SalSari Resto & Coffee

Bagi Anda pecinta pantai, pasti sudah tahu bahwa salah satu kawasan pantai tercantik di Indonesia itu letaknya justru di Indonesia bagian timur, tepatnya di Sulawesi. Pulau Celebes ini dikelilingi oleh pantai-pantai cantik, yang menurut wisatawan bahkan jauh lebih cantik ketimbang pantai yang ada di pulau Bali. Salah satu pantai elok yang ada di pulau ini adalah Pantai Topejawa Takalar.

Pantai Topejawa ini letaknya ada di Sulawesi Selatan. Bukan cuma pemandangan pantainya saja yang cantik, Topejawa Takalar juga dilengkapi dengan beach waterboom.

Sama seperti Waterboom Lippo Cikarang, tapi bedanya waterboom ini menghadap langsung ke arah pantai. Kalau Anda tidak suka berenang di laut, Anda bisa berenang di sini.

Sekilas Tentang Pantai Topejawa Takalar

Pantai Topejawa Takalar

Yang membuat pantai Topejawa Takalar ini menarik adalah fakta bahwa ada hiburan yang lengkap di sini. Bukan cuma wisata alam saja, tapi juga wisata air.

Dengan begitu, pengunjung bisa sekalian liburan di satu tempat tanpa harus pindah-pindah. Dalam sehari, sudah bisa menikmati beberapa wisata di Sulawesi Selatan, termasuk wisata Tana Toraja terkenal.

Pantai ini terbilang ramah anak, karena memang banyak fasilitas yang disediakan untuk seluruh anggota keluarga. Pemandangan laut lepas yang indah dengan air yang biru jernih dan garis pantai yang panjang bisa Anda dapatkan di sini.

Anda bisa bermain pasir atau bermain air, karena ombak di pantai ini cukup tenang. Karena pantai ini memang dimaksudkan sebagai tempat wisata, maka ada banyak kegiatan seru yang bisa Anda nikmati di sini.

Salah satunya adalah menyewa perahu dan berlayar sampai ke tengah laut, sama seperti pantai Pangandaran. Perahu yang bisa Anda naiki adalah Balolang, yakni perahu tradisional khas Sulawesi.

Di sisi lain, yang membuat pantai ini berbeda dari pantai-pantai lain adalah adanya baruga atau rumah panggung. Di baruga inilah Anda bisa duduk-duduk sambil menikmati pemandangan laut lepas.

Tidak seperti di pantai lain di mana cuma ada gazebo atau bahkan penyewaan tikar untuk duduk-duduk.

Harga Tiket Masuk Pantai Topejawa Takalar

Untuk masuk ke dalam pantai Topejawa Takalar ini, harga tiket masuknya memang lebih mahal ketimbang wisata pantai yang lain. Namun, itu semua sepadan dengan semua fasilitas yang ada di sini, termasuk waterboom-nya.

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp30.000,00
Sewa gazebo Rp50.000,00
Sewa peralatan renang Rp5.000,00 – Rp15.000,00
Vila Rp600.000,00 – Rp1.500.000,00

Rute Menuju Pantai Topejawa Takalar

pemandangan Pantai Topejawa Takalar

Untuk bisa sampai ke pantai Topejawa Takalar ini, Anda harus menempuh jarak sejauh 54 km dari kota Makassar. Berarti, jaraknya cukup lumayan kalau Anda ingin mengunjungi Trans Studio Makassar.

Anda harus menggunakan jasa rental mobil Pajero plus driver Makassar kalau ingin mengunjungi semua tempat wisata di kota ini sekaligus.

Dari Makassar, Anda bisa mengarah ke area Trans Studio. Setelah itu, arahkan kendaraan ke Jalan Barombong Makassar, lalu Jalan Poros Gatesong. Tenang saja, ada banyak penunjuk arah yang bisa mengarahkan Anda ke rute yang benar.

Kalau Anda berangkat dari kota Takalar, jaraknya lebih dekat, yakni 14 km saja. Akses jalannya sudah bagus, sehingga bisa dilewati oleh mobil, motor, bahkan bus. Sayangnya, tidak ada kendaraan umum yang bisa mengantarkan Anda sampai ke depan pantainya persis.

Daya Tarik Pantai Topejawa Takalar

Ada banyak alasan mengapa Anda harus menyempatkan diri datang ke Pantai Topejawa Takalar kalau sedang berlibur ke Makassar. Beberapa di antaranya adalah:

Menikmati Sunset

sunset Pantai Topejawa Takalar

Ini adalah kegiatan yang tidak boleh dilewatkan kalau Anda main ke pantai. Pesona sunset di pantai ini bisa Anda abadikan juga dalam serangkaian foto yang cantik. Anda bisa menikmati sunset sambil duduk-duduk di rumah panggung.

