Selain penangkaran gajah, Lampung juga punya banyak tempat wisata. Waterpark di Lampung saja beragam. Namun, pernahkah Anda dengar soal Menara Siger Lampung? Tidak jauh berada dari Pelabuhan Bakauheni, ada sebuah bangunan yang jadi ikon dan kebanggaan masyarakat Lampung.

Bangunan ini berdiri megah dengan ketinggian 110 meter di atas permukaan laut. Letaknya tepat menghadap ke gerbang masuk pelabuhan Bakauheni. Menara ini merupakan titik 0 di selatan Sumatera.

Sekilas Tentang Menara Siger Lampung

spot foto Menara Siger Lampung

Menara cantik ini diresmikan oleh gubernur Sjahroedin Z.P pada tanggal 30 April 2008. Bukan cuma sebagai ikon saja, menara siger ini pun juga menjadi salah satu tempat wisata hits Lampung. Bentuknya dibuat seperti mahkota pengantin wanita.

Pucuknya ada sembilan, yang merupakan simbol sembilan bahasa yang ada di Lampung.

Selain itu, ada juga kerucut di bagian tengahnya yang ukurannya bahkan lebih tinggi dan lebih besar dari puncak menara ini. Keunikan dari arsitektur ini tidak lepas oleh kekreatifan Ir. H. Anshori Djausal M.T, yang merupakan arsitek asli Lampung.

Konstruksi bangunan ini dibuat dengan metode khusus yang membuatnya tahan terpaan angin.

Kalau Anda melihat eksterior dan interior bangunannya, Anda akan melihat bahwa bangunan ini banyak mengadaptasi banyak bentuk dalam motif kain tapis, yang adalah ciri khas lain dari masyarakat Lampung.

Memang semua bagian dari menara ini dibuat serepresentatif mungkin bagi masyarakat Lampung, sama seperti Puncak Mas.

Jika Anda menyeberang dari pelabuhan Merak ke Bakauheni, Anda sudah akan melihat menara yang cantik ini. Begitu melihatnya, itu berarti Anda sudah menginjakkan kaki di tanah Lampung.

Tidak ada salahnya untuk mampir sejenak di menara ini. Dari sini, Anda juga bisa menikmati pemandangan indah pantai di ujung pulau Sumatera.

Di waktu subuh, Anda bisa melihat indahnya momen matahari terbit, kalau cuaca sedang cerah, dari menara ini. Warna menaranya yang kuning terang akan terlihat berpadu dengan langit yang juga mulai benderang. Bisa jadi objek foto yang bagus.

Harga Tiket Masuk Menara Siger Lampung

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp20.000,00
Parkir motor Rp5.000,00
Parkir mobil Rp10.000,00
Parkir bus Rp50.000,00

Lokasi Menara Siger Lampung

Karena letaknya tidak jauh dari pelabuhan Bakauheni, tentu tidak sulit untuk mengaksesnya. Begitu Anda sampai di Lamping, Menara Siger sini bisa jadi tujuan wisata pertama Anda.

Begitu keluar dari pelabuhan, Anda bisa ambil jalur timur. Akan sulit kalau Anda menggunakan kendaraan umum, karena transportasi umum tidak lewat jalur timur.

Bisa juga berjalan kaki langsung dari pelabuhan. Cuma butuh waktu kira-kira 30 menit. Untuk mempersingkat waktu tempuh, Anda bisa gunakan ojek. Namun, cara ini tidak praktis.

Cara yang paling mudah, simpel, dan efisien adalah dengan menggunakan jasa rental mobil harian Lampung murah. Dengan begitu, Anda bisa mengunjungi tempat wisata di sekitarnya. Slanik Waterpark, contohnya.

