SalSari Resto & Coffee

Pantai Karapyak Pangandaran adalah destinasi wisata alam yang indah selain Pantai Pangandaran. Kawasan Pantai memiliki pasir putih dan terumbu karang yang melimpah.

Pantai hits ini menjadi destinasi yang wajib wisatawan kunjungi ketika datang ke Jawa Barat. Meski belum terlalu terkenal, namun pantai ini menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa.

Sekilas Tentang Pantai Karapyak Pangandaran

pantai karapyak sunda

Pantai Karapyak Pangandaran Kabupaten Ciamis merupakan objek wisata pantai baru di Daerah Kalipucang, Pangandaran. Letak dari pantai ini memang masih satu deret dengan Pantai Pangandaran.

Pantai ini sangat indah dengan hiasan batu-batu karangnya yang hitam dan tinggi, terlihat begitu eksotis. Lanskap bibir pantainya cukup landai dan area pantainya juga luas.

Dengan kondisi ini, area pantai ini relatif aman dan berombak kecil. Sebagian ombak sudah terpecah saat menghantam batu-batu karang. Alhasil, pengunjung dapat bebas bermain di area pantai, terutama pengunjung anak-anak.

Pantai ini juga sangat populer sebagai sunset point di mana pengunjung dapat menyaksikan keindahan sunset. Tak heran jika sebagian besar pengunjung menyebut pantai ini sebagai salah satu pantai terindah di Pulau Jawa.

Lokasi Pantai Karapyak Pangandaran

Lokasi Pantai Karapyak Pangandaran berada di Bagolo, Kalipucang, Pangandaran, Jawa Barat. Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk menjangkau lokasi ini karena aksesnya mudah dan sudah memadai.

Kendaraan seperti sepeda motor, mobil, bahkan bus pariwisata bisa melewati akses utama tersebut. Sementara untuk rute, kurang lebih sama dengan rute menuju ke Pantai Pangandaran.

Rutenya yaitu dari Jalan Raya Banjar menuju Pangandaran. Kurang lebih waktu tempuhnya 2 jam dengan menggunakan kendaraan. Bila Anda baru pertama kali ke lokasi ini, silahkan bisa gunakan bantuan Google Maps.

Jika ingin praktis, gunakan layanan rental mobil dari Salsa Wisata. Anda bisa sewa mobil dari kota Anda berasal; misal Kota Bandung. Pilihan armadanya pun beragam. Salah satunya adalah mobil mewah, yaitu rental mobil Alphard Bandung.

Jam Buka Pantai Karapyak Pangandaran

Kapanpun pengunjung bisa datang dan liburan di pantai ini lantaran objek wisata ini beroperasi setiap hari selama 24 jam penuh. Hanya sejumlah fasilitas pendukung seperti warung wisata saja yang hanya beroperasi hingga sore saja.

Harga Tiket Masuk Pantai Karapyak Pangandaran

Tidaklah mahal untuk masuk ke kawasan wisata pantai ini. Harga tiket masuk Pantai Karapyak Pangandaran terbilang murah dan tiket ini sudah termasuk biaya parkir kendaraan.

Tarifnya pun berbeda-beda, menyesuaikan jenis kendaraan yang Anda gunakan. Untuk info detailnya, bisa simak daftar tarifnya di tabel di bawah ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Pengunjung Rp10.000,00 per orang
Parkir Sepeda Motor Rp20.000,00 per kendaraan
Parkir Mobil Jeep atau City Car Rp60.000,00 per kendaraan
Parkir Mini Bus Ukuran Kecil Rp95.000,00 per kendaraan
Parkir Mini Bus Ukuran Besar Rp135.000,00 per kendaraan
Parkir Bus Kecil Rp205.000,00 per kendaraan
Parkir Bus Ukuran Sedang Rp295.000,00 per kendaraan
Parkir Bus Besar Rp515.000,00 per kendaraan

Saat musim liburan, biasanya area parkir kendaraan di objek wisata ini akan terisi penuh oleh bus-bus pariwisata. Rombongan wisatawan biasanya menggunakan bus dari jasa rental bus pariwisata untuk kemudahan mobilitas.

Hal ini sangat wajar mengingat di dekat pantai ini ada sejumlah spot wisata menarik lainnya. Rata-rata adalah objek wisata bahari layaknya pantai ini.

