SalSari Resto & Coffee

Jakarta boleh saja punya kawasan PIK, namun jangan lupakan Kendal yang juga memiliki Pantai Indah Kemangi. Pantai ini juga terkenal dengan julukan PIK yang berasal dari singkatan namanya.

Namun berbeda dengan PIK di Jakarta, pantai ini masih memiliki nilai sejarah yang kuat. Di antaranya adalah keterkaitan pantai dengan Kerajaan Mataram.

Seperti apa pesona dari salah satu tempat wisata Jawa Tengah terbaru yang satu ini? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Sekilas Tentang Pantai Indah Kemangi

sejarah pantai indah kemangi

Pantai Indah Kemangi termasuk tempat wisata baru karena buka sekitar 2 tahun yang lalu. Pengelolaannya berada di tangan Kelompok Sadar Wisata atau Pokdarwis setempat.

Pantai ini juga sempat vakum ketika pandemi Covid-19 yang menyerang hampir seluruh wilayah di Indonesia. Meski begitu, kini salah satu pantai paling indah di Indonesia ini cukup ramai oleh pengunjung.

Dulunya, tidak terlalu banyak pengunjung yang datang karena pantai ini menyimpan kisah mistis. Hal itu karena lokasinya berdekatan dengan Makam Kemangi. Sejarah Pantai Indah Kemangi juga tak bisa lepas dari eksistensi Kerajaan Mataram.

Namun, terlepas dari hal tersebut pantai ini memiliki panorama yang indah, kebudayaan lokal dan wisata religinya. Anda bisa menyaksikan Barongan sebagai kebudayaan lokal atau berwisata religi ke Makam Kyai Laistiddin Kemangi.

Harga Tiket Masuk Pantai Indah Kemangi

Jika Anda ingin menikmati keindahan objek wisata ini, maka harus terlebih dahulu membayar tiket masuknya. Anda tidak perlu khawatir karena tiket masuk Pantai Indah Kemangi Kendal ini cukup terjangkau.

Agar liburan semakin seru, Anda bisa membawa uang lebih untuk bermain di wahana permainan dan memborong cemilan khas Jawa Tengah ketika pulang.

Berikut adalah info harga tiket masuk terbaru lengkap dengan tiket wahana permainan:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp5.000,00 per orang
Wahana Permainan Mulai dari Rp10.000,00 hingga Rp25.000,00 per orang

Harga di atas bisa berubah seiring dengan kebijakan pihak pengelola. Namun informasi harga tiket tersebut bisa menjadi rujukan pengunjung yang ingin berlibur ke sana.

Rute Menuju Lokasi Pantai Indah Kemangi

pantai indah kemangi kabupaten kendal

Lokasi Pantai Indah Kemangi berada di Jalan Kemangi, Dusun Srandu, Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Anda dapat gunakan kendaraan pribadi untuk mengakses lokasi tersebut.

Akses untuk menuju ke tempat ini cukup mudah. Jika Anda memilih rute dari arah Alun-alun Kendal, maka bisa akan menempuh jarak sekitar 15 kilometer untuk sampai ke tujuan. Jarak tersebut bisa Anda lewati selama kurang lebih 30 menit perjalanan.

Rutenya adalah melewati Jalan Notomudigdo kemudian menuju Jalan Raya Pantura. Setelah itu, ke Jalan KH. Malik Ibrahim dan lanjut ke Jalan Raya Kangkung baru kemudian akan tiba di Jalan Kemangi.

Namun, ada pilihan yang praktis jika Anda ingin pergi ke sana tanpa cemas akan tersesat. Pilihannya yaitu dengan memesan rental mobil terdekat dari Salsa Wisata. Anda akan sampai ke lokasi tepat waktu karena ada pengemudi berpengalaman yang menemani perjalanan.

Daya Tarik Wisata Pantai Indah Kemangi

PIK Kendal merupakan tempat wisata favorit warga Kendal dan sekitarnya. Meski terkenal dengan kisah mistisnya, namun tempat ini masih menjadi pilihan wisatawan ketika liburan.

Kisah Mistis

Sebagian tempat wisata Indonesia terbaik memang masih menyimpan kisah-kisah mistis. Tidak terkecuali dengan pantai yang satu ini.

Konon, mitos Pantai Kemangi berawal ketika Indonesia masih menjadi negara jajahan Belanda. Ketika itu Sultan Agung yang merupakan Raja Kerajaan Mataram hendak melakukan pertemuan dengan penjajah.

Lokasi pertemuan tersebut sangat dirahasiakan. Bahkan menurut cerita yang beredar, lokasi tersebut sampai dipasangi pagar gaib oleh Tumenggung Rajegwesi atau Ki Ageng Kemangi.

