SalSari Resto & Coffee

Pantai Banyu Anjlok saat ini sedang ramai jadi bahan perbincangan publik, khususnya para wisatawan. Pasalnya, tempat wisata di Malang yang lagi hits ini sangat unik karena ada spot air terjun di salah satu sisi area pantai.

Pesona alam yang tempat ini hadirkan cukup langka. Di Indonesia sendiri, hanya ada beberapa nama pantai yang ada spot air terjunnya. Salah satunya adalah pantai ini. Daripada penasaran, simak saja review singkat tentang info wisata pantai ini.

Sekilas Tentang Pantai Banyu Anjlok

Pantai Banyu Anjlok malang dampit

Pantai Banyu Anjlok Malang adalah objek wisata pantai baru di Kabupaten Malang, tepatnya di Kec. Tirtoyudo. Dari namanya saja sangat unik. Nama ‘Banyu Anjlok’ sendiri berarti ‘air jatuh’.

Makna nama tersebut tak lain merujuk pada spot air terjun yang ada di salah satu sisi tebing di tepi pantai. Ya, air terjun ini adalah muara akhir sungai-sungai yang ada di daratan terdekat pantai.

Untuk kawasan pantainya sendiri memiliki hamparan pasir berwarna cokelat terang. Warna pasirnya terlihat kontras dengan air laut yang berwarna biru toska. Terkadang ada buih-buih putih ketika ombak laut mencapai tepian pantai.

Suasana pantai masih relatif sepi sehingga keasriannya masih terjaga. Berkat ini, pantai tetap bersih dari sampah anorganik. Dan sepertinya akan sangat menarik bila Anda masukan pantai ini ke dalam list paket wisata Malang murah Anda.

Lokasi Pantai Banyu Anjlok

Lantas, dimana Pantai Banyu Anjlok? Lokasinya berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Akses jalan ke pantai ini sudah baik sehingga bisa Anda jangkau dengan kendaraan pribadi.

Rute Pantai Banyu Anjlok Malang bisa melalui jalur yang sesuai dengan arahan Google Maps. Jalurnya yaitu jalan yang mengarah ke Kepanjen dan Dampit. Setelah itu, baru lanjut ke Lumajang dan Tirtoyudo. Lalu ke Pantai Sipelot dan Pujiharjo.

Nantinya Anda akan menjumpai persimpangan dengan pilihan arah ke Pantai Lenggoksono dan Pantai Wediawu. Silahkan pilih Pantai Lenggoksono. Setibanya di loket, Anda akan diberi pilihan destinasi. Salah satunya Banyu Anjlok.

Rental mobil Innova Malang dari Salsa Wisata tentu bisa jadi pilihan bila Anda tak ingin repot menyetir sendiri. Pasalnya, ada driver yang siap mengantarkan Anda ke lokasi wisata tujuan Anda.

Jam Buka Pantai Banyu Anjlok

Anda dapat berkunjung dan liburan di pantai ini kapan saja karena akan terus beroperasi setiap hari. Namun ada batasan terkait dengan jam buka.

Menurut info dari pihak pengelola, jam buka Pantai Banyu Anjlok ini dibatasi dari jam 07.00 sampai dengan jam 17.00 WIB. Batasan ini berlaku mengingat objek wisata ini belum memiliki fasilitas penerangan yang cukup di malam hari.

Harga Tiket Masuk Pantai Banyu Anjlok

Ingin belanja oleh-oleh khas Malang Jawa Timur tapi khawatir budget menipis karena tiket masuk objek wisata mahal? Buang jauh-jauh pikiran tersebut karena masuk ke kawasan wisata pantai ini tidaklah mahal.

Harga tiket masuk Pantai Banyu Anjlok masih relatif murah. Pengunjung yang membawa mobil atau sepeda motor juga akan ada biaya parkir tersendiri. Berikut kami bagikan tarif parkir dan juga harga tiket terupdate:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp10.000,00 per orang
Parkir Sepeda Motor Rp3.000,00 per kendaraan
Parkir Mobil Rp5.000,00 per kendaraan

Daya Tarik Wisata Pantai Banyu Anjlok

Tempat wisata Jawa Timur murah ini mempunyai cukup banyak daya tarik. Salah satunya dan yang menjadi daya tarik utama adalah spot air terjun. Keasrian pantainya juga sudah pasti sangat memikat hati siapa saja yang melihatnya.

