earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Sumatera Utara sungguh kaya akan potensi wisata alamnya. Sebut saja Danau Toba dengan Pulau Samosirnya. Lalu di Langkat, ada Air Terjun Pelaruga yang akan menjadi topik utama pada hari ini.

Mungkin Anda masih sangat asing dengan nama air terjun ini lantaran memang air terjun ini tak seterkenal Air Terjun Sipiso Piso. Tapi keindahannya tak boleh diremehkan. Anda sendiri akan sangat terkejut saat melihatnya.

Airnya jernih seperti kristal dan terasa sangat menyegarkan. Belum lagi dukungan panorama hijau dari ratusan atau mungkin ribuan vegetasi liar yang tumbuh subur di sekitarnya.

Kondisi topografi yang menarik ini tentu menjadi ‘magnet’ bagi wisatawan untuk datang dan menikmatinya. Penasaran kan seperti apa asiknya liburan di objek wisata Medan yang satu ini? Ikuti terus ulasan berikut ini.

Sekilas Tentang Air Terjun Pelaruga

Pelaruga adalah sebuah objek wisata air terjun alami yang terletak di Kabupaten Langkat, Sumut. Air terjun ini sangat diminati oleh wisatawan lokal, khususnya mereka masyarakat Langkat lantaran dekat dan murah.

Bagi mereka, tempat wisata di Medan yang bagus ini sangat ideal sebagai destinasi liburan karena view alamnya yang sangat memikat dan juga spot wisatanya yang juga menarik hati.

Memang benar bahwa di kawasan wisata air terjun ini, ada 2 spot wisata yang tergolong unik. Kedua spot wisata tersebut adalah Kolam Abadi dan Air Terjun Teroh-Teroh.

Hebatnya lagi, air terjun favorit masyarakat Langkat ini juga menyediakan spot untuk susur sungai dan body rafting. Kami jamin liburan di sini akan membuat Anda lupa dengan kesibukan Anda.

Daya Tarik Air Terjun Pelaruga

Air Terjun Pelaruga

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Berbicara soal daya tarik, jelas sekali bahwa situs air terjun alami adalah daya tarik utamanya. Kolam Abadi kemudian menjadi daya tarik berikutnya.

Lantas ada aktivitas body rafting dan juga susur sungai sebagai daya tarik selanjutnya. Dan yang terakhir adalah spot foto yang mana salah satunya adalah spot foto underwater seperti di Umbul Ponggok.

Air Terjun

Sepertinya sudah menjadi suatu hal yang sifatnya wajib untuk menikmati segarnya air terjun Langkat ini saat Anda sudah sampai di lokasi. Jangan sia-siakan kesempatan ini.

Airnya jernih dan debit airnya stabil meski di musim kemarau. Situs air terjun utama ini tak begitu tinggi; ketinggiannya kurang lebih hanya 12 meter saja.

Tak jauh dari air terjun utama, terdapat Air Terjun Teroh-Teroh yang bisa jadi opsi tempat wisata terdekat apabila air terjun utama penuh sesak oleh pengunjung.

Sama seperti air terjun utama, air terjun yang kedua ini juga memiliki kondisi air yang bening dan segar. Di bawahnya terdapat sebuah kolam alami yang dinamakan Kolam Abadi.

Bermain Air dan Berenang di Kolam Abadi

Air pada Kolam Abadi ini juga sangat bening dan bersih lantaran airnya berasal dari mata air alami yang mengalir melalui air terjun. Dan jika dilihat dari kejauhan, air pada Kolam Alami ini terlihat biru bening layaknya sebuah laguna alami yang tak pernah terjamah oleh manusia.

Kolam Abadi ini cukup dalam, yaitu kedalamannya sekitar 3 meter dengan batu-batuan dan juga pasir di bagian dasarnya. Untuk keselamatan, pengunjung yang ingin berenang wajib mengenakan rompi pelampung yang sudah tersedia di dekat kolam.

Rasakan dinginnya air kolam ini saat pertama kali tubuh Anda bersentuhan dengan air. Nikmati sensasi melayang di atas air dengan dukungan rompi pelampung yang Anda kenakan.

Serunya Susur Sungai dan Body Rafting

Susur sungai dan body rafting wajib Anda coba karena kapan lagi Anda akan memiliki pengalaman watersport di lokasi wisata yang menakjubkan ini.

Body rafting akan dilakukan bersama rombongan dan tentunya akan mendapat pendampingan dari seorang pemandu profesional. Selama melakukan body rafting, Anda dan rombongan akan melayang menyusuri jalur sungai selama kurang lebih 30 menit.

