earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Wisata Bantul kini sedang naik daun berkat banyaknya tempat wisata baru yang mulai hits. Ada Heha Sky View yang Instagramable. Kemudian untuk wisata pantai, kita mengenal Pantai Goa Cemara.

Mungkin publik akan cukup bingung dengan nama pantai ini karena namanya cukup mirip dengan Pantai Cemara Sewu. Keduanya adalah dua pantai yang berbeda; hanya saja memiliki kesamaan pada banyaknya pohon cemara yang tumbuh di area sekitar pantai.

Jika Pantai Cemara Sewu sudah dilengkapi dengan beberapa spot foto kreatif dan juga wahana ATV, namun tidak dengan pantai yang satu ini.

Salah satu pantai Jogja terkenal ini lebih menawarkan keindahan alami sebuah pantai yang terwakilkan dengan baik melalui hamparan pasirnya yang hitam legam.

Pemandangan pasir hitam ini terlihat lebih molek dengan sapuan ombak yang menyisakan buih putih. Begitu kontras sekaligus sangat cantik.

Belum lagi suguhan sunset-nya yang membuat pengunjung haru ketika menyaksikannya. Tak ketinggalan daya tarik hutan cemara yang tak hanya ‘menyegarkan’ mata, melainkan juga objek yang tepat untuk fotografi.

Sekilas Tentang Pantai Goa Cemara Bantul

Harga Tiket Pantai Goa Cemara

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Pantai Goa Cemara adalah salah satu wisata pantai yang ada di Kabupaten Bantul. Lokasi tepatnya ada di Dusun Patihan, Desa Gadingsari, Kabupaten Bantul.

Nama pantai ini memang tak setenar Pantai Parangtritis. Akan tetapi daya tarik yang dimiliki tak kalah keren dari pantai di atas.

Terlebih pihak pengelola kini telah mengembangkan potensi pariwisata yang sudah ada. Untuk menarik minat wisatawan, pihak pengelola juga sudah menambahkan sejumlah fasilitas penting.

Selaras dengan namanya, pohon-pohon cemara udang yang ditanam ini area pantai ini merupakan tanaman pendamping pohon akasia. Kedua jenis pohon ini memang terkenal ampuh untuk atasi abrasi dan Tsunami.

Tempat wisata di Jogja murah ini menyimpan banyak daya tarik. Selain menawarkan pesona alam pantai yang menawan, pantai ini juga rutin menjadi lokasi penyelenggaraan kirab budaya, khususnya Labuhan.

Penasaran seperti apa daya tarik yang ada di pantai ini? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Daya Tarik Wisata Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara Bantul

Ada beberapa daya tarik yang menonjol dari pantai ini. Semua daya tarik yang ada di pantai ini tentu menjadi alasan utama banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi tempat ini.

Berikut adalah daftar daya tarik yang berhasil kami rangkum untuk Anda:

Kirab Budaya Labuhan

Tahukah Anda, rupanya pantai ini menjadi salah satu lokasi upacara kirab budaya Labuhan di Yogyakarta.

Mungkin kita, masyarakat awam, hanya mengetahui upacara Labuhan semacam ini diselenggarakan di Pantai Parangkusumo yang terkenal dengan Gumuk Pasir-nya.

Tradisi Labuhan di pantai ini sedikit berbeda dengan Labuhan di Pantai Parangkusumo. Karena sesaji yang dilarung ke laut berupa seekor kambing kendhit, kambing hitam dengan garis putih yang melingkar.

Kambing ini bukanlah kambing sungguhan, melainkan kambing yang terbuat dari kayu dan dibuat semirip mungkin dengan aslinya.

Prosesi upacara Labuhan ini tak jauh berbeda dengan Labuhan pada umumnya. Kambing kendhit nantinya dilarung bersamaan dengan arak-arakan lainnya seperti tumpeng, ube rampe, sayur mayur, dan ingkung.

Tradisi Labuhan ini diselenggarakan setiap tanggal 1 Hijriah. Dan ritual tahunan ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Keelokan Alam Pantai

Pantai yang buka sekitar tahun 2010 lalu ini menyajikan keindahan alam pantai yang membuat nyaman.

Bibir pantainya sendiri sangat luas dan landai. Yang membuat area pantainya sangat istimewa adalah perpaduan warna pasir dan ombak pantainya yang harmonis meski secara visual sangat kontras.

Mundur lagi ke area hutan cemara, ratusan pohon cemara udang terlihat berjajar dengan rapi. Cabang-cabang pohonnya sangat cantik sehingga bagus sekali untuk menjadi objek foto.

Suasana di area hutan cemara ini juga terasa sejuk berkat daun-daun pohon cemara yang rindang. Banyak wisatawan yang memanfaatkan area di bawah pohon untuk piknik.

Dengan alas kain pantai seadanya dan dengan berbekal makanan khas Jogja legendaris seperti Gudeg yang dibawa dari rumah, momen piknik ini pun akan terasa lebih syahdu. Apalagi dengan view pantai di sekitarnya.

Mercusuar

Di kawasan wisata ini ada sebuah bangunan mercusuar setinggi 40 meter. Bangunan ini biasanya menjadi target utama para fotografer yang ingin memotret keindahan mercusuar lengkap dengan panorama laut.

Selain objek fotografi, tempat wisata di Bantul terdekat ini juga kerap menjadi spot untuk memotret laut dari puncak menara.

