earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Green Bay atau Teluk Hijau adalah satu dari sekian banyak pesona wisata Banyuwangi yang tak diragukan lagi keindahannya.

Tak hanya Pantai Batu Banyuwangi saja yang memiliki air laut yang jernih dan berwarna biru, tapi pantai ini juga.

Tak seperti Taman Nasional Baluran yang sudah lebih dulu terkenal, nama Teluk Ijo (sebutan dari orang Banyuwangi) tadinya tak begitu populer.

Ditambah Lokasinya juga cukup tersembunyi dan akses yang masih sulit membuat nama Teluk Ijo ini kurang dikenal di telinga wisatawan.

Namun berkat daya tariknya yang sangat luar biasa, tidak menjadi persoalan bagi para wisatawan untuk berjuang menuju pantai ini.

Tak heran jika Teluk Hijau ini masuk dalam daftar tempat wisata Banyuwangi favorit selain Kawah Ijen dan Pantai Plengkung.

Sekilas Tentang Teluk Hijau

Teluk Hijau adalah tempat wisata populer di Banyuwangi yang terkenal dengan airnya yang kehijauan.

Lokasinya ada di Desa Sarongan, Selatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Jaraknya sekitar 90 KM dari Kota Banyuwangi.

Teluk ini biasanya menjadi destinasi wisata alternatif bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke Pantai Sukamade dan Taman Nasional Meru Betiri.

Dengan kata lain, teluk ini menjadi tempat singgah sebelum wisatawan berangkat menuju dua tempat wisata di atas.

Daya Tarik Teluk Hijau

Teluk Hijau Banyuwangi

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Rasanya daya tarik yang ada di teluk cantik ini layak Anda bandingkan dengan daya tarik di pantai-pantai terkenal lainnya yang ada di Banyuwangi. Pasalnya, daya tarik di sini dengan mudahnya akan membuat siapa pun kagum.

Lantas, daya tarik apa saja yang bisa Anda nikmati di sini? Dan aktivitas apa saja yang bisa Anda lakukan selama berada di tempat wisata Banyuwangi ini? Silahkan Anda simak ulasan singkatnya berikut ini.

View Teluk yang Eksotis

Teluk Ijo bak kepingan surga yang jatuh ke bumi. Kalimat ini mungkin adalah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan keindahan teluk ini.

Sepanjang kaki melangkah, Anda akan merasakan tekstur pasir putih yang halus dan hangat. Sesekali pasir terasa basah oleh ombak.

Ketika memandang ke arah lautan, air teluk yang berwarna hijau kebiruan begitu memanjakan mata Anda. Di sisi kanan-kiri teluk, terlihat batu-batu karang yang menghijau akibat ditumbuhi pepohonan.

Di kejauhan juga nampak pulau kecil yang samar-samar berwarna hijau karena vegetasi. Pulau mungil dan ‘kesepian’ ini tentu mengingatkan kita akan Pulau Menjangan dan Pulau Tabuhan di Banyuwangi.

Bermain Air dan Berenang

Anda tentu tak ingin membuat diri Anda menyesal karena tidak berenang atau setidaknya bermain air di bibir pantai Teluk Ijo ini, bukan? Ombak pantai yang kecil serta airnya yang jernih pasti akan menjadi ‘magnet’ tersendiri bagi Anda dan wisatawan lainnya untuk basah-basahan di pantai.

Air Terjun

Tak begitu jauh dari teluk, ada sebuah bukit kecil yang mana satu sisinya terdapat sebuah air terjun setinggi 8 meter. Ketika musim hujan, volume air terjun ini akan meningkat dan otomatis air terjun ini akan terlihat lebih besar.

Air terjun ini sering dimanfaatkan oleh wisatawan untuk membilas badan mereka sehabis berenang atau bermain air di teluk.

Jadi, meski jauh dari pemukiman dan fasilitas, Anda tak perlu bingung di mana Anda harus membilas badan usai berenang di Teluk Ijo.

Camping

Nah, untuk yang hobi camping, area pantai di Teluk Ijo juga sangat ideal untuk dijadikan sebagai camping site.

Namun perlu diperhatikan bahwa air laut di teluk ini sering mengalami pasang-surut. Dan ketika sedang pasang, air laut akan naik hingga memenuhi seluruh area pantai.

Oleh karena itu, sebaiknya dirikan tenda di dekat perdu atau semak agar tenda Anda aman dari air pasang. Anda juga sebaiknya meminta izin kepada pihak pengelola apabila Anda berminat untuk camping di sini.

Bunga Raflesia

Daya tarik lainnya dari yang bisa Anda nikmati di kawasan wisata Green Bay ini adalah adanya spesies bