SalSari Resto & Coffee

Setiap kota umumnya mempunyai sebuah masjid agung di tengah kota. Selain menjadi tempat ibadah masyarakat sekitar, masjid tersebut biasanya menjadi tempat persinggahan orang-orang yang sedang dalam perjalanan dan ingin beribadah. Contohnya adalah Masjid Agung Tasikmalaya.

Masjid agung ini menjadi salah satu landmark kota Tasikmalaya dan selalu masuk ke dalam list paket wisata Jawa Barat oleh biro perjalanan. Masjid Agung Tasikmalaya ini sudah berdiri dari tahun 1923. Sekaligus menjadi bukti sejarah dan saksi bisu dari perkembangan kota Tasikmalaya dari tahun ke tahun.

Tak ayal, destinasi ini selalu menjadi tempat singgah favorit para rombongan yang menggunakan rental bus pariwisata murah saat berwisata di Tasikmalaya. Masjid ini sering menjadi tempat singgah karena mempunyai lahan parkir yang luas dan taman yang sejuk.

Sejarah Masjid Agung Tasikmalaya

masjid agung tasikmalaya

Masjid Agung Tasikmalaya mempunyai sejarah yang cukup panjang dan beriringan dengan kemajuan daerah Tasikmalaya. Masjid ini pertama kali dibangun pada tahun 1866 dan selesai tahun 1888.

Setelah itu pengelolaan masjid pertama kali diserahkan kepada Raden Haji Abubakar. Beliau merupakan sosok keturunan dari pemerintahan Sumedang Larang. Sampai dengan saat ini, Masjid Agung Tasikmalaya telah direnovasi sebanyak lima kali, yaitu tahun 1923, 1923, 1973, 1982, dan 2000.

Masjid Agung Kota Tasikmalaya terletak di Jalan Masjid Agung No.01, Yudanegara, Kecamatan Tawang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, 46121. Lokasi masjid ini sangat strategis karena tepat di pinggir jalan raya protokol kota Tasikmalaya.

Masjid ini terbilang mewah dan megah. Masjid ini berdiri di atas tanah seluas 7.215 meter persegi. Adapun luas bangunan dari masjid agung ini mencapai 2.456 meter persegi. Bangunannya yang sudah berusia lebih dari 100 tahun ini, pernah mengalami 5 kali pemugaran.

Di tahun 1977, masjid agung ini sempat dirobohkan lantaran gempa bumi yang membuat banyak bagian dari bangunan masjid yang mengalami retak parah. Berhubung kondisi tersebut tidak bisa ditambal sulam, maka bangunan masjid lama dirobohkan dan dibangun kembali menjadi bangunan seperti sekarang.

Lokasi Masjid Agung Tasikmalaya

Secara administratif, Masjid Agung Tasikmalaya terletak di Jl. Mesjid Agung No.01, Yudanegara, Kec. Tawang, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat. Lokasinya yang strategis di jantung kota, membuat siapa saja dapat dengan mudah mengunjunginya.

Akses jalannya cukup bagus, sudah berupa aspal dan lebar. Anda bisa datang menggunakan kendaraan roda dua, layanan rental mobil terdekat, bahkan bus sekalipun. Dari pusat Kota Tasikmalaya hanya berjarak 3,6 kilometer saja.

Adapun rute terbaik jika dari arah Kota Tasikmalaya yaitu melalui Jalan HZ. Mustofa – Tasikmalaya. Perjalanan hanya membutuhkan sekitar 15 menit berkendara, tergantung keadaan lalu lintas.

Harga Tiket Masuk Masjid Agung Tasikmalaya

Masyarakat sekitar yang ingin masuk ke dalam masjid agung atau pendatang yang ingin singgah, beribadah dan mengagumi Masjid Agung Tasikmalaya ini tentu tidak dikenakan biaya masuk. Akan tetapi, siapapun yang mengunjungi masjid ini wajib untuk menjaga kebersihan tempat ibadah.

Di area masjid ini tidak boleh membuang sampah sembarangan, mencorat coret tembok atau berbuat kegaduhan. Semua yang datang wajib untuk menjaga fasilitas masjid dan kenyamanan umat muslim yang beribadah di sana.

