earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Membawa pulang oleh-oleh khas Klaten yang terkenal akan jadi pelengkap sempurna perjalanan wisata Anda ke kota kecil ini. Ada banyak barang menarik yang bisa Anda beli sebagai buah tangan terbaik.

Mulai dari jajanan, makanan, hingga kerajinan tangan bernilai tinggi bisa Anda dapatkan. Dan berikut ini beberapa rekomendasi cinderamata dari Klaten yang tidak boleh Anda lewatkan:

Daftar Oleh-oleh Khas Klaten Populer

Getuk Klaten

Getuk Khas Klaten

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Makanan tradisional khas Klaten ini dikenal juga dengan nama Getuk Yoko Kurung. Bahan utamanya terbuat dari singkong sama seperti tiwul, oleh-oleh khas Jogja, namun dengan cara pengolahan berbeda.

Hasil gilingan singkongnya sangat halus sehingga adonan menjadi lebih kenyal. Selain itu, untuk menambahkan rasa serta tekstur, getuk dari Klaten ini terkadang memiliki isian berupa selai nanas yang manis.

Cara penyajiannya tidak jauh berbeda. Dengan taburan parutan kelapa yang gurih rasa dari getuk Yoko semakin nikmat. Jajanan ini bisa dengan mudah Anda temukan di kawasan Kurung, Ceper.

Salah satu toko terkenalnya bahkan sudah ada sejak tahun 1976. Anda bisa bebas memilih berbagai rasa dari getuk mulai dari cokelat, pandan, nanas, dan lainnya.

Harganya pun masih sangat terjangkau sebab hanya dijual sekitar Rp10.000,00 per kotaknya. Toko ini buka mulai pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB dan beralamat di Putatan, Jagah, Kurung, Ceper, Klaten.

Slondok

Slondok

Olahan singkong selanjutnya yang bisa Anda jadikan buah tangan dari Klaten adalah slondok. Camilan satu ini memiliki dua bentuk yakni panjang pipih seperti keripik sanjai, oleh-oleh khas Padang serta bulat seperti cincin.

Cara membuatnya sedikit berbeda. Untuk yang berbentuk panjang, pertama singkong harus dikupas terlebih dahulu baru kemudian diiris tipis dan diberi bumbu lalu dijemur.

Sedangkan yang berbentuk cincin seperti lanting, singkongnya harus digiling terlebih dahulu bersama bumbu. Baru kemudian dibentuk dan akhirnya digoreng.

Meski berbeda prosesnya, tekstur keduanya sangat renyah. Rasanya pun beragam ada yang manis pedas, pedas, manis, dan gurih. Pokoknya cocok untuk menemani waktu Anda bersantai.

Jajanan ini bisa dengan mudah Anda temukan di pusat oleh-oleh khas Klaten. Harganya juga tidak terlalu mahal. Cukup dengan uang Rp8.000,00 sampai Rp30.000,00 Anda sudah bisa mendapatkan sebungkus camilan ini.

Keripik Belut

Keripik Belut

Bila Anda menyukai wisata kuliner Semarang tentu tahu tentang mangut belut yang sangat sangat terkenal. Namun berbeda Semarang dengan Klaten, di sini belut diolah menjadi keripik yang renyah.

Rasanya tetap gurih sebab tidak menghilangkan rasa unik dari belut itu sendiri. Bentuknya pun unik, sebab belut utuh yang telah bersih langsung digoreng bersama adonan tepung.

Camilan ini biasa menjadi lauk atau teman makan bersama sambal dan nasi hangat. Anda bisa membawa pulang jajanan ini sebagai tanda mata sebab tersedia di banyak pusat oleh-oleh khas Klaten yang populer.

Untuk urusan harga juga tidak terlalu mahal. Satu bungkus ukuran 1 kilogram bisa Anda beli dengan harga Rp25.000,00 saja. Jadi sangat cocok bila Anda ingin membagikannya ke sanak saudara.

Keripik Paru

keripik paru klaten

Banyak orang mengenal olahan paru sebagai salah satu makanan khas Padang, padahal tidak hanya sebatas itu. Saat berkunjung ke Klaten misalnya,  Anda bisa mencoba keripik paru sebagai camilan.

Paru-paru yang digunakan berasal dari sapi pilihan sehingga memiliki ukuran paru yang sangat besar. Rasanya pun sangat gurih dengan tekstur yang begitu renyah.

Cara membuat keripik paru ini sudah ada sejak puluhan tahun silam sekitar 56 tahun lebih. Prosesnya dimulai dari paru yang sudah steril dan bersih diiris, lalu diberi adonan tepung bumbu, baru kemudian siap digoreng.

Camilan ini juga menjadi favorit banyak orang sebagai teman bersantap nasi maupun saat bersantai. Ada bisa membelinya di toko oleh-oleh khas Klaten selain barang dengan harga yang cukup mahal yakni Rp100.000,00 per kilogram.

Nasi Gudangan

nasi gudangan klaten

Makanan khas Klaten ini termasuk salah satu hidangan yang wajib Anda coba terutama saat sarapan. Campuran antara nasi serta urapnya sangat pas sehingga membuat nasi gudangan atau sego gudangan ini menjadi favorit banyak orang.

