00 WIB hingga 20.00 WIB setiap harinya.

Curug Kembar Baturaden

Curug Kembar Baturaden

Baturaden juga memiliki curug kembar seperti tempat wisata di Tasikmalaya yang terkenal dan beberapa daerah lainnya walaupun tidak terlalu tinggi. Air terjun kembar di Baturaden ini punya tinggi beberapa meter saja dan lokasinya masih tersembunyi.

Medan menuju air terjunnya pun cukup panjang dan menantang dengan belum adanya fasilitas yang memadai. Meski begitu, lelah Anda berjalan akan langsung terbayarkan dengan keindahan serta kesegaran di air terjun ini.

Airnya sangat jernih dengan kolam yang cukup luas dan punya kedalaman yang bervariasi jadi pas sekali untuk berenang. Selain itu, Anda juga beristirahat atau bersantai pada batu-batu kali yang ada di sekitar.

Suasananya yang masih asri dan sepi, bisa jadi lokasi yang tepat untuk Anda yang ingin menyepi dari hiruk pikuk aktivitas kota. Tiket masuk tempat wisata ini pun tidak mahal hanya sekitar Rp10.000,00 per orang.

Anda bisa langsung datang ke alamatnya di Dusun II, Kemutug Lor, Baturaden menggunakan layanan rental mobil murah terdekat. Tempat ini buka selama 24 jam tanpa batasan, namun waktu terbaik berkunjung tentu saat pagi atau sore hari sebelum gelap.

Pendakian Gunung Slamet via Baturaden

Pendakian Gunung Slamet via Baturaden

Dari beberapa rute pendakian Gunung Slamet, jalur Baturaden termasuk yang cukup populer. Hal ini karena perjalanan dari pos 1 hingga pos 3 medannya lumayan landai meskipun panjang.

Dari basecamp menuju pos camping ini Anda harus berjalan kurang lebih 7 jam dalam kecepatan normal. Baru kemudian dari pos tiga menuju pos plawangan perjalanan mulai semakin berat.

Dengan total lama pendakian sekitar 13 hingga 16 jam, mendaki gunung Slamet bisa jadi pengalaman paling berkesan. Lokasi basecampnya berada di Dusun III Berubahan, Kemutug Lor, Baturaden tidak jauh dari Lokawisata Baturaden.

Biaya retribusinya sendiri sekitar Rp20.000,00 per orang. Basecamp pendakian ini bisa Anda datangi kapanpun karena buka selama 24 jam penuh setiap harinya.

Kebun Raya Baturaden

Kebun Raya Baturaden

Naik sedikit dari kawasan Lokawisata Baturaden, Anda bisa mengunjungi Kebun Raya Baturaden. Seperti halnya Kebun Raya Bogor dan kebun raya lainnya, tempat wisata edukasi ini memiliki berbagai macam koleksi flora dan fauna menarik.

Anda dapat mengenal berbagai macam tanaman yang ada di kebun raya ini. Selain itu, tersedia pula sejumlah wahana permainan serta fasilitas wisata yang bisa Anda coba mulai dari labirin hingga wahana outbound.

Wisata alam satu ini sangat cocok menjadi destinasi Anda yang ingin piknik santai bersama keluarga. Untuk alamat persisnya, kebun raya ini berlokasi di Jl. Pancuran Tujuh – Wanawisata Baturraden, Dusun III Berubahan, Kemutug Lor, Baturaden.

Tiket masuk wisatanya juga tidak terlalu mahal sekitar Rp20.000,00 sampai Rp25.000,00 per orang. Anda bisa datang berkunjung antara pukul 06.00 WIB hingga 16.30 WIB setiap harinya.

Baturraden Adventure Forest

Baturraden Adventure Forest

Untuk Anda yang senang berpetualang dan melakukan aktivitas luar ruangan, Baturraden Adventure Forest merupakan pilihan yang tepat. Salah satu tempat wisata di Jawa Tengah populer ini siap menyediakan berbagai fasilitas dan wahana yang Anda butuhkan untuk seru-seruan.

Mulai dari area camping, arena paintball, trek sepeda, hingga berbagai macam permainan outbound tersedia di sini. Tempat ini juga sering menjadi lokasi berlangsungnya acara pernikahan atau kumpul keluarga.

Mengunjungi Baturraden Adventure Forest sangat cocok untuk Anda yang ingin piknik sekaligus rekreasi. Tiket masuk tempat ini pun terbilang murah apalagi untuk rombongan sekitar Rp200.000,00 hingga 2.5 juta tergantung aktivitasnya.