[/fusion_text]
Retribusi Tarif
Tiket masuk Gratis
Parkir kendaraan Gratis / bayar seikhlasnya

Daya Tarik Masjid Agung Tasikmalaya

Tak berbeda dengan tempat wisata Tasikmalaya terkenal lainnya, masjid agung ini pun memiliki daya tariknya tersendiri. Hal tersebut dapat membuat siapapun yang lewat akan menoleh untuk melihat kemegahan dari masjid tersebut. Berikut ini merupakan daya Tarik dari Masjid Agung Tasikmalaya:

Lokasinya Strategis

Lokasi dari masjid agung ini benar-benar di pinggir jalan protokol. Seperti yang kita ketahui bahwa jalan protokol adalah jalan utama yang berada di sebuah kota di mana selalu ramai. Masjid agung ini sendiri berada di sisi jalan dengan lalu lintas yang selalu ramai.

Oleh karena bangunannya yang ikonik, siapapun yang lewat jalan ini pastilah menoleh untuk sekilas melihat bangunan dari masjid tersebut.

Punya Menara yang Mirip Masjidil Haram

Sekilas tentang Masjid Agung Tasikmalaya

Daya tarik yang sangat menjual lainnya adalah masjid ini memiliki empat buah menara yang serupa tapi tak sama dengan menara yang berada di Masjidil Haram. Selain itu, pada bagian atapnya pun terdapat aksen berwarna kuning emas.

Bagunan Masjid yang Penuh Filosofis

Tasikmalaya terkenal sebagai kota santri. Masjid agungnya pun dibuat dengan penuh filosofi keislaman. Seperti lima buah atap yang menggambarkan rukun Islam dan juga kewajiban umat muslim untuk menunaikan ibadah sholat 5 waktu.

Kemudian, bagian bagunannya yang lain yaitu tiga menara masjid yang memiliki filosofi tingkat kesempurnaan dari umat muslim yakni iman, Islam dan juga ikhsan. Sementara itu menaranya sendiri berjumlah empat yang menggambarkan empat ilmu.

Empat ilmu tersebut adalah ilmu Bahasa Arab, sejarah, syariat dan filsafat. Adapun semua menaranya memiliki ketinggian 33 meter. Ketinggian tersebut mencerminkan jumlah dzikir yang biasa dilakukan oleh umat muslim. Keestetikan bangunannya tak kalah dengan Masjid Ramlie Musofa Jakarta.

Ada Bedug Terbesar di Indonesia

bedug masjid agung tasikmalaya

Pada salah satu bagian taman yang terdapat di area masjid agung ini, terdapat sebuah pendopo yang di dalamnya tersimpan sebuah bedug raksasa. Bedug ini pernah mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia sebagai bedug terbesar di Indonesia.

Masyarakat yang berkunjung ke masjid agung ini pasti akan menyempatkan sedikit waktunya untuk melihat bedug raksasa tersebut. Tak ayal, beduk ini pun menjadi salah satu daya Tarik masyarakat untuk datang ke Masjid Agung Tasikmalaya.

Masjid yang Berprestasi

Di tahun 2006, DKM masjid agung ini menerima penghargaan sebagai juara umum dari pemerintah. Karena berhasil memberdayakan umatnya melalui berbagai kegiatan seperti kegiatan sosial maupun ekonomi.

Fasilitas Masjid Agung Tasikmalaya

Sebagai salah satu masjid yang bersejarah dan ikonik di kota Tasikmalaya, masjid ini tak hanya ramai oleh masyarakat sekitar saja. Ada banyak musafir yang datang ke masjid yang terletak di pinggir jalan raya utama ini.

Oleh sebabnya, masjid ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan membuat pengunjungnya nyaman tak sekadar beribadah saja tapi juga untuk beriwisata tipis-tipis. Di bawah ini merupakan fasilitas yang terdapat di Masjid Agung Tasikmalaya:

Halaman Parkir yang Luas

Sebagai masjid agung dengan luas area 7.215 meter persegi, masjid ini memiliki area parkir yang dapat menampung cukup banyak kendaraan. Baik itu motor maupun mobil bisa dengan leluasa parkir di area masjid agung.

