SalSari Resto & Coffee

Kota yang kaya akan seni, budaya, dan sejarah ini menjadi salah satu tujuan wisata yang populer di Indonesia. Terdapat berbagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di Solo, salah satunya yaitu Museum Radya Pustaka.

Museum yang terletak di Jalan Slamet Riyadi ini menyimpan koleksi seni dan naskah kuno yang sangat beragam dan berharga.

Dengan sejarah yang panjang dan eksistensi yang kuat, museum ini menjadi destinasi wisata sejarah di Solo yang wajib dikunjungi bagi siapa saja yang tertarik dengan seni, sejarah, dan budaya Indonesia.

Destinasi ini merupakan tempat yang sangat menarik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman. Anda dapat menikmati pengalaman berbeda dan belajar lebih banyak tentang sejarah dan budaya Indonesia.

Museum ini juga terletak di pusat kota Surakarta, yang memudahkan pengunjung untuk mengaksesnya. Jika Anda tertarik dengan sejarah dan budaya, maka Museum Radya Pustaka harus masuk dalam daftar kunjungan Anda ketika berada di Surakarta.

Sejarah Museum Radya Pustaka

interior Museum Radya Pustaka

Museum Radya Pustaka didirikan pada tahun 1890 oleh Pangeran Sambernyawa, yang pada saat itu menjabat sebagai Mangkunegaran ke-IX di Kerajaan Solo. Bangunan ini merupakan bekas Istana Mangkunegaran yang kemudian diubah menjadi museum pada tahun 1890.

Awalnya, museum ini dibangun sebagai wadah untuk menyimpan dan memamerkan berbagai koleksi seni dan budaya, serta naskah kuno yang dimiliki oleh keluarga kerajaan dan masyarakat setempat.

Seiring berjalannya waktu, koleksinya semakin bertambah dan semakin beragam. Museum ini mulai menarik perhatian masyarakat luas dan menjadi destinasi wisata yang populer di Surakarta.

Pada tahun 1939, museum ini resmi diakui oleh Pemerintah Hindia Belanda sebagai museum negara dan menjadi salah satu institusi budaya tertua di Indonesia.

Hingga saat ini, Museum Radya Pustaka terus berupaya untuk menjaga dan memperkaya koleksinya dengan menambahkan berbagai artefak dan naskah kuno yang langka dan berharga.

Museum ini  dianggap sebagai museum tertua di Indonesia yang menyimpan koleksi naskah kuno, seni rupa, arkeologi, etnografi, sejarah, dan numismatik yang sangat beragam.

Museum ini juga terus berinovasi dan mengembangkan diri untuk memberikan pengalaman wisata yang lebih baik bagi para pengunjungnya.

Jam Buka Museum Radya Pustaka

Jam Operasional Retribusi
Senin Tutup
Selasa – Minggu 08.00 – 16.00 WIB

Rute Menuju Lokasi Museum Radya Pustaka

Museum Radya Pustaka sendiri beralamatkan di Jl. Slamet Riyadi No.275, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Untuk rutenya silahkan gunakan aplikasi Google Maps sebagai petunjuk arah menuju ke lokasi.

Karena lokasinya berada di pusat kota, Anda dapat dengan mudah menjangkaunya dengan transportasi umum seperti ojek online atau bus.

Namun, bila ingin menjelahi Kota Solo tanpa terbatas oleh jadwal angkutan umum Anda bisa menggunakan layanan sewa Innova Solo mingguan murah dari Salsa Wisata.

Dengan begitu Anda bisa lebih leluasa mengexplorasi destinasi wisata hits termasuk wisata kuliner yang terkenal di Solo. Driver akan siap mengantarkan kemanapun Anda mau.

Harga Tiket Masuk Museum Radya Pustaka

Retribusi Tarif
Tiket masuk Dewasa Rp5.000,00

Anak Rp2.500,00

Parkir Rp2.000,00

Harga tiket yang terjangkau ini membuat museum ini semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Daya Tarik dari Museum Radya Pustaka

karya wisata Museum Radya Pustaka

Melihat Koleksi Barang Kuno

Jika di Museum Trinil menyimpan koleksi replika manusia purba, di sini Anda bisa melihat lebih banyak koleksi yang beragam.

