earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Lhoknga, salah satu daerah di Kabupaten Aceh Besar, rupanya memiliki hidden gem berupa gua karst lengkap dengan danau yang indah. Pucok Krueng namanya.

Karst sendiri merupakan suatu ekosistem yang umumnya memiliki sungai penyimpan air bawah tanah. Kawasan ini juga sangat identik dengan kandungan mineral dan juga habitat flora dan fauna.

Daerah karst yang ada di Lhoknga ini kini ramai oleh wisatawan dan telah bertransformasi sebagai tempat wisata terkenal di Aceh.

Panorama khas goa karst dan juga hijaunya daerah perbukitan karst menjadi daya tarik utama tempat ini. Tak hanya itu, wisatawan juga akan merasakan udara yang sejuk dan air gua yang jernih dan berwarna hijau kebiruan.

Sekilas Tentang Pucok Krueng Lhoknga

Banyak pegiat lingkungan di Kabupaten Aceh besar mengklaim bahwa tempat ini merupakan salah satu karst kelas satu di Indonesia.

Kawasan karst kelas satu di sini merupakan kawasan sumber daya alam yang dilindungi dan tidak boleh ada aktivitas pertambangan. Ada beberapa kriteria sebuah kawasan karst masuk dalam kategori kawasan karst kelas satu.

Kriteria tersebut antara lain:

  1. Terdapat akuifer, yaitu tempat penyimpanan air bawah tanah
  2. Sungai bawah tanah
  3. Danau bawah tanah
  4. Gua bawah tanah
  5. Sungai bawah tanah
  6. Fauna dan flora yang khas

Jika diamati, tempat wisata Aceh ini memiliki sejumlah gua yang mengalirkan air bawah tanah ke sungai-sungai terdekat. Tempat ini juga terkenal dengan air abadinya yang murni, bersih, dan menyejukan.

Harga Tiket Wisata Pucok Krueng

Tidak ada biaya tiket masuk yang berlaku di ekowisata yang satu ini. Pengunjung hanya akan dikenai biaya parkir kendaraan, baik untuk sepeda motor maupun mobil.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Parkir Sepeda Motor Rp5.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00

Umumnya, akan terjadi kenaikan tarif parkir saat libur akhir pekan dan libur nasional. Meskipun begitu, kenaikan tarif tidaklah begitu besar.

Daya Tarik Ekowisata Pucok Krueng

pucok krueng lhoknga

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Kawasan ekowisata yang satu ini tentu memiliki daya tarik yang tak kalah cantiknya dengan Tebing Breksi dan kawasan karst lainnya. Berikut beberapa diantaranya:

Pemandangan Alam Karst yang sangat Khas

Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam karst yang sangat khas. Seperti danau karst alami yang dipercantik dengan air danau yang jernih dan berwarna biru.

Di sekeliling dinding gua karst, tumbuh vegetasi berupa pohon-pohon berdaun lebat seolah menjadi bingkai alami dinding karst tersebut.

Di tepian danau, terlihat bebatuan yang separuh tenggelam dan separuh muncul di permukaan. Batu-batu ini biasanya menjadi spot untuk selfie atau berfoto dengan latar perairan danau dan dinding karst.

Susur Gua

Kegiatan susur gua hanya boleh dilakukan jika mendapat izin dari pihak pengelola. Tak banyak wisatawan yang berani melakukan kegiatan yang cukup ekstrim ini.

Karena selain area dalam gua yang selalu digenangi air, di sini juga belum tersedia pusat persediaan perlengkapan susur gua yang memadai. Tidak seperti yang ada di Goa Pindul Jogja.

Fasilitas di Pucok Krueng

Sayangnya untuk fasilitas, tempat wisata alam ini tergolong sebagai tempat wisata yang minim akan fasilitas. Tidak ada toilet, mushola, atau bahkan warung makan.

Satu-satunya fasilitas yang tersedia adalah area parkir yang masih perlu ada perbaikan demi kenyamanan para pengunjung.

Melihat kondisi fasilitas yang masih minim, tentu kita semua berharap bahwa pemerintah setempat akan segera melengkapi tempat ini dengan fasilitas-fasilitas umum.

Khususnya toilet, sanitasi, dan sarana kebersihan yang akan membuat wisatawan semakin nyaman.

Akan jauh lebih baik lagi jika tempat ini mendapat dukungan beberapa fasilitas tambahan seperti tempat makan dengan menu-menu makanan khas Aceh Besar. Pastinya akan semakin banyak wisatawan yang berkunjung.

Lokasi & Rute Menuju Pucok Krueng Aceh

Wisata Pucok Krueng

Kawasan wisata karst ini berada di Mon Ikeun, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Lokasi ini cukup dengan objek wisata Pantai Lhoknga yang secara visual memiliki kemiripan dengan Pantai Sadranan di Jogja.

Setibanya di Kecamatan Lhoknga, pengunjung tidak akan menemukan satupun papan penunjuk jalan menuju lokasi wisata ini. Namun pengunjung dapat menggunakan Aplikasi Google Maps sebagai navigator.

Anda bisa gunakan lokasi Pantai Lhoknga sebagai titik lokasi. Jika Anda ingin menuju ke Pantai Lhoknga, Anda belok ke kiri. Namun jika Anda ingin ke kawasan wisata karst ini, Anda harus belok ke kanan.

Lokasi kawasan wisata karst ini rupanya dekat dengan area perkebunan warga, tepatnya di ujung perkebunan. Di sini, pengunjung baru akan menjumpai papan penunjuk bertuliskan ‘air abadi’.

Untuk berjaga-jaga agar Anda tidak salah jalan, Anda bisa gunakan layanan rental mobil di Aceh lengkap dengan driver dari Salsa Wisata.

Jam Operasional Pucok Krueng

Kawasan wisata karst ini buka setiap hari, termasuk hari libur nasional dari jam 09.00 sampai jam 17.00 WIB. Untuk mendapatkan pemandangan terbaik, sebaiknya Anda datang di pagi hari.

Ketika pagi hari, tidak banyak pengunjung yang datang dan udara di sekitar juga masih bersih dan segar. Suasana pun akan terasa lebih sejuk.

Air danau juga masih sangat jernih karena belum terkontaminasi oleh lumpur yang terbawa oleh sepatu pengunjung. Suasana seperti ini tentu saja akan menjadi momen yang sempurna untuk mengusir rasa penat.

Di saat yang bersamaan, Anda juga bisa bersantai memandangi keindahan danau sambil menyantap oleh-oleh khas Aceh favorit Anda.

Pucok Krueng termasuk aset wisata yang berpotensi menjadi tempat wisata hits.  Segala pesona yang ada di dalamnya bisa membuat kunjungan Anda semakin berkesan.

Apalagi jika kunjungan Anda tersebut bersama Salsa Wisata. Liburan ke kawasan wisata karst ini akan terasa jauh lebih praktis dan mudah.

Dengan berbagai paket travel yang tersedia, Anda bisa menghemat budget liburan namun tetap mendapat service yang berkelas. Jadi tidak perlu ragu lagi untuk memilih layanan yang Anda inginkan.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)