SalSari Resto & Coffee

Wisata pantai memang sangat cocok untuk mengisi waktu akhir pekan bersama keluarga. Pantai Balongan Indah adalah salah satu tempat wisata di Indramayu yang lagi hits untuk libur akhir pekan mendatang.

Pantai hits ini terkenal sebagai destinasi wisata keluarga saat akhir pekan dan liburan. Karena di kawasan pantai tersebut ada berbagai wahana permainan anak yang menarik.

Namun sebelum Anda putuskan untuk berkunjung ke sini, sebaiknya simak dulu info wisatanya terlebih dahulu:

Sekilas Tentang Pantai Balongan Indah

wisata balongan indah

Pantai Balongan Indah atau terkenal dengan nama Pantai Bali adalah salah satu objek wisata yang ada di Kabupaten Indramayu. Nama Bali sendiri merupakan singkatan dari Balongan Indah.

Pantai ini sendiri merupakan kawasan wisata yang terbentuk dari tanah timbul atau pasir yang terpengaruh karena adanya bangunan pemecah ombak. Wisata yang mirip dengan kawasan tempat wisata PIK 2 Jakarta ini sendiri sudah ada sejak tahun 2010.

Sebelum adanya pemecah ombak, pantai ini merupakan daerah yang terkena abrasi. Setelah menjadi objek wisata, tempat ini selalu ramai oleh pengunjung baik saat hari biasa maupun akhir pekan.

Anda pasti akan sangat tertarik dengan pemandangan laut yang indah dan beragam wahana permainannya. Selain itu, lokasinya yang cukup strategis juga menjadi nilai tambah tersendiri.

Harga Tiket Masuk Pantai Balongan Indah

Untuk masuk ke kawasan wisata pantai ini, Anda perlu membeli tiket masuk Pantai Balongan Indah di loket terlebih dahulu. Selain tiket masuk, Anda juga perlu menyiapkan uang untuk biaya parkir.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena biaya tersebut masih sangat terjangkau. Berikut adalah daftar harganya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp5.000,00 per orang
Parkir Mobil Rp5.000,00 per orang
Parkir Motor Rp3.000,00 per orang

Harga di atas bisa berubah seiring dengan kebijakan terbaru dari pihak pengelola. Namun, Anda bisa menjadikan harga tersebut menjadi rujukan sebelum pergi ke wisata Balongan Indah ini.

Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Jawa Barat sebelum pulang. Karena di kawasan ini ada berbagai pedagang jajanan khas Jawa Barat, pakaian, dan pernak-pernik yang bisa Anda beli.

Rute Menuju Lokasi Pantai Balongan Indah

pantai balongan indah 1

Lokasi Pantai Balongan Indah Indramayu sendiri berada di Jalan Raya Balongan, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Alamat Pantai Indah Balongan ini terletak sejauh 10 kilometer dari Kota Indramayu.

Aksesnya cukup mudah, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi berupa motor atau mobil. Dari Alun-alun Indramayu, Anda hanya butuh waktu sekitar 20 menit untuk sampai ke lokasi.

Ada banyak papan petunjuk arah yang akan memudahkan Anda menuju ke pantai ini. Jika menggunakan transportasi umum dari Terminal Indramayu, maka biasanya akan memakan waktu yang lebih lama untuk sampai ke pantai.

Jika ingin lebih cepat dan efisien, Anda bisa menggunakan sewa mobil terdekat dari Salsa Wisata. Dengan pengemudi berpengalaman, perjalanan Anda akan lebih aman dan nyaman. Anda juga akan sampai ke tujuan tepat waktu.

Daya Tarik Wisata Pantai Balongan Indah

Pantai Bali Indramayu selalu menjadi destinasi pilihan pelancong ketika berkunjung ke Indramayu. Alasannya tidak lain adalah karena pemandangan yang indah dan keberadaan wahana bermainnya.

Menikmati Pemandangan Alam

Suasana asri akan Anda rasakan saat berada di kawasan pantai ini. Sensasi tersebut akan membuat kesan nyaman selama Anda rekreasi dan bermain di area wisata ini.

Pemandangan pantai yang indah dengan view Laut Jawa membentang luas di depan mata Anda. Belum lagi dengan suara desiran ombaknya yang menciptakan suasana nyaman untuk Anda.

Ombak di sekitar pantai memang tidak terlalu tinggi dan relatif aman untuk bermain. Meski begitu, Anda tetap harus berhati-hati dengan gelombang tinggi yang biasanya terjadi pada musim-musim tertentu.

Meski pasirnya berwarna hitam, tapi pasir di pantai ini sangat halus dan aman untuk menjadi area bermain anak-anak. Selayaknya menikmati suasana Pantai Tanjung Pakis di Karawang, Anda juga akan mendapatkan panorama yang begitu mempesona.

