SalSari Resto & Coffee

Ternyata, destinasi wisata di Banyuwangi tidak hanya tentang Kawah Ijen atau Taman Nasional Baluran yang terkenal. Ada juga wisata yang kental akan kisah mistis seperti Petilasan Prabu Tawang Alun.

Petilasan ini sendiri berada di kawasan Rowo Bayu, di mana kawasan ini mulai viral karena cerita KKN di Desa Penari. Oleh sebab itu, destinasi wisata yang satu ini sangat berbeda dari yang lain.

Sekilas Tentang Petilasan Prabu Tawang Alun

Rowo atau Rawa Bayu merupakan objek wisata alam berupa rawa yang letaknya berada di lereng Gunung Raung. Kawasan ini juga ada di tengah hutan lindung. Oleh sebab itu, ketika memasukinya udara begitu sejuk.

Begitu juga saat memasuki kawasan Petilasan Prabu Tawang Alun Banyuwangi, udara begitu sejuk menerpa. Banyak pepohonan besar dan tinggi di sisi kanan dan kiri. Tapi, kesejukan ini tak lepas dari hawa mistis.

Fasilitas di objek wisata ini juga tergolong lengkap. Tapi satu hal yang harus menjadi perhatian adalah petilasan ini masih aktif sebagai tempat beribadah atau bersemedi orang-orang.

Fasilitas Petilasan Prabu Tawang Alun

Tiket Masuk Petilasan Prabu Tawang Alun

Kawasan wisata ini memiliki fasilitas yang lengkap untuk pengunjung. Beberapa di antaranya seperti;

  • Tempat parkir
  • Toilet umum
  • Pusat informasi
  • Tempat ibadah
  • Spot foto instagenic
  • Perahu wisata
  • Warung
  • Wahana permainan seru seperti rafting
  • Gazebo
  • Candi/pura

Area parkir cukup untuk pengunjung yang datang bersama dengan rombongan menggunakan sewa bus pariwisata Banyuwangi. Apalagi lokasi kawasan Rowo Bayu ini letaknya tidak terlalu jauh dari kota Banyuwangi.

Harga Tiket Masuk Petilasan Prabu Tawang Alun

Tiket Petilasan Prabu Tawang Alun gratis, sehingga pengunjung tidak perlu membayarnya. Tapi, ada retribusi parkir baik untuk sepeda motor atau mobil.

Retribusi Tarif
Parkir Motor Rp3.000
Parkir Mobil Rp5.000

Pengunjung juga sebaiknya menyiapkan uang lebih jika ingin menikmati sajian makanan khas Banyuwangi yang ada di sini. Tapi tenang saja, harga makanan dan minuman di warung sangat terjangkau.

Rute Menuju Lokasi Petilasan Prabu Tawang Alun

Lokasi Petilasan Prabu Tawang Alun

Lokasi Petilasan Prabu Tawang Alun ini berada di kawasan Rowo Bayu yang berada di Sambungrejo, Bayu, Songgon, Banyuwangi. Jika dari Alun-Alun Kota Banyuwangi, jaraknya sekitar 36 km atau 1 jam perjalanan.

Dari Banyuwangi, arahkan kendaraan ke Jln Raya Banyuwangi – Jember. Nanti ada pertigaan yang ada masjid besar hijau di sebelah kiri jika dari Banyuwangi. Di pertigaan ini juga ada plang penunjuk arah Rowo Bayu.

Ada papan hijau kecil yang mengarahkan kendaraan ke Rowo Bayu, Petilasan Prabu Tawang Alun. Jarak lokasi dari papan ini sekitar 3,5 km. Jika sudah bertemu pertigaan ini, ikuti saja arah penunjuk jalan ke lokasi.

Pastikan untuk perjalanan ini menggunakan kendaraan yang prima dengan driver berpengalaman. Layanan jasa sewa Hiace Banyuwangi bisa membantu wisatawan dalam jumlah yang cukup banyak.

Jam Buka Petilasan Prabu Tawang Alun

Jam operasional objek wisata ini buka setiap hari selama 24 jam. Tapi, untuk warung dan fasilitas lain buka dari pagi hingga sore hari dan biasanya buka hingga sekitar pukul 16.00 WIB saja.

Lokasi objek wisata Rowo Bayu dan petilasan ini memang ada di kawasan hutan lindung. Tapi, selama perjalanan menuju lokasi, ada banyak pusat oleh-oleh Banyuwangi karena memang dekat dari pusat kota.

