SalSari Resto & Coffee

Bandung dan sekitarnya itu penuh dengan tempat rekreasi yang bisa dijadikan tujuan wisata akhir pekan bersama keluarga. Kalau dengar kata Pangandaran, tentu Anda akan langsung terbayang pantai-pantainya yang cantik. Nah, dari sekian banyak pantainya itu, ada satu yang bernama Pantai Batu Karas.

Sebagai salah satu pantai bagus di Pangandaran, Batu Karas ini memiliki pemandangan indah yang pas buat healing. Ini adalah salah satu pantai terkenal di Pangandaran.

Banyak wisatawan yang datang ke sini, baik wisatawan lokal maupun luar negeri. Keindahan pantainya membuatnya dijuluki sebagai Balinya Jawa Barat.

Sekilas Tentang Pantai Batu Karas

selancar di Pantai Batu karas

Pantai Batu Karas ini merupakan salah satu dari jejeran pantai selatan di pulau Jawa. Jadi, jangan heran kalau ombaknya sangat ganas. Pantai-pantai selatan Jawa memang terkenal dengan pantainya yang besar.

Sebut saja pantai Parangtritis, karena memang bertemu langsung dengan Samudera Hindia. Namun, justru itulah yang membuat banyak wisatawan, terutama pelancong mancanegara, yang suka berselancar di sini.

Berdiri menunggangi ombak yang besar memang memacu adrenalin, tapi rasanya membuat banyak orang ketagihan. Selain itu Batu Karas juga tidak seperti pantai-pantai selatan pada umumnya. Mengapa? Area sepanjang pantai ini aman dari risiko tenggelam atau terseret ombak.

Jadi, Anda tidak perlu takut untuk main air. Meskipun begitu, tetap hati-hati untuk tidak berjalan terlalu jauh dari bibir pantai. Karena ombaknya tidak terlalu besar, pantai ini pas untuk peselancar pemula dan menengah. Bagi profesional, pantai ini terlalu mudah untuk ditaklukkan.

Selain itu, di sini juga ada sebuah teluk kecil. Inilah yang membuat banyak peselancar menganggap pantai ini ideal untuk surfing. Mereka tidak perlu mendayung papan jauh-jauh untuk menuju titik awal gelombang.

Anda akan menemukan tempat penyewaan peralatan surfing berikut instruktur surfing berpengalaman yang bisa mengajarkan Anda para pemula. Di pantai ini, ada tiga spot yang jadi favorit para peselancar.

Di antaranya yaitu Bulak Pendek, Legok Pari, dan Karang. Bulak Pendek ini pas untuk peselancar profesional, karena gelombangnya cukup tinggi. Legok Pari pas untuk pemula, begitu juga Karang.

Harga Tiket Masuk Pantai Batu Karas

Retribusi Tarif
Tarif masuk pejalan kaki Rp6.000,00
Tarif masuk mobil jeep/sedan Rp9.200,00
Tarif masuk mobil carry Rp17.200,00
Tarif masuk mobil besar Rp22.000,00
Tarif masuk bus kecil Rp32.700,00
Tarif masuk bus sedang Rp49.500,00
Tarif masuk bus besar Rp80.500,00

Rute Menuju Pantai Batu Karas

berenang di Pantai Batu karas

Pantai Batu Karas ada di Pangandaran, tepatnya di desa Batukaras, Kecamatan Cijulang. Akses jalan ke sini sudah bagus. Sayangnya, cukup sulit untuk menggunakan transportasi umum ke sini.

Disarankan Anda menggunakan kendaraan pribadi. Alternatifnya, bisa menggunakan jasa rental mobil plus driver murah atau sewa bus pariwisata. Kalau Anda berangkat dari Jakarta, Anda bisa ambil jalan tol yang mengarah ke Cikampek, lalu ambil arah tol Purbaleunyi (Cipularang).

Anda bisa keluar di pintu tol Cileunyi. Dari situ, bisa ambil jalan biasa ke arah Rancaekek, lalu ke arah Bypass Parakan Muncang, lalu ke Nagreg, Limbangan, Malangbong, Ciawi.

Setelah tiba di Jamanis, teruslah berkendara ke arah fly over Rajapolah, Cihaurbeuti, Sindangkasih, Cikoneng, Ciamis, Cijeungjing, Banjar, Banjarsari, Padaherang, Kalipucang, Pangandaran, Parigi, Cijulang, lalu tiba di Batu Karas.