Kalau memang Anda sengaja ingin menikmati sunset di sini, disarankan untuk datang di sore hari menjelang senja. Dengan begitu, Anda tidak perlu terpanggang matahari, yang memang bersinar amat terik di siang hari.

Berenang di Waterboom

waterboom Pantai Topejawa Takalar

Tidak seperti waterboom dan waterpark biasa, kolam renang di area Topejawa ini memang cuma terdiri dari satu kolam saja. Namun, kolamnya sangat besar, sehingga dibilang kolam raksasa. Meski cuma ada satu kolam, wahana airnya lengkap.

Ada berbagai macam seluncuran besar di sini. Ada dua jejer seluncuran terbuka warna-warni, di mana Anda bisa berlomba meluncur dengan teman atau keluarga. Selain itu, ada juga seluncuran yang lebih panjang dengan jalur tertutup setengahnya. Seluncuran yang ini jalurnya berkelok dan lebih menantang.

Yang paling seru, kalau Anda naik ke puncak seluncuran dan meluncur masuk ke kolam renang di bawahnya, Anda akan melihat pemandangan laut dari ketinggian. Tentu aja, ada juga wahana seluncuran kecil untuk anak-anak.

Bermain Wahana yang Memacu Adrenalin

sepeda gantung Pantai Topejawa Takalar

Kalau Anda tidak ingin berenang, Anda juga bisa menikmati berbagai wahana yang menantang. Ada motor cross pantai yang sangat populer di kalangan pengunjung. Dengan motor cross ini, Anda bisa berlomba dengan rombongan di sepanjang garis pantai.

Selain itu, ada flying fox yang membawa Anda meluncur dari ketinggian dan mendarat tepat di pinggir pantai. Bayangkan rasanya meluncur di atas tali sambil menikmati pemandangan laut lepas yang terhampar di bawah Anda.

Ada satu lagi wahana unik yang bisa Anda nikmati, yakni sepeda gantung atau sepeda udara. Naik sepeda gantung berarti Anda harus mengayuh di ketinggian, di atas seutas tali. Tenang saja, ada tali pengaman yang akan menjaga Anda.

Ada juga banana boat yang bisa Anda nikmati bersama rombongan. Kalau naik banana boat ini, Anda harus mengajak setidaknya empat orang lainnya. Anda akan dibawa ke tengah laut, untuk nanti dihempaskan ke laut.

Fasilitas Pantai Topejawa Takalar

wahana anak Pantai Topejawa Takalar

Objek wisata ini sebetulnya masih terbilang baru, tapi sudah banyak menarik minat wisatawan. Itu karena fasilitas yang tersedia memang lengkap. Fasilitas standarnya terdiri dari tempat ibadah, tempat parkir yang luas, dan rumah panggung untuk menikmati pantai.

Fasilitas pelengkapnya meliputi berbagai penginapan yang ada di sekitar pantai, arena sauna, billiard, wahana permainan dan bahkan restoran. Ada banyak restoran dan kedai makan yang tersebar di sekitar pantai, di mana Anda bisa menikmati hidangan khas Makassar lezat dan makanan laut.

Selain itu, ada juga aula yang bisa Anda sewa untuk pertemuan atau acara-acara besar. Aula ini bisa menampung sampai seribu orang sekaligus. Tentunya bisa jadi pilihan yang tepat untuk acara reuni atau family gathering.

Jam Operasional Pantai Topejawa Takalar

Pantai Topejawa Takalar buka setiap hari dari pukul 08.00 WITA sampai 18.00 WITA. Disarankan untuk datang di pagi hari, ketika matahari belum begitu terik, atau di sore hari menjelang matahari terbenam.

Setelah puas bermain, jangan lupa pulangnya untuk mampir ke pusat oleh-oleh khas Makassar makanan. Ada banyak pilihan buah tangan yang bisa Anda bawa pulang.

Tertarik mengunjungi pantai ini dan wisata di sekitarnya? Anda bisa memesan paket wisata untuk liburan. Sebagai penyedia jasa traveling, Salsa Wisata menyediakan berbagai pilihan paket wisata yang bisa Anda pilih. Dengan paket wisata, Anda bisa mendapatkan akomodasi, tiket wisata, makan, dan transportasi plus sopir selama liburan.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)