Museum ini memiliki koleksi naskah kuno yang sangat berharga dan beragam, termasuk naskah-naskah dari berbagai daerah di Indonesia seperti Jawa, Bali, Sumatera, dan Sulawesi.

Selain itu, museum ini juga memiliki koleksi seni rupa, arkeologi, etnografi, sejarah, dan numismatik yang sangat menarik untuk dipelajari.

Bangunan Vintage yang Estetik

Bangunan Museum Radya Pustaka memiliki keunikan tersendiri karena desain arsitektur klasik Jawa yang kental. Gedung ini mengusung gaya arsitektur Jawa Kuno dengan ornamen ukir-ukir kayu dan batu yang indah.

Arsitektur bangunan ini mencerminkan keindahan dan kekayaan budaya Jawa yang masih terjaga hingga saat ini. Hal ini menjadikan tempat wisata ini bukan hanya tempat yang kaya akan sejarah dan seni, tetapi juga sebuah tempat yang indah secara visual dan penuh dengan nilai estetika.

Belajar Sejarah

koleksi senjata di Museum Radya Pustaka

Di dalamnya terdapat sebuah perpustakaan dengan koleksi buku-buku yang bervariasi mulai dari buku-buku sejarah, keagamaan, sastra, hingga buku-buku sains.

Beberapa koleksi khusus yang terdapat di perpustakaan museum yaitu Kitab Negarakertagama dan Babad Tanah Jawi. Selain koleksinya, yang terkenal dari destinasi ini yaitu bangunan yang unik dengan arsitektur Jawa Kuno.

Pihak pengelola juga sering menyelenggarakan beberapa kegiatan menarik seperti pameran seni, seminar, dan workshop yang bertujuan untuk memperkenalkan seni dan budaya Indonesia kepada masyarakat luas.

Fasilitas di Museum Radya Pustaka

koleksi gamelan Museum Radya Pustaka

Secara keseluruhan pihak pengelola telah menyediakan berbagai fasilitas untuk memudahkan para pengunjung selama berkunjung di sana. Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain yaitu:

  • Tempat parkir yang luas
  • Mushola
  • Toilte
  • Ruang audio visual
  • Ruang pertemuan
  • Cafe & Resto

Selain itu, pengunjung juga dapat membeli oleh-oleh khas Solo kekinian dari toko suvenir yang tersedia di dalam museum.

Itulah ulasan lengkap mengenai Museum Radya Pustaka di Solo yang menjadi museum tertua di Indonesia.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengeksplorasi keindahan sejarah dan budaya Indonesia melalui Museum Radya Pustaka di Surakarta. Segera pesan paket wisata dari Salsa Wisata dan nikmati pengalaman berbeda yang tak terlupakan.

Tentunya, agar perjalanan wisata Anda di Solo semakin nyaman dan menyenangkan, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan untuk menyewa mobil, elf, atau bus dari Salsa Wisata.

Dengan armada yang lengkap dan berkualitas, Salsa Wisata siap membantu Anda untuk menjelajahi berbagai destinasi wisata di Solo dan sekitarnya dengan mudah.

Tersedia pilihan paket sewa yang fleksibel dan terjangkau, serta layanan antar-jemput yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Jangan ragu untuk memesan rental mobil, elf, atau bus dari Salsa Wisata dan nikmati perjalanan wisata Anda dengan lebih santai dan nyaman.

Jadikan Museum Radya Pustaka sebagai destinasi wisata terbaik Anda bersama keluarga atau teman-teman. Ayo, pesan sekarang dan dapatkan pengalaman wisata yang menyenangkan!



By Categories: Destinasi, Solo

Bagikan Artikel Ini Ke:




Apa yang menarik minat Anda?

5/5 - (10 votes)