Berenang dan Bermain Pasir

sejarah pantai balongan indah indramayu

Bagi Anda yang suka berenang, Anda dapat melakukan aktivitas tersebut di pantai ini tanpa mengeluarkan biaya tambahan. Segarnya air di pantai ini akan membuat Anda lebih bersemangat.

Anda juga bisa menyewa pelampung yang tersedia di kawasan wisata ini. Untuk menggunakan pelampung, Anda perlu mengeluarkan biaya sewa sebesar Rp5.000,00 saja.

Ombak yang tenang akan membuat waktu bermain air Anda lebih puas. Gelombang yang tidak terlalu tinggi membuat Anda bisa mengajak anak-anak untuk ikut bergabung.

Pilihan selain berenang adalah bermain pasir, pantai yang cukup landai ini memiliki pasir berwarna hitam namun tetap lembut. Anda bisa mengajak anak-anak untuk bermain pasir dan membuat miniatur bangunan.

Piknik di Pantai

Piknik adalah salah satu budaya masyarakat Indonesia yang biasa dilakukan saat berkunjung ke tempat wisata. Di pantai ini, Anda juga bisa piknik sambil menyantap makanan bersama keluarga.

Keberadaan warung-warung makan di sekitar pantai bisa menjadi alternatif jika Anda tidak membawa bekal dari rumah. Warung makan tersebut menyediakan berbagai menu. Mulai dari makanan berat khas Jawa Barat, hidangan laut, dan berbagai santapan lezat lainnya.

Anda bisa berpiknik di sekitar hutan pinus. Tempatnya cukup teduh dan nyaman untuk menikmati waktu bersama keluarga. Gelarlah tikar sebagai alas kemudian Anda bisa mulai makan bersama.

Mencoba Wahana Permainan

pantai balongan indah 2

Pantai ini juga memiliki berbagai wahana bermain yang seru dan menyenangkan. Anda bisa menikmatinya bersama keluarga tercinta sejak pertama kali masuk kawasan pantai.

Di sekitar pantai, ada perahu milik nelayan yang bisa Anda sewa untuk mengarungi tepian pantai. Anda bisa berkeliling dengan perahu tersebut sembari melihat pemandangan laut yang indah.

Untuk sekali jalan, perahu nelayan di sini bisa menampung sekitar 10 penumpang dengan durasi selama 30 menit. Jika menurut Anda perahu bukan wahana yang menantang untuk Anda, cobalah naik banana boat.

Permainan ini tentu saja akan membuat adrenalin Anda langsung meningkat. Sebab, banana boat yang Anda naiki akan ditarik oleh jetski berkecepatan tinggi.

Fasilitas di Pantai Balongan Indah

fasilitas pantai bali indramayu

Sebagai objek wisata yang populer di daerah Indramayu, Pantai Bali ini menyediakan berbagai fasilitas untuk pengunjungnya. Ada area parkir yang cukup untuk menampung banyak kendaraan. Bahkan bisa menampung jika Anda datang bersama rombongan dengan bus pariwisata dari Salsa Wisata.

Di bagian dalam kawasan wisata, ada kamar mandi dan toilet yang tersebar di sejumlah titik. Ada juga kamar ganti yang bisa Anda gunakan untuk berganti pakaian setelah berenang.

Kemudian yang selalu menjadi incaran pengunjung terutama anak-anak adalah wahana bermainnya. Ada arena bermain yang menyediakan berbagai permainan seru seperti banana boat, perahu, odong-odong, hingga kereta mini.

Selain itu, ada juga warung-warung yang menyediakan berbagai makanan dan minuman. Anda bisa menyantap makanan di warung tersebut setelah berenang atau bermain.

Jam Buka Pantai Balongan Indah

Wisata pantai Indaramayu ini buka setiap hari mulai dari Senin sampai Minggu. Jam buka Pantai Balongan Indah sendiri 24 jam non-stop, jadi Anda bisa berkunjung kapanpun Anda mau.

Waktu terbaik berkunjung ke pantai ini adalah pagi dan sore hari. Anda juga bisa melihat indahnya momen matahari tenggelam atau sunset saat sore hari.

Demikian informasi mengenai pantai yang menjadi favorit warga Indramayu dan sekitarnya. Berkunjung ke pantai ini sangat seru jika bersama keluarga, pasangan, atau para sahabat.

Jika Anda ingin berwisata ke pantai ini, bisa memesan paket tour murah dari Salsa Wisata. Anda juga bisa memilih dan berbagai tempat wisata Jawa Barat yang sudah buka yang Anda sukai.

Salsa Wisata telah berpengalaman menemani pelancong dari berbagai daerah di Indonesia. Dengan pengalaman selama bertahun-tahun, Salsa Wisata akan memberikan layanan terbaik untuk Anda. Jadi, segera tentukan agenda liburan di Pantai Balongan Indah.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)