Fasilitas Menara Siger Lampung

fasilitas Menara Siger Lampung

Sebagai salah satu tempat wisata yang ikonik, pihak pemerintah daerah juga sudah melengkapi menara ini dengan fasilitas dan pelayanan yang memadai. Di antaranya adalah:

  • Area parkir kendaraan yang luas
  • Spot foto
  • Gazebo
  • Koleksi adat Lampung
  • Musholla
  • Toilet/MCK
  • Kantin bagi Anda yang ingin mencicipi makanan khas Lampung

Daya Tarik Menara Siger Lampung

isi Menara Siger Lampung

Belajar Tentang Titik 0

Titik 0 memang berada di menara ini. Namun, penting untuk diketahui bahwa titik 0 di sini tidak cuma simbolis saja. Ada tempat fisiknya. Tugu titik 0 ini ada di bawah Menara Siger. Anda bisa menempuhnya dengan berjalan menuruni tangga.

Di sini, Anda bisa belajar tentang informasi seputar jarak titik 0 ke berbagai tempat di pulau Sumatera. Misalnya, dari titik 0 ke Banda Aceh, Anda harus menempuh jarak sekitar 2.652 km.

Menyaksikan Pemandangan Indah

Tentu saja, Anda bisa berfoto dengan latar belakang Menara Siger yang unik, Bukan cuma arsitekturnya saja yang unik, melainkan warnanya yang mencolok juga menambah daya tariknya.

Ada enam lantai di menara ini, dan Anda bisa mengeksplor semua lantainya. Di puncak menara, Anda bisa menyewa teropong untuk bisa menyaksikan panorama indah di sekitar.

Akan terlihat jelas pemandangan lautan lepas dan tentu saja pelabuhan Bakauheni. Semua itu bisa dilihat tanpa penghalang apapun. Pemandangan laut ini juga dihiasi dengan perbukitan hijau dan ruas jalan tol.

Melihat Bangunan yang Kokoh

Tahukah Anda bahwa meskipun menara siger ini punya bentuk yang unik, bangunan ini dibuat dengan sangat kokoh? Menara ini menggunakan sistem ferrocement, yang membuatnya tahan guncangan gempa dan angin ribut.

Hal ini dirasa perlu, karena menara siger letanya di tepi laut dan di atas bukit. Bukan cuma itu, pengembangan di bagian sigernya juga tidak pakai semen curah cor.

Mereka menggunakan jaringan kawat dengan bentuk jaring laba-laba. Hal ini dilakukan supaya bisa mengurangi beban pada bangunan dan supaya struktur bangunan tetap kuat.

Mempelajari Makna Siger Pada Mempelai Wanita Lampung

Mempelai wanita Lampung wajib memakai siger yang punya tujuh pucuk di bagian mahkotanya. Tujuh pucuk tersebut melambangkan tujuh gunung yang ada di Lampung.

Menurut mitos, gunung inilah tempat asal-usul leluhur orang-orang Lampung. Di situ pulalah masyarakat Lampung membentuk kelompoknya masing-masing. Ada cerita lain yang mengaitkan siger dengan Balaputra Dewa.

Balaputra Dewa adalah Raja Sekala. Ia membuat siger sebagai miniatur candi Borobudur untuk istrinya, Pramodya Wardhani. Jumlah pucuknya melambangkan simbol yang berbeda.

Jam Operasional Menara Siger Lampung

Menara Siger Lampung tidak memberlakukan batasan waktu. Itu artinya, Anda bisa bebas datang kapan saja sesuai keinginan karena tempat ini buka selama 24 jam setiap harinya. Anda bahkan bisa juga datang ke sini di malam hari dan menikmati pemandangan kelap-kelip lampu melalui teropong dari atas.

Bingung mengatur jadwal liburan Anda? Serahkan semuanya pada Salsa Wisata. Kami punya paket wisata yang bisa Anda pilih. Dengan paket wisata, Anda bisa bebas mengunjungi berbagai tempat wisata yang sudah kami susun dalam itinerary.

Paket wisata kami juga sudah termasuk akomodasi, tiket wisata, makan, dan transportasi. Jadi, Anda tidak perlu pusing booking hotel atau naik kendaraan umum. Ayo, hubungi Salsa Wisata sekarang untuk info lebih lanjut.

By Categories: Destinasi, Lampung

Bagikan Artikel Ini Ke:

Apa yang menarik minat Anda?

5/5 - (10 votes)