SalSari Resto & Coffee

Tak jauh dari lokasi Pantai Sine, Anda akan menemukan sebuah tempat wisata yang boleh dibilang merupakan hidden gems Tulungagung. Namanya Pantai Ngalur.

Hamparan pasir pantai putih yang bersih dari sampah, berpadu dengan lautan biru dan langit cerah, membuat pantai ini menjadi salah satu spot terbaik untuk berburu foto-foto instagramable.

Walau perjalanan untuk mencapai lokasi pantai ini terbilang cukup sulit, namun semua rasa lelah Anda akan terbayar lunas dengan pemandangan indah dan kegiatan mengasyikkan yang bisa Anda lakukan di sini.

Sekilas Tentang Pantai Ngalur

karang Pantai Ngalur Tulungagung

Pantai ini memang belum ramai dikunjungi banyak wisatawan. Hal tersebut membuat lokasi pantai ini menjadi tempat wisata di daerah Tulungagung yang cocok bagi Anda yang tidak terlalu menyukai keramaian.

Di sini, Anda bisa bersantai dan melepas penat sambil berburu foto-foto panorama yang sangat menakjubkan. Ombaknya cukup besar dan lautnya tidak begitu luas. Itu sebabnya, para wisatawan diimbau untuk tidak berenang apa lagi berselancar di pantai ini karena akan membahayakan jiwa.

Walau begitu, Anda tetap bisa melakukan beberapa kegiatan menarik lainnya di pantai ini kok! Salah satunya tentu saja menikmati pemandangan indah sambil berfoto-foto.

Jam Buka Pantai Ngalur

Untuk mengunjungi pantai ini, Anda bisa datang kapan saja. Sebab, pantai ini terbuka bagi umum setiap hari, termasuk pada hari libur nasional, selama 24 jam.

Walau begitu, tentu waktu terbaik untuk berkunjung ke sini adalah di pagi atau sore hari. Saat itu, Anda bisa menyaksikan pemandangan matahari terbit atau terbenam yang tidak kalah menakjubkan seperti yang terlihat di Pantai Dreamland.

Rute Menuju Pantai Ngalur

Lokasi pantai ini terletak di Area Pegunungan, Jengglungharjo, Kec. Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Belum ada angkutan umum yang mengarah ke lokasi pantai ini, jadi Anda harus menggunakan kendaraan pribadi atau rental mobil mingguan murah di Salsa Wisata.

Jalur yang harus Anda lalui adalah menuju arah selatan, ke Jalan Raya Wates. Setelah itu, Anda hanya harus berjalan lurus melewati Kecamatan Kalidawir hingga tiba di Jalan Raya Tanggunggunung. Ikuti rute menuju Pantai Sine, kemudian berjalan lurus terus hingga menemukan papan petunjuk arah menuju Pantai Ngalur.

Mulai dari sana, jalan akan berubah menjadi jalan setapak yang sempit. Jadi, Anda harus turun dari kendaraan dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki atau menggunakan ojek.

Jika sejak awal Anda datang dengan menggunakan sepeda motor, maka Anda bisa melanjutkan perjalanan hingga tiba di lokasi pantai. Tapi tetap berhati-hati ya!

Harga Tiket Masuk Pantai Ngalur

Pantai ini memang belum dikelola dengan baik oleh pemerintah. Oleh sebab itu, biaya masuk bagi para wisatawan tidaklah mahal. Berikut beberapa tarif retribusi yang perlu Anda perhatikan:

Retribusi Tarif
Tiket masuk pantai Rp10.000,00
Ojek ke lokasi pantai Rp25.000,00

Fasilitas di Pantai Ngalur

fasilitas di Pantai Ngalur Tulungagung

Meski lokasinya berada di tempat yang tersembunyi, namun fasilitas penunjang yang tersedia sudah cukup memadai. Beberapa fasilitas yang ada yaitu:

  • Tempat parkir
  • Gazebo
  • Mushola
  • Warung makan
  • Toilet umum

Daya Tarik di Pantai Ngalur

daya tarik Pantai Ngalur Tulungagung

Menikmati Sunrise dan Sunset

Layaknya di pantai-pantai lain, di sini Anda juga bisa menikmati pemandangan matahari terbit atau tenggelam. Walau mungkin Anda tidak akan melihat secara langsung bentuk sunrise dan sunset tersebut, pemandangan langit dan sekelilingnya sangat menakjubkan.

Langit biru luar dengan semburat oranye, merah dan ungu. Bertemu dengan garis laut yang berwarna biru gelap, ditambah pula hamparan pasir pantai yang putih dan batu-batu karang yang bertebaran. Benar-benar tidak boleh dilewatkan!

Anda juga bisa berkemah di lokasi pantai ini. Tapi, tentu saja harus membawa perlengkapan dan peralatan sendiri. Sebab di sini belum ada pihak yang menyewakan kebutuhan tersebut.

Hutan Lindung

Tak jauh dari lokasi pantai, terdapat sebuah hutan kecil. Tapi, hutan ini bukan seperti Hutan Pinus Sentul loh. Melainkan sebuah hutan lindung yang sangat lebat dan belum terjamah tangan-tangan manusia.

Hutan ini memiliki luas sekitar 17.787 hektar dan menjadi habitat bagi berbagai spesies pohon dan hewan liar yang dilindungi. Walau begitu, belum diketahui tepatnya jenis pohon dan hewan apa saja yang hidup di hutan ini.

Jika Anda hendak menjelajahi hutan ini, jangan lupa untuk selalu menjaga keasriannya ya. Jangan membuang sampah dan mencabut atau menebang pohon sembarangan.

Spot Foto yang Menarik

Selain menikmati sunrise, sunset dan hutan lindung, Anda juga bisa berfoto-foto di beberapa spot yang menarik.

Salah satu yang menjadi favorit tentu saja di bibir pantai yang berpasir putih bersih. Anda bisa menggelar tikar di sini dan bersantai atau berpiknik. Pemandangan yang menghadap langsung ke laut dijamin akan sangat menakjubkan.

Selain itu, di beberapa titik di pantai terdapat pohon-pohon berdahan kokoh namun rendah. Biasanya, para wisatawan akan memanjat dan duduk di dahan pohon ini lalu berfoto.

Di salah satu pohon juga terdapat ayunan sederhana yang terbuat dari kayu dan tali tambang. Ini juga merupakan spot berfoto favorit para wisatawan. Hasilnya sudah pasti instagramable!

Kemudian, ada pula bagian pantai yang dihiasi taburan batu-batu karang. Anda juga bisa berfoto di sini asalkan tetap berhati-hati saat menaik batu-batu yang licin ini.

Jangan lupakan gazebo atau bale-bale yang terdapat pula di sekitar pantai. Anda bisa duduk di sana bersama teman dan keluarga lalu berfoto-foto.

Jika Anda ingin berkunjung ke salah satu tempat wisata hits di Jawa Timur ini, jangan lupa untuk membawa perlengkapan dan peralatan yang cukup ya. Selain itu, jangan coba-coba untuk berenang atau berselancar di sini jika tidak mau celaka.

Siapkan juga uang untuk membayar biaya parkir jika Anda membawa mobil. Sebab, Anda harus memarkirnya di halaman rumah warga di desa terdekat.

Bila tak ingin repot manfaatkan layanan paket wisata dari Salsa Wisata yang telah mengakomodir seluruh kebutuhan wisata, mulai dari transportasi, akomodasi, hingga tiket masuk tempat wisata hits di Tulungagung.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)