SalSari Resto & Coffee

Satu lagi tempat wisata di Sumatera Barat yang wajib Anda kunjungi, yaitu Lawang Park. Tempat wisata ini terletak di salah satu dataran tinggi di Sumatera Barat.

Seperti yang banyak orang tahu, kawasan dataran tinggi di provinsi Sumatera Barat memang tiada tandingannya.

Bukan cuma pemandangannya saja yang indah, tapi juga suasananya juga sejuk. Tak heran kalau banyak yang membandingkannya dengan tempat di luar negeri.

Tempat wisata di Padang ini letaknya cukup jauh dari pemukiman warga. Jadi, jangan heran kalau tempatnya memang sepi. Bagi sebagian besar pengunjung, justru itulah daya tariknya.

Anda bisa lari sejenak dari hiruk-pikuk kota dan merasakan suasana alam yang asri.

Sekilas Tentang Lawang Park

restoran lawang park

Lawang Park dikenal juga dengan sebutan Lawang Adventure Park Agam. Tempat wisata ini jaraknya kira-kira 20 km dari kota Bukittinggi. Sebetulnya, sebelum jadi tempat wisata, wilayah ini terkenal sebagai tempat penghasil tebu.

Sampai sekarang pun, kalau Anda menuju Puncak Lawang, Anda akan melihat ladang tebu di kanan kiri jalan. Itu menggambarkan mata pencaharian masyarakat sekitar sebagai petani tebu.

Bahkan, Anda juga bisa menghirup aroma tebu yang harum dari tungku tebu penduduk lokal yang tercium jelas.

Karena berada di dataran tinggi, tentu saja tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan dari ketinggian. Anda bisa melihat perpaduan antara hijaunya perbukitan dan Danau Maninjau di kejauhan. Udaranya juga sejuk dan bersih.

Akses jalan menuju ke puncak memang tidak terlalu besar, tapi sudah dilapisi oleh aspal. Jadi, bahkan kendaraan besar pun bisa mengakses Puncak Lawang.

Di atas sana, Anda bukan cuma sekedar melihat-lihat pemandangan. Ada banyak spot foto cantik yang bisa Anda manfaatkan untuk foto-foto. Salah satunya adalah spot perahu kayu di pinggir tebing yang terlihat cantik dengan latar belakang pemandangan.

Ada juga rumah hobbit mini yang bisa Anda jadikan latar belakang foto. Memang tempat ini cocok dibangun rumah hobbit. Teksturnya yang berbukit-bukit memang akan mengingatkan Anda pada hobbiton, seperti di Padang Mangateh.

Harga Tiket Masuk Lawang Park

Untuk bisa menikmati suasana di Lawang Park, tidak butuh uang banyak. Berikut ini harga tiket yang harus Anda bayar:

Retribusi Tarif
Tiket masuk hari biasa Rp20.000,00
Tiket masuk akhir pekan Rp25.000,00

Tarif yang tercantum di atas tentunya masih dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung dari kebijakan pengelola wisata. Oleh karena itu, kami akan senantiasa mengecek dan mengupdate tarif terbaru sesuai dengan yang berlaku saat ini.

Rute Menuju Lawang Park

gardu pandang lawang park

Kalau Anda berangkat dari kota Padang, Anda harus berkendara selama 2 jam lebih. Lokasi wisata ini cukup terpencil, yakni di Nagari Lawang, masih satu area dengan Matur.

Anda bisa mengarah langsung ke Bukittinggi. Dari Bukittinggi, Anda masih harus menempuh jarak sejauh 22 km lagI.

Rute perjalanannya melewati ngarai. Jadi, bahkan dari sejak di perjalanan pun, Anda sudah bisa menikmati pemandangan. Arahkan kendaraan sampai ke daerah Matur.

Ketika sampai di pertigaan, ambil kanan. Dari situ Anda akan memasuki area Ambun Pagi, yang menandakan Lawang Park sudah dekat.

Untuk lebih menghemat waktu, Anda bisa gunakan rental mobil Padang. Salsa Wisata menyediakan pilihan rental lepas kunci dan plus sopir.

Disarankan untuk menyewa mobil beserta sopir, jadi Anda tidak perlu membuang-buang waktu dengan mencari rute ke tempat wisata ini.

Fasilitas Lawang Park

Bicara mengenai fasilitas, pihak pengelola wisata telah menyediakan sarana dan prasarana yang memadai dan lengkap. Adapun fasilitas umum yang bisa wisatawan gunakan yaitu toilet, area parkir, dan gazebo.

Bila ingin menetap lebih lama, Anda bisa menginap di penginapan yang telah tersedia. Terdapat kedai makan dan restoran yang menyajikan aneka menu makanan khas Padang.

