SalSari Resto & Coffee

Pasar beringharjo sudah menjadi destinasi wajib untuk wisatawan yang datang berkunjung ke Jogja khususnya jalan malioboro. Di tempat ini Anda bisa mendapatkan berbagai macam barang menarik dengan harga murah yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Jogja.

Ketenaran pasar tradisional di Jogja ini bahkan sudah terkenal sejak zaman kolonial Belanda bersama dengan bangunan bersejarah lainnya. Lokasinya yang strategis membuat pasar ini selalu ramai dikunjungi tidak hanya oleh warga lokal tapi juga wisatawan mancanegara.

Banyak paket wisata Jogja yang ditawarkan biro perjalanan memasukan Pasar Beringharjo ini sebagai salah satu tujuan dalam itinerarinya. Namun dibalik itu semua pasar ini menyimpan banyak nilai sejarah dan hal menarik yang membuatnya begitu istimewa berikut beberapa diantaranya:

Sejarah Pasar Beringharjo

Sejarah Pasar Beringharjo

Pada awal pendirian keraton Yogyakarta tahun 1758, area pasar ini masih berupa hutan beringin lebat yang dijadikan tempat transaksi seadanya. Masyarakat masih melakukan transaksi jual beli dengan cara sederhana tanpa adanya kios atau lain sebagainya.

Baru pada tahun 1925, atas perintah Keraton Yogyakarta bersama Perusahaan Beton Hindia Belanda Nederlandsch Indisch Beton Maatschappij dibangunlah beberapa kios. Pembangunan ini dimulai pada tanggal 24 Maret dan pada bulan Agustus telah berhasil membangun 11 kios disusul bagian bangunan lainnya.

Pada tanggal 24 Maret itu pula, Sri Sultan Hamengkubuwono VIII meresmikan nama pasar tersebut dengan nama Beringharjo. Nama ini berasal dari kata bering atau beringin dan harjo atau sejahtera yang secara harfiah berarti beringin yang memberi kesejahteraan.

Penamaan beringharjo ini pun sangat sesuai dengan sejarah pasar yang dulu berupa hutan beringin. Selain itu beringin ini menjadi lambang yang tepat untuk menunjukan kesejahteraan yang mengayomi seluruh masyarakat.

Jam Buka Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo buka mulai dari jam 05.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB setiap hari kecuali saat hari Selasa Wage. Namun di luar jam tersebut Anda masih bisa berbelanja di sekitar pasar karena masih banyak pedagang yang buka.

Seperti misalnya pasar senthir dan pasar sore Malioboro yang buka dari sore hingga malam hari. Jika Anda ingin berkunjung usahakan datang saat musim kemarau agar bisa bebas berkeliling tanpa takut kehujanan saat berbelanja.

Minta juga sopir dari tempat rental bus pariwisata Jogja yang Anda gunakan untuk parkir di sekitar pasar Beringharjo agar lebih mudah. Dengan begitu Anda tidak perlu berjalan kaki jauh dari parkiran untuk bisa sampai ke pasar.

Rute Menuju Lokasi Pasar Beringharjo

Lokasi Pasar Beringharjo Baru

Lokasi Pasar Beringharjo berada dekat dengan berbagai tempat wisata Jogja terkenal seperti Malioboro, Taman Pintar, dan Benteng Vredeburg. Tepatnya berada di Jl. Margo Mulyo No.16, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta.

Untuk menuju pasar ini pun cukup mudah karena terletak di antara jalan-jalan protokol Kota Jogja. Cukup gunakan navigasi dari Google maps dengan memasukan titik Pasar Beringharjo, Anda sudah bisa dapatkan rute terbaik menuju lokasi.

Bisa pula dengan memanfaatkan jasa sopir dari tempat sewa mobil innova venturer Jogja yang siap mengantar Anda langsung ke tujuan. Dengan begitu Anda bisa puas berbelanja dengan mudah tanpa harus repot lagi berjalan kaki atau mencari rute menuju Pasar Beringharjo.



By Categories: Destinasi, Jogja

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)