earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Yogyakarta adalah salah satu kota destinasi wisata terfavorit. Kota ini menyuguhkan ragam tempat wisata terlengkap, termasuk wisata pantai. Kabupaten Gunung Kidul jadi sasaran utama para wisatawan yang hendak liburan ke pantai indah. Kurang lebih ada 18 tempat wisata Pantai Jogja yang siap kami ulas kali ini.

Jogja patut bangga karena kaya akan wisata bahari yang eksotis. Bahkan ada cukup banyak wisata pantai di Jogja, khususnya di Gunung Kidul, yang sarat dengan suguhan wisata budaya dan religi. Banyak diantaranya juga cocok untuk jadi lokasi fun camping.

Daftar Pantai Jogja yang Bagus dan Terkenal

Pantai Pulang Sawal

Pantai Pulang Sawal

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Mungkin nama Pantai Pulang Sawal sangat asing di telinga Anda, tapi bagaimana dengan Pantai Indrayanti? Kami yakin pasti nama Pantai Indrayanti lebih familiar, bukan? Kedua pantai ini sebenarnya adalah pantai yang sama.

Kami bisa katakan bahwa pantai ini adalah salah satu tempat wisata Jogja paling terkenal. Wajar sekali jika pantai ini jadi primadona di mata para wisatawan karena memiliki panorama alam pantai yang sangat indah.

Bentangan pantainya luas dan bertaburkan pasir pantai yang berwarna putih. Keindahan pantai semakin lengkap dengan air laut yang jernih kebiruan. Keduanya tampak kontras ketika ombak biru menerpa hamparan pasir putih.

Sebagaimana di Pantai Baron, Pantai Pulang Sawal juga menawarkan beragam sajian kuliner seafood segar nan lezat. Bahkan untuk Anda yang ingin menyantap Gudeg di tengah nikmatnya semilir angin pantai, bisa Anda lakukan di sini.

Pantai Nglambor

Pantai Nglambor

Hobi snorkeling tapi enggan pergi  jauh ke pusat wisata snorkeling di Gili Nanggu, Lombok? Tak perlu bingung lagi. Pantai Nglambor juga bisa jadi alternatif untuk snorkeling loh.

Pantai ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Tak heran jika ombaknya cukup besar. Meski begitu, ada beberapa spot tertentu yang aman untuk snorkeling dan diving. Anda pasti akan sangat takjub dengan view alam bawah laut di pantai ini.

Untuk menikmati segala keindahan di pantai ini tidaklah mahal. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk membayar parkir kendaraan dan retribusi tiket masuk. Cukup membayar Rp6.000,00 saja Anda sudah bisa menikmati keindahan pantai Nglambor.

Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal

Rekomendasi pantai lainnya yang juga tak kalah asik untuk Anda jadikan target tempat liburan adalah Pantai Pok Tunggal. Pantai ini sering mendapat julukan hidden gem. Barisan tebing batu karang turut menghiasi view pantai yang sudah cantik ini. Tebing-tebing ini seolah menjadi pagar pelindung dari ganasnya dunia luar.

Pantai ini memiliki daya tarik yang pasti akan membuat Anda betah. Salah satunya adalah aliran sungai bawah tanah yang hingga kini jadi salah satu sumber air bersih masyarakat Tepus.

Pok Tunggal juga begitu recommended untuk kegiatan diving dan snorkeling. Ada juga spot foto yang hanya ada satu-satunya di Jogja, yaitu pohon berpostur doyong. Pohon ini berdaun rimbun nan hijau. Pohon ini sungguh jadi focal point yang sangat pas di tengah pemandangan pantai.

Di sini, Anda bisa menjajal rock climbing dan fun camping. Untuk penyuka seafood, ada cukup banyak pilihan warung makan yang menjajakan makanan khas Jogja yang enak dan juga hidangan seafood segar.

