earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Saat pertama kali berkunjung ke suatu daerah, hal wajib yang tidak boleh ketinggalan yaitu mencicipi makanan khas dari daerah tersebut. Menjajal berbagai tempat makan enak atau wisata kuliner Banyuwangi sangat sayang jika kamu lewatkan.

Di Banyuwangi ada banyak destinasi kuliner yang unik, khas, dan dijamin lezat yang tidak ada di tempat lain. Di artikel kali ini, Kami akan share info menarik tentang tempat makan apa saja yang recommended buat disinggahi selama berada di Banyuwangi.

Ini dia daftarnya!

Daftar Wisata Kuliner Banyuwangi yang Terkenal

Nasi Tempong Bu Nah

Nasi Tempong

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Destinasi wisata kuliner Banyuwangi yang wajib kamu kunjungi saat berada di Banyuwangi, ada Nasi Tempong Bu Nah. Tempong memiliki arti yaitu tampar, jadi kamu bisa menebak kalau sajian nasi Tempong ini cukup pedas.

Walaupun banyak tempat makan yang menawarkan menu nasi Tempong, tapi nasi Tempong Bu Nah yang paling terkenal di Banyuwangi.

Racikan sambal yang bagaikan menampar lidah dari tempat makan ini berbahan dasar cabe rawit, terasi, gula, garam, serta perasan jeruk purut. Sambal Tempong disantap dengan beragam lauk pendamping yang sangat cocok dicocol dengan sambal khasnya.

Seporsi nasi Tempong Bu Nah sangat terjangkau mulai dari Rp7.000 saja, lho! Lauk yang tersedia diantaranya ada ayam goreng, tempe dan tahu goreng, telur, aneka pepes, botok, dan lain sebagainya.  Nasi Tempong Bu Nah berlokasi di Jl. Kolonel Sugiono 16, Banyuwangi.

Sego Cawuk Mak Mantih

Sego Cawuk

Wisata kuliner Banyuwangi yang masih tidak jauh-jauh dari panganan nasi, ada nasi atau sego cawuk. Sesuai dengan artinya, hidangan ini memang paling cocok disantap menggunakan tangan.

Salah satu Sego Cawuk yang terkenal yaitu Sego Cawuk Mak Mantih. Apa yang beda dari hidangan ini? Sego Cawuk dalam penyajiannya menggunakan taburan kelapa parut yang diguyur dengan kuah berempah. Makanan pendamping yang tersedia seperti olahan telur, pepes, dendeng, pindang, kikil, dan lain sebagainya.

Kalau kamu ingin menyantap dengan pilihan lauk yang masih lengkap, jangan datang di atas jam 11.00 karena bisa dijamin lauknya sudah hampir tandas. Lokasi Sego Cawuk Mak Mantih berada di Pancoran Kulon, Rogojampi, Banyuwangi. Untuk harga seporsi sego cawuk disini dibanderol Rp15.000.

Kesrut Ayam Rodiyah

Ayam Kesrut

Kesrut Ayam sudah menjadi makanan khas Banyuwangi sejak lama. Hidangan berkuah ini identik dengan rasa asam, pedas, dan gurih yang menggugah selera.

Kuliner yang selalu dikenalkan dalam festival panganan khas Banyuwangi ini menggunakan bahan utama daging ayam kampung muda yang dimasak dengan berbagai rempah pilihan hingga empuk.

Kenikmatan hidangan ini tidak hanya bisa kamu dapatkan di warung makan tapi juga jadi menu andalan di berbagai hotel berbintang di Banyuwangi. Salah satu yang tersohor, ada Kesrut Ayam Rodiyah Banyuwangi.

Rasa kuah ayam dari warung ini sukses memanjakan lidah dan perut para pengunjungnya. Jadi, kalau kamu ke Banyuwangi sempatkan untuk mencicipi kuliner yang satu ini yang berada di Dusun Krajan, Segobang,  Banyuwangi. Seporsi hidangan ini berkisar Rp10.000.

Lodoh Koro Pedas Warung Lya

Lodeh Koro Pedas

Satu lagi wisata kuliner Banyuwangi yang tidak boleh Anda lewatkan, lodoh koro. Lodoh koro menjadi menu utama di Lodoh Koro Pedas Warung Lya yang terletak di jalan Situbondo No.425, Banyuwangi.

Hidangan ini identik dengan sayur lodeh, hanya saja ada tambahan sayuran koro. Di warung ini, kamu akan dipersilahkan mengambil nasi dan lauk sendiri, setelah selesai pelayan akan memberikan seporsi lodoh koro yang super pedas.

