SalSari Resto & Coffee

Siapa yang tidak tahu Kuta, Bali. Rata-rata wisatawan yang berlibur ke Bali pasti harus mengunjungi pantai Kuta terlebih dahulu sebagai salah satu ikon pulau Bali.

Memang, dari dulu pun keindahan pantai ini sudah terkenal bahkan sampai ke mancanegara. Nah, tahukah Anda bahwa Kuta itu terbagi jadi Kuta Selatan dan Kuta Utara?

Memang, daya tarik utama Kuta adalah pantai. Namun, yang biasanya terkenal adalah Kuta Selatan. Kini, mari kita pindah sejenak ke Kuta Utara. Di sini, ada pantai yang cantik bernama Pantai Canggu.

Pantai di Kuta Utara punya karakter unik yang jadi daya tarik utamanya. Tidak seperti wisata pantai Bali hits lainnya yang cuma menawarkan pemandangan laut, pantai ini juga punya lanskap persawahan.

Garis pantai ini membentang dari Kerobokan sampai Echo Beach. Echo Beach sendiri adalah salah satu bagian Canggu yang terkenal. Semaraknya mengalahkan Kuta.

Sekilas Tentang Pantai Canggu

pantai canggu bali

Sebetulnya, Canggu itu adalah nama desanya, sebuah desa di kecamatan Kuta Utara. Tidak jauh dari Pantai Seminyak dan Double Six Beach, ada pantai Echo. Pantai ini suasananya gegap gempita, tempat para wisatawan bersenang-senang.

Salah satu ciri khas pantai ini adalah pasirnya yang berwarna putih keemasan, cenderung gelap. Sedangkan air lautnya sendiri berwarna biru jernih. Ombaknya tidak begitu besar, jadi bisa dimanfaatkan untuk berendam atau main air.

Area pantainya sangat luas dan garis pantainya juga panjang. Anda jadi leluasa untuk mengeksplor pantai yang cantik ini. Selain bisa berlari-larian dan bermain pasir, Anda juga boleh, lho, berjemur di pantai yang luas ini.

Yang paling indah tentu saja panoramanya. Bisa dibilang, semua spot di pantai ini sangat instagramable. Tidak perlu spot foto buatan untuk bisa menghasilkan foto yang estetis. Pantai ini jadi berkali-kali lebih indah di saat matahari terbenam.

Itulah sebabnya wisatawan tampak paling banyak memadati tempat ini di senja hari. Anda juga bisa merasakan suasana romantis itu bersama pasangan atau keluarga.

Fasilitas Pantai Canggu

fasilitas pantai canggu bali

Sama seperti tempat wisata lainnya di Bali, pantai ini juga menawarkan fasilitas pelengkap untuk menunjang kenyamanan pengunjung. Beberapa di antaranya yaitu tempar parkir yang luas, toilet, kamar mandi bilas, cafe dan resto yang menjual aneka makanan khas Bali enak.

Selain itu ada banyak penginapan murah dan kios penjual pernak-pernik lucu khas Bali di sekitar Pantai Canggu. Bila Anda ingin menetap lebih lama bisa reservasi kamar di penginapan sekitar. Dan jangan lupa pulangnya mampir membeli oleh-oleh khas Bali kekinian.

Harga Tiket Masuk Pantai Canggu

Kabar baiknya, pantai seindah ini tidak dikenakan biaya masuk alias gratis. Anda bisa datang ke sini kapan saja. Namun, Anda harus hati-hati untuk tidak sembrono, karena ada beberapa lokasi di sini yang juga kerap dipakai untuk sembahyang.

Kalau ke sini, Anda hanya harus menyiapkan uang parkir. Berikut adalah rincian harga tiket parkirnya.

Retribusi Tarif
Tiket masuk Gratis
Parkir motor Rp2.000,00
Parkir mobil Rp5.000,00

Rute Menuju Pantai Canggu

sunset pantai canggu bali

Kalau dari bandara internasional Ngurah Rai, Anda bisa langsung rental mobil bandara plus driver. Keluar dari bandara, Anda akan bertemu bundaran, ambil kiri masuk ke Jalan By Pass Ngurah Rai.

Ikuti terus jalan ini sampai tiba di Jalan Sunset Road. Ikuti Sunset Road sampai bertemu perempatan. Ambil kanan ke arah Jalan Mertanadi.