Pantai Baron

Pantai Baron

Nah, di Pantai Baron ini Anda bebas bermain air karena ombaknya relatif kecil. Anda juga dapat melihat deretan kapal milik nelayan lokal yang berbaris rapi. Kapal-kapal ini cukup menarik jika Anda jadikan sebagai latar swafoto Anda.

View pantai terlihat semakin hidup dengan kehadiran gunungan bukit-bukit hijau di sekitar pantai. Anda juga akan menemui pemandangan menarik, yaitu sebuah area pertemuan antara air laut dan air tawar yang berasal dari sungai.

Selain memiliki panorama alam yang elok, Pantai Baron juga menyuguhkan wisata budaya, tepatnya Upacara Sedekah Laut yang dapat Anda saksikan tiap 1 Suro. Upacara ini rupanya tak hanya diselenggarakan di Pantai Selatan Jogja saja, melainkan di beberapa Pantai Selatan di daerah-daerah luar Jogja.

Pantai Jogan

Pantai Jogan

Pantai Jogan memang layak masuk dalam daftar pantai terbaik di Jogja lantaran menjadi satu-satunya pantai yang memiliki air terjun. Umumnya kita menjumpai air terjun di kawasan perbukitan atau pegunungan, namun tidak dengan air terjun di pantai ini.

Air terjun ini berasal dari muara air sungai. Aliran air terjun ini langsung jatuh ke laut. Arus air terjun ini memang terlihat kecil namun mampu menimbulkan riak air yang berwarna putih terang saat bertemu dengan air laut. Sungguh pemandangan indah yang tiada duanya.

Tebing-tebing di sini juga terlihat sangat ‘liar’ namun sangat cantik. Sangat mirip dengan tebing-tebing di Brown Canyon Semarang.

Pantai Wediombo

Pantai Wediombo

Salah satu dari 18 tempat wisata pantai Jogja yang juga sangat menarik untuk Anda datangi adalah Pantai Wediombo. Seperti namanya, pantai ini memiliki bentang bibir pantai yang paling luas di antara pantai-pantai lainnya yang ada di Kabupaten Gunung Kidul.

Bukan Pantai Wediombo namanya jika tidak memiliki laguna. Dan benar saja, pantai ini memang sangat identik dengan spot laguna-nya. Laguna adalah sebuah kolam alami yang terbentuk oleh batu karang sebagai pagar yang mengelilingi area kolam.

Air pada laguna ini sangat jernih dan berwarna biru. Saat ombak menerpa area ini, terlihat ada buih putih yang masuk memenuhi kolam alami ini. Benar-benar cantik.

Jika Anda berkunjung ke pantai, wajib rasanya untuk berendam atau berenang di laguna ini. Kemudian lanjut hunting sunset di sore harinya. Sungguh akan jadi momen liburan paling sempurna. Apalagi didukung oleh layanan paket liburan keluarga ke Jogja dari Salsa Wisata.

Pantai Drini

Pantai Drini

Objek wisata Pantai Drini menawarkan spot foto yang cukup banyak. Spot foto ini berupa spot-spot alami seperti pemandangan laut dengan gugusan pulau.

Selain itu, pengunjung juga dapat memancing di area tertentu di pantai Drini. Bagi pengunjung yang suka trekking ringan, ada sebuah bukit yang terkenal dengan Puncak Kosakora. Puncaknya tidak begitu tinggi tapi cukup membuat pendaki berkeringat.

Jika Anda ingin menjajal aktivitas snorkeling, tempat ini cukup memungkinkan. Area perairannya sangat jernih dan view bawah lautnya juga tak kalah indah dengan snorkeling spots di Bali dan Lombok.

Ada pula pusat wisata kuliner Jogja terdekat, tepatnya kios-kios yang menjual aneka kuliner khas daerah pesisir. Misalnya saja ikan, udang, dan cumi-cumi siap santap.

Pantai Glagah Indah

Pantai Glagah Indah

Jika Bantul punya Pantai Parangtritis dan Gunung Kidul punya Pantai Indrayanti, Kulon Progo sepertinya tak mau kalah. Pantai Glagah Indah menjadi satu-satunya objek wisata pantai yang ada di Kabupaten Kulon Progo.

