earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Pasar beringharjo sudah menjadi destinasi wajib untuk wisatawan yang datang berkunjung ke Jogja khususnya jalan malioboro. Di tempat ini Anda bisa mendapatkan berbagai macam barang menarik dengan harga murah yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Jogja.

Ketenaran pasar tradisional di Jogja ini bahkan sudah terkenal sejak zaman kolonial Belanda bersama dengan bangunan bersejarah lainnya. Lokasinya yang strategis membuat pasar ini selalu ramai dikunjungi tidak hanya oleh warga lokal tapi juga wisatawan mancanegara.

Banyak paket wisata Jogja yang ditawarkan biro perjalanan memasukan Pasar Beringharjo ini sebagai salah satu tujuan dalam itinerarinya. Namun dibalik itu semua pasar ini menyimpan banyak nilai sejarah dan hal menarik yang membuatnya begitu istimewa berikut beberapa diantaranya:

Sejarah Pasar Beringharjo

Pada awal pendirian keraton Yogyakarta tahun 1758, area pasar ini masih berupa hutan beringin lebat yang dijadikan tempat transaksi seadanya. Masyarakat masih melakukan transaksi jual beli dengan cara sederhana tanpa adanya kios atau lain sebagainya.

Baru pada tahun 1925, atas perintah Keraton Yogyakarta bersama Perusahaan Beton Hindia Belanda Nederlandsch Indisch Beton Maatschappij dibangunlah beberapa kios. Pembangunan ini dimulai pada tanggal 24 Maret dan pada bulan Agustus telah berhasil membangun 11 kios disusul bagian bangunan lainnya.

Pada tanggal 24 Maret itu pula, Sri Sultan Hamengkubuwono VIII meresmikan nama pasar tersebut dengan nama Beringharjo. Nama ini berasal dari kata bering atau beringin dan harjo atau sejahtera yang secara harfiah berarti beringin yang memberi kesejahteraan.

Penamaan beringharjo ini pun sangat sesuai dengan sejarah pasar yang dulu berupa hutan beringin. Selain itu beringin ini menjadi lambang yang tepat untuk menunjukan kesejahteraan yang mengayomi seluruh masyarakat.

Nilai Filosofis dan Arsitektur Pasar Beringharjo

Beringharjo ternyata juga menyimpan nilai filosofis tinggi selain histori panjangnya yang telah melewati tiga fase masa kerajaan, kolonial, dan kemerdekaan. Proses pembangunan pasar ini termasuk dalam rancangan Catur Tunggal penataan keraton bersama dengan keraton, alun-alun, dan masjid agung.

Bentuk bangunannya sendiri merupakan perpaduan antara gaya kolonial Belanda dan arsitektur Jawa yang bisa terlihat dari pintu masuk utamanya. Pada gerbang masuk pasar ini terdapat tulisan Pasar Beringharjo dalam aksara jawa dan huruf latin di bagian atasnya.

Gerbang masuk tersebut menghadap ke arah barat tepat ke Jalan Malioboro dan memiliki dua buah ruangan di kiri dan kanan lorongnya. Ruangan tersebut kini digunakan sebagai kantor bagi pengelola pasar dan pusat informasi wisatawan yang datang berkunjung.

Pasar di Jalan Malioboro ini memiliki dua bangunan utama satu di sebelah barat dan lainnya di bagian timur. Bangunan di sebelah barat terdiri dari dua lantai sedangkan pada bangunan di sebelah timur terdapat tiga lantai.

Masing-masing lantai tersebut menawarkan berbagai macam barang mulai dari batik, jajanan, rempah, kebutuhan pokok, souvenir, hingga barang antik. Dengan luas mencapai 2.5 hektar Anda bisa puas berkeliling dan berbelanja mencari barang-barang menarik dan murah untuk dibawa pulang.

Barang Menarik di Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo Yogyakarta

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Pasar yang sering disebut pasar Malioboro ini memiliki banyak barang menarik yang dijual di setiap lantainya. Barang-barang yang dijual pun sudah dikelompokan di masing-masing tempat sehingga Anda bisa lebih mudah mencarinya dan berikut beberapa diantaranya:

Batik dan Pakaian Khas Jogja

Pasar Beringharjo Yogyakarta ini sudah sangat terkenal sebagai salah satu pusat belanja batik terlengkap di Jogja. Anda bisa menemukan berbagai bentuk dan jenis batik menarik dijual hampir di seluruh lantai satu bangunan barat pasar.

Bahan batik yang dijual juga bervariasi mulai dari bahan katun hingga bahan sutra mahal untuk acara spesial. Anda yang ingin membeli kebaya batik Jogja atau surjan lurik khas Jogja juga bisa menemukannya di tempat ini.

Harga yang dibanderol juga bervariasi mulai dari ribuan hingga jutaan rupiah bisa Anda temukan tergantung jenis barangnya. Lantai satu pasar Beringharjo ini bisa jadi tempat yang tepat untuk Anda yang ingin membawa oleh-oleh berupa batik.

Sandal dan Sepatu

Di sekitar eskalator dan tangga menuju lantai dua bangunan barat pasar, Anda bisa menjumpai banyak sekali pedagang sepatu dan sandal. Kios-kios tersebut berjejer dan menawarkan beragam jenis sepatu mulai dari sepatu resmi seperti pantofel hingga sepatu gaul dan tradisional.