Lauk yang tersedia di warung ini sangat beragam, mulai dari ayam goreng, ayam bakar, cumi, dan lain-lain. Seporsinya cukup merogoh kocek senilai Rp20.000.

Warung Pecel Pitik Desa Kemiren

Pecel Pitik

Suku asli Banyuwangi yaitu Suku Osing memiliki makanan tradisional yang unik dan langka namanya pecel pitik. Kalau kamu membayangkan bakal sama dengan pecel pada umumnya, kamu salah.

Hidangan pecel pitik jauh berbeda dari bayangan kamu, pecel pitik berbahan dasar ayam kampung yang dipanggang kemudian disuwir-suwir dan ditaburi parutan kelapa berbumbu.

Cita rasa gurih dan sedikit sensasi pedas akan langsung menyerang lidah saat menyantap hidangan ini. Seporsi pecel pitik di warung ini disajikan bersama nasi hangat, kerupuk, dan potongan mentimun dengan harga Rp7.000 hingga Rp15.000.

Kalau ingin menyantap hidangan langka ini, kamu bisa berkunjung ke Warung Pecel Pitik, Desa Adat Osing Kemiren, Dusun Krajan, Banyuwangi. Kunjungan ke desa adat ini biasanya masuk dalam daftar kunjungan wajib dalam paket wisata Banyuwangi.

Pecel Rawon Ayu Banyuwangi

Pecel Rawon Ayu

Banyuwangi memang selalu punya cara unik untuk mengolah bahan pangan. Kalau biasanya wisata kuliner Banyuwangi yang enak pecel dan rawon menjadi hidangan yang berbeda, di Banyuwangi kedua menu tersebut dijadikan satu.

Pasti kamu penasaran dengan rasanya, kan? Salah satu tempat makan yang menyajikan menu unik ini yaitu warung pecel rawon Ayu Banyuwangi. Pecel rawon merupakan perpaduan nasi pecel yang dipadu dengan kuah rawon daging.

Seporsi pecel rawon seharga Rp9.000 di warung legendaris ini terdiri dari nasi hangat, sayuran rebus seperti tauge, bayam, dan kacang panjang, sambal pecel dan kuah rawon.

Yang khas dan terkenal lezat dari warung pecel rawon Ayu yaitu sambel pecelnya yang tetap menjaga cita rasa pecel dan juga rawonnya. Warung ini berlokasi di Jalan Adisucipto No. 76, Sobo, Banyuwangi.

Rawon Bu Atik

Rawon Bu Atik

Siapapun tidak akan menolak kelezatan dari seporsi rawon, terutama di Rumah Makan Rawon Bu Atik. Potongan daging dengan kuah berempah berwarna coklat kehitaman yang menjadi ciri khas hidangan rawon tidak pernah mengecewakan penikmatnya.

Di Rumah Makan Bu Atik ini menyediakan beberapa jenis rawon. Diantaranya, rawon biasa, rawon buntut goreng, rawon empal, rawon paru, rawon babat, dan lain sebagainya. Sensasi kunyahan daging dengan kuah rawon bercita rasa gurih sungguh memuaskan lidah.

Menyantap rawon tidak akan lengkap tanpa menambah kecambah, sambal, dan kerupuk. Bagi kamu yang ingin mencoba menu selain rawon, di rumah makan ini tersedia pula bakso, soto, hingga sup buntut.

Rumah Makan Bu Atik terletak di Jalan Ahmad Yani No. 83 Banyuwangi. Untuk harga seporsinya berkisar mulai dari Rp15.000 hingga Rp30.000 per porsinya.

Pondok Rujak Soto

Rujak Soto

Satu lagi menu unik dari Banyuwangi, ada rujak soto. Di warung makan Pondok Rujak Soto kamu bisa memesan menu andalan mereka yaitu rujak soto.

Bumbu kacang petis dituang di atas berbagai sayuran rebus, tempe dan tahu goreng juga lontong sangat cocok dipadukan dengan kuah soto berempah yang panas. Tiap suapan rujak soto dijamin akan membuat kamu ketagihan dengan cita rasa gurih-segar.

Di Pondok Rujak Soto ini kamu bisa me-request berbagai pilihan menu rujak soto. Mulai dari rujak soto daging, rujak soto babat, rujak soto ayam, rujak soto cingur, dan menu lezat lainnya hanya dengan harga Rp20.000 per porsi.

Kalau kamu penasaran dengan rasa hidangan ini, kamu bisa mampir di Pondok Rujak Soto yang berada di Jalan Basuki Rahmat No. 113, Singotrunan, Banyuwangi.

Ikan Bakar Blimbingsari Rogojampi

Ikan Bakar Blimbingsari

Bagi kamu pecinta seafood boleh nih mampir di warung ikan bakar Blimbingsari Rogojampi. Berlokasi di Pantai Blimbingsari, Rogojampi kamu bisa menyantap ikan bakar segar yang baru ditangkap.