Pantai ini terlihat unik dan berbeda karena tidak memiliki bibir pantai berpasir. Sepanjang tepian pantai berisikan ‘pasir’ besi yang berbentuk unik. Pasir besi ini rupanya adalah pemecah ombak yang sengaja dipasang untuk meminimalisir dampak dari terjangan ombak.

Laguna di Pantai Glagah ini juga menjadi spot wisata baru. Kawasan cekungan yang berisi air ini kini ramai oleh lalu-lalang wahana perahu bebek dan perahu sampan yang berisi wisatawan. Tempat ini juga menjadi spot pemancingan loh.

Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan

Ingin lari sejenak dari hiruk pikuk Kota Jogja? Segera reservasi paket sewa mobil Alphard Jogja di Salsa Wisata lalu langsung tancap gas ke Pantai Ngrenehan.

Wisata pantai ini sangat eksotik dengan perbukitan batu kapur di sekitarnya. Selain mendapat anugerah panorama alam yang mempesona, pantai ini juga sangat kaya akan hasil laut. Dengan begitu, sangat wajar jika Pantai Ngrenehan ini sering dijuluki pantai nelayan.

Pantai Depok

Pantai Depok

Pantai yang terletak di Kabupaten Bantul ini terkenal dengan pusat kuliner seafood-nya. Tentu tempat ini sangat cocok untuk Anda penikmat seafood.

Puluhan kios menjajakan berbagai olahan seafood; mulai dari seafood yang digoreng, dibakar, hingga dibuat rica-rica pedas. Semua seafood ini adalah seafood segar yang baru ditangkap dari laut.

Selain melayani permintaan seafood yang siap olah dan siap santap, para pemilik kios di pasar ikan Pantai Depok juga menjual seafood mentah kiloan kepada wisatawan.

Tentu ini jadi kabar gembira untuk Anda yang ingin membelikan oleh-oleh khas Jogja kepada keluarga Anda yang menyukai seafood.

Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara

Deretan pantai di Bantul selanjutnya adalah Pantai Goa Cemara. Tempat wisata pantai berpasir hitam ini memiliki ciri khas berupa ratusan pohon cemara yang membuat tempat ini sejuk dan rindang. Hutan cemara ini juga kerap menjadi spot foto bagi sebagian besar pengunjung.

Menariknya lagi, ada sebuah jalan setapak yang menghubungkan area parkir dengan area pantai yang kini jadi spot foto Instagenic. Spot ini nampak seperti sebuah lorong dengan pepohonan yang padat dan berdaun lebat di kanan-kirinya. Vibe-nya terasa sangat natural.

Di bagian lantai ‘lorong’ ini terlihat daun-daun cemara mati yang berserakan, semakin memperkuat nuansa earthy pada spot ini.

Pantai bukan satu-satunya destinasi wisata utama di kawasan wisata Pantai Goa Cemara. Terdapat beberapa pilihan tempat wisata terdekat lainnya seperti Mercusuar Goa Cemara, pusat sewa ATV, dan spot foto hasil kreativitas warga setempat.

Pantai Slili

Pantai Slili

Ingin liburan di pantai yang masih relatif sepi tapi berfasilitas lengkap? Bisa jadi Pantai Slili akan menjadi pilihan yang paling tepat untuk Anda. Pantai ini menawarkan paket komplit, mulai dari atraksi wisata alam, kegiatan seru, dan juga fasilitas yang sangat lengkap.

Soal pesona alam, tentu tak perlu kita bahas. Namun yang pasti ada banyak pilihan aktivitas menarik di pantai ini. Misalnya saja menyaksikan acara pesta laut, yaitu sebuah ritual sedekah laut oleh warga setempat.

Kemudian wisata kuliner. Lalu ada juga kegiatan staycation dengan keluarga tercinta. Isi waktu liburan di sini dengan berenang dan snorkeling.

