Pantai Gatra seringkali disebut sebagai Raja Ampat Jawa Timur sama seperti Pantai Teluk Asmara berkat keindahan gugusan batu karangnya. Perbedaan Pantai ini dengan Teluk Asmara terlihat di suasana yang lebih sepi dan tenang dari Pantai ini.

Di sini Anda bisa bebas bersantai, berkemah, dan melakukan aktivitas seru lainnya di pantai yang serasa milik sendiri. Pantai Gatra memiliki keasrian alam dan kebersihan yang sangat terjaga, bahkan mengalahkan banyak tempat wisata di Malang.

Anda bisa mengunjungi Pantai ini dengan menggunakan paket gathering Malang yang ditawarkan Biro Perjalanan. Namun sebelum berkunjung, mari simak terlebih dahulu ulasan singkat mengenai hal menarik dari Pantai Gatra berikut ini:

Sekilas Tentang Pantai Gatra

Pantai Gatra masih masuk kedalam kawasan Clungup Mangrove Conservation atau CMC bersama Pantai Clungup dan Pantai Tiga Warna. Lokasinya sedikit tersembunyi dan hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama beberapa menit.

Namun perjalanan tersebut terbayarkan dengan pemandangan indah dari pasir putih bersih Pantai Gatra. Kebersihan dan keasrian alam Pantai ini sangat dijaga oleh pihak CMC agar tidak merusak ekosistem di sekitarnya.

Pengunjung yang datang wajib melaporkan barang bawaan yang berpotensi menjadi sampah dan didata untuk kemudian diperiksa kembali saat pulang. Bila ada sampah yang tertinggal, siap-siap untuk membayar denda sesuai jumlah sampah yang tertinggal.

Keunikan prosedur inilah yang membuat Pantai ini terlihat selalu bersih dan nyaman untuk disinggahi. Pemandangan pantai yang indah juga menjadi daya tarik utama dari pantai pesisir Selatan Malang ini.

Gugusan pulau karang kecil di tengah pantai membuatnya terlihat seperti suasana pantai Raja Ampat. Batu karang ini juga menjadi pemecah ombak alami yang membuat ombak Pantai Gatra tidak terlalu besar.

Anda bisa puas bermain air dan menikmati keindahan dari Pantai ini bersama teman-teman. Dengan berbagai aktivitas seru untuk dilakukan, Pantai ini bisa menjadi pilihan tepat untuk menghabiskan waktu liburan Anda di Malang.

Aktivitas Menarik di Pantai Gatra

Pantai Gatra mungkin tidak setenar Pantai Balekambang atau Pantai Teluk Asmara, namun pantai ini sangat layak untuk dikunjungi. Ada banyak kegiatan seru yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi Pantai ini dan berikut beberapa diantaranya:

Trekking Hutan dan Pantai

Sebelum masuk kedalam kawasan Pantai Gatra, Anda harus menyusuri jalan setapak dari pos pemeriksaan barang bawaan. Panjang jalan setapak ini sekitar 500 meter dan melewati beberapa area di kawasan Konservasi Bakau Clungup.

Area tersebut meliputi kawasan hutan pohon, hutan bakau, Pantai Clungup, baru kemudian bisa menikmati Pantai ini. Jalur trekking dari paving dan batuan juga disediakan untuk memudahkan Anda berjalan menuju lokasi.

Bila tidak ingin lelah, Anda bisa menyewa ojek yang biasa terlihat di dekat pos pemeriksaan untuk mengantar hingga Pantai Clungup. Dengan begitu Anda bisa lebih cepat sampai dan tidak perlu bersusah payah berjalan cukup jauh.

Melewati berbagai area penting di Pantai Gatra menjadikan aktivitas trekking Anda semakin terasa seru dan menyenangkan. Aktivitas ini sangat pas untuk dilakukan bersama teman atau rombongan.

Menikmati Panorama Pantai

Panorama Pantai Gatra

Sesampainya di Pantai Anda akan disuguhkan dengan pemandangan indah pantai berpasir putih dengan batu karang besar terlihat di pantainya. Batu karang inilah yang menjadi daya tarik utama dari Pantai.

Pepohonan hijau di sekitar pantai memberikan suasana sejuk dan asri yang begitu terasa. Ditambah dengan semilir angin laut, Anda seperti terbuai di dalam nyamannya kawasan Pantai.

Suara ombak yang tidak terlalu kencang menjadi musik alami yang menenangkan dan mampu memberikan efek relaksasi ke badan serta pikiran. Pemandangan indah dari Pantai ini dapat sejenak menghilangkan penat Anda setelah beraktivitas seharian.

Bermain di Pinggir Pantai

Hamparan pasir Pantai Gatra cukup luas dan landai untuk dijadikan tempat bermain Anda bersama teman. Anda bisa bermain sepak bola atau bola voli di area pantai yang luas ini.

Pasir yang lembut dan halus juga sangat mudah untuk diubah ke berbagai bentuk seperti istana atau patung pasir. Bermain dengan pasir di pinggir pantai seperti ini menjadi aktivitas favorit anak-anak saat mengunjungi Pantai ini.

Anda juga bisa bermain layangan memanfaatkan angin laut yang bertiup kencang. Tidak perlu biaya mahal namun Anda sudah bisa seru-seruan bersama teman atau keluarga selama liburan.

Berenang dan Bermain Air

Aktivitas yang juga tidak boleh terlewat saat bermain di Pantai ini tentu saja berenang dan bermain air. Ombak di  Pantai Gatra tidak terlalu besar sehingga sangat aman untuk para pengunjung yang ingin berenang tanpa takut tergulung ombak.