Urapnya sendiri menggunakan sayuran seperti kacang panjang, kecambah, serta sayuran rebus yang segar. Tidak ketinggalan parutan kelapa dengan bumbu cabe yang membuat rasa gurih dan pedas dari nasi ini muncul.

Salah satu penjual sego gudangan yang cukup terkenal adalah Sego Gudangan Bu Muji. Biasanya Bu Muji berjualan di komplek PKL Masjid Raya Klaten.

Harganya juga tidak terlalu mahal. Cukup Rp5.000,00 Anda sudah bisa mendapat seporsi nasi gudangan. Namun jika ingin membawanya di perjalanan minta agar urap dan sayur terpisah agar lebih tahan lama.

Wayang Kayu

Wayang Kayu

Selain makanan, Anda juga bisa membawa oleh-oleh khas Klaten berupa kerajinan seperti wayang kayu. Namun berbeda dengan oleh-oleh khas Bandung, wayang golek, wayang kayu Klaten ini masih mirip wayang kulit.

Mulai dari hiasan kepala, bentuk tangan serta baju wayang semua sama dengan wayang kulit pada umumnya. Hanya saja semuanya terbuat dari kayu sehingga lebih kokoh.

Daerah produsen wayang kayu terkenal berada di Kecamatan Karangnongko. Hasil produksi wayang di daerah ini bahkan sering terjual ke luar negeri dengan harga jutaan.

Namun bila Anda tertarik, pajangan wayang ini bisa Anda dapatkan dengan harga lebih murah. Berkisar antara Rp50.000,00 hingga Rp1.000.000,00 sesuai ukuran serta kerumitan desainnya.

Sate Kambing Klaten

Sate Kambing Klaten

Klaten juga terkenal dengan kuliner sate kambingnya yang lezat. Dagingnya yang lembut tanpa bau prengus jadi salah satu alasan mengapa hidangan ini menjadi kesukaan banyak orang.

Salah satu tempat yang paling recommended adalah sate kambing tali roso di daerah Kedu. Anda bisa mengunjungi tempat ini dengan bantuan sopir dari rental mobil Klaten yang ada.

Dengan porsi serta dagingnya yang berukuran jumbo, harga sate di tempat ini tidak terlalu mahal. Satu piring lengkap dengan nasi bisa Anda beli seharga Rp40.000,00 dan sudah termasuk minuman.

Sego Wiwit

Sego Wiwit

Berbeda dengan sego gudangan yang bisa Anda temukan dengan mudah, sego wiwit ini memiliki nilai sakral. Biasanya sering muncul saat petani melakukan acara selamatan atau syukuran atas hasil panennya.

Isinya pun lengkap mirip dengan tumpeng yakni ayam, telur, tempe, tahu, ikan asin, lalapan serta urap. Ciri khas nasi ini adalah taburan bubuk kacang yang masih kasar di atas nasinya.

Jika Anda tertarik mencoba hidangan ini juga tersedia di salah satu restoran yaitu Nasi Wiwit Prambanan. Harga satu porsinya sekitar Rp7.000,00 dan cocok menjadi bekal selama perjalanan Anda.

Sop Ayam Pecok

Sop Ayam Pecok

Mengunjungi Klaten kurang lengkap bila belum mencoba hidangan sop ayamnya yaitu sop ayam pecok. Potongan ayam serta daging yang tidak beraturan memberikan cita rasa lebih pada kuah sop yang bening.

Makanan ini selalu jadi favorit banyak orang yang datang ke Klaten. Bahkan tidak jarang mobil dari rental hiace Solo berjajar di parkiran Sop Ayam Pecok ini.

Warungnya pun tersebar di mana-mana sehingga Anda bisa dengan mudah mendapatkannya. Apalagi harganya yang sangat murah, sekitar Rp8.000,00 sampai Rp16.000,00 sudah pasti akan membuat Anda puas.

Kepelan

Kepelan

Mau tetap kenyang namun tidak ingin makanan berat, Kepelan khas Klaten ini bisa jadi pilihan. Camilan ini terbuat dari tepung terigu dan termasuk jenis gorengan khas Klaten.

Rasanya gurih dan pastinya cocok menjadi teman Anda bersantai. Bahan bakunya yang berasal dari tepung terigu juga dapat menjadi obat lapar Anda selama perjalanan.

Anda bisa menemukan pedagang kepelan berjualan di sekitar tempat wisata Klaten terkenal. Harganya pun tidak lebih dari Rp10.000,00 namun Anda sudah bisa mendapat satu bungkus besar kepelan.

Itulah tadi sedikit dari sekian banyak souvenir atau buah tangan khas Klaten yang bisa Anda bawa pulang. Bila Anda ingin lebih puas memilih dan mencari sendiri oleh-oleh khas Klaten yang bagus, biro perjalanan bisa jadi solusinya.

Ada banyak sekali layanan yang bisa Anda dapatkan terutama di Salsa Wisata. Mulai dari rental mobil, urus hotel atau penginapan, hingga paket gathering semua ada dan bisa Anda nikmati.

Dengan begitu liburan dan perjalanan yang Anda inginkan bisa terwujud dengan sempurna. Jadi tunggu apalagi segera atur rencana wisata Anda bersama kami, Salsa Wisata.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)