SalSari Resto & Coffee

Dari sederet daftar wisata Bali kekinian, pantai memang menjadi salah satu yang terbanyak pengunjungnya. Lihat saja Kedungu Beach yang selalu ramai akan wisatawan. Pantai ini memiliki keindahan panorama yang awesome.

Keindahan pantai ini sudah tidak perlu wisatawan ragukan lagi. Apa lagi, saat hari mulai menjelang malam, sunsetnya begitu luar biasa cantik dan mempesona. Wajar jika jumlah pengunjung Pantai Kedungu begitu banyak.

Sekilas Tentang  Kedungu Beach

Kedungu Beach bali

Kedungu Beach Bali merupakan salah satu pantai terkeren yang ada di Tabanan, Bali. Bagaimana tidak, pantai ini memiliki karakter yang cukup berbeda dengan pantai lainnya, yakni pasirnya berwarna hitam.

Selain itu, keindahan menakjubkan hadir ketika sunset mulai berlangsung. Biasanya, wisatawan datang di sore hari untuk menyaksikan keindahannya. Apa lagi, fasilitas di pantai ini juga sangat lengkap.

Pantai Kedungu sendiri memiliki sejumlah daya tarik, seperti datang ke Kedungu Love Beach yang lokasinya tidak jauh dari pantai utama. Sehingga cocok jika menggunakan jasa rental mobil mingguan Bali, agar lebih nyaman dan aman.

Fasilitas Wisata Kedungu Beach

fasilitas Kedungu Beach

Fasilitas Pantai Kedungu cukup lengkap walaupun belum ada fasilitas mewah seperti resort. Tapi, sangat mendukung kegiatan wisatawan saat berlibur di pantai. Misalnya seperti area parkir yang luas, warung dan toilet.

Untuk warung ada cukup banyak jumlahnya dan mereka menawarkan pengalaman wisata kuliner halal Bali yang lezat. Harga dari setiap menu makanan dan minuman juga terjangkau. Jadi, pengunjung tidak perlu khawatir.

Harga Tiket Masuk Kedungu Beach Bali

Harga tiket masuk Kedungu Beach tidak ada. Artinya, pengunjung tidak perlu membayar tiket karena gratis. Tapi, cukup membayar biaya parkir saja.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp2.000
Parkir Mobil Rp3.000

Lokasi dan Rute Kedungu Beach

drone view Kedungu Beach

Lokasi Kedungu Beach Bali berada di Jl. Pantai Kedungu, Desa Belalang, Belalang, Kediri, Kabupaten Tabanan. Jarak dari pusat Kota Tabanan sekitar 11 km atau 24 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor.

Rutenya dari mana saja arahkan kendaraan ke Tabanan. Dari Jln. Ir. Dr. Soekarno Tabanan arahkan ke Jln. Mawar. Ikuti jalan ke arah selatan atau pantai sampai bertemu Jln. Pantai Kedungu. Lurus terus sampai lokasi pantai.

Daya Tarik Kedungu Beach

Kedungu Beach menjadi salah satu daya tarik wisatawan berkunjung ke Tabanan. Tabanan sendiri kaya akan destinasi wisata menakjubkan. Nah, jika belum tahu tentang Pantai Kedungu, berikut ini beberapa alasannya.

Pantai Berpasir Hitam di Bali

pasir hitam Kedungu Beach

Di Bali, memang jumlah pantai dengan pasir putih lebih banyak daripada yang berpasir hitam. Oleh sebab itu, Pantai Kedungu ini cukup unik sekaligus menarik. Hamparan pasir hitamnya begitu terasa menyenangkan di kaki.

Salah satu keunggulan dari pasir hitam adalah pasirnya begitu lembut dengan butiran yang sangat halus. Ini tidak lepas dari proses alami yang terjadi akibat dari aktivitas gunung berapi.

Biasanya, pasir ini berasal dari basalt yang secara perlahan terkikis oleh air laut. Basalt adalah material lahar yang keluar akibat aktivitas gunung berapi. Sehingga walau hitam, pasirnya bersih dan terlihat begitu kontras.

Pasir hitam yang lembut ini sangat cocok untuk berbagai kegiatan pantai. Jika bersama rombongan menggunakan jasa rental big bus pariwisata Bali murah, maka bisa bermain voli pantai. Selain itu, bisa membuat kastil pasir atau berjemur.

Pantai dengan Air Terjun

Bukan hanya pasir hitamnya yang membuat Kedungu Beach begitu unik, tetapi juga karena ada air terjunnya. Ya, jika datang ke pantai ini, cobalah untuk menjelajahi pesisir pantai menuju lokasi air terjun.