Untuk alamat persisnya, Baturraden Adventure Forest ini terletak di Dusun II Pandak, Karangsalam, Baturaden. Anda bisa datang berkunjung antara pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB setiap harinya.

Pancuran Pitu

Pancuran Pitu

Ingin relaksasi sambil rekreasi? Bisa sekali, datang saja ke Pancuran Pitu yang ada di Dusun III Kalipagu, Ketenger, Baturaden. Tempat ini merupakan pemandian air panas alami dengan tujuh pancuran mengandung belerang seperti di Kawah Cibuni Rengganis, salah satu tempat wisata Ciwidey terbaru.

Selain dapat berendam, tempat ini juga menyediakan fasilitas pijat dan lulur belerang yang mampu mengobati berbagai penyakit. Mulai dari penyakit kulit, rematik, hingga pegal-pegal konon katanya dapat sembuh di sini.

Tempatnya pun sangat asyik untuk Anda bersantai maupun berfoto. Tidak jauh dari lokasi juga terdapat tempat wisata lain yang juga bisa Anda kunjungi seperti Goa Selirang.

Tiket masuk yang harus Anda bayarkan pun sangat murah karena hanya sekitar Rp5.000,00 per orang. Tempat wisata ini beroperasi setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Bukit Pandang Baturaden

Bukit Pandang Baturaden

Keindahan Kota Baturaden bisa Anda nikmati dari ketinggian Bukit Pandang di kawasan Desa Wisata Ketenger. Pemandangan kota di malam hari dapat terlihat jelas dari atas bukit seperti saat mengunjungi Bukit Moko di Bandung.

Panorama cantik bukit ini pun semakin sempurna dengan adanya spot-spot selfie yang unik. Misalnya saja seperti pintu doraemon atau gardu pandang yang menghadap langsung ke lembah.

Tempat ini juga sering menjadi lokasi camping para pengunjung yang ingin menikmati momen sunrise yang apik. Tiket masuknya pun sangat ramah di kantong karena hanya Rp5.000,00 per orang.

Jika Anda tertarik bisa datang langsung ke lokasi bukit yang berada di Dusun III Kalipagu, Ketenger, Baturaden. Lokasinya tidak jauh dari Air Terjun Curug Bayan karena masih satu jalur yang sama.

Bukit Bintang Baturraden

Bukit Bintang Baturraden

Selain Bukit Pandang, Baturaden juga memiliki Bukit Bintang seperti yang ada di Jogja maupun Bandung. Panorama yang tersaji pun tidak jauh berbeda namun dengan fasilitas yang lebih lengkap.

Di tempat ini Anda bisa camping atau bermain di wahana permainan anak yang telah tersedia. Selain itu terdapat pula panggung pentas melingkar yang bisa Anda jadikan lokasi acara gathering atau konser musik.

Letak bukit ini sendiri masih masuk dalam kawasan Lokawisata Baturraden. Alamat persisnya berada di Jl. Pangeran Limboro, Dusun III Berubahan, Kemutug Lor, Baturaden.

Jika Anda tertarik berkunjung langsung saja datang ke lokasi sebab tempat ini gratis dan tidak ada jam operasional tertentu karena buka selama 24 jam. Sehingga Anda bisa bebas datang kapanpun Anda mau.

Curug Gede

Curug Gede

Berada tidak jauh dari Curug Buyan, Anda bisa mengunjungi Curug Gede yang tidak kalah cantik dan menawan. Curug ini memiliki tinggi sekitar 50 meter dengan ukuran kolam yang besar.

Wisatawan yang datang bisa puas berenang atau sekedar bermain air di kawasan ini. Namun harus tetap hati-hati karena kolam tersebut sangat dalam dan licin.

Curug ini sendiri berlokasi di Dusun II Ketenger, Ketenger, Baturaden, persis di sisi selatan Curug Buyan. Anda bisa datang setiap hari pada jam berapapun dengan menyiapkan tiket masuk yang hanya sebesar Rp5.000,00 per orang.

Bagaimana sudah punya destinasi yang ingin Anda kunjungi? Atau mau merasakan serunya menjelajah sendiri tempat-tempat menarik lain yang ada di Baturaden? Semua bisa Anda lakukan bersama Salsa Wisata.

Mau itu tempat wisata yang viral di Baturaden atau tempat wisata di Indonesia sekalipun, bersama Salsa Wisata semua bisa. Sebab pelayanannya sangat lengkap dan luas.

Mulai dari transportasi, destinasi, hingga destinasi semua terlayani, sehingga liburan anda bisa semakin mudah. Jadi tunggu apalagi, pilih langsung layanan terbaik yang Anda inginkan dan dapatkan pengalaman liburan berkesan tak terlupakan.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)