SalSari Resto & Coffee

Kebumen merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki potensi wisata alam luar biasa. Misalnya Pantai Surumanis yang lokasinya sangat tersembunyi dan masih perawan atau virgin.

Pantai ini bahkan menjadi salah satu tempat wisata hits di Kebumen yang recommended untuk Anda kunjungi. Bagaimana tidak, keindahannya mampu menghipnotis siapa saja yang berkunjung ke kawasan wisata ini.

Sekilas Tentang Pantai Surumanis

Pantai Surumanis Kebumen

Pantai Surumanis Kebumen, memang belum sepopuler Pantai Menganti atau Logending. Tapi pantai ini memiliki panorama yang sangat eksotis dengan air yang sangat jernih dan hamparan perbukitan di sekelilingnya.

Lokasinya memang sangat tersembunyi sehingga menjadi hidden gem yang sangat layak untuk wisatawan jelajahi. Apalagi, pantai ini masih perawan sehingga alamnya masih terjaga dengan sangat baik.

Area pantainya sendiri tidak terlalu luas, tapi kesan alami sangat kental jika wisatawan lihat. Pasirnya juga cukup unik karena warnanya seolah bercampur antara pasir hitam dan coklat.

Sebagai saran, jika ingin berkunjung bersama teman atau keluarga, sewa mobil adalah pilihan terbaik. Jika jumlahnya lebih banyak, bisa pilih sewa bus pariwisata murah dari ukuran medium atau long seperti Elf dan Hiace.

Fasilitas Pantai Surumanis

kolam renang Pantai Surumanis Kebumen

Wisatawan yang datang ke sini akan merasa nyaman karena fasilitas di sekitar pantai juga lengkap. Fasilitas Pantai Surumanis meliputi parkir luas, kamar mandi, kolam renang, toilet, pendopo hingga gazebo.

Selain itu, sudah ada beberapa warung yang menyajikan menu makanan khas Jawa lezat yang siap menggoyang lidah wisatawan. Bagi pecinta kuliner, menikmati sajian masakan tradisional memiliki kesan tersendiri.

Harga Tiket Masuk Pantai Surumanis

Tarif tiket masuk Pantai Surumanis cukup murah. Harga ini belum termasuk parkir. Jika ingin menaiki bukit dan berfoto di berbagai spot foto, maka ada biayanya. Tenang, semua biaya di kawasan pantai masih murah. Untuk lebih jelasnya bisa lihat pada tabel harga berikut ini.

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp10.000,00
Spot foto Rp5.000,00
Parkir kendaraaan Rp2.000,00 – Rp5.000,00

Lokasi dan Rute Pantai Surumanis

jembatan Pantai Surumanis Kebumen

Lokasi Pantai Surumanis terletak di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Jika dari Kota Kebumen, jaraknya sekitar 40 km atau setara dengan perjalanan selama 1 jam dengan kendaraan.

Rutenya paling mudah dengan bantuan Google Map. Jika secara manual, dari Kebumen arahkan kendaraan menuju Jln. Daendels atau Jln Lintas Selatan. Setelah itu, ikut plang yang mengarah ke Pantai Menganti.

Nanti di pertigaan antara Jln Ayah  – Karangbolong dan Jln Pantai Pasir, belok kiri ikuti Jln Pantai Pasir. Dari situ, lokasi pantai sudah dekat. Pastikan kendaraan dalam keadaan prima dan driver berpengalaman.

Daya Tarik Wisata Pantai Surumanis

Pantai Surumanis mendapatkan predikat ‘hidden gem’ bukan tanpa alasan. Sebab lokasinya yang remote atau terpencil dengan kondisi alam yang sangat sempurna. Berikut ini untuk lebih jelasnya.

“Hidden Gem” Cantik di Kebumen

hidden gem Pantai Surumanis Kebumen

Sebagian besar wisatawan yang menjelajahi wisata pantai di Kebumen memang lebih banyak ke Pantai Logending atau Menganti. Sedangkan nama Surumanis masih cukup asing. Oleh sebab itu pantai ini masih sepi.

Walau demikian, bukan berarti pantai ini tidak indah. Justru karena masih sepi, permata tersembunyi ini tampak mempesona bagai seorang gadis desa yang masih perawan. Keindahan pantai ini sangat mengesankan.

Ada kawasan perbukitan karst di sekeliling pantai dengan tumbuhan dan semak hijau di atasnya. Pantainya memiliki air jernih dan segar. Udaranya begitu sejuk dan sangat menenangkan.

Berada di sini bagai menikmati gambaran surga. Siapapun pasti akan terkesima karena keeksotisan pantai yang seperti lukisan di atas kanvas. Anda pun akan takjub bagaimana keindahan ini ada di alam nyata.

