earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Wisata Padang cukup banyak dan lengkap pilihannya. Salah satu destinasi liburan bagi masyarakat Minang khususnya masyarakat Pariaman adalah Pantai Gandoriah Pariaman.

Sangat mengejutkan karena tempat wisata di Padang Pariaman ini adalah objek wisata yang paling banyak peminatnya. Setiap harinya, pantai ini ramai oleh kunjungan wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan luar kota.

Kemungkinan besar magnet utama yang menyedot minat wisatawan untuk datang ke pantai ini adalah keindahan gugusan pulau kecilnya.

Panorama alam pantai dan lautnya juga tak bisa lepas dari meroketnya tren dan juga trafik kunjungan wisatawan di pantai ini.

Anda yang mungkin belum pernah mengunjungi objek wisata pantai ini pasti penasaran dengan info wisata pantai yang satu ini, bukan? Untuk mengetahuinya, simak saja informasi selengkapnya di bawah ini.

Sekilas Tentang Wisata Pantai Gandoriah

Pantai Gandoriah Padang hanya salah satu dari beberapa objek wisata pantai yang ada di Provinsi Sumatera Barat. Kabarnya, nama ‘gandoriah’ sendiri berasal dari sebuah cerita rakyat yang beredar di masyarakat.

Gandoriah adalah nama seorang gadis asli Minang yang merajut tali cinta dengan sepupunya sendiri, yaitu Anggun Nan Toga.

Ia pergi bersemedi untuk menenangkan diri di Gunung Ledang karena ia mengira bahwa kekasihnya tak selamat saat pergi mencari tiga pamannya.

Padahal kenyataannya, sang kekasih masih hidup dan masih dalam perjalanan mencari pamannya yang ketiga. Usai bertahun-tahun terpisah, sang kekasih kembali dan bermaksud ingin menikahi Gandoriah.

Namun keduanya harus menerima kenyataan pahit karena keduanya rupanya saudara satu persusuan yang dilarang untuk menikah.

Pantai ini diberi nama Gandoriah sebagai bentuk rasa hormat masyarakat Minang kepada Gandoriah.

Sekarang ini objek wisata pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Pariaman selain objek wisata Batu Malin Kundang.

Daya Tarik Wisata Pantai Gandoriah

Pantai Gandoriah Padang Pariaman

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Ngomongin daya tarik, spot wisata pantai ini mempunyai daya tarik yang komplit. Berikut beberapa daya tariknya.

Letak Strategis

Pantai ini berada di lokasi yang sangat mudah untuk Anda jangkau dengan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Letaknya sendiri dekat sekali dengan beberapa spot penting seperti Stasiun Pariaman.

Di samping dekat dengan stasiun, letak pantai ini juga dekat dengan Lapangan Merdeka dan Kantor Pos. Anda bisa menjadikan kedua spot ini sebagai acuan ketika akan menuju ke lokasi wisata ini.

Ada juga dua tempat wisata terdekat dari pantai ini, yakni Plaza Tabuik dan Plaza Pariaman. Keduanya merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Daerah Pariaman.

Enam Gugusan Pulau Cantik

Layaknya Bali dan Lombok, Gandoriah juga memiliki enam gugusan pulau kecil yang cantik dan menawan. Wisatawan dapat menjangkaunya dari pantai ini dengan menggunakan perahu.

Di pulau tersebut, Anda dan wisatawan lainnya bebas untuk mengeksplorasi seluruh area pulau.

Anda yang hobi fotografi atau swafoto, manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya karena ada banyak sekali objek foto yang menarik.

Wisata Kuliner Khas Minang

Liburan di Pariaman akan kurang afdol jika tak puas-puasin diri untuk mencicipi kuliner khas Pariaman.

Manjakan lidah dengan makanan khas Padang Sala Lauak dan Nasi Sek yang tak lain adalah dua kuliner unggulan Minang.

Sala Lauak terbuat dari adonan tepung yang diberi ikan cincang. Rasanya asin gurih; cocok disantap dengan Nasi Sek yang masih hangat.

Watersports

Anda juga dapat menjajal watersports banana boat atau surfing di pantai ini. Kedua olahraga air ini sangat memacu adrenalin, jadi cocok untuk Anda yang suka dengan kegiatan-kegiatan yang menantang.

Pusat Bermain Anak

Bibir pantai yang luas dan landai sangat ideal untuk bermain pasir, berenang, dan bahkan jalan-jalan dengan mengendarai andong atau ATV. Anak-anak pasti akan sangat menyukai kegiatan wisata di atas.

Spot Foto Instagenic

Sebagai salah satu destinasi wisata Pariaman yang paling favorit, tentu pantai di Pariaman dilengkapi dengan spot foto Instagramable.

Spot foto unggulan di sini adalah pulau-pulau kecil yang ada di seberang pantai. Selain gugusan pulau, ada satu lagi spot foto yang bisa dibilang sangat unik dan artistik.

Spot foto tersebut berupa sebuah dinding mural yang merupakan karya seorang seniman bernama Herzven.

Tentu saja kehadiran mural ini menambah warna tersendiri dan menambah referensi spot foto Instagenic di Pariaman selain wisata Jembatan Pelangi.