Soal perlengkapan, tak usah khawatir karena pihak pengelola telah menyiapkan life vest yang wajib Anda pakai. Life vest ini semacam pakaian khusus yang akan membuat tubuh terus terapung di air.

Tubuh Anda dan rombongan nantinya akan hanyut mengikuti arus sungai hingga tiba di kolam alami Air Terjun Teroh-Teroh. Jadi, selama perjalanan menyusuri sungai, Anda dapat menyaksikan keindahan tebing dan hutan di kanan-kiri Anda.

Spot Foto

Inilah part yang paling ditunggu-tunggu: foto-foto atau swafoto. Banyak sekali spot foto yang bisa Anda eksplorasi. Anda boleh menjadikan spot-spot foto ini sebagai objek utama hobi fotografi Anda atau sekedar backdrop untuk swafoto Anda.

Semua spot foto yang ada di kawasan wisata air terjun Langkat ini adalah spot foto alami. Ada beberapa spot foto di sini yang jadi pilihan favorit, yaitu air terjun, tebing batu, pepohonan, dan Kolam Abadi. Masing-masing menawarkan keindahan yang khas.

Fasilitas di Kawasan Wisata Air Terjun Pelaruga

Wisata Pelaruga

Untuk kategori wisata alam yang terletak jauh dari perkotaan, wisata air terjun ini mempunyai daftar fasilitas yang sangat lengkap.

Bahkan untuk fasilitas pemandu yang bertugas memandu setiap rombongan tersedia di sini. Para pemandu di sini adalah mereka yang profesional dan memiliki pengetahuan yang mumpuni soal body rafting.

Jauh dari spot air terjun, terdapat area parkir yang cukup luas. Daya tampungnya lumayan besar. Kendaraan mobil, motor, dan minibus bisa terakomodasi dengan baik di sini.

Jadi, Anda yang datang bersama rombongan yang menggunakan paket rental mobil Hiace Premio di Medan, tak perlu cemas soal parkir. Fasilitas penting lainnya yang bisa dengan mudah Anda temui di sini adalah toilet dan kamar bilas yang juga berfungsi sebagai kamar ganti.

Khusus untuk pengunjung yang ingin menjajal body rafting, tersedia fasilitas sewa life vest dan juga pelampung. Tentu ada juga fasilitas warung wisata yang menjual berbagai sajian lezat dan juga minuman.

Sebagian besar menu makanan yang dijual adalah makanan khas Medan halal. Terdapat juga pilihan menu lainnya yang menarik untuk dicicip.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Pelaruga

Sebelum memasuki lokasi wisata alam ini, semua pengunjung harus membeli tiket masuk. Biaya masuk air terjun ini lumayan mahal karena sudah termasuk biaya untuk jasa pemandu dan body rafting.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp50.000,00
Parkir Kendaraan Rp3.000,00 (Motor)

Rp5.000,00 (Mobil)

Lokasi dan Rute Menuju Air Terjun Pelaruga

Lokasi Wisata Pelaruga

Alamat lengkap objek wisata alam ini berada di Desa Rumah Galuh, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Dari pusat Kota Medan, waktu tempuh yang dibutuhkan kira-kira 2 jam. Akan lebih singkat jika berangkat dari Kota Binjai.

Jika dari Medan, tempuhlah jalur Lintas Sumatera atau Jalan Medan-Banda Aceh. Akses jalannya sudah sangat bagus dan dapat dilewati oleh kendaraan berbagai jenis.

Yang menarik dari rute ini adalah banyaknya sentra oleh-oleh khas Medan yang terkenal enak dan murah. Nyamankan diri Anda selama di perjalanan dengan menggaet travel organizer profesional. Salsa Wisata tentu siap menjadi fasilitator trip Anda.

Silahkan pilih paket liburan ke Medan yang Anda inginkan. Kami pastikan bahwa kami siap melayani Anda dengan kualitas pelayanan terbaik.

Jam Operasional Air Terjun Pelaruga

Anda tak perlu bingung akan datang saat libur akhir pekan atau saat weekdays karena tempat wisata air terjun buka setiap hari. Anda pun datang jam berapa saja Anda mau karena akan terus buka selama 24 jam.

Ayo tak usah tunggu waktu lama lagi. Siapkan semua kebutuhan trip Anda dari sekarang dan sambut segera momen petualangan Anda di sini. Pelaruga siap menjadi tempat petualangan baru Anda dengan segala keindahan alamnya. Jangan lupa nikmati berbagai sajian khas Langkat di pusat wisata kuliner Medan Langkat terdekat. Sudah pasti akan membuat Anda semakin bersemangat.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)