Daya Tarik Wisata Pantai Karapyak Pangandaran

Tempat wisata Jawa Barat ini tentu memiliki daya tarik yang mampu menghipnotis para wisatawan untuk berkunjung ke sini. Selain berupa daya tarik alam, pantai ini juga suguhkan spot foto hits dan instagramable. Berikut kami bagikan ulasannya.

Berfoto di Teras Kaca

gambar Pantai Karapyak Pangandaran

Teras Kaca Karapyak Valley adalah primadona dari objek wisata ini. Seperti teras kaca di Gunung Kidul, Jogja, teras kaca ini adalah sebuah spot foto hits dan instagramable.

Desainnya menyerupai sebuah teras dengan lantai dan pagar dinding yang terbuat dari kaca transparan. Dengan berdiri di teras kaca ini, Anda dapat menyaksikan pesona pantai dan birunya laut dari ketinggian.

Teras kaca ini juga menjadi spot foto terbaik di sini. Jadikan selfie Anda di teras kaca ini sebagai kenangan terbaik Anda. Akan tetapi, untuk dapat berfoto ria di spot ini, Anda harus sabar mengantre dengan pengunjung lainnya.

Keindahan Pantai

Belum banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini. Namun, hal itu justru menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda yang datang ke sini.

Destinasi wisata ini merupakan tempat yang cocok bagi Anda yang menyukai kesunyian. Karena belum banyak pengunjung yang datang, kebersihan dan keasrian objek wisata ini juga masih sangat terjaga.

Anda bisa menemukan banyak pepohonan yang tumbuh di tepian pantai. Ada juga Pandan Laut, Nyamplung, hingga Ketapang yang hidup subur di area pantai ini.

Suasana super-nyaman ini tentu sangat cocok untuk menggelar tikar lalu piknik bersama keluarga. Anda bisa hidangkan makanan khas Sunda yang simple kesukaan keluarga dan menyantapnya sambil memandangi laut.

Bebatuan Karang

Anda tidak perlu membayangkan wahana permainan yang beragam. Sebab pantai ini belum memiliki permainan yang seperti Anda pikirkan.

Namun, Anda justru memiliki kesempatan untuk dapat mengeksplor dan bermain di alam dengan leluasa. Salah satu kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan adalah bermain di sela-sela batuan karang.

Bermain di batuan karang adalah alternatif yang bisa Anda pilih selain berenang di laut. Anda pun dapat menjadikan batu-batu karang ini sebagai latar selfie Anda. Tentunya hasil jepretan kamera depan ponsel Anda akan jauh lebih estetik dengan latar tersebut.

Hal menarik lainnya adalah Anda bisa menangkap ikan-ikan kecil, kelomang, dll, yang ada di sela-sela batu karang yang tergenang air. Anda bisa menggunakan jaring untuk melakukannya.

Kuliner Seafood Segar

Anda pecinta seafood, wajib merapat kesini. Meski tak banyak, ada sejumlah warung wisata yang menjual ragam olahan seafood segar. Pilihan menunya sungguh bervariasi. Jenis seafood yang diolah juga tak kalah beragam.

Bahkan ada yang dijual per kemasan sehingga bisa menjadi buah tangan. Anda pun dapat membeli oleh-oleh khas Ciamis Jawa Barat ini dengan harga yang lebih murah namun berkualitas.

Fasilitas di Pantai Karapyak Pangandaran

fasilitas

Objek wisata pantai di Pangandaran ini mempunyai sejumlah fasilitas pendukung, diantaranya:

  • toilet umum
  • warung wisata
  • area parkir kendaraan
  • mushola
  • selfie spot
  • glamping area
  • saung
  • Joglo area
  • taman

Bagi yang penasaran juga penasaran dengan keindahan salah satu pantai cantik di Pangandaran ini, bisa langsung mengunjunginya. Letaknya dekat sekali dengan Pantai Batu Karas dan beberapa destinasi wisata terkenal lainnya.

Jika ingin bersafari wisata Pantai Karapyak Pangandaran dan tempat-tempat wisata lainnya, sebaiknya manfaatkan produk paket wisata dari Salsa Wisata. Tarifnya murah dan pilihannya lengkap. Menerima layanan paket wisata ke berbagai kota.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)