Atau mungkin hanya ingin liburan santai hanya dengan duduk-duduk di pondok menghadap lautan lepas. Simpel tapi inilah yang disebut healing yang sebenarnya.

Pantai Kuwaru

Pantai Kuwaru

Tempat wisata Gunung Kidul ini sedikit mirip dengan wisata Pantai Cemoro Sewu di Bantul. Bentang pantainya luas dan pengunjung dapat menyaksikan sunset di sudut cakrawala Timur pantai ini.

Namun ada hal lain yang juga menarik perhatian para wisatawan yang datang ke sini. Benar sekali, hadirnya wahana yang siap memeriahkan momen liburan para wisatawan.

Wahana-wahana di sini terbagi menjadi dua kategori, yaitu wahana permanen (beroperasi setiap hari) dan wahana musiman (hanya beroperasi saat liburan). Yang termasuk wahana permanen antara lain:

  • Kolam renang
  • ATV
  • Motor trail
  • Kereta mini
  • Wahana mandi bola

Sedang wahana musiman yang tersedia, antara lain:

  • Komedi putar
  • Rumah balon
  • Bianglala

Pantai Ngetun

Pantai Ngetun

Pantai-pantai di Gunung Kidul memang tak ada habisnya untuk kita bahas lantaran jumlahnya yang puluhan dan pesona alamnya yang ciamik. Seperti Pantai Ngetun ini.

Anda akan menjumpai banyak tarik di pantai ini. Salah satunya yaitu view dua bukit yang seolah ‘memeluk’ area pantai. Jika Anda lihat dari atas menggunakan drone, area pantai tampak sempit alias seperti private beach karena dua bukit ini.

Daya tarik lainnya yaitu Anda bisa berkesempatan untuk melihat penyu. Tempat ini juga sangat cocok untuk para mancing mania.

Untuk penyuka camping di pantai, tempat ini sungguh recommended. Sunrise dan sunset juga bisa Anda saksikan di Puncak Watu Gentong dan Watu Bangku.

Pantai Nguyahan

Pantai Nguyahan

Jika Anda sedang mencari rekomendasi tempat pemancingan di pantai yang sepi, cobalah datang ke Pantai Nguyahan. Pantai yang terletak di Sapto Sari ini relatif sepi karena belum banyak publik tahu tentang pantai ini.

Objek wisata pantai ini memiliki lanskap bibir pantai yang landai dan luas. Pasir pantainya berwarna putih sedikit kekuningan sehingga terlihat kontras ketika ada ombak yang menyapunya.

Hal menarik lainnya dari Pantai Nguyahan adalah pengunjung dapat melihat secara langsung proses memanen rumput laut. Tentu pemandangan ini sangat jarang Anda jumpai di pantai lain.

Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran

Masyarakat Desa Kanigoro patut bangga karena memiliki Pantai Ngobaran yang cantik. Lokasi pantai ini bersebelahan dengan Pantai Nguyahan. Di sepanjang jalan menuju ke pusat wisata pantai ini, Anda akan melihat deretan kios.

Uniknya, pantai ini memiliki area taman yang bergaya arsitektur Bali. Bangunan gerbang, misalnya, sangat kentara bahwa bangunan ini terinspirasi dari Bali.

Dan rupanya benar saja, di area dalam setelah melewati gerbang, terdapat sebuah pura yang berisikan beberapa situs patung para dewa.

Pura ini bukanlah satu-satu situs peribadatan di sini. Ada beberapa situs peribadatan lainnya yang berdiri kokoh di sini. Contohnya saja ada bangunan mushola dan candi yang lokasinya berdekatan.

Demikian info lengkap tentang daftar tempat wisata pantai Jogja paling hits dan terkenal di kalangan wisatawan. Sebagian besar pantai di Jogja ini tak kalah eksotis dan cantik dengan pantai-pantai di Bali dan Lombok.

Setelah mendapat gambaran seputar 18 tempat wisata pantai Jogja, kira-kira pantai mana yang akan Anda masukan ke dalam waiting list destinasi wisata untuk acara liburan pekan depan?

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (5 votes)