Ketinggian air terjun sendiri tidak terlalu tinggi, hanya beberapa meter, tapi tetap begitu istimewa. Banyak wisatawan datang ke sini untuk berfoto atau bermain air di bawah air terjun. Sebab, air terjunnya juga tidak terlalu deras.

Oleh sebab itu, tidak perlu khawatir untuk mandi atau bermain air tepat di bawah air terjun. Apa lagi, airnya juga jernih dan udaranya begitu sejuk karena banyak pepohonan dari atas air terjun.

Seakan, air ini menyembul keluar dari balik semak-semak dan pepohonan. Inilah yang menjadi daya tariknya, bahkan wisatawan asing pun rela berjalan kaki untuk mencari lokasi air terjun.

Tapi, sebagai catatan, agar menggunakan sandal anti selip karena banyak batu karang di sekitar air terjun. Batu ini memiliki ukuran yang besar, sehingga ketika melewatinya harus hati-hati.

Menikmati Keindahan Pantai

sunset Kedungu Beach

Bukan hanya sunsetnya, tapi secara keseluruhan Kedungu Beach ini memang indah. Perpaduan warna pasir yang hitam pekat (ketika basah), air laut biru dan hijaunya pepohonan di atas bukit.

Sejauh mata memandang, terasa begitu mempesona view landscape pantai ini. Belum lagi udara juga bersih dengan angin sepoi-sepoi beraroma khas pantai. Oleh sebab itu, cocok juga untuk healing di akhir pekan.

Tempat Surfing Seru

Kedungu Beach ini memiliki gelombang ombak yang besar sehingga menjadi tempat favorit para peselancar atau surfer. Setiap harinya, puluhan peselancar mencoba menaklukan gulungan ombak yang tiada henti.

Jika Anda bisa berselancar, cobalah untuk menaklukan gelombang ombak pantai ini juga. Jika tidak, cukup bermain air atau bersantai sambil melihat para peselancar melakukan aksinya di atas ombak yang menggulung.

Sunset yang Begitu Indah

sunset Kedungu Beach

Alasan lain kenapa pantai ini begitu istimewa adalah karena sunsetnya yang eksotis. Untuk menikmati sunset, bisa dengan duduk atau bermain air di bibir pantai. Bersantai sambil menikmati makanan khas Bali lezat juga bisa Anda coba.

Cara lainnya adalah dengan datang ke Pantai Cinta Kedungu, lokasinya masih di Pantai Kedungu tapi titiknya berbeda. Wisatawan bisa menggunakan Google Map dengan nama Pantai Cinta Kedungu.

Lokasi ini sangat instagramable dan viral di media sosial. Lokasinya berada di atas bukit, hamparan tanah lapang dengan rumput, dan berbatasan langsung dengan pantai. Dari sini sunsetnya begitu menakjubkan.

Datang saja ketika hari mulai sore dan tunggu momen sunset tiba. Jangan lupa untuk mengabadikan momen. Bagi pecinta fotografi, sunset di Kedungu Beach ini sangat impressive atau mengesankan.

Memancing Ikan

memancing ikan Kedungu Beach

Buat Anda yang punya hobi memancing, Kedungu Beach bisa menjadi tempat melampiaskan hobi yang menarik. Ada banyak jenis ikan yang ada di sini. Bahkan, dari pinggiran bibir pantai pun Anda sudah bisa melemparkan umpan ke tengah laut.

Jadi, jangan lupa untuk membawa peralatan memancing Anda bila sebelum pergi ke Pantai Kedungu. Ini bisa menjadi sarana refreshing terbaik untuk melepas penat.

Jam Buka Kedungu Beach

Jika Anda berniat untuk mengunjunginya, Anda bisa datang kapan pun, karena Kedungu Beach buka setiap hari selama 24 jam. Apa lagi ada banyak penginapan di dekat pantai. Sehingga, jika wisatawan ingin bermalam bisa menginap di penginapan terdekat.

Selepas dari Pantai Kedungu, lanjutkan ke pusat oleh-oleh Bali kekinian di daerah Tabanan atau sekitarnya. Ada banyak jenis oleh-oleh yang bisa wisatawan beli sebagai kenangan atau buah tangan keluarga di rumah.

Manfaatkan saja layanan jasa wisata, tour and travel dari Salsa Wisata jika ingin berkunjung ke Bali. Perjalanan wisata ke Kedungu Beach dan pantai atau destinasi wisata lain menjadi lebih aman, nyaman dan menyenangkan menggunakan paket wisata keluarga Bali.

 



By Categories: Bali, Destinasi

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)