SalSari Resto & Coffee

Banyak orang tidak mengira bahwa Kebumen memiliki banyak pantai untuk dikunjungi. Padahal, tempat wisata di Kebumen memang rata-rata pantai. Salah satu pantai cantik yang ada di Kebumen yaitu Pantai Suwuk.

Pantai ini jadi destinasi wisata favorit. Meski tidak seperti Pantai Kuta di Bali atau Pantai Senggigi di Lombok, pengelolaan pantai ini cukup baik. Keindahan alam di pantai ini mengundang banyak wisatawan yang datang ke Kebumen untuk datang.

Selain wisatawan dari luar kota, warga Kebumen sendiri juga sering liburan dan rekreasi ke sini. Selain dekat, harga tiketnya juga murah meriah. Bisa jadi tempat untuk healing bagi para pecinta laut.

Sekilas Tentang Pantai Suwuk

gerbang Pantai Suwuk Kebumen

Tidak seperti pantai-pantai hits di Gunungkidul, pasir di pantai Suwuk berwarna hitam karena sudah tercampur dengan bijih besi. Namun, itu tidak mengurangi keindahan pantai ini sendiri.

Meski berwarna hitam, area pantai di sini bersih, bebas dari sampah. Jadi hitam bukan berarti kotor. Selain itu, tekstur pasirnya juga lembut, sehingga rasanya nyaman kalau dipakai berlarian.

Tentu saja pantai ini jadi tempat favorit anak-anak yang berkunjung. Selain bisa bermain pasir, pengunjung juga bisa melakukan banyak aktivitas lain, sehingga pantai ini tidak pernah sepi. Banyak juga pengunjung yang melakukan olahraga pantai.

Di sekitar pantai, ada sebuah bangkai pesawat Garuda Boeing 737. Memang ini bukan pesawat asli, melainkan sebuah bangunan yang dibangun mirip seperti bangkai pesawat sebagai salah satu daya tarik wisata.

Cara ini berhasil. Terbukti dengan banyaknya wisatawan yang rela antri untuk mengambil foto di tempat ini. Para komunitas fotografi juga sering berburu foto di sini dengan latar belakang bangkai pesawat, karena spot ini memang instagramable.

Bukan cuma foto-foto, Anda juga bisa masuk ke dalam bangunan berbentuk pesawat tersebut. Nanti, di dalam Anda bisa menonton video 3 dimensi berdurasi 20 menit. Ada juga ruang pilot dan kopilot yang bisa anda masuki. Rasanya benar-benar seperti ada di dalam pesawat asli.

Harga Tiket Masuk Pantai Suwuk

Pantai Suwuk termasuk ke dalam salah satu objek wisata yang merakyat, karena harga tiket masuknya ramah di kantong, begitu juga harga sewa fasilitasnya. Berikut ini rincian tarifnya.

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp5.000,00
Sewa ATV dan offroad Rp50.000,00/ jam
Sewa kuda Rp10.000,00/anak
Masuk ke kabin pesawat Rp15.000,00
Berenang Rp5.000,00

Rute Menuju Pantai Suwuk

rute Pantai Suwuk Kebumen

Pantai ini masuk ke dalam wilayah Dusun Suwuk, Desa Tambakmulyo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen. Ada beberapa rute yang bisa Anda tempuh kalau hendak berwisata ke pantai ini.

Kalau Anda berangkat dari Wonosobo, Anda bisa lewat Jalan Kyai Muntang. Kemudian belok kiri ke Jalan Ajibarang Secang. Setelah melewati Alfamidi Parakancanggah, lurus terus menuju ke Jalan Bambang Sugeng.

Selanjutnya, Anda bisa belok kiri menuju Jalan Campur Salam, lalu belok kiri ke Jalan Klampok-Gombong. Ikuti terus jalan itu. Nanti Anda bertemu dengan belokan tajam, lalu belok kanan melewati Indomaret Sempor di kanan jalan.

Masuklah ke jalan Kemasan, lalu belok kiri ke Jalan Karangbolong. Tetaplah di Jalan Karangbolong, lau ambil jalur kiri. Belok sedikit ke kiri untuk menuju Jalan Gombong Karangbolong, lalu belok kanan menuju Jalan Pantai Suwuk.

Silakan putar balik, lalu belok kiri masuk gang pantai. Nah, Anda sudah sampai. Agak repot jika menggunakan kendaraan umum.

Cara paling efisien untuk bisa mengakses tempat wisata ini yaitu dengan menggunakan kendaraan pribadi. Atau, bisa juga menggunakan rental bus pariwisata Kebumen murah jika Anda bepergian bersama rombongan.