Sandal yang bisa Anda beli juga bermacam-macam dan tersedia untuk segala usia. Anda bisa membeli sandal dengan jumlah banyak namun harga masih bersahabat di area ini.

Bahkan tidak jarang para pedagang dari luar kota sengaja membeli sandal murah dari Beringharjo untuk mereka jual kembali. Dengan begitu bisa jadi lebih untung.

Baju Kaos

Untuk Anda yang mencari baju dan kaos murah khas Jogja bisa kunjungi lantai dua bangunan sebelah barat. Di lantai ini ada banyak sekali pilihan baju anak hingga orang dewasa baik baju santai maupun baju formal seperti seragam dan kemeja.

Lalu untuk kaos, model kaos yang tersedia biasanya kaos khas Jogja dengan gambar dan tulisan menarik mengenai Jogja. Sangat cocok untuk menjadi cenderamata dan hadiah setelah puas berlibur dan bermain di Jogja.

Souvenir dan Kerajinan Tangan

Belanja Souvenir di Pasar Beringharjo

Bergeser ke bangunan sebelah barat, di lantai satunya Anda bisa menemukan banyak sekali souvenir dan pernak pernik dengan harga murah. Barang-barang yang ada di tempat ini bisa Anda jadikan souvenir pernikahan atau kenang-kenangan perjalanan wisata.

Anda bisa membeli gantungan kunci, kerajinan tangan, mug, taplak meja, kipas, dan barang lainnya baik jumlah grosir maupun eceran. Banyak pasangan pengantin yang sering berkeliling lantai satu pasar Beringharjo ini untuk mendapatkan souvenir murah pada pernikahannya.

Bahan Pokok dan Jajanan

Selain souvenir di lantai satu sebelah timur ini Anda juga bisa menemukan banyak kios jajanan serta makanan khas Jogja berjejer. Anda bisa membeli jajanan tersebut untuk Anda nikmati sambil berkeliling atau saat bersantai setelah puas berbelanja.

Para pedagang jajanan pasar  ini juga bisa Anda temukan di bagian luar pasar dekat jalan Malioboro dan biasa buka hingga malam. Bila Anda masuk lebih ke timur, Anda juga bisa membeli berbagai kebutuhan pokok seperti beras, sayur, daging dan lainnya

Rempah dan Bumbu Dapur

Naik ke lantai dua area timur pasar, aroma khas rempah dan bumbu dapur bisa tercium dengan sangat jelas. Berbagai bumbu mentah maupun bumbu jadi bisa Anda dapatkan di sini seperti misalnya bumbu merah, bumbu kuning, dan sebagainya.

Rempah-rempah segar seperti kapulaga, kemiri, cengkeh, serta sejumlah rempah lain juga bisa Anda beli di lantai dua. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang senang masak dan butuh bumbu lengkap tanpa harus repot berkeliling pasar.

Barang Antik dan Dekorasi Rumah

Di lantai paling atas Pasar Beringharjo merupakan tempat paling tepat untuk Anda yang menyukai barang antik dan kerajinan menarik. Ada banyak dekorasi rumah baik barang retro maupun hasil kerajinan tangan yang terdapat di lantai ini.

Barang-barang antik ini juga bisa Anda temukan di area luar pasar tepatnya di pasar sore Malioboro yang juga menjual barang lama. Anda bisa mendapatkan koleksi uang lama, lampu tempo dulu dan barang menarik lainnya dengan harga yang terjangkau.

Lokasi dan Rute Menuju Pasar Beringharjo

Lokasi Pasar Beringharjo berada dekat dengan berbagai tempat wisata Jogja terkenal seperti Malioboro, Taman Pintar, dan Benteng Vredeburg. Tepatnya berada di Jl. Margo Mulyo No.16, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta.

Untuk menuju pasar ini pun cukup mudah karena terletak di antara jalan-jalan protokol Kota Jogja. Cukup gunakan navigasi dari Google maps dengan memasukan titik Pasar Beringharjo, Anda sudah bisa dapatkan rute terbaik menuju lokasi.

Bisa pula dengan memanfaatkan jasa sopir dari tempat sewa mobil innova venturer Jogja yang siap mengantar Anda langsung ke tujuan. Dengan begitu Anda bisa puas berbelanja dengan mudah tanpa harus repot lagi berjalan kaki atau mencari rute menuju Pasar Beringharjo.

Jam Operasional Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo buka mulai dari jam 05.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB setiap hari kecuali saat hari Selasa Wage. Namun di luar jam tersebut Anda masih bisa berbelanja di sekitar pasar karena masih banyak pedagang yang buka.

Seperti misalnya pasar senthir dan pasar sore Malioboro yang buka dari sore hingga malam hari. Jika Anda ingin berkunjung usahakan datang saat musim kemarau agar bisa bebas berkeliling tanpa takut kehujanan saat berbelanja.

Minta juga sopir dari tempat rental bus pariwisata Jogja yang Anda gunakan untuk parkir di sekitar pasar Beringharjo agar lebih mudah. Dengan begitu Anda tidak perlu berjalan kaki jauh dari parkiran untuk bisa sampai ke pasar.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)