SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Ketika melihat Pantai Jogan, pasti Anda akan langsung teringat dengan sebuah situs wisata alam terjun di California, McWay Beach Waterfall.

Tempat wisata seperti ini begitu langka dan hanya beberapa saja di dunia. Keunikan dari pantai ini adalah adanya air terjun dan pantai yang berada di titik lokasi yang sama. Keduanya beradu dan bertemu di bibir pantai.

Jogja terbilang beruntung karena memiliki pantai unik ini. Dibandingkan dengan tempat wisata terdekat lainnya, pantai ini menjadi lebih spesial berkat keunikannya ini.

Banyak wisatawan yang sangat penasaran dengan fenomena alam ini. Mereka pun banyak yang datang sekedar untuk menyaksikannya. Bahkan sebagian ada yang mengabadikan keindahan alam ini dengan lensa kamera mereka.

Sekilas Tentang Pantai Jogan

Pantai Jogan merupakan satu dari banyak nama pantai cantik di Kabupaten Gunung Kidul. Lokasinya sendiri ada di Kecamatan Tepus, lokasi yang sama dengan Pantai Slili yang juga tak kalah eksotis.

Bernasib sama dengan Pantai Seruni, pantai Gunungkidul ini memang kurang terkenal. Namanya jauh dari kesan populer dibandingkan dengan Pantai Parangtritis dan Pantai Indrayanti yang sudah sangat familiar di telinga para wisatawan.

Akan tetapi ada untungnya juga pantai ini kurang dikenal. Pengunjungnya masih relatif sedikit sehingga membuat kawasan ini tetap terjaga keasriannya. Lalu terkait dengan nama, kata ‘jogan’ pada nama pantai ini berasal dari Bahasa Jawa yang berarti lantai.

Sayangnya antara makna nama dan sejarah pantai ini belum terlihat benang merahnya sama sekali.  Namun ada beberapa narasumber yang mengaitkannya dengan menyatunya air tawar dan air asin yang berlangsung di dasar air terjun.

Daya Tarik Pantai Jogan

Pantai Jogan Gunung Kidul

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Memang menjadi sebuah fakta bahwa pantai ini sangat indah dan juga unik. Tidak ada satupun pantai di Gunung Kidul yang menyamai pesona alamnya, khususnya air terjunnya.

Pantai Ngrenehan pun tak bisa menandingi keindahan alam pantai ini. Meski sama-sama berpasir putih, berair biru, dan berbukit hijau, pantai ini menawarkan daya tarik lain.

Rappelling

Bermain pasir pantai sembari bermain air di pantai adalah hal biasa. Anda bisa melakukannya di pantai-pantai cantik lainnya yang ada di Gunung Kidul.

Namun menjajal olahraga rappelling hanya bisa dilakukan di pantai ini. Spot khusus untuk rappelling ada di sepanjang dinding batu di mana air terjun mengalir.

Siapkan segala perlengkapan rappelling Anda sendiri karena di kawasan wisata ini tidak menyediakan fasilitas sewa alat rappelling.

Cicip Kuliner

Lengkapi momen liburan Anda dengan jelajah wisata kuliner yang ada di objek wisata pantai ini. Tidak banyak warung makan di pantai ini, akan tetapi ada satu menu paling favorit yang dijual di warung makan di sini.

Menu yang wajib Anda coba adalah sajian kepiting bumbu khas Gunung Kidul. Citarasa hidangan ini sangat istimewa. Bisa menjadi referensi kuliner baru selain makanan khas Jogja di Malioboro.

Belanja Souvenir

Anda tentu tak ingin pulang dari liburan dengan tangan kosong, bukan? Setidaknya Anda membeli souvenir, jajanan, atau makanan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

Oleh-oleh khas Jogja kekinian di Malioboro mungkin sudah sangat biasa. Tapi tidak dengan oleh-oleh yang Anda beli dari pantai yang satu ini.

Souvenir berupa aksesoris yang terbuat dari kulit kerang, misalnya, pasti akan membuat keluarga Anda di rumah semakin terkesan. Anda dapat membelinya di beberapa penjual souvenir yang menjajakan dagangannya di tepi pantai.

Pesona Sunset

Ini juga menjadi daya tarik berikutnya yang paling dinantikan, sunset dengan segala keindahannya. Akan menjadi sebuah pengalaman yang jarang Anda alami saat memandangi langit jingga dengan bulatan mentari sore yang perlahan menghilang.