Tetap di Jalan Mertanadi, lalu belok kiri di perempatan (Alfamart Tangkuban Perahu). Lurus terus, dan belok kanan ke Jalan Raya Kerobokan.

Ikuti jalan sampai bertemu perempatan. Dari situ, ambil kiri ke Jalan Semer. Tetap di jalan sampai bertemu pertigaan, lalu belok kanan ke Jalan Raya Anyar. Lurus, dan di perempatan Anda akan sudah ada di Jalan raya Canggu. Nanti di perempatan, belok kiri.

Daya Tarik Pantai Canggu

Sama seperti pantai Legian yang ramai, ada banyak kegiatan seru yang bisa Anda lakukan di sini. Beberapa diantaranya adalah:

Berselancar

selancar pantai canggu

Meski ombak di Pantai Canggu tidak begitu besar, Anda masih bisa kok berselancar di sini. Itu karena tidak banyak batu karang di area pantai ini, jadi Anda bebas menunggangi ombak tanpa gangguan. Gelombang lautnya juga pas, baik untuk peselancar pemula atau yang sudah profesional.

Di pantai ini ada banyak surfer, baik yang dari dalam negeri maupun luar negeri. Bahkan meski Anda tidak bisa berselancar, Anda bisa melihat bagaimana para peselancar berlenggak-lenggok di atas ombak.

Anda bisa bawa sendiri peralatan selancar Anda, karena tidak ada persewaan peralatan surfing di sini. Buat Anda yang masih berlatih, bisa juga lho belajar surfing bersama pelatih Anda di sini.

Berjemur

Aktivitas ini merupakan hal yang paling disukai oleh turis, khususnya yang dari luar negeri. Jangan heran kalau Anda akan melihat banyak wisatawan yang menggelar alas duduk atau tikar di atas pasir, lalu berbaring berjam-jam di atasnya.

Itu karena pantai ini benar-benar lepas tanpa ditutupi pepohonan, sehingga memang jadi spot yang asyik untuk berjemur. Sayangnya, bagi wisatawan lokal yang sudah bosan dengan sinar matahari, pantai ini justru bisa jadi terik. Karena itulah disediakan payung-payung pantai bagi Anda yang lebih suka berteduh.

Namun bagi Anda yang ingin berjemur, pantai ini minnim gangguan. Kalau berjemur membuat Anda harus, Anda juga bisa membeli kelapa muda yang bisa dipetik langsung dari pohon untuk menyegarkan badan.

Wisata Kuliner

wisata kuliner di pantai canggu

Di pantai ini, ada sebuah restoran bernama Old Mans. Restoran ini menyajikan berbagai jenis hidangan. Ada makanan khas Barat seperti salad dan burger, sampai makanan lokal khas nusantara lezat seperti nasi pecel, martabak, dan lain sebagainya.

Bermain Pasir dan Berenang

berenang di pantai canggu

Tentu saja, bagi para pengunjung, aktivitas utama dari berlibur ke pantai adalah bermain pasir dan berenang. Ini adalah kegiatan seru bagi anak-anak jika Anda liburan bersama keluarga. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan bersama keluarga, dari mulai main voli sampai main bola di pantai.

Jangan khawatir, pasirnya sangat lembut, jadi tidak akan menyakiti kaki. Kalau Anda ingin bermain pasir bersama keluarga di sini, disarankan untuk datang di sore hari, ketika panas pasir sudah tidak begitu menyengat lagi di kaki. Hangatnya pasir malah akan membuat kaki terasa nyaman.

Jam Operasional Pantai Canggu

Pantai Canggu buka setiap hari selama 24 jam. Namun waktu terbaik untuk datang ke sini adalah di pagi hari, ketika matahari masih belum begitu terik, atau di sore hari sambil menunggu sunset. Ada banyak wisata lain di sekitar pantai. Anda bisa sekalian berkunjung ke sana.

Nah, untuk menghemat waktu dan biaya saat berwisata di Bali, Anda bisa pesan paket wisata Bali 3 hari sekarang juga. Salsa Wisata menawarkan beberapa pilihan paket yang bisa Anda pilih. Dengan begitu, Anda bisa mengunjungi banyak tempat wisata di Bali dengan lebih terencana.

 



By Categories: Bali, Destinasi

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)