SalSari Resto & Coffee

Untuk Anda yang belum tahu, kota Bandung itu letaknya diapit oleh dua sungai dan dikelilingi oleh pegunungan. Berbagai tempat wisata hits di Bandung rata-rata mengusung tema wisata alam. Nah, salah satunya adalah pemandian air panas Ciwalini.

Pemandian ini dikelilingi oleh pemandangan alami yang masih segar. Jadi, di sini Anda bukan cuma sekadar berendam melepas penat di tubuh, tapi juga menikmati pemandangan guna melepas penat di pikiran.

Lokasi tempat pemandian ini sendiri tidak betul-betul di kota Bandung, tapi di Ciwidey. Tidak begitu jauh dari kawah putih dan tempat wisata Ciwidey kekinian lainnya.

Sekilas Tentang Pemandian Air Panas Ciwalini

drone view Pemandian Air Panas Ciwalini

Tempat pemandian ini bukan tempat buatan lho. Ciwalini ini terbentuk secara alami. Berada di ketinggian 1550 mdpl membuat pemandian air panas Ciwalini jadi tempat wisata yang sejuk. Tempat ini juga dibingkai oleh kebun teh Rancabali.

Kebun teh PTPN VIII Rancabali – Ciwidey adalah ada di setiap sisi Ciwalini. Itu membuat tempat ini jadi punya pemandangan yang memukau. Pemandangan itu bukan cuma bisa dinikmati di Ciwalini saja, tapi juga dalam perjalanan menuju ke sana.

Yang bisa dinikmati di sini adalah panorama hamparan sawah yang menghijau disertai dengan sungai. Hutan hijau di sekitar sini juga menambah keasrian tempat ini. Tak heran kalau udara di sini begitu bersih, karena asupan oksigennya sangat berlimpah.

Menikmati pemandian air panas ini tidak perlu berenang. Meskipun disediakan kolam-kolam, Anda tidak perlu berenang kalau memang tidak bisa. Anda bisa berendam saja dan menikmati pemandangan sekitar sambil membiarkan air panas memijat tubuh Anda.

Sebaliknya, kalau mau berenang, ada juga kolam renang yang disediakan. Ada beberapa wahana yang bisa Anda temukan di berbagai waterpark, seperti misalnya ember tumpah dan seluncuran.

Lokasi Pemandian Air Panas Ciwalini

Pemandian Air Panas Ciwalini sendiri beralamatkan di Jl. Raya Ciwidey – Patengan, Patengan, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Sayangnya, tempat wisata ini tidak terjangkau oleh kendaraan umum. Maka kalau Anda berlibur ke Bandung tanpa kendaraan pribadi, Anda bisa gunakan jasa rental mobil Innova Zenix Bandung.

Dengan mobil sewa, Anda bisa puas berkeliling Bandung. Bukan cuma ke Ciwalini saja, tapi juga wisata kuliner dan belanja oleh-oleh khas Bandung tahan lama.

Jam Operasional Pemandian Air Panas Ciwalini

Jam Buka Pukul
Senin – Kamis & Sabtu – Minggu 07.00 – 16.00 WIB
Jumat Tutup

Fasilitas Pemandian Air Panas Ciwalini

fasilitas playground Pemandian Air Panas Ciwalini

Untuk menunjang kenyamanan pengunjung, pihak pengelola sudah membangun banyak fasilitas dan sarana penunjang. Beberapa fasilitas standar yang ada di sini yaitu:

  • Parkiran
  • Toilet
  • Mushola
  • Tempat duduk
  • Kamar mandi bilas
  • Penginapan
  • Playground
  • Pendopo
  • Gazebo
  • Warung makan

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Ciwalini

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp40.000,00
Kamar rendam Rp25.000,00
Kolam VIP Rp175.000,00
Terapi ikan Rp10.000,00
Parkir motor Rp8.000,00
Parkir mobil Rp15.000,00
Parkir bus/truk Rp30.000,00

Daya Tarik Pemandian Air Panas Ciwalini

kolam renang Pemandian Air Panas Ciwalini

Berenang

Kolam renang yang ada di sini sangat luas. Ada dua jenis kolam, yakni kolam dangkal untuk anak-anak dan kolam yang lebih dalam untuk orang dewasa. Dua kolam ini sengaja dibangun berdekatan, jadi Anda bisa mengawasi anak Anda berenang di kolam anak.