Abadikan momen ini dengan kamera Anda. Jangan lupa pose yang indah seperti duduk dengan pose candid di atas bebatuan di atas sungai dekat air terjun. Pasti hasil jepretan kali ini akan sangat artistik dan Instagramable.

Fasilitas di Kawasan Wisata Pantai Jogan

Wisata Pantai Jogan

Ada banyak aktivitas menarik dan daya tarik yang disuguhkan oleh pantai ini. Sayangnya segala potensi yang ada ini tidak didukung dengan fasilitas yang memadai.

Fasilitas di pantai ini masih terhitung kurang dari segi kelengkapan dan kualitas. Toilet saja belum tersedia di sini. Warung wisata juga jumlahnya terbatas. Mungkin pusat wisata kuliner Jogja terdekat akan menjadi opsi yang tepat apabila Anda ingin kulineran.

Kemudian fasilitas tempat parkir juga terlihat masih sangat minim. Areanya juga kurang luas. Wisatawan juga mengalami kesulitan mencari tempat yang layak untuk menjalankan ibadah sholat lantaran belum ada mushola.

Hal ini sekiranya dapat dimaklumi karena pantai ini sepi akan pengunjung. Mungkin tak lama lagi, pantai ini akan ramai dan menjadi salah satu tempat wisata di Jogja terbaru terfavorit.

Harga Tiket Masuk Pantai Jogan

Objek wisata pantai ini adalah tempat rekreasi yang murah meriah. Pilihan yang cocok untuk Anda yang sedang berhemat.

HTM per pengunjungnya sangat murah. Harga tiket masuknya tak jauh beda dengan biaya parkir kendaraan. Berikut info HTM terbarunya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp3.000,00
Parkir Kendaraan Rp2.000,00 (Motor)

Rp5.000,00 (Mobil)

Menurut penuturan beberapa pengunjung, kita sebaiknya menyiapkan uang kecil untuk mengisi kotak yang tersedia di beberapa spot foto. Kita bisa berikan uang kecil seikhlasnya untuk membantu perkembangan wisata di pantai ini.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Jogan

Lokasi Pantai Jogan

Pantai Jogan terletak di Jalan Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Akan jauh lebih mudah apabila Anda memilih rute dari Kota Wonosari.

Untuk tiba di Kota Wonosari, pilih jalur Jalan Wonosari dari pusat Kota Jogja. Ada banyak papan petunjuk jalan di sepanjang jalan di Kota Wonosari yang akan memandu Anda.

Pantai tujuan Anda ini berada di satu deretan dengan pantai-pantai hits lainnya seperti Pantai Nglambor dan Pantai Siung. Mengingat jarak tempuhnya yang sangat jauh, kami merekomendasikan Anda untuk menyewa mobil di tempat kami, Salsa Wisata.

Melalui layanan paket rental Elf Long dengan supir, kami jamin perjalanan wisata Anda akan lancar dan mulus serta nyaman.

Jam Operasional Pantai Jogan

Wisata pantai ini boleh Anda datangi hari apa saja karena buka setiap hari Senin sampai Minggu. Silahkan datang di antara jam 6 pagi dan jam 6 sore.

Tiap objek wisata memiliki waktu kunjungan terbaik. Sebagai orang yang berencana akan mengunjungi tempat ini, Anda wajib mengetahuinya.

Idealnya, waktu terbaik untuk mengunjungi objek wisata pantai adalah pagi hari dan sore hari. Tepatnya sore hari menjelang senja. Akan tetapi view pantai di siang hari juga akan terlihat sangat memukau karena akan didukung oleh panorama langit biru dan juga awan-awannya.

Anda juga bisa mengkonsultasikan hal ini dengan team kami, team dari Salsa Wisata Travel Organizer. Team kami akan membantu Anda untuk merekomendasikan waktu terbaik dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu.

Kami juga akan membantu Anda untuk memilihkan paket liburan yang paling cocok untuk Anda. Paket liburan ke Jogja 2 hari 1 malam, misalnya, akan kami pilihkan untuk Anda yang ingin merasakan sensasi menginap di hotel.

Pantai Jogan dengan potensi pariwisatanya yang teramat besar diprediksikan akan menjadi destinasi wisata yang Instagramable. Apalagi dengan pesona air terjunnya yang tiada duanya. Sungguh lokasi wisata yang sangat kami rekomendasikan untuk hilangkan penat.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Destinasi, Jogja

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)