earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Yogyakarta telah menjadi destinasi wisata utama di Indonesia, bahkan di dunia. Ini karena keindahan, budaya dan sejarahnya. Salah keindahan alamnya adalah wisata pantainya seperti Pantai Sadeng.

Pantai ini menawarkan keindahan alam sekaligus menyimpan kekayaan berupa ikan laut yang melimpah. Oleh sebab itu, disebut juga sebagai surga bagi para nelayan.

Bagi sebagian besar wisatawan, mungkin cukup asing mendengar nama pantai ini. Memang wajar, karena lokasinya berada di ujung Timur Yogyakarta, hampir di daerah perbatasan dengan Jawa Tengah (Wonogiri).

Sedangkan kebanyakan wisatawan pergi ke tempat wisata Gunung Kidul lain. Namun bukan berarti pantai ini tidak layak untuk Anda kunjungi, justru sangat sayang jika Anda lewatkan begitu saja.

Sekilas Tentang Pantai Sadeng

Pantai Sadeng menawarkan keindahan yang tidak kalah cantik dengan pantai terkenal di Yogyakarta lainnya. Keindahan alam, panoramanya hingga kegiatan para nelayan menjadikan tempat wisata ini layak untuk dikunjungi di akhir pekan.

Belum lagi, selama perjalanan dari Kota Yogyakarta menuju pantai ini juga Anda akan merasakan atmosfer alam yang menenangkan. Wisata pantai satu ini memiliki ciri khas tersendiri jika dibandingkan dengan pantai lain di Jogja.

Selain banyak kapal nelayan, Sadeng terlindungi oleh tebing batu kapur. Pemandangannya juga sangat indah, pantainya bersih dan airnya jernih. Selain itu, pantai ini juga memiliki sejarah yang menarik untuk diulas.

Konon, Sadeng merupakan muara dari sungai terbesar dan terpanjang di Jawa, yakni Sungai Bengawan Solo Purba. Namun seiring waktu muara tersebut kemudian berubah menjadi pantai saat ini.

Daya Tarik dan Aktivitas Menarik Pantai Sadeng

Wisata Pantai Sadeng

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Pantai ini memiliki berbagai daya tarik dan aktivitas menarik untuk wisatawan. Hal itu bisa terlihat dari pemandangan alam hingga kegiatan seperti memancing atau berenang. Simak ulasan berikut.

Kampung Nelayan

Sejak tahun 1983, Sadeng terkenal dengan nama yang unik yakni Kampung Nelayan. Lokasi pantainya menjadi sumber kehidupan dan ekonomi utama bagi warga sekitarnya.

Sesuai namanya, ada banyak nelayan dan kapal atau perahu yang bertengger di bibir pantai. Aktivitas warga juga tidak bisa lepas dari penangkapan dan pelelangan ikan. Semua terlihat menarik.

Di bibir pantai, oleh warga dijadikan sebagai pelabuhan perahu nelayan. Oleh sebab itu, ada banyak sekali perahu yang berjejer rapi, sesuatu yang jarang ditemui di pantai Gunung Kidul selain Pantai Baron.

Banyak Spot Foto

Sadeng menawarkan keindahan alam berupa pantai, hijaunya pepohonan, jernihnya air dan pasir putih seperti kristal. Ini semua, termasuk juga berjejernya perahu nelayan bisa menjadi spot foto yang kece.

Anda bisa mendapatkan banyak foto instagramable saat berkunjung ke pantai satu ini. Berfoto dengan background pantai atau perahu tentu bisa menjadi ide untuk mendapatkan foto menarik.

Telaga Suling

Adanya Telaga Suling menjadi bukti nyata bahwa pantai ini memiliki ‘ikatan’ sejarah dengan Bengawan Solo Purba. Di Telaga Suling ini, terdapat sisa aliran air yang dulunya berasal dari sungai purba tersebut.

Memang secara kasat mata sungai Bengawan Solo Purba sudah tidak ada, tapi sisa alirannya masih mengalir di Telaga Suling. Ini bisa dibuktikan dengan adanya bukit kapur serta lembah bekas dasar sungai Bengawan Solo Purba yang berada di tengah telaga.

Lembah ini, oleh warga, dijadikan sebagai area untuk bercocok tanam karena sangat subur. Adapun luas lembah ini mencapai 7 km. Kesuburan lembah ini juga menjadi bukti bahwa dulunya ini adalah sungai.

Mandi di Pantai

Rasanya tidak lengkap jika pergi ke pantai tetapi tidak berenang di bibir pantai bersama ombaknya. Airnya yang jernih dengan pasir bersih, menjadi alasan kenapa wisatawan datang ke Sadeng.

