SalSari Resto & Coffee

Jogja tidak pernah kehabisan pantai-pantai cantik. Dari mulai Pantai Parangtritis yang terkenal, Parangkusumo di sebelahnya sampai pantai-pantai berpasir putih di Gunungkidul. Masih ada satu pantai yang relatif sepi di Bantul. Namanya Pantai Segoro Kidul.

Pantai yang terletak di Srandakan, Bantul, Jogja ini memiliki ciri khas seperti pantai-pantai Bantul lainnya, yakni berpasir gelap kehitaman. Pasirnya berwarna hitam karena sudah bercampur dengan pasir besi.

Meskipun begitu, panorama pantai ini tetap indah dan memukau. Ditambah lagi, jika dibandingkan dengan Parangtritis, pantai ini relatif sepi.

Sekilas Tentang Pantai Segoro Kidul

hutan Pantai Segoro Kidul

Mungkin Anda salah mengira pantai Segoro Kidul adalah pantai di bawah tebing Puncak Segoro yang ada di Girikarto, Panggang, Gunungkidul.

Puncak Segoro ini merupakan restoran tempat Anda bisa menikmati wisata kuliner khas Gungungkidul yang enak di atas tebing dengan pemandangan langsung ke laut lepas di bawahnya.

Memang indah, tapi pantai di bawahnya bukan pantai Segoro, meski namanya sama. Tidak seperti pantai-pantai di Gunungkidul, pantai ini terlihat bersih tanpa tebing atau karang besar di garis pantainya.

Itu berarti, Anda bisa bebas bermain pasir dari ujung ke ujung garis pantai.

Alih-alih karang atau tebing, di garis pantainya hanya ada pohon-pohon yang tampak gersang dan meranggas. Namun, titik-titik ini justru bisa jadi spot foto yang instagramable.

Itu karena pohon-pohon berukuran sedang yang meranggas, tampak kontras dengan lautan biru di depannya. Ombak di pantai ini juga tidak terlalu besar. Jadi, Anda tidak perlu khawatir.

Meskipun begitu, tetap tidak disarankan untuk berenang sampai ke tengah laut. Anda bisa bermain air dan pasir di pinggir-pinggir pantainya saja.

Sebelum masuk ke pantai, tepat di area parkir, ada sebuah lahan luas dengan pohon-pohon besar yang tumbuh miring di atas, membentuk kanopi alam.

Pohon-pohon tersebut menciptakan semacam atap yang bisa memberikan keteduhan. Bayang-bayang yang diciptakan pohon ini juga memberikan aura magis. Cocok untuk spot foto alami.

Fasilitas Pantai Segoro Kidul

Sayangnya, pantai ini masih belum banyak fasilitasnya. Bahkan tidak ada toilet dan tempat untuk membilas pakaian yang besah. Yang ada hanya area parkir, itu pun tempat parkir alami yang merupakan lahan terbuka di bawah jajaran pohon cemara.

Kalau Anda ingin ke toilet atau membilas tubuh dari pasir-pasir pantai, Anda bisa berkunjung ke pantai sebelah, seperti pantai Goa Cemara, yang fasilitasnya sudah lebih lengkap.

Harga Tiket Masuk Pantai Segoro Kidul

Kelebihan objek wisata yang belum dikelola adalah belum adanya retribusi untuk tiket masuk. Bahkan tidak ada penjaga di area parkir. Sisi buruknya, tidak ada yang mengawasi kendaraan Anda saat parkir di area hutan cemara ini.

Parkir motor dan mobil bisa gratis. Namun, lahan parkirnya tidak luas. Jadi, tentu tidak bisa dipakai untuk parkir bus pariwisata. Itu berarti, memang lebih baik datang ke pantai ini naik mobil pribadi saja, atau malah lebih bagu lagi, naik kendaraan roda dua.