Seniman yang dipanggil Herz ini membuat karya mural dengan warna-warna yang menggambarkan semangat, keceriaan, dan keramahan masyarakat Pariaman.

Ia terinspirasi untuk memilih tema warna-warna tersebut setelah berinteraksi dengan masyarakat sekitar Muaro Gandoriah selama beberapa waktu.

Sunsets di Ujung Anjungan

Sisi menarik lainnya dari tempat wisata ini adalah pemandangan sunset yang bisa Anda saksikan dari beberapa spot. Dan salah satu spot terfavorit adalah di ujung anjungan.

Anjungan ini sudah berlantaikan ubin dan terdapat ornamen landmark khas Gandoriah.

Anjungan ini bukanlah satu-satunya spot untuk menikmati sunset. Ada satu lagi spot terbaik untuk memandang keindahan sunset. Spot tersebut adalah di kursi-kursi di tepi pantai lengkap dengan payung pantainya.

Fasilitas di Objek Wisata Pantai Gandoriah

Sunset di Pantai Gandoriah

Anda akan menemui banyak fasilitas di sini, baik fasilitas umum maupun fasilitas penunjang pariwisata.

Fasilitas kamar mandi plus ruang bilas adalah salah satu fasilitas penunjang di sini. Lalu ada ruang ganti untuk pengunjung yang ingin berganti pakaian.

Di kawasan tepi pantai terlihat banyak warung milik pedagang yang menjual beragam kuliner enak.

Deretan warung makan ini merupakan pusat wisata kuliner Padang terdekat yang bisa Anda jangkau ketika perut mulai lapar.

Untuk pengunjung yang mengajak serta anak-anak, terdapat fasilitas persewaan permainan anak seperti ATV.

Si kecil dapat menaiki ATV atau Andong untuk berkeliling pantai. Pasti akan sangat mengasyikan.

Lain hal jika ingin keliling ke kawasan perairan pantai. Anda harus menyewa perahu untuk melakukanya.

Tersedia pusat penyewaan perlengkapan surfing dan bermain banana boat bagi wisatawan yang tertarik memainkannya.

Fasilitas tempat parkir juga sudah pasti tersedia dengan layak dan baik. Areanya sangat luas dan bisa untuk menampung puluhan mobil dan sepeda motor.

Fasilitas ini juga dapat memuat beberapa bus pariwisata yang membawa rombongan wisatawan ke pantai ini.

Bus-bus ini disewa secara khusus dari agen sewa bus pariwisata berpengalaman seperti Salsa Wisata. Dan paket sewa big bus Padang-Pariaman jadi rekomendasi pilihan paket terbaik untuk trip ke pantai ini.

Dari sekian banyak daftar fasilitas yang ada, hanya satu fasilitas yang belum tersedia, yaitu sentra oleh-oleh. Sayang sekali fasilitas ini belum juga tersedia hingga sekarang.

Padahal ada begitu banyak varian jajanan dan souvenir lokal yang sangat potensial untuk menjadi oleh-oleh khas Padang Pariaman.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata Pantai Gandoriah

Harga tiket masuk objek wisata ini sangat terjangkau, jadi sangat ramah di kantong untuk Anda yang sedang berhemat.

Tiket ini tidak termasuk biaya sewa alat, wahana, dan fasilitas berbayar. Biaya kuliner dan biaya parkir juga perlu Anda siapkan.

Berikut adalah info detail HTM terbaru untuk liburan di pantai ini.

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp3.000,00
Parkir kendaraan Rp2.000,00 (Motor)

Rp3.000,00 (Mobil)

Sewa perahu Rp35.000,00

Rute Menuju ke Lokasi Wisata Pantai Gandoriah

Lokasi Pantai Gandoriah

Pantai Gandoriah terletak di Kelurahan Pasir, Kecamatan Pariaman Tengah, Kabupaten Pariaman, Sumbar.

Letaknya sangat strategis sehingga bisa dijangkau oleh transportasi umum ataupun kendaraan pribadi. Akan tetapi lebih nyaman, efektif, dan praktis bila menggunakan kendaraan pribadi.

Alternatif lainnya yaitu dengan menggunakan layanan paket tour Padang 4 hari 3 malam dari Salsa Wisata.

Layanan ini hanya kami rekomendasikan kepada Anda yang ingin liburan panjang dengan mengunjungi beberapa objek wisata terkenal di Padang.

Adapun rute terbaik bila berangkat dari Kota Padang yaitu melalui Jalan Lintas Barat Sumatera dan Jalan Syekh Burhanuddin. Akses jalannya sudah bagus dan layak.

Jam Operasional Pantai Gandoriah

Tidak ada jam operasional yang berlaku di objek wisata pantai ini. Dengan kata lain, wisatawan boleh datang ke pantai ini kapan saja.

Namun sebaiknya hindari kunjungan saat libur akhir pekan dan libur panjang karena pantai ini akan penuh sesak oleh wisatawan.

Itu dia informasi singkat tentang objek wisata Pantai Gandoriah Padang Pariaman. Anda yang tinggal di Pariaman atau sekitarnya wajib untuk menjadikan pantai ini sebagai destinasi liburan Anda karena daya tariknya sungguh memikat hari.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)