Daya Tarik Petilasan Prabu Tawang Alun

Sejarah Petilasan Prabu Tawang Alun

Untuk wisatawan yang ingin berkunjung ke kawasan Rowo Bayu atau melihat petilasan, sebaiknya memang tidak datang sendiri. Manfaatkan layanan rental mobil Banyuwangi jika ingin datang bersama rombongan.

Rowo Bayu

Petilasan ini masih satu area dengan Rowo Bayu. Rawa ini memiliki air yang sangat jernih dan dingin. Pemandangan di sekitarnya juga sangat indah dan sejuk. Udaranya juga sangat bersih.

Ini karena lokasinya berada di kawasan hutan lindung. Di rawa ini, pengunjung bisa bersantai menikmati keindahan alamnya atau berfoto. Suasananya sebenarnya sangat cocok untuk melepas penat di akhir pekan.

Tapi, karena banyak yang mengaitkan rawa ini dengan kisah KKN di Desa Penari, mau tidak mau kesan mistis juga terasa. Walau demikian, rawa ini menyajikan view yang instagramable.

Duduk atau sekedar melihat keindahan Rowo Bayu semakin menyenangkan dengan menikmati wisata kuliner dari warung. Anda bisa membeli makanan dan minuman di warung sebelum masuk ke sini.

Objek Wisata Bersejarah

Petilasan ini merupakan tempat bersejarah dari Raja Blambangan, yakni Prabu Tawang Alun. Tempat ini juga tidak lepas dari spekulasi warganet tentang tempat di mana kisah KKN di Desa Penari terjadi.

Prabu Tawang Alun merupakan sosok raja yang menguasai timur Pulau Jawa, yakni Banyuwangi, Lumajang dan Jember. Adapun Blambangan sendiri adalah cikal bakal dari daerah Banyuwangi saat ini.

Tempat ini sendiri menjadi lokasi Prabu Tawang Alun bersemedi setelah dirinya menyesal membunuh adiknya yang memberontak. Wangsit atau ilham hasil semedi inilah yang konon menjadi asal munculnya Keraton Macan Putih.

Saat ini, Petilasan Prabu Tawang Alun Banyuwangi Jawa Timur ini menjadi tempat ritual, semedi dan berdoa. Bahkan hingga sekarang masih ada orang-orang yang datang untuk melakukan kegiatan tersebut.

Candi Puncak Angklung Macan Putih

Masih di area yang sama, ada candi yang kental dengan kisah mistis, yakni Candi Puncak Angklung Macan Putih. Tidak sedikit yang percaya bahwa di candi inilah bersemayam leluhur atau sosok yang menjaga Rowo Bayu.

Di candi ini pula sang prabu bertemu dengan harimau putih sesuai dengan wangsitnya. Di kawasan ini pula, ada yang menganggap bahwa ini adalah gerbang gaib menuju Alas Purwo Banyuwangi.

Tiga Sendang Keramat

Di kawasan tempat wisata ini juga terdapat sendang atau mata air yang sangat jernih. Sendang ini memiliki panorama alam yang menakjubkan. Banyak pepohonan rindang dan udaranya pun sangat sejuk.

Sebelum memasuki kawasan sendang, ada sebatang pohon besar yang berumur ratusan tahun. Konon, ada penjaga kawasan sendang yang bersemayam di pohon. Dia akan mengganggu manusia yang berniat jahat.

Terdapat 3 sendang yang bernama Sendang Kamulyan, Sendang Wigangga dan Sendang Keputren. Ketiganya memiliki jumlah pancuran atau mata air berbeda-beda. Tapi, semuanya memiliki air yang jernih.

Ada yang percaya bahwa sendang ini adalah tempat mandi bidadari, ada juga yang percaya bahwa air di sendang bisa mengobati penyakit. Percaya atau tidak, sendang ini menawarkan view yang instagenik dan relaxing.

Jika ingin menjelajahi wisata di Banyuwangi termasuk ke Rowo Bayu dan Petilasan Prabu Tawang Alun, manfaatkan layanan dari Salsa Wisata. Ada banyak pilihan paket wisata Banyuwangi ke dengan harga yang bersaing.



By Categories: Banyuwangi, Destinasi

Bagikan Artikel Ini Ke:

Apa yang menarik minat Anda?

5/5 - (2 votes)