Banyak wisatawan yang memberanikan diri untuk naik ke atas mercusuar dan berselfi ria dengan latar lautan. Hasilnya, sungguh menjadi foto yang sangat Instagramable.

Sunset yang Cantik Paripurna

Ingin menikmati sunset dengan suasana yang lebih sepi? Pantai ini akan menjadi pilihan yang tepat. Area bibir pantai yang luas memungkinkan Anda untuk bisa menyaksikan sunset dengan leluasa.

Camping

Anda juga menginap di pantai ini dengan cara berkemah. Lokasi terpilih yang cocok untuk camping adalah area di dalam hutan cemara.

Kontur pasirnya lebih rata dan teksturnya juga lebih keras sehingga cocok sekali untuk mendirikan tenda. Selain itu, jaraknya juga tak begitu dekat dengan bibir pantai, jadi akan cenderung aman dari ombak.

Jangan sampai lupa dengan stok logistik selama camping ya. Anda juga boleh menambahkan beberapa nama oleh-oleh khas Jogja yang tahan lama ke dalam list logistik Anda.

Fasilitas di Kawasan Wisata Pantai Goa Cemara

Sunset Pantai Goa Cemara

Soal fasilitas, objek wisata ini memiliki daftar fasilitas yang sangat lengkap. Area parkir, contohnya, ada beberapa pilihan yang tersebar di beberapa lokasi.

Fasilitas warung makan juga terbilang banyak. Anda dapat memilih dengan bebas sesuai dengan keinginan Anda.

Rata-rata warung di sini menjual hidangan utama seafood. Namun ada juga pilihan menu pelengkap lainnya seperti soup, tumis sayur, tempe, tahu, dan lain sebagainya.

Warung-warung ini tentu bisa Anda jadikan sebagai referensi pusat wisata kuliner Jogja terdekat selama Anda liburan di pantai ini.

Di beberapa lokasi di kawasan hutan cemara juga kerap ada para penjual jajanan yang berjualan dengan menggunakan sepeda motor. Mereka berjualan bakso tusuk, cilok, batagor, cimol, dan jajanan enak lainnya.

Ada juga fasilitas pendopo dan juga resto yang cukup besar. Kemudian bagi pengunjung yang ingin menjalankan ibadah sholat, ada sebuah mushola di dekat pantai.

Mushola ini sudah dilengkapi dengan tempat wudhu dan juga mukena, sarung, peci, dan sajadah.

Bagi yang ingin bilas badan, BAK, atau BAB, di sini ada beberapa fasilitas toilet umum yang juga tersebar di banyak lokasi. Anda akan sangat mudah menemukannya.

Harga Tiket Masuk Pantai Goa Cemara

Syarat utama untuk memasuki lokasi wisata pantai ini adalah membayar retribusi tiket masuk yang tarifnya hanya Rp5.000,00 saja.

Tarif ini sangat murah bila dibandingkan dengan suguhan daya tarik yang ada. Apalagi ditambah dengan ketersediaan fasilitas yang memadai.

Dengan membayar retribusi masuk ini, Anda tak perlu lagi membayar parkir kendaraan dan toilet.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Goa Cemara

Lokasi Pantai Goa Cemara

Pantai ini terletak di Dusun Patihan, Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, DIY. Lokasi pantai ini tepat bersebelahan dengan Pantai Pandansari dan Samas.

Anda boleh menyertakan dua nama pantai di atas sebagai destinasi wisata berikutnya yang akan Anda kunjungi.

Anda hanya perlu menghubungi call center layanan paket tour Jogja murah kami. Kami siap memberikan pelayanan terbaik kepada Anda.

Demi kenyamanan perjalanan Anda, kami juga akan memilih rute terbaik untuk menuju ke lokasi wisata ini. Rute yang terpilih adalah rute dari Jogja menuju Jalan Parangtritis.

Setelah melewati ISI dan Pasar Gabusan, perjalanan akan dilanjutkan menuju ke Kota Bantul. RSUD Panembahan Senopati menjadi patokannya.

Setelah menjumpai perempatan, ambil arah Selatan untuk menuju Palbapang. Lurus saja hingga menemukan papan petunjuk arah ke Pantai Samas.

Jarak dari Jogja ke pantai ini cukup jauh, kira-kira membutuhkan waktu sekitar 1 jam.

Untuk menghindari macet di jalan, sebaiknya Anda menggunakan sepeda motor. Akan tetapi jika Anda pergi bersama rombongan, solusi terbaiknya adalah menyewa mobil.

Salsa Wisata juga menyediakan jasa sewa mobil dengan harga terjangkau dan kualitas terbaik. Anda dapat memilih salah satu paket yang kiranya cocok untuk kebutuhan Anda.

Misalnya saja Anda pergi bersama rombongan berjumlah 6 orang, paket rental mobil Avanza Jogja murah lepas kunci pasti akan cocok untuk Anda.

Jam Operasional Pantai Goa Cemara

Pantai pasir hitam ini buka setiap hari selama 24 jam. Tiap akhir pekan tempat ini akan jauh lebih ramai oleh pengunjung. Oleh karena itu, waktu terbaik untuk berkunjung ke sini adalah selain akhir pekan dan juga libur nasional.

Pantai Goa Cemara adalah hidden gem Kabupaten Bantul yang menawarkan eksotisme alam yang tidak ada duanya. Beragam keindahan ditawarkan di sini. Mulai dari keindahan pantai, kesejukan hutan cemara, dan kirab budayanya.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)