Air laut yang jernih memperlihatkan dengan jelas pemandangan batu karang yang ada di bawah air. Saat air laut surut, Anda bisa menangkap makhluk-makhluk laut kecil yang terjebak di sela-sela karang tersebut.

Untuk anak-anak yang ingin bermain air dengan aman, pihak pengelola telah menyediakan pelampung yang bisa disewa. Sehingga Anda tidak perlu khawatir meskipun anak Anda belum bisa berenang tapi ingin bermain air di Pantai Gatra.

Mencoba Kano di Pinggir Pantai

Pantai Gatra Malang

Fasilitas kano yang ada di Pantai ini juga menjadi hal wajib untuk Anda coba lakukan saat berkunjung. Terdapat dua jenis kano yang bisa Anda pilih yakni kano biasa dan kano panjang.

Dengan menggunakan kano ini Anda bisa mengelilingi kawasan perairan pantai dan menyaksikan pemandangan indah dari sisi berbeda. Dari atas kano Anda bisa melihat langsung dasar pantai berkat air laut yang jernih.

Pengunjung yang menyewa kano juga akan mendapatkan pelampung untuk menjaga keselamatan. Sehingga saat jatuh dari perahu kano Anda tidak perlu takut tenggelam atau membentuk dasar karang yang kasar.

Camping Bersama Teman

Pantai ini juga sangat ideal menjadi tempat camping bersama teman. Suasana pantai yang sepi, asri, dan indah akan membuat pengalaman camping Anda begitu berkesan.

Saat berkemah, Anda bisa menikmati keindahan Pantai Gatra secara utuh mulai dari indahnya sunset, romantisnya malam hingga hangatnya matahari pagi. Kegiatan ini sangat pas dilakukan bersama teman, rombongan, dan keluarga disaat liburan telah tiba.

Anda yang ingin berkemah juga tidak perlu repot mempersiapkan tenda maupun peralatan sendiri. Dari pihak pengelola telah menyediakan peralatan camping yang bisa disewa meskipun dalam jumlah terbatas.

Selain itu terdapat tungku-tungku memasak di dekat area kamar mandi sebagai pengganti api unggun. Semua ini bertujuan agar suasana pantai tetap bersih dan indah tanpa ada sampah bekas bakaran atau makanan.

Harga Tiket Masuk Pantai Gatra

Untuk masuk Pantai ini, biaya yang harus dibayar tidak terlalu mahal begitu juga dengan fasilitas yang ada. Cukup dengan beberapa puluh ribu rupiah Anda sudah bisa menikmati keindahan dari Pantai Gatra Malang.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Wisatawan Rp10.000,00
Sewa Kano Rp25.000,00
Sewa Kano Panjang Rp50.000,00
Sewa Tenda Rp25.000,00
Sewa Area Tenda Rp25.000,00
Sewa 2 Kursi Pantai Rp50.000,00
Sewa Perahu Karet Rp50.000,00
Tour Guide Rp50.000,00 – Rp100.000,00
Denda Sampah Rp100.000,00 per item sampah
Parkir Motor Rp5.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan pihak pengelola. Namun daftar ini bisa Anda jadikan bahan persiapan dan perkiraan biaya sebelum mengunjungi Pantai Gatra.

Dapatkan juga kemudahan mengunjungi destinasi wisata lain dengan menggunakan paket wisata dari Biro Perjalanan. Paket ini akan mengurus segala kebutuhan akomodasi Anda selama berlibur, sehingga Anda bisa duduk tenang menikmati liburan di Kota Malang.

Fasilitas yang Ada di Pantai Gatra

Sebagai kawasan konservasi, fasilitas yang ada di area Pantai Gatra masih sangat minim. Hanya ada toilet kecil di salah satu sisi pantai, sedangkan untuk warung atau toko hanya ada di luar kawasan pantai dan cukup jauh.

Jadi jika Anda ingin mencicipi makanan khas Malang harus berjalan jauh keluar kawasan pantai. Begitu juga dengan toko-toko souvenir, Anda bisa membeli berbagai oleh-oleh khas Malang kekinian saat telah kembali ke perkotaan.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Gatra

Pantai Gatra terletak di daerah Sendang Biru, Sitiarjo, Malang dan memiliki pintu masuk yang sama dengan Pantai Clungup. Jaraknya sekitar 72 km dari pusat kota dan memerlukan waktu kurang lebih 2.5 jam perjalanan.

Rute terbaik menuju Pantai Gatra bisa Anda dapatkan menggunakan Google Maps yang akan menunjukan jalan dari titik Anda berada. Bisa juga dengan jasa sopir rental innova reborn Malang atau biro perjalanan yang siap mengantarkan Anda langsung ke lokasi.

Jam Operasional Pantai Gatra

Pantai ini bisa Anda nikmati selama 24 jam penuh bila Anda menginap di Pantai. Namun untuk loket pendaftarannya hanya buka pada pukul 07.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB saja.

Saat hari Kamis kawasan ini juga ditutup untuk para pengunjung agar kawasan pantai juga bisa beristirahat dari wisatawan. Dengan begitu keasrian alam Pantai Gatra dan kawasan lainnya tetap terjaga dengan baik.

Jika Anda ingin berkunjung usahakan saat musim kemarau agar terhindar dari guyuran hujan saat berada di pantai. Lebih baik mulai berkunjung saat sore hari atau di pagi hari dimana matahari belum terlalu panas menyengat.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)