Tempat Berwudhu dan Toilet yang Bersih

Masjid ini juga dilengkapi dengan tempat wudhu yang terpisah antara akhwat dan Ikhwan. Begitu pula dengan toiletnya. Kedua fasilitas ini terpelihara dengan baik. Tempat wudhu dan toiletnya selalu terjaga kebersihannya, bahkan selalu wangi.

Hal ini tentu membuat umat muslim menjadi nyaman saat akan menunaikan salah satu syarat sah shalat ini. Tempat yang terpisah antara tempat wudhu perempuan dan laki-laki juga membuat pengunjung merasa lebih nyaman.

Area Sholat yang Luas

area sholat masjid agung tasikmalaya

Umat muslim bisa menikmati fasilitas shalat di area yang luas dan lega. Terdapat pembatas untuk tempat sholat antara perempuan dan laki-laki. Di dalamnya juga terdapat penyejuk ruanga berupa kipas angin gantung, jam dinding dan juga mimbar untuk tempat ceramah.

Masjid ini biasa untuk acara-acara keislaman seperti tabligh akbar ataupun ceramah-ceramah yang melibatkan ustadz yang cukup ternama.

Peralatan Sholat dan Al-Qur’an

Terutama bagi jamaah perempuan, di masjid ini tersedia peralatan sholat berupa mukena dengan jumlah yang cukup banyak. Terdapat pula Al-Qur’an untuk dibaca para jamaah sebelum maupun setelah menunaikan sholat.

Peralatan sholat terutama mukena di dalam masjid ini sangat terjaga kebersihannya. Oleh karenanya, pengunjung yang menggunakan fasilitas mukena tersebut wajib untuk menjaga kebersihannya dan mengembalikannya ke tempat penyimpanan setelah selesai memakainya.

Tanggung jawab untuk merawat peralatan yang terdapat di dalam area masjid tentu bukan hanya menjadi kewajiban pihak DKM saja tapi juga seluruh masyarakat yang ikut menggunakan fasilitas tersebut.

Taman yang Asri

taman masjid agung tasikmalaya

Fasilitas lain yang ada di Masjid Agung Tasikmalaya ini adalah taman yang asri dan bernuansa sejuk. Di salah satu bagian taman terdapat pendopo yang bisa digunakan sebagai tempat duduk dan bersantai sejenak.

Taman ini juga harus dipelihara kebersihannya. Jangan sampai taman masjid ini kotor dan penuh sampah karena masyarakat yang tidak tertib dalam membuang sampah. Umat muslim tentu paham kalau kebersihan merupakan sebagian dari iman, maka kebersihan taman masjid pun harus terjaga.

Di sekitar taman terdapat banyak penjual makanan kaki lima. Sehingga sembari beristirahat Anda bisa menikmati makanan khas Jawa Barat yang lezat. Tinggal pilih jajanan yang sesuai dengan selera.

Jam Buka dan Operasional Masjid Agung Tasikmalaya

Masjid di Tasikmalaya ini buka setiap saat. Bagi umat muslim yang ingin datang beribadah bisa berkunjung kapanpun ke Masjid Agung Tasikmalaya, Jawa Barat.

Dengan bentuknya yang unik dan letaknya yang persis di pinggir jalan raya, membuat Masjid Agung Tasikmalaya ini begitu ikonik dan menarik perhatian banyak orang, termasuk pendatang dari luar kota Tasikmalaya. Tak ayal masjid ini masuk ke dalam jajaran wisata religi Islami Indonesia terbaik.

Masjid Agung Tasikmalaya menjadi tempat singgah yang nyaman saat bersafari seputar objek wisata di Tasikmalaya. Setelah puas berkeliling dan tenaga sudah terisi kembali, Anda bisa melanjutkan perjalanan Anda menuju objek wisata Jawa Barat terkenal.

Anda pun bisa menggunakan layanan dari Salsa Wisata dalam membantu mewujudkan liburan yang menyenangkan di Tasikmalaya.

Salsa Wisata sebagai biro travel berpengalaman menyediakan berbagai paket wisata domestik khususnya di wilayah Jawa Barat secara lengkap. Segera booking tanggal dan jadikan pengalaman liburan yang berkesan bersama Salsa Wisata.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (3 votes)