Ada juga waterboom dengan berbagai wahana air yang seru. Tidak kalah dengan kolam renang bagus di Bandung lainnya. Tenang saja, meskipun pengunjungnya selalu ramai, kebersihan air di kedua kolam ini selalu terjaga.

Bermain di Kolam Keluarga

Nah, kolam keluarga ini sedikit berbeda dengan kolam renang yang disebutkan di atas. Selain tiket masuknya lebih murah, kolam ini tidak dilengkapi dengan berbagai wahana seru. Kolamnya juga tidak dalam, jadi bisa dinikmati oleh anggota keluarga yang tidak bisa berenang.

Pada dasarnya, ketika Anda masuk ke kolam keluarga, Anda cuma akan berendam sambil bercengkrama dengan keluarga. Meskipun minim fasilitas, kolam keluarga ini cukup banyak peminatnya, lho. Soalnya Anda tidak perlu bisa berenang untuk bisa menikmati airnya.

Berendam Personal di Kamar Rendam

Semua kolam renang di atas, baik yang kolam renang biasa ataupun kolam keluarga, dilengkapi dengan air panas. Meskipun begitu, kalau Anda tidak suka berendam beramai-ramai dengan orang lain, Anda bisa lho, berenang sendiri di kamar rendam.

Di dalam kamar rendam, terdapat kolam yang bersih dan air yang kehangatannya tetap terjaga. Memang, harga sewa kamar rendam lebih mahal dibanding kolam. Namun itu memang sepadan jika dibandingkan dengan privasi yang bisa Anda dapatkan.

Terapi Ikan

Kalau Anda sudah selesai berenang, Anda masih bisa menikmati wahana lain di Ciwalini. Salah satunya adalah kolam terapi ikan.

Seperti yang sudah Anda duga, di kolam ini ada ikan-ikan kecil yang memang sering untuk menggigiti kaki pengunjung. Anda hanya tinggal mencelupkan kaki ke sana.

Jangan khawatir, gigitan ikan-ikan ini tidak sakit, kok. Rasanya cuma sedikit geli. Kabarnya sih, gigitan ikan-ikan ini bisa menurunkan lemak tubuh, menenangkan pikiran, dan melancarkan sirkulasi darah.

Terlepas dar benar atau tidaknya, Anda tetap bisa menikmati suasana rileks sambil berendam kaki di sini.

Main di Playground

Anak-anak pasti suka yang satu ini. Setelah berenang, Anda bisa mengajak mereka bersantai dan bermain di arena playground ini. Taman ini punya kolam berair jernih dan bunga-bunga yang cantik.

Pemandangan hijau pepohonan juga menambah keasrian. Ada banyak wahana khusus anak yang ada di taman bermain ini.

Beberapa di antaranya adalah ayunan, panjat-panjatan, seluncuran, dan jungkat-jungkit. Ada juga lho, wahana yang lebih menantang, seperti flying fox, ATV, dan motor cross. Pasti anak Anda akan puas menghabiskan waktu di sini.

Ingin liburan ke Bandung lengkap tanpa harus pusing memikirkan soal transportasi dan akomodasi? Anda bisa pesan paket tour wisata Bandung murah dari Salsa Wisata.

Kami menyediakan banyak pilihan paket menarik dengan destinasi wisata populer dan kekinian. Boleh juga Anda menentukan sendiri tempat wisata yang ingin Anda kunjungi. Harganya terjangkau dan fasilitasnya lengkap. Yuk, segera booking liburan Anda sekarang.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)