Daya Tarik Lawang Park

Melihat Keindahan Danau Maninjau

keindahan danau lawang park

Yang jadi suguhan utama tempat ini adalah pemandangan Danau Maninjau yang memukau. Keindahannya memang tidak ada tandingannya. Apalagi danau tersebut dikelilingi oleh perbukitan hijau yang membingkai danau. Tak heran kalau banyak wisatawan yang dari dalam maupun luar kota memutuskan untuk jauh-jauh ke sini guna menikmati pemandangan.

Lokasi ini sering disebut sebagai negeri di atas awan. Dari sini, memang terlihat awan-awan putih yang terlihat di bawah. Anda harus menanjak dulu kalau mau menikmati pemandangan dari atas sini.

Paralayang

paralayang lawang park

Sama seperti di Bukit Watu Gupit di Jogja, Anda juga bisa main paralayang di sini. Dengan ketinggian 1250 mdpl, tentu saja Puncak Lawang bisa jadi tempat yang pas untuk main paralayang.

Olahraga ekstrem yang satu ini memang harus dimainkan di kawasan puncak bukit yang tinggi. Di bawahnya, Anda bisa melihat pemandangan yang sangat indah.

Bahkan, tempat ini pernah dijadikan sebagai tuan rumah kejuaraan Paralayang tingkat Asia Tenggara, lho. Nah, buat Anda yang masih pemula, tenang saja. Ada pendamping profesional yang bisa membimbing Anda pertama kali. Rasanya memang memacu adrenalin, karena Anda seolah-olah jatuh dari ketinggian.

Memetik Stroberi

petik strowberi lawang park

Sama seperti di Ciwidey Bandung, Anda di sini juga bisa memetik stroberi langsung dari kebunnya, lho! Dataran tinggi memang tempat yang pas untuk berkebun stroberi. Selain tebu, tempat ini juga punya banyak stroberi. Anda bisa lihat langsung kebunnya.

Bukan cuma sekadar lihat, Anda pun bisa ikut memetiknya langsung dari kebunnya. Nanti, stroberi yang sudah Anda petik itu bisa Anda makan langsung atau boleh juga dibawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh khas Padang tahan lama. Buah stroberi di sini bentuknya lebih besar dan rasanya lebih manis dari stroberi biasa. Jadi, pasti Anda akan ketagihan.

Outbound

Di sini juga ada banyak wahana outbound. Anda bisa coba memainkannya. Anak-anak pun bisa. Main di wahana outbound jadi makin seru kalau bersama-sama. Tentu saja ini adalah aktivitas yang tidak boleh Anda lewatkan kalau Anda berlibur ke sini bersama keluarga.

Karena wahananya lengkap, tempat ini sering disewa oleh berbagai institusi untuk melakukan kegiatan yang memompa adrenalin ini. Rasanya jadi berkali-kali lebih seru kalau outbound sambil ditemani oleh pemandangan sekitar yang asri.

Foto-foto

spot foto lawang park

Jangan lupa kegiatan yang satu ini. Tidak perlu jadi penyuka fotografi untuk tahu bahwa Puncak Lawang ini penuh dengan berbagai spot instagramable. Bukan cuma spot foto buatan saja, tapi pemandangan alamnya pun juga bisa latar belakang foto yang ciamik.

Jangan lupa pakai pakaian yang bagus, karena tempat ini juga bisa jadi latar belakang foto OOTD. Berbagai spot fotonya menawarkan kesegaran dan keindahan yang berbeda-beda.

Menikmati Sunrise dan Sunset

sunset lawang park

Tidak lengkap rasanya mengunjungi tempat wisata yang satu ini tanpa memandang sunrise dan sunset. Karena berada di atas ketinggian, tentu pemandangan matahari terbit dan terbenam jadi terasa magis. Sensasinya berbeda dengan melihat sunrise dan sunset di pantai. Di sini, matahari terbit dan terbenam dari balik punggung bukit.

Di pagi hari, Anda bahkan bisa melihat kabut. Bahkan sampai siang, kabut tipis masih terlihat menyelimuti sebagian area Danau Maninjau. Kalau mau melihat sunrise, Anda harus berangkat dari pukul 3 dini hari dari pusat kota, karena butuh perjalanan 2 jam untuk sampai ke sini.

Jam Operasional Lawang Park

Lawang Park buka dari pagi sampai sore. Jam operasionalnya adalah dari pukul 07.00 WIB sampai 18.00 WIB. Disarankan untuk datang di pagi hari, jadi Anda masih bisa melihat kabut yang di dataran rendah.

Kalau Anda ingin liburan ke Sumatera, terutama ke Padang, tanpa repot, Anda bisa pesan paket wisata dari Salsa Wisata.

Bukan cuma menyediakan jasa rental mobil, Salsa Wisata juga punya banyak pilihan paket wisata di berbagai kota di Indonesia. Anda bisa pilih paket yang sesuai dengan budget Anda. Untuk tahu info lebih lanjut, segera hubungi kami dan dapatkan penawaran terbaik dari kami.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (7 votes)