Bermain Air di Bibir Pantai

bermain di Pantai Surumanis Kebumen

Wisata Pantai Surumanis sangat cocok masuk dalam kategori destinasi wisata Jawa Tengah kekinian yang paling alami. Bagaimana tidak, pantai ini berhadapan langsung dengan luasnya Samudera Hindia.

Sehingga ombaknya cukup besar. Tapi, karena tipikal pantai ini landai, maka ombak yang berada di ujung pantai masih aman. Wisatawan dapat bermain air dengan aman di pinggir pantai.

Walau demikian, harus tetap ekstra hati-hati sebab tidak jauh dari bibir pantai terdapat batuan karang. Lebih baik untuk berenang menjauh dari batu karang, apalagi jika menginjak di atasnya tanpa alas kaki.

Keseruan dapat wisatawan rasakan ketika ombak menabrak tubuh. Kesegaran airnya memberikan sensasi yang luar biasa. Bahkan, dapat menjadi terapi dan relaksasi.

Mendaki ke Atas Bukit

Selain keseruan bermain air, kegiatan yang perlu wisatawan coba ketika berada di Pantai Surumanis adalah mendaki ke atas bukit. Bukit ini cukup tinggi sehingga membutuhkan tenaga ekstra.

Tapi tenang, untuk mendaki ini, pihak pengelola telah membuat anak tangga dari semen sehingga mendaki menjadi lebih nyaman. Setelah usaha ekstra dan penuh rasa lelah, pemandangan majestic dapat wisatawan lihat.

Ya, panorama pantai dari atas bukit ini benar-benar seperti bukan di dunia nyata. Anda bisa melihat hamparan pantai dan perbukitan yang hijau. Sungguh ini adalah ciptaan Tuhan yang sangat sempurna.

View landscape dari atas begitu luas dan mengagumkan. Seolah, rasa capek setelah menaiki anak tangga hilang begitu saja. Apalagi ada tempat duduk dan pendopo yang bisa menjadi tempat beristirahat.

Air Terjun di Sudut Pantai

air terjun Pantai Surumanis Kebumen

Sangat jarang air terjun berdampingan bahkan dalam satu lokasi dengan sebuah pantai. Beruntung sekali Pantai Surumanis Kebumen Jawa Tengah ini memiliki air terjun yang menjadi daya tarik dan sangat unik.

Bahkan, hal yang semacam ini tidak akan Anda temukan saat menjelajahi wisata pantai di Cilacap, walaupun dua kabupaten ini bersebelahan. Sehingga wajar jika wisatawan yang datang ke sini ada yang dari Cilacap.

Lokasi air terjun ini berada di sudut pantai. Untuk menemukannya, cukup dengan berjalan menyusuri pantai. Air terjunnya memang tidak terlalu tinggi atau besar, tapi cukup indah dan airnya jernih.

Anda bisa mendekat ke lokasi air terjun, duduk di dekatnya atau mandi dan bermain air. Sensasi air terjun ini dapat memberikan efek relaksasi. Bahkan, sangat cocok untuk wisatawan yang mencari spot healing.

Spot Foto Menarik

spot foto Pantai Surumanis Kebumen

Ada cukup banyak spot foto menarik dan estetik di Pantai Surumanis. Tentu saja, yang pertama adalah di area pantai dengan latar perbukitan menjulang. Anda bisa berfoto di atas pasir, sambil bermain air dan lainnya.

Tapi, ada spot menarik berupa jembatan kayu yang letaknya ada di atas bukit. Jembatan kayu ini terlihat begitu unik, apalagi lokasinya ada di atas. Jika berfoto di sini, maka latarnya berupa laut dan perbukitan nan jauh.

Lokasi berikutnya adalah gardu pandang. Dari sini view yang bisa wisatawan lihat lebih luas lagi. Bagi pecinta fotografi, lokasi ini sangat sempurna untuk berburu sunrise di pagi hari.

Jam Buka Pantai Surumanis

Pantai Surumanis buka setiap hari selama 24 jam. Bahkan untuk wisatawan yang ingin datang sore hari dan bermalam atau camping, tidak perlu khawatir. Karena ada beberapa penginapan di dekat pantai dan areanya pantainya cukup luas, sehingga bisa menjadi tempat yang pas untuk mendirikan tenda.

Walau buka setiap hari selama 24 jam, kalau bisa datang di pagi hari karena kondisi jalan menuju pantai berkelok. Selain itu, setelah dari pantai, nanti di jalan pulang masih banyak pusat oleh-oleh khas Jawa Tengah selain makanan yang masih buka.

Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke Pantai Surumanis? Pastikan untuk menggunakan layanan wisata dari Salsa Wisata. Ada banyak pilihan paket wisata untuk tujuan wisata di seluruh Indonesia.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)