Cobalah untuk bermain air baik bersama teman, keluarga atau bahkan anak-anak. Anda tidak perlu khawatir dengan ombak, pantai ini tergolong aman dan ramah anak berkat pemecah ombak yang ada.

Selain itu lokasinya berada di teluk sehingga terlindungi dari ombak laut. Ombak dari laut akan melambat dan melandai begitu sampai di bibir pantai. Sehingga aman untuk bermain. Hanya saja, tetap waspada agar tidak terlalu ke tengah apalagi jika tidak pandai berenang.

Memancing

Untuk Anda yang memiliki hobi memancing, maka pantai Gunung Kidul ini sangat cocok untuk Anda kunjungi. Sadeng yang terkenal sebagai surga nelayan, tentu bukan tanpa alasan.

Ada banyak ikan beraneka jenis yang hidup di sekitar pantai dan bisa Anda tangkap sambil memancing. Anda bisa menenangkan diri sambil memancing dan menikmati segarnya udara serta pemandangan di sekitar.

Menikmati Seafood

Selesai bermain air, hunting foto dan memancing maka kegiatan terakhir yang harus Anda lakukan ketika berada di Sadeng adalah menikmati sajian seafoodnya. Seafood yang disajikan di sini masih segar karena hasil tangkapan para nelayan.

Ditambah lagi, olahan bumbunya yang lezat membuat semua sajian seafood begitu menggoda, tidak kalah dari tempat wisata kuliner Gunung Kidul terkenal yang ada. Tenang, harganya juga sangat terjangkau.

Fasilitas di Kawasan Pantai Pantai Sadeng

Tiket Masuk Pantai Sadeng

Walaupun berada di ujung timur Jogja, pantai ini memiliki fasilitas umum yang lengkap untuk wisatawan. Fasilitas ini di antaranya seperti toilet, kamar mandi, mushola, dan tentu saja area parkir kendaraan.

Selain itu, ada pula beberapa rumah makan yang menyediakan makanan khas Gunung Kidul area pesisir yang bisa Anda coba. Jadi, tidak perlu khawatir dengan segala kebutuhan ketika berada di Sadeng termasuk juga ketika mengajak anak-anak.

Harga Tiket Pantai Sadeng

Layaknya pantai lain di Gunung Kidul yang menawarkan biaya atau tiket masuk murah, Sadeng juga sama. Tiket masuk ke pantai cukup dengan beberapa ribu rupiah saja, begitu juga untuk berbagai fasilitas yang ada.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp5.000,00
Parkir Motor Rp5.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00

Biayanya yang murah ini membuat Anda bisa menyimpan lebih banyak budget untuk membeli oleh-oleh khas Jogja kekinian yang Anda inginkan. Dengan begitu, meski berjarak jauh dari kota, liburan ke tempat ini bisa tetap terasa menyenangka.

Rute Menuju Lokasi Pantai Sadeng

Lokasi Pantai Sadeng

Pantai Yogyakarta ini berada di Kabupaten Gunung Kidul, tepatnya di Song Banyu, Girisubo. Jarak dari kota Yogyakarta ke pantai ini cukup jauh mengingat Sadeng berada di ujung timur, yakni sekitar 83.2 km.

Jarak ini bisa Anda tempuh sekitar 2 jam perjalanan darat melewati dua jalur berbeda baik yakni Bantul ataupun Wonosari. Jika jalanan macet atau karena belum hafal medan, bisa jadi durasi perjalanan Anda lebih lama dari itu.

Rute paling mudah adalah dengan menggunakan Google Map. Jika dari kota Yogyakarta, maka bisa dengan menaiki kendaraan pribadi atau sewa menuju Gunung Kidul terlebih dahulu. Dari sana, bisa mulai mengikut plang penanda arah Pantai Saden.

Bisa pula dengan memanfatkan jasa rental mobil innova Jogja terdekat yang siap mengantar Anda langsung ke lokasi. Selain menjadi lebih mudah, Anda juga dapat mengunjungi berbagai destinasi menarik lain dengan lebih aman dan cepat.

Jam Operasional

Pantai ini buka setiap hari selama 24 jam. Jadi, hari apapun dan jam berapapun, Anda bisa berkunjung ke sini. Jika ingin menghindari macet, maka datanglah saat weekdays.

Pantai ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Anda tidak akan menyesal walau menempuh perjalanan jauh dari kota Yogyakarta.

Semua akan terbayar begitu Anda sampai di lokasi. Hal yang perlu diperhatikan adalah Anda harus menggunakan kendaraan yang tepat dan driver yang handal.

Manfaatkan perjalanan wisata ke Pantai Sadeng yang lebih berkesan bersama layanan dari Salsa Wisata. Ada banyak paket wisata di Yogyakarta yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan keinginan Anda saat liburan. Dengan begitu, liburan Anda pun bisa jadi lebih memuaskan.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (4 votes)