Masjid Kotagede Jogja adalah masjid tertua di Yogyakarta yang memiliki sejarah dan arsitektur yang menarik. Sebagai situs peninggalan salah satu kerajaan Islam, masjid ini juga kaya akan situs berbau Islam.

Situs peninggalan apa saja yang dimaksud dan bagaimana sejarahnya? Ikuti terus ulasan lengkap seputar salah satu objek wisata Bantul yang sangat menarik ini.

Sejarah Masjid Kotagede

masjid gedhe mataram kotagede

Masjid Kotagede peninggalan Kerajaan Mataram Islam ini dibangun pada abad ke-16 atau ke-17. Tepatnya pada masa pemerintahan Panembahan Senopati tahun 1575-1601 atau Sultan Agung tahun 1613-1645.

Awalnya, bangunan masjid ini berukuran kecil yang disebut Langgar. Kemudian, masjid ini diperluas oleh Paku Buwono. Hasil renovasi salah satu tempat wisata keluarga Jogja murah ini ditandai dengan adanya prasasti hijau di halaman masjid.

Masjid ini memiliki arsitektur yang khas yang mana desain arsitekturnya menggabungkan unsur-unsur Jawa, Hindu, dan Buddha. Unsur Jawa terlihat pada atap berbentuk limasan dan ruangan yang terbagi menjadi inti dan serambi.

Sedang unsur Hindu terlihat pada Gapura Paduraksa yang menjadi pintu masuk masjid dan tembok L yang mengelilingi masjid. Unsur Buddha terlihat pada kolam ikan yang ada di sekeliling masjid dan pohon beringin Wringin Sepuh.

Lokasi Masjid Kotagede

Lokasi Masjid Kotagede berada di Jalan Watu Gilang Nomor 1, Kelurahan Jagalan, Kecamatan Banguntapan, Kab. Bantul, DIY. Ada tiga opsi rute menuju ke lokasi masjid.

Ketiga rute tersebut yaitu via Jalan Batikan, Jalan Brigjen Katamso, dan Jalan Kenari. Ketiganya sangat mudah untuk Anda akses dan rata-rata waktu tempuhnya 20 menit saja.

Rute-rute di atas juga bisa Anda akses via Google Maps. Namun bagi wisatawan yang ingin lakukan tour secara maraton di sejumlah destinasi wisata terkenal di dekat masjid agung ini, sebaiknya sewa kendaraan agar praktis.

Salsa Wisata dengan ragam produk paket sewanya siap memfasilitasi Anda. Seperti paket sewa Elf Jogja murah untuk Anda yang membutuhkan armada yang nyaman untuk rombongan.

Jam Buka Masjid Kotagede

Seperti Masjid Agung Demak di Jawa Tengah, masjid bersejarah ini buka setiap hari selama 24 jam. Jadi tidak ada batasan waktu terkait dengan jam buka Masjid Kotagede Yogyakarta ini.

Namun, untuk mengunjungi masjid sebagai wisatawan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, wisatawan harus menghormati para jamaah ya