Saat pertama kali berkunjung ke suatu daerah, hal wajib yang tidak boleh ketinggalan yaitu mencicipi makanan khas dari daerah tersebut. Menjajal berbagai tempat makan enak atau wisata kuliner Banyuwangi sangat sayang jika kamu lewatkan.

Di Banyuwangi ada banyak destinasi kuliner yang unik, khas, dan dijamin lezat yang tidak ada di tempat lain. Di artikel kali ini, Kami akan share info menarik tentang tempat makan apa saja yang recommended buat disinggahi selama berada di Banyuwangi.

Ini dia daftarnya!

Daftar Wisata Kuliner Banyuwangi yang Terkenal

Nasi Tempong Bu Nah

Nasi Tempong

Destinasi wisata kuliner Banyuwangi yang wajib kamu kunjungi saat berada di Banyuwangi, ada Nasi Tempong Bu Nah. Tempong memiliki arti yaitu tampar, jadi kamu bisa menebak kalau sajian nasi Tempong ini cukup pedas.

Walaupun banyak tempat makan yang menawarkan menu nasi Tempong, tapi nasi Tempong Bu Nah yang paling terkenal di Banyuwangi.

Racikan sambal yang bagaikan menampar lidah dari tempat makan ini berbahan dasar cabe rawit, terasi, gula, garam, serta perasan jeruk purut. Sambal Tempong disantap dengan beragam lauk pendamping yang sangat cocok dicocol dengan sambal khasnya.

Seporsi nasi Tempong Bu Nah sangat terjangkau mulai dari Rp7.000 saja, lho! Lauk yang tersedia diantaranya ada ayam goreng, tempe dan tahu goreng, telur, aneka pepes, botok, dan lain sebagainya.  Nasi Tempong Bu Nah berlokasi di Jl. Kolonel Sugiono 16, Banyuwangi.

Sego Cawuk Mak Mantih

Sego Cawuk

Wisata kuliner Banyuwangi yang masih tidak jauh-jauh dari panganan nasi, ada nasi atau sego cawuk. Sesuai dengan artinya, hidangan ini memang paling cocok disantap menggunakan tangan.

Salah satu Sego Cawuk yang terkenal yaitu Sego Cawuk Mak Mantih. Apa yang beda dari hidangan ini? Sego Cawuk dalam penyajiannya menggunakan taburan kelapa parut yang diguyur dengan kuah berempah. Makanan pendamping yang tersedia seperti olahan telur, pepes, dendeng, pindang, kikil, dan lain sebagainya.

Kalau kamu ingin menyantap dengan pilihan lauk yang masih lengkap, jangan datang di atas jam 11.00 karena bisa dijamin lauknya sudah hampir tandas. Lokasi Sego Cawuk Mak Mantih berada di Pancoran Kulon, Rogojampi, Banyuwangi. Untuk harga seporsi sego cawuk disini dibanderol Rp15.000.

Kesrut Ayam Rodiyah

Ayam Kesrut

Kesrut Ayam sudah menjadi makanan khas Banyuwangi sejak lama. Hidangan berkuah ini identik dengan rasa asam, pedas, dan gurih yang menggugah selera.

Kuliner yang selalu dikenalkan dalam festival panganan khas Banyuwangi ini menggunakan bahan utama daging ayam kampung muda yang dimasak dengan berbagai rempah pilihan hingga empuk.

Kenikmatan hidangan ini tidak hanya bisa kamu dapatkan di warung makan tapi juga jadi menu andalan di berbagai hotel berbintang di Banyuwangi. Salah satu yang tersohor, ada Kesrut Ayam Rodiyah Banyuwangi.

Rasa kuah ayam dari warung ini sukses memanjakan lidah dan perut para pengunjungnya. Jadi, kalau kamu ke Banyuwangi sempatkan untuk mencicipi kuliner yang satu ini yang berada di Dusun Krajan, Segobang,  Banyuwangi. Seporsi hidangan ini berkisar Rp10.000.

Lodoh Koro Pedas Warung Lya