Daya Tarik Pantai Suwuk

Bukan cuma masuk ke kabin pesawat dan menonton video 3D saja. Ada banyak hal seru lainnya yang bisa Anda lakukan di Pantai Suwuk. Di antaranya:

Keliling Pantai

explore Pantai Suwuk Kebumen

Tidak lengkap rasanya kalau sudah datang ke pantai tapi tidak bisa menikmati panoramanya secara menyeluruh. Nah, Anda bisa mengelilingi pantai dengan banyak acara. Pertama, Anda bisa sewa kuda.

Memang, utamanya wahana ini memang untuk anak-anak. Namun, ada juga orang dewasa yang sewa kuda keliling pantai, seperti di pantai Parangtritis Jogja.

Atau, alternatifnya Anda bisa naik ATV. Ini adalah pilihan terbaik kalau Anda suka permainan yang memacu adrenalin. Anda bisa merasakan sensasi berkendara di atas tekstur pasir yang tidak rata. Ingin yang lebih santai? Bisa juga sewa jeep, yang bisa Anda kendarai bersama keluarga.

Kalau Anda lebih suka menjelajah pantai di dalam airnya langsung, Anda bisa menyewa perahu nelayan lokal. Dengan perahu, Anda bisa menikmati keindahan laut dan melihat airnya yang jernih dari dekat.

Olahraga di Pinggir Pantai

Sebagai salah satu wisata bahari di Jawa Tengah yang ombaknya tenang, Anda bisa bermain di pinggir pantai tanpa takut tersapu ombak. Banyak yang melakukan olahraga tepi pantai, seperti jogging di sepanjang garis pantai.

Atau, bisa juga main voli pantai dan sepak bola di pantainya yang lembut. Tenang saja, pantainya bebas karang. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kaki Anda tiba-tiba terbentur karang. Angin yang sepoi-sepoi tentu membuat udara jadi sejuk, jadi Anda tidak begitu berkeringat.

Berenang

kolam renang Pantai Suwuk Kebumen

Di bawah bangunan bangkai pesawat, ada kolam renang. Tempat renang ini diperuntukkan khusus bagi pengunjung, karena mereka tidak bisa berenang di dalam laut. Pantai-pantai di Kebumen terkenal dalam, bahkan yang di dekat daratan.

Karena itu, untuk keamanan, pengelola membangun kolam renang sendiri di mana pengunjung bisa berenang dengan aman. Anda bisa berenang sambil menatap pemandangan laut lepas. Atau, Anda bisa menjaga anak-anak Anda yang berenang dari atas bangunan pesawat.

Kulineran

kulineran di Pantai Suwuk Kebumen

Setelah lelah beraktivitas, Anda bisa langsung menyantap makanan yang tersedia di kedai-kedai makanan di pinggir pantai. Bukan cuma seafood saja, di sini Anda juga bisa menikmati makanan khas Jawa Tengah kekinian.

Salah satu makanan yang wajib Anda coba yaitu lontong pecelnya. Jangan lupa disantap bersama tempe mendoan hangat dan segelas teh panas. Rasanya akan jauh lebih nikmat jika disantap sambil menikmati pemandangan laut.

Fasilitas Pantai Suwuk

fasilitas Pantai Suwuk Kebumen

Guna meningkatkan kualitas wisata bahari ini, pengelola memutuskan untuk melengkapinya dengan fasilitas yang memadai. Secara keseluruhan, fasilitas yang ada sudah memenuhi standart seperti di tempat wisata pada umumnya.

Beberapa diantaranya adalah masjid, toilet, kamar mandi bilas, kolam renang, wahana permainan, dan tempat parkir yang luas. Tak perlu khawatir jika perut keroncongan, karena ada banyak warung yang menjual aneka makanan dan minuman.

Sebelum pulang, mampir ke kios oleh-oleh khas Jawa Tengah pakaian dan makanan yang ada banyak di sekitar area pantai. Ada banyak pilihan barang yang bisa Anda bawa pulang ke rumah.

Jam Operasional Pantai Suwuk

Pantai Suwuk buka setiap hari selama 24 jam penuh. Anda bisa datang kapan saja. Namun, kalau Anda ingin menikmati sebagian besar fasilitas yang ada, disarankan untuk datang di waktu-waktu normal tempat wisata beroperasi.

Bagaimana menurut Anda? Apakah pantai ini layak dikunjungi? Kalau ya, Anda bisa pesan perjalanan Anda ke Kebumen lewat Salsa Wisata. Sebagai agen perjalanan, kami punya banyak pilihan paket wisata ke berbagai kota di Indonesia.

Anda hanya harus membayar di awal. Akomodasi, tiket wisata, makan, dan transportasi selama Anda liburan sudah kami urus. Simpel dan praktis, bukan?

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (5 votes)