Lokasi Pantai Segoro Kidul

Butuh waktu kurang lebih satu jam untuk menuju pantai Segoro Kidul dari Alun-alun kidul Jogja. Dari alun-alun atau Malioboro, Anda bisa belok ke Jalan DI Panjaitan, lalu masuk ke Jalan Suryodiningratan, atau yang biasa juga disebut sebagai Jalan Parangtritis.

Sayangnya, tidak ada transportasi umum yang bisa membawa Anda ke pantai ini. Jadi, Kami sarankan untuk menggunakan layanan sewa mobil Innova Zenix plus driver Jogja.

Jam Operasional Pantai Segoro Kidul

Jam Buka Pukul
Setiap hari 24 Jam

Daya Tarik Pantai Segoro Kidul

camping di Pantai Segoro Kidul

Menikmati Pantai yang Sepi

Banyak orang bilang bahwa pantai ini terasa seperti pantai pribadi. Berbeda dengan pantai Goa Cemara di sebelahnya yang mulai banyak dikenal wisatawan. Kalau Anda datang di musim penghujan seperti sekarang, anginnya justru tidak terlalu kencang.

Jadi rasanya nyaman untuk berkumpul bersama teman dan keluarga di sini. Bentuk pantainya landai, jadi Anda bisa bebas bermain pasir dan air di sini. Karena belum tersentuh oleh pembangunan, suasana di sini memang masih asri dan alami.

Kalau mau duduk-duduk di atas pasir dan menikmati suasana juga bisa. Anda bisa melihat kapal-kapal nelayan yang hilir mudik, pohon-pohon cemara, dan deburan ombak.

Memancing

mancing di Pantai Segoro Kidul

Untuk Anda yang hobi memancing, pantai yang sepi ini juga bisa jadi spot asyik untuk menangkap ikan. Anda bisa memancing di pinggir laut, atau bisa ikut warga lokal yang melaut.

Karena fasilitasnya masih minim, jadi Anda harus membawa sendiri peralatan memancing Anda. Tidak ada persewaan alat-alat memancing dan perahu di sini. Kalau beruntung, Anda bisa ikut perahu nelayan lokal.

Melihat Sunrise dan Sunset

Pantai ini masih belum ada yang jaga. Jadi, Anda bisa datang kapan saja Anda mau. Anda juga bisa datang di pagi-pagi buta untuk menyaksikan sunrise. Pemandangan matahari terbit selalu magis dan memukau, sama seperti matahari terbenam.

Suasananya juga jadi lebih syahdu. Ditambah lagi, suasananya sepi. Jadi, ketika momen sunrise atau sunset itu, Anda bisa menikmati sendiri atau bersama teman dan keluarga. Tidak seperti pantai-pantai lain yang penuh wisatawan untuk melihat sunrise dan sunset.

Berkemah

Anda juga bisa, lho, berkemah di pantai ini. Seperti yang tadi sudah disebutkan, pantai ini bentuknya landai. Cocok sekali untuk berkemah. Anda dan teman-teman bisa mendirikan tenda di sepanjang garis pantainya.

Selain itu, Anda juga bisa membuat api unggun. Di malam hari, suasana akan terasa lebih syahdu dengan kobaran api unggun. Anda bisa membakar ikan yang tadi dipancing.

Namun, harap ingat untuk membersihkan kembali sampah-sampahnya. Dan Anda juga harus bawa tenda sendiri, karena tidak ada persewaan tenda di sini.

Kalau Anda ingin mengunjungi tempat-tempat wisata lain di Jogja tanpa repot dan tanpa harus keluar biaya tambahan, Anda harus mempertimbangkan menggunakan paket wisata Jogja dari Salsa Wisata.

Bukan cuma rental mobi, Salsa Wisata juga punya banyak pilihan paket wisata. Semua paketnya sudah termasuk akomodasi, makan, transportasi plus sopir, dan tiket masuk bberbaga destinasi wisata yang tercantum di paketnya. Lebih hemat dan efisien, bukan?

 



By Categories: Destinasi, Jogja

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)