SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Cirebon merupakan kota pesisir yang faktanya memiliki cukup banyak destinasi wisata menarik. Seperti tempat wisata religi Makam Sunan Gunung Jati yang akan kami bahas hari ini.

Tempat wisata Cirebon ini adalah makam seorang Wali Songo, yaitu Sunan Gunung Jati. Nama asli Sunan Gunung Jati adalah Syarif Hidayatullah.

Sebagai situs makam yang dianggap sakral, banyak peziarah lokal dan luar kota yang kerap berkunjung ke sini. Mereka memanjatkan doa di sini.

Selain datang untuk berziarah, kedatangan mereka adalah untuk liburan dengan cara menikmati situs-situs sejarah yang ada di area wisata ini.

Sejarah Makam Sunan Gunung Jati

Makam Sunan Gunung Jati merupakan sebuah tempat wisata religi yang terletak di Kota Cirebon Jawa Barat. Sama seperti kompleks Makam Sunan Giri di Jawa Timur, lokasi makam ini tak pernah sepi dari peziarah.

Apalagi di waktu-waktu tertentu. Jumlah peziarah di makam ini kerap membludak saat hari libur atau akhir pekan.

Tokoh Sunan Gunung Jati sendiri merupakan keturunan dari Syarif Abdullah Umdatuddin dan Nyai Rara Santang, seorang puteri Raja Prabu Siliwangi. Beliau lahir sekitar tahun 1450 Masehi.

Sekitar usia 20 tahun, Sunan Gunung Jati hijrah ke Kota Cirebon (1470) lalu beliau menjadi raja Cirebon yang kedua pada tahun 1479.

Selama menjadi pemimpin Kesultanan Cirebon, beliau sangat adil dan bijaksana. Selama di bawah kepemimpinannya, Cirebon menjadi daerah yang makmur.

Semasa hidupnya, beliau ditemani oleh sang istri, yaitu puteri dari Kaisar Dinasti Ming, Ong Tien Nio.

Di usianya yang ke-120, Sunan Gunung Jati wafat. Beliau wafat tepatnya pada tahun 1568 Masehi. Dan beliau dimakamkan di Astana yang kini menjadi tempat wisata Cirebon yang terkenal di kalangan para peziarah.

Daya Tarik Makam Sunan Gunung Jati

Wisata Ziarah ke Makam Sunan Gunung Jati

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Kompleks makam ini berisikan bangunan kuno berarsitektur Cina, Arab, dan Jawa. Pada bagian dinding interiornya jelas sekali gaya arsitektur Cina-nya. Anda dapat melihatnya dari penggunaan hiasan keramik dan porselen.

Tak hanya dinding, aplikasi keramik antik usia ratusan tahun ini juga terlihat memenuhi bagian lantai ruangan hingga ke area pusara.

Hal menarik lainnya yaitu ukiran kaligrafi yang terpasang dengan sangat cantik di bagian dinding makam. Karya seni kaligrafi ini tentu mencirikan gaya arsitektur Arab seperti yang ada di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah.

Dan gaya arsitektur Jawa nyata terlihat dari pemilihan atap bangunan yang berbentuk limas. Keunikan bangunan ini juga bisa Anda jumpai di pintu-pintu bangunan yang mana masing-masing pintu memiliki nama yang berbeda.

Total ada 9 pintu dengan nama sebagai berikut:

  1. Gapura
  2. Krapyak
  3. Pasujudan
  4. Ratnakomala
  5. Jinem
  6. Rararoga
  7. Kaca
  8. Bacem
  9. Kesembilan

Para peziarah hanya boleh berkunjung sampai pintu ke-5, sedang pintu ke-6 dan seterusnya hanya boleh dikunjungi oleh para keturunan Sunan Gunung Jati.

Fasilitas di Makam Sunan Gunung Jati

Karena tempat ini adalah tempat wisata religi, fasilitas-fasilitas yang tersedia di sini adalah fasilitas penunjang wisata religi. Berkat fasilitas-fasilitas ini, para peziarah pun bisa melakukan aktivitas ziarah dengan nyaman.