Namun, sebagian masyarakat percaya bahwa tempat tersebut adalah Desa Jungsemi, tempat pantai ini berada. Menurut mitos, pagar gaib tersebut masih ada hingga saat ini. Warga percaya bahwa jika ada orang yang memasukinya, maka tidak akan bisa keluar lagi.

Pemandangan Pantai yang Cantik

deskripsi pantai indah kemangi

Biasanya, tujuan orang berlibur ke tempat wisata adalah untuk menyegarkan pikiran dari kesibukan harian. Oleh karena itu, tidak sedikit wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam ketika berlibur.

Seperti di kebanyakan pantai Selatan Jogja yang bagus, di pantai ini Anda juga bisa menemukan hal tersebut. Kawasan pantai ini memiliki panorama alam yang begitu indah dan memanjakan mata.

Deburan ombak di pantai ini cukup kencang. Selain itu, pasirnya yang berwarna coklat kehitaman juga menjadi pemanis di tengah area yang cukup luas.

Biasanya, banyak anak-anak yang memanfaatkan pasir pantai tersebut untuk bermain. Anda juga bisa melakukan berbagai keseruan bersama keluarga.

Bermain Wahana Air

pantai indah kemangi foto

Daya tarik berikutnya adalah wahana permainan air. Pantai ini memang terkenal dengan wahana bermainnya yang cukup beragam dan mampu memanjakan pengunjung.

Seperti waterboom Semarang terbaru, Anda juga bisa menemukan beragam permainan air, seperti jetski, banana boat, dan donat boat. Pihak pengelola yaitu Pemerintah Daerah Kendal juga berencana untuk memeriahkan pantai ini dengan membuat acara pertandingan jetski.

Selain olahraga air, Anda juga bisa mencoba wahana mobil ATV. Anda bisa menyewa permainan ini lengkap dengan peralatan pelindungnya. Anda juga pasti akan puas, karena durasi permainan ini cukup lama mulai dari 15 sampai 20 menit.

Tidak hanya wahana yang memacu adrenalin, pantai juga memiliki perahu tradisional untuk berkeliling di laut atau menaiki kuda. Yang pasti, Anda tidak akan bosan ketika berada di pantai ini.

Spot Foto

spot foto di lokasi pantai indah kemangi

Kurang lengkap rasanya jika liburan tanpa berfoto. Di sini, Anda bisa menemukan banyak spot foto instagramable, seperti bingkai berbentuk hati. Menariknya, bingkai tersebut terbuat dari botol plastik.

Anda juga bisa berfoto di tepi pantai dengan berbagai gaya, misalnya sambil duduk di pasir atau berdiri di tepi pantai. Anda perlu mencoba berfoto saat momen matahari terbenam.

Waktu terbaik untuk mendapatkan momen tersebut adalah ketika matahari hampir terbenam sepenuhnya. Ketika itu, air laut akan memantulkan cahaya oranye muda. Berfoto dengan latar sunset akan menghasilkan gambar yang estetik.

Fasilitas di Pantai Indah Kemangi

fasilitas pantai indah kemangi

Sejumlah fasilitas Pantai Indah Kemangi cukup lengkap dan mampu memanjakan pengunjung. Anda bisa memanfaatkan area parkir jika membawa kendaraan pribadi.

Di dalam kawasan wisata, ada toilet umum yang cukup bersih. Meski di area pantai, toilet-toilet tersebut memiliki aliran air tawar.

Jika Anda ingin berenang di pantai menggunakan pelampung, maka bisa menyewa kepada petugas yang ada di sekitar kawasan wisata. Ada juga warung makan yang menyediakan berbagai menu seperti makanan khas Jawa Tengah yang paling terkenal dan hidangan lainnya.

Selain itu, Anda bisa berfoto di banyak spot yang sangat instagramable. Anda spot berupa bingkai hati, pepohonan hingga view pantai yang mempesona.

Jam Buka Pantai Indah Kemangi

Jika Anda ingin berkunjung ke PIK Kendal, Anda bisa datang kapan saja. Karena jam buka Pantai Indah Kemangi ini setiap hari mulai Senin sampai Minggu selama 24 jam.

Itulah informasi mengenai wisata PIK versi Kendal yang terkenal. Anda bisa menjadikannya sebagai destinasi wisata akhir pekan bersama keluarga tercinta.

Jika Anda ingin berkunjung ke pantai tersebut namun terkendala budget, Anda bisa memesan paket wisata murah dari Salsa Wisata. Anda akan mendapatkan paket wisata dengan harga terjangkau.

Paket wisata yang ditawarkan juga meliputi perjalanan hingga penginapan di sekitar tempat wisata. Dengan begitu Anda bisa liburan dengan nyaman bersama keluarga tanpa memikirkan akomodasi.

Agendakan liburan ke Pantai Indah Kemangi dari sekarang dan jangan lupa reservasi paket wisata di Salsa Wisata. Dapatkan kemudahan selama liburan dengan memilih kami sebagai tour organizer Anda.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)