SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Masjid Agung Semarang atau Masjid Agung Jawa Tengah merupakan ikon wisata religi kebanggan Semarang. Bangunan megah masjid seluas 10 hektar ini memiliki banyak keunikan dan nilai budaya yang menarik untuk Anda pelajari.

Berdiri sejak tahun 2001, masjid ini memiliki gaya arsitektur campuran antara Jawa, Islam, dan Romawi. Gaya jawa dari Masjid ini dapat terlihat dari bagian atap Masjid yang berbentuk limas seperti bangunan Jawa pada umumnya.

Lalu di puncak atap limas ini berubah menjadi kubah bulat besar serta empat tiang setinggi 64m yang mewakili gaya islam. Selain itu terdapat enam payung raksasa di halaman utama masjid seperti yang ada di Masjid Nabawi Mekah.

Sedangkan untuk gaya romawi bisa terlihat di halaman plaza masjid yang terdiri dari 25 tiang dan mirip dengan pintu masuk colosseum. Di bagian ini juga terhias dengan kaligrafi dan huruf pegon jawa dengan kata-kata Sucining Guno Gapuraning Gusti.

Sejarah Masjid Agung Semarang

Masjid Agung Jawa Tengah di desain oleh Ir. H. Ahmad Fanani yang memenangkan sayembara desain Masjid pada tahun 2001. Bangunan masjid ini didirikan di atas tanah wakaf milik Masjid Kauman Semarang yang membutuhkan proses panjang pengurusan izin-izin nya.

Pada tahun 2004 meskipun belum selesai, Masjid ini sudah mulai digunakan untuk ibadah Sholat Jumat pertama kali oleh masyarakat. Baru kemudian di tahun 2006 Masjid Agung Jawa Tengah diresmikan oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono tepatnya pada tanggal 14 November.

Kapasitas dari Masjid ini dapat mencapai lebih dari 25000 jamaah untuk bagian utama masjid dan plaza. Bahkan saat hari raya, jamaah yang datang bisa sampai memenuhi halaman dan lahan parkir Masjid Agung Semarang.

Harga Tiket Masuk Masjid Agung Semarang

Biaya masuk Kawasan Masjid Agung Semarang ini sangat murah bahkan hampir tidak ada pungutan biaya. Anda hanya perlu membayar karcis parkir untuk bisa masuk kawasan ini.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp5.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00

Lihat tempat wisata di Semarang lainnya: Kota Lama Semarang.

Rute Menuju Lokasi Masjid Agung Semarang

Masjid Agung Semarang berada di Jl. Gajah Raya, Sambirejo, Kec. Gayamsari, Kota Semarang. Lokasinya sangat mudah Anda jangkau dari Stasiun Tawang karena hanya berjarak sekitar 4 km saja.

Menggunakan kendaraan pribadi atau sewa mobil di Semarang jadi cara paling mudah bagi pengunjung untuk menuju Masjid Agung Semarang. Pengunjung biasanya memanfaatkan google Maps untuk bisa sampai ke Masjid ini.

Sekitar Masjid Agung juga terdapat banyak destinasi wisata lainnya yang bisa Anda kunjungi. Agar liburan Anda dapat maksimal, pilih saja paket tour Semarang dari agen perjalanan yang siap mengantar Anda berkeliling objek wisata lainnya.

Jam Buka Masjid Agung Semarang

Masjid Agung Semarang memiliki jam operasional untuk beberapa fasilitasnya mulai waktu subuh hingga pukul 22.00 WIB. Khusus Saat bulan Puasa, masjid ini buka 24 jam dan tidak pernah sepi karena berbagai aktivitas yang bisa Anda lakukan di sini.

Pada waktu-waktu biasa kajian-kajian pun rutin terlaksana setiap hari pada waktu-waktu tertentu. Biasanya kajian ini berlangsung pada hari Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu dengan beberapa tema berbeda.

Mengunjungi Masjid Agung Semarang ini bukan hanya sekedar ibadah, namun Anda dapat belajar mengenai Islam dan banyak hal. Jadi tidak ada salahnya saat berkunjung ke Semarang Anda mampir di Masjid Agung Jawa Tengah ini.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Salsa Rizqi

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (3 votes)