SalSari Resto & Coffee

Kota Jakarta tidak pernah kehabisan tempat wisata yang menarik. Dari mulai tempat wisata modern hingga tradisional. Salah satunya adalah Pasar Tanah Abang.

Selain belanja di mall bagus di Jakarta, Pasar Tanah Abang juga menyediakan berbagai macam barang kebutuhan dan dibanderol dengan harga yang miring.

Pasar legendaris ini merupakan salah satu pasar tertua di Jakarta yang memiliki sejarah yang cukup panjang hingga akhirnya menjadi pusat grosir tekstil terbesar di Asia Tenggara. Tak heran bila pasar ini juga menjadi salah satu destinasi wisata kekinian di Jakarta.

Berikut ulasan lebih lengkapnya kami berikan hanya untuk Anda!

Sejarah Singkat Pasar Tanah Abang

sejarah Pasar Tanah Abang

Salah satu pasar besar di daerah Jakarta ini sudah berdiri sejak tahun 1735. Nama Tanah Abang yang melekat di pasar ini berasal dari bahasa Jawa yang artinya “tanah merah.”

Sejak awal, pasar ini memang diisi oleh para pedagang tekstil, walau ada pula pedagang yang menjual barang-barang kelontong lainnya. Dan karena dulu pasar ini buka hanya pada hari Sabtu, maka disebutlah Pasar Sabtu.

Pasar ini sudah melalui banyak sekali peristiwa bersejarah, mulai dari Peristiwa Geger Pecinan hingga beberapa insiden kebakaran. Oleh sebab itu, pasar ini juga sudah melalui cukup banyak proses renovasi dan perbaikan.

Sekarang, pasar ini sudah jauh lebih modern dengan diperlengkapi pendingin ruangan. Pasar yang dikelola oleh PD. Pasar Jaya ini juga terdiri dari enam blok, yaitu Blok A hingga Blok G.

Jam Buka Pasar Tanah Abang

Jam Operasional Pukul
Senin – Minggu 06.00 – 16.00 WIB

Lokasi Pasar Tanah Abang

Pasar Tanah Abang sendiri beralamatkan di Jalan H. Fachrudin No. 1, Kp. Bali, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Untuk mencapai lokasi pasar ini Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Sementara bagi para wisatawan yang datang dari luar kota menggunakan kereta, bisa memanfaatkan layanan rental mobil stasiun Gambir Jakarta pada agen travel organizer yang terpercaya, Salsa Wisata.

Untuk kendaraan umum, Anda bisa menggunakan KRL atau TransJakarta. Jika menggunakan KRL, Anda bisa langsung turun di Stasiun Tanah Abang. Atau, bisa juga turun di Stasiun Karet dan melanjutkan perjalanan dengan angkutan umum Jak Lingko.

Fasilitas di Pasar Tanah Abang

fasilitas Pasar Tanah Abang

  • Parkiran
  • Masjid
  • Toilet umum
  • Eskalator dan Lift
  • Foodcourt
  • Mesin ATM
  • Tempat duduk santai

Harga Tiket Masuk Pasar Tanah Abang

Tidak ada harga tiket masuk yang Anda perlu bayarkan untuk datang berkunjung ke pasar yang penuh sejarah ini. Anda hanya perlu menyiapkan uang parkir kendaraan, jika membawa kendaraan pribadi, juga budget yang cukup untuk berbelanja.

Sebab, di sini adalah surganya tekstil yang bisa Anda jadikan buah tangan bagi keluarga atau sahabat terkasih.

Daya Tarik di Pasar Tanah Abang

daya tarik Pasar Tanah Abang

Pasar ini terbagi menjadi tiga gedung utama, yaitu Tanah Abang Lama, Tanah Abang Metro dan Tanah Abang AURI. Masing-masing memiliki blok-bloknya tersendiri serta daya tarik yang berbeda-beda.

Surga Busana dan Tekstil

Hampir mirip dengan Pasar Mayestik, pasar ini merupakan surganya produk-produk busana dan tekstil. Di sini, Anda dapat menemukan kain-kain dengan beragam macam warna dan kualitas untuk dijadikan busana.

Ada pula benang-benang dan peralatan jahit, menyulam, bordir dan sebagainya. Sangat lengkap sehingga Anda tidak perlu repot-repot mengunjung lokasi lain.

Kemudian, di pasar ini juga terdapat puluhan, bahkan ratusan, toko atau gerai yang menjual aneka busana. Ada busana untuk wanita, pria dan anak-anak.

Busana-busananya pun terbagi ke beberapa jenis. Ada busana formal, seperti kebaya, kain, jas, blazer, kemeja kerja dan lain-lain. Ada pula busana non-formal, seperti kaos oblong, piyama, baju anak-anak pakaian dalam dan lain-lain.

Kemudian, ada pula keperluan rumah tangga berbahan dasar kain, seperti selimut, sprei dan sarung bantal, yang dijual di sini. Ada pula taplak meja dan tirai. Lalu, ada bagian khusus yang menjual busana dan kain-kain batik.

Produk-produk ini tentu bisa Anda jadikan sebagai salah satu pilihan oleh-oleh khas Jakarta kekinian. Selain itu, ada juga bagian yang menjual produk-produk dari Timur Tengah.

Biasanya, bagian ini ramai oleh para pengunjung yang baru saja pulang dari tanah suci untuk berburu oleh-oleh. Masih banyak lagi pilihan busana yang bisa Anda beli di sini.

Belum lagi busana muslimah dan keperluan ibadah umat Islam yang beragam. Tak heran bila pasar ini selalu ramai para pengunjung dan pedagang.

Berbelanja Aksesori Pelengkap Penampilan

Tak jauh berbeda dengan Pasar Bawah Pekanbaru, Anda bisa menemukan bermacam-macam aksesori guna menunjang penampilan.

Ada perhiasan, seperti gelang, cincin, kalung, anting dan bros. Ada pula tas, sepatu, jaket, dompet, ikat pinggang dan sebagainya.

Perhiasan pun beraneka ragam. Ada yang dari emas putih, emas kuning, perak dan plastik (untuk anak-anak).

Tas dan sepatu pun beragam model, ukuran dan warna. Pokoknya lengkap dan dijamin Anda puas mengelilingi pasar ini.

Berwisata Kuliner

Di sini juga terdapat food court, restoran dan pedagang kaki lima yang menjual aneka ragam makanan dari berbagai provinsi di Indonesia. Dari mulai masakan Padang, Sunda, Jawa hingga Jakarta, semuanya ada di sini.

Tapi, ada pula gerai-gerai makanan cepat saji khas luar negeri yang sudah terkenal, seperti A&W, CFC dan Gokana. Nah, itu adalah beberapa daya tarik yang bisa Anda dapatkan di Pasar Tanah Abang.

Pada umumnya memang para pengunjung datang untuk berbelanja busana dan bahan-bahan tekstil lainnya. Jika Anda berencana untuk mengunjungi pasar ini, maka lebih baik bila Anda datang di pagi hari.

Dengan begitu, Anda akan memiliki cukup waktu untuk mengelilingi pasar ini sepuas hati. Selain itu, jangan lupa pula untuk menyiapkan budget dan daftar barang-barang yang hendak Anda beli.

Di sini, Anda bisa mendapatkan harga miring, apa lagi bila Anda membeli banyak produk. Jadi, jangan ragu untuk tawar-menawar dengan para penjual ya!



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)