Daya Tarik Pantai Batu Karas

Ada banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di Pantai Batu Karas sebagai bagian dari daya tariknya. Selain berselancar, ini sejumlah hal yang bisa Anda lakukan:

Mencoba Berbagai Wahana Seru

banana boat Pantai Batu karas

Kalau Anda penggemar berbagai wahana air yang seru dan bisa dinaiki bersama teman-teman, Anda bisa mencoba naik banana boat. Banana boat ini adalah salah satu wahana favorit di Batu Karas.

Cukup dengan membayar Rp35.000,00 per orang, Anda sudah bisa menikmati permainan banana boat beserta pemandunya sekalian. Selain itu, ada juga jet ski yang bisa Anda coba. Atau, kalau mau menyusuri pantai, bisa naik delman juga.

Hiking dan Camping

hiking Pantai Batu karas

Di Batu Karas, Anda juga bisa mendirikan tenda di pinggir pantai dan berkemah di sini. Namun, biasanya pengunjung yang sudah langganan ke sini lebih suka berkemah di Pantai Karang Nunggal. Pantai ini tersambung dengan Batu Karas, jadi bisa dengan mudah diakses.

Pantainya terpencil, tapi pemandangannya indah dan dikelilingi oleh batu-batu yang menjulang tinggi. Untuk mencapainya, Anda harus hiking terlebih dahulu. Namun jangan khawatir. Anda bisa meminta penduduk sekitar untuk memandu Anda menuju spot camping favorit.

Menikmati Pantai

sunset Pantai Batu karas

Kalau Anda lebih suka bersantai dan menikmati suasana pantai, Anda juga bisa jalan-jalan di bibir pantai sambil berburu foto bagus. Bisa juga bermain pasir atau duduk-duduk di atas pasir yang lembut ini.

Batu Karas disebut-sebut sebagai pantai yang family-friendly, alias bisa dinikmati oleh semua anggota keluarga. Letaknya terlindung dari teluk, jadi kontur pantainya cukup landai. Ini membuat Batu Karas jadi pantai yang aman untuk bermain air.

Main di Hutan Mangrove

Sama seperti pantai di pulau seribu, dan Pantai Mangrove Medan, di sini pun Anda bisa menemukan hutan mangrove. Hutannya sendiri ada di kawasan pantai. Hutan mangrove ini memberikan suasana yang segar dan sejuk. Jangan lupa untuk berfoto, karena setiap spot di sini sangat instagramable.

Di sini jugalah Anda akan melihat bagaimana aliran air sungai bermuara langsung ke air laut. Di hutan mangrove ini Anda akan melihat sungai Cijulang yang menyatu dengan laut. Anda akan menemukan sebuah deck panjang dengan pagar kayu yang berdiri di atas sungainya. Anda bisa berfoto di sini.

Menyusuri Pantai

susur pantai Pantai Batu karas

Salah satu keunikan dari wisata pantai cantik Pangandaran satu ini adalah garis pantainya yang panjang. Anda bisa membuktikannya dengan cara berdiri di pinggir pantai, lalu lihat pemandangan sekeliling. Tidak akan terlihat ujung pantainya.

Area yang luas ini membuat Anda betah untuk mengeksplor semuanya. Tentu tidak cukup waktu untuk hanya berkunjung satu hari ke pantai ini. Itulah sebabnya banyak orang memilih untuk menginap di sekitar pantai.

Fasilitas Pantai Batu Karas

Pantai ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap. Di sini, Anda bisa menemukan:

  • Toko cinderamata.
  • Penginapan.
  • Tempat makan yang menyajikan makanan khas sunda dan hidangat laut.
  • Musholla.
  • Area parkir.
  • Toilet.
  • Kamar mandi untuk bilas.
  • Penyewaan banana boat, jetski, dan wahana lainnya.

Jam Operasional Batu Karas

Pantai Batu Karas buka setiap hari selama 24 jam. Anda bisa datang kapan saja Anda mau. Namun, perlu diingat bahwa kalau Anda ingin menikmati fasilitas pantai sepenuhnya, Anda harus datang di jam-jam umumnya objek wisata buka, yakni di siang dan sore hari.

Jangan lupa pulangnya untuk mampir ke kios toko souvenir khas Jawa Barat kekinian yang ada di sekitar lokasi pantai. Ada banyak barang yang bisa Anda bawa pulang untuk diberikan kepada saudara di rumah.

Nah, kalau Anda sudah berencana ingin mengunjungi pantai yang cantik ini, Anda bisa memesan paket wisata perjalanan Anda di Salsa Wisata sekarang juga.

Paket wisata kami sudah termasuk akomodasi, tiket wisata, makan, dan transportasi. Anda bisa mengunjungi berbagai tempat wisata yang sudah termasuk dalam itinerary, atau menambahkan sendiri. Hubungi kami untuk info lebih lanjut.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)