Fasilitas tempat parkir adalah salah satunya. Area tempat parkir di objek wisata ini sangat luas dan bisa menampung bus pariwisata, mobil, minibus, dan sepeda motor.

Kemudian fasilitas toilet dan kamar mandi. Fasilitas ini selalu dalam kondisi bersih dan jumlahnya lebih dari satu unit.

Lalu ada sejumlah warung makan yang menjual aneka macam makanan khas Cirebon terkenal. Masih di dalam kompleks makam, terdapat fasilitas mushola khusus untuk para peziarah yang ingin menjalankan sholat.

Selama kunjungan, para peziarah nantinya akan mendapat panduan dari seorang guide tour. Untuk Anda yang ingin belanja cinderamata sebagai kenang-kenangan atau oleh-oleh khas Cirebon, Anda bisa membelinya di kios-kios souvenir yang ada di kompleks makam.

Ada juga sejumlah penginapan berfasilitas lengkap di dekat tempat wisata religi ini. Atau jika Anda ingin hemat biaya, Anda bisa memanfaatkan rumah warga yang juga disewakan.

Tarif sewanya jauh lebih murah. Anda dapat menggunakan sisa budget yang ada untuk melancong ke tempat wisata terdekat.

Harga Tiket Masuk Makam Sunan Gunung Jati

Masuk ke dalam kawasan wisata ziarah ini gratis seperti wisata gratis di Batik Trusmi. Akan tetapi jika ada peziarah yang ingin memberikan infaq, pihak pengelola telah menyediakan tempat khusus.

Biasanya dana infaq ini langsung diberikan secara langsung oleh peziarah kepada guide tour (juru kunci).

Di samping itu, Anda sebaiknya menyiapkan uang kecil untuk Anda berikan kepada para peminta-minta yang selalu ada di dekat pintu masuk kompleks. Ini hanya opsional saja; Anda boleh memberi atau tidak.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis

Lokasi dan Rute Menuju Makam Sunan Gunung Jati

Lokasi Makam Sunan Gunung Jati

Makam Sunan Gunung Jati berada di Jalan Alun-Alun Ciledug No.53, Astana, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon. Lokasi ini cukup mudah untuk Anda akses dari berbagai kota.

Anda dapat menggunakan jalur tol untuk mempersingkat waktu tempuh perjalanan. Sesampainya nanti di Kota Cirebon, rute yang harus Anda pilih yaitu via Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo lalu Jalan Lohbener-Cirebon.

Alternatif lainnya yaitu via Jalan Raya Cirebon-Indramayu kemudian ke Jalan Sunan Gunung Jati. Cukup 24 menit saja Anda sudah bisa sampai di lokasi.

Anda bisa rental mobil dari Salsa Wisata untuk mendapatkan pengalaman perjalanan yang praktis dan nyaman.

Kami tawarkan paket lepas kunci dan non-lepas kunci. Semua kami hadirkan sesuai dengan kebutuhan para calon klien kami.

Nah, jika Anda berminat untuk menyewa mobil atau jenis kendaraan lain untuk keperluan ziarah bersama rombongan, kami punya beberapa rekomendasi.

Untuk kapasitas lebih dari 25 orang, kami sangat merekomendasikan paket sewa medium bus Cirebon. Layanan ini sudah termasuk crew dan BBM.

Jam Operasional Makam Sunan Gunung Jati

Wisata ziarah ini buka selama 24 jam dari hari Senin sampai Minggu dan juga saat libur nasional. Jumlah peziarah biasanya akan mengalami lonjakan di hari-hari tertentu. Misal menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Untuk merasakan pengalaman ziarah yang nyaman, kami sarankan untuk memesan layanan paket wisata dari Salsa Wisata.

Dengan harga paket yang lebih terjangkau serta layanan yang berkualitas, ibadah ziarah di Makam Gunung Jati ini pun akan semakin khusuk. Dengan paket ini juga Anda juga dapat bebas menentukan tempat asik lainnya. Misal pusat wisata kuliner Cirebon terdekat.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Sutoro

Ada kepompong ada kupu-kupu. Bales dong tulisan dari aku.
By Categories: Cirebon, Destinasi



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)