Di samping itu, kabarnya pantai ini juga memiliki spot memancing dan juga sarang lobster di beberapa titik. Tentu ini menjadi kabar baik bagi para mancing mania. Berikut akan kami ulas sedikit mengenai daya tarik sebagai gambaran saja.

Spot Air Terjun

rute Pantai Banyu Anjlok malang

Pantai Jogan bukanlah satu-satunya objek wisata bahari yang memiliki spot air terjun. Di Malang, Anda juga bisa menjumpainya, khususnya di pantai ini.

Air terjun ini adalah air terjun alami yang terbentuk karena ada aliran air tawar dari sungai-sungai. Bukan rahasia lagi bahwa air terjun semacam ini menjadi muara akhir bagi air tawar yang mengalir di daratan.

Air terjun di pantai ini cukup lebar dan memiliki cekungan semacam kolam alami di bawahnya. Jadi, sebagian air terjun akan tertampung di kolam alami ini dan sebagian lainnya akan mengalir ke laut.

Pemandangannya sendiri sangat unik karena Anda bisa melihat air terjun dan juga pesisir pantai dalam frame yang sama. Untuk itu, Anda wajib mengabadikannya dengan kamera Anda.

Surganya Para Pemancing

Kementerian Perikanan dan Kelautan Republik Indonesia telah menetapkan tempat ini sebagai kawasan ekowisata. Jadi, Anda jangan heran bila sebagian pengunjung adalah para pemancing.

Bagi Anda yang hobi memancing juga bisa menguji kemampuan memancing Anda di sini. Anda akan menemukan berbagai macam jenis ikan laut dan biota laut lainnya. Termasuk udang dan lobster.

Berkunjung ke Pusat Budidaya Lobster

Hasil laut di kawasan ini juga sangat melimpah. Apalagi dengan keberadaan sebuah budidaya lobster, mulai dari jenis lobster pasir hingga mutiara yang memiliki harga jual tinggi.

Menariknya lagi, masih banyak sarang lobster alami di kawasan laut ini. Salah satu titik sarang lobster alami yang paling terkenal adalah di Pulau Gadung. Pulau ini letaknya dekat dengan pantai Malang ini.

Di pulau ini, terdapat gua di mana di sela-selanya terdapat sarang lobster yang melimpah. Seringnya sarang-sarang ini berisi lobster yang sedang bertelur.

Untuk menjaga kelestarian dan juga habitat asli lobster, para nelayan di sini menggunakan cara manual ketika akan memanen lobster dari sarang-sarang mereka.

Camping di Pantai

Staycation saat liburan tak harus di hotel mahal ataupun di homestay murah di Malang. Cukup camping di tepi pantai ini saja akan terasa sangat menyenangkan. Terlebih Anda dapat menyaksikan keindahan laut tepat dari dalam tenda Anda.

Usai melihat sunrise, Anda dapat memasak sarapan sederhana namun lezat. Tak harus memasak makanan khas Malang yang terkenal; cukup sepotong sandwich isi telur dan secangkir kopi hangat sudah pasti akan menjadi menu sarapan mewah.

Fasilitas di Pantai Banyu Anjlok

htm Pantai Banyu Anjlok

Objek wisata ini memang masih lumayan baru. Tapi soal fasilitas, rupanya sudah cukup lengkap. Di sini, Anda bisa menggunakan fasilitas-fasilitas ini:

  • kamar mandi
  • toilet
  • warung makan
  • penginapan
  • area parkir kendaraan
  • toko oleh-oleh dan souvenir

Menghabiskan waktu liburan di pantai menjadi salah satu pilihan yang tepat. Apalagi fasilitasnya sudah lengkap dan memiliki daya tarik yang unik seperti air terjun di pantai ini.

Anda bisa jadikan Pantai Banyu Anjlok ini sebagai destinasi wisata untuk libur akhir pekan nanti. Ajak orang terkasih ke sini sekaligus untuk menikmati ragam wisata kuliner Malang terkenal yang ada di lokasi wisata ini.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)