Duduk lesehan di warung pinggir pantai ditemani suara ombak dan semilir angin sambil makan ikan bakar yang super nikmat bakal jadi momen wisata yang tak terlupakan. Apalagi jika ditemani orang terkasih, beneran auto tidak mau pulang.

Enaknya lagi, di sini kamu bisa memilih sendiri jenis ikan yang ingin dibakar. Selain ikan, ada juga udang, cumi, rajungan dan jenis seafood lainnya. Ikan yang dijual di warung ini biasanya dihitung per kilo dengan kisaran harga Rp80.000 saja. Harga tersebut sudah termasuk nasi, sambal, dan lalapan.

Cukup terjangkau, bukan? kamu malah bisa mendapat harga murah jika pandai nego atau menawar. Selesai makan kamu bisa menghabiskan waktu di Pantai Blimbingsari atau berburu oleh-oleh khas Banyuwangi di toko-toko souvenir yang tidak jauh dari Pantai.

Bakso Kiki Genteng

Bakso Kiki

Siapa nih, diantara kamu yang gemar banget makan bakso. Kalau ke Banyuwangi sempatkan icip-icip di Bakso Kiki Genteng yang beralamat di jalan KH. Hasyim Asyari, Banyuwangi. Di warung bakso Kiki Genteng ini tersedia varian menu bakso halus, bakso telur, hingga bakso kasar. Per porsinya Kamu hanya perlu membayar mulai dari Rp10.000 saja.

Para pengunjung banyak yang merekomendasikan warung bakso ini karena terkenal memiliki rasa yang lezat dengan harga yang terjangkau. Jika kamu penasaran seenak apa bakso yang ada di warung, segera mampir dan buktikan sendiri.

Ayam Pedas Rantinem

Ayam Pedas

Siapapun tidak ingin melewatkan hidangan pedas gurih yang menggoyang lidah, begitu juga hidangan Ayam Pedas Rantinem. Tempat makan yang sudah buka sejak tahun 1970 an ini menawarkan menu utama ayam pedas dengan racikan bumbu yang spesial yang jarang ada di tempat lain.

Bumbu pedasnya inilah yang membuat pelanggan selalu kembali untuk menikmati sajian Ayam Pedas Rantinem. Spesialnya lagi, sebelum ayam dibumbui pedas ayam terlebih dahulu dipanggang kemudian direbus ke dalam kuah santan pedas berjam-jam.

Alhasil, bumbunya meresap sampai ke tulang-tulang ayamnya. Bikin ngiler, kan? Kalau kamu ingin ke warung ayam pedas Rantinem datanglah ke Dusun Krajan, Genteng Kulon, Banyuwangi dan rasakan kenikmatan ayam pedasnya seharga Rp20.000 saja.

Sego Bungkus Bu Poer

Sego Bungkus

Nasi bungkus memang tidak pernah salah untuk mengenyangkan perut. Di Banyuwangi, Sego Bungkus Bu Poer lah yang paling diminati penikmat kuliner murah meriah namun tetap bisa memanjakan lidah.

Isi dari sebungkus hidangan ini terdiri dari nasi hangat, ikan goreng, telur dadar, oseng-oseng mercon, dan pilihan lauk lainnya. Bagi kamu yang belum pernah mencoba nasi jagung, di warung Bu Poer ini tersedia pilihan nasi jagung, nasi kuning, dan nasi merah.

Yang spesial dari nasi bungkus Bu Poer  seharga Rp12.000, bungkusan dalamnya masih menggunakan daun pisang yang menambah aroma nikmat sajian sederhana ini. lokasi warung Bu Poer berada di Jalan Jendral Sudirman No. 26 Panderejo, Banyuwangi.

Tahu Petis dan Es Degan Pak Agus

Tahu Petis

Cemilan yang satu ini pantang kamu lewatkan saat berkunjung ke Banyuwangi, ada Tahu Petis dan Es Degan Pak Agus yang tersohor dengan kelezatannya.

Kalau biasanya kamu menjumpai hidangan tahu petis hanya dalam porsi kecil berbeda halnya dengan punya Pak Agus yang porsinya besar sehingga bisa membuat kenyang.

Seporsi tahu petis Pak Agus berisi sepuluh potong tahu yang bisa disantap dengan campuran petis, cabai hijau serta garam. Walaupun hidangan ini sangat sederhana namun mampu membuat penikmatnya selalu kembali untuk mencicipi hidangan lezat ini.

Warung Tahu Petis dan Es Degan Pak Agus berlokasi di Jalan Yos Sudarso, Klatak, Banyuwangi. Seporsi tahu petis dan es degan berkisar Rp10.000 – an.

Pecel Pincuk Bu Tin

Pecel Pincuk

Warung Pecel Pincuk Bu Tin selalu terlihat ramai, ini pastinya karena sajian yang ditawarkan lezat dan memanjakan lidah. Dari namanya saja pecel pincuk, berarti sajian pecel yang dihidangkan beralas daun pisang. Yang beda dari pecel pincuk Bu Tin yaitu pincuk atau daun pisang yang dipakai berukuran jumbo, lho.

Kalau pincuknya jumbo otomatis isi pecelnya juga dalam porsi besar. Jadi, kalau makan di sini akan dijamin kenyang, deh. Kesederhanaan warung Bu Tin menawarkan kenyamanan tempat dan juga kelezatan makanannya.

Jadi, jangan lupa mampir di warung pecel pincuk Bu Tin di Jalan Kapten Pierre Tendean, Karangrejo, Banyuwangi. Harga seporsinya berkisar mulai dari Rp13.000 – an.

Warung Soto Pak Salim

Soto Pak Salim

Hidangan yang banyak dijumpai saat berkunjung ke daerah Jawa Timur yaitu hidangan soto. Termasuk pula Banyuwangi yang punya hidangan soto khas. Warung yang cukup populer dengan hidangan sotonya, ada Warung Soto Pak Salim.

Soto Pak Salim sangat autentik karena memakai daging lidah untuk disandingkan bersama kuah soto. Daging bagian lidah dipilih karena memiliki tekstur yang lembut dan cita rasa yang khas. Kuah sotonya pun sangat berempah sehingga warna kuahnya lebih pekat dan kental.

Warung ini berada di Jalan A. Yani 18, Penganjuran, Banyuwangi. Seporsinya berkisar Rp15.000 hingga Rp20.000.

Warung Biru Banyuwangi

Warung Biru

Kalau kamu menemukan warung dengan sambal khas yang beda dari tempat lainnya maka warung itu patut banget kamu singgahi. Saat di Banyuwangi ada Warung Biru yang memiliki sambal pedas yang nikmat banget.

Di Warung ini tersedia berbagai macam menu yang lazis yang bisa kamu pilih untuk nantinya menemani sambal khas Warung Biru. Tersedia pilihan menu seperti ayam goreng, ayam bakar, berbagai olahan seafood, botok tawon, dan menu enak lainnya.

Warung yang berlokasi di Jalan Kapten Pierre Tendean ini ramai di jam makan siang. Jadi, kalau kamu tidak ingin mengantri kamu bisa datang sebelum jam 12.00 WIB. Harga seporsi seafoodnya mulai dari Rp13.000  hingga Rp65.000.

D’Copiz Cafe Banyuwangi

D'Copiz Cafe

Pengen nongkrong-nongkrong cantik ditemani hidangan minuman dan makanan enak saat di Banyuwangi? Coba mampir di D’Copiz Cafe Banyuwangi. Di Cafe yang Instagenic ini menyediakan berbagai varian minuman kopi dan camilan nikmat yang bisa menemani sembari mengobrol.

Bagi kamu yang senang nongkrong sambil berselancar di dunia maya, cafe ini menyediakan fasilitas WiFi gratis. Sambangi cafe ter-cozy ini yang terletak di Jl. Brawijaya, Kebalenan Banyuwangi. Harga per menunya mulai dari Rp10.000 – an.

Bagiak Gajah Oling

Bagiak Gajah

Kurang afdol rasanya kalau sepulang dari Banyuwangi tidak membawa oleh-oleh khas Banyuwangi. Sempatkan mampir di toko oleh-oleh Bagiak Gajah Oling di Jl.  Imam bonjol No. 34, Tukangkayu, Banyuwangi. Harga per kotaknya senilai Rp14.500 hingga Rp25.000.

Kue khas Banyuwangi yaitu Bagiak yang manis ini tersedia dalam beberapa varian rasa. Ada rasa wijen, coklat, susu, jahe, dan keningar. Pokoknya jangan lupa mampir di kedai oleh-oleh ini selepas mengunjungi tempat wisata Banyuwangi yang terkenal.

Begitu banyak destinasi wisata kuliner Banyuwangi yang bisa kamu icip-icip selama berada di Banyuwangi.  Agar kamu bisa singgah di banyak tempat kamu bisa memanfaatkan jasa sewa mobil innova Banyuwangi atau rental bus Banyuwangi saat kamu membawa rombongan.

Jadi tunggu apalagi? Rencanakan liburanmu kali ini untuk mengunjungi Banyuwangi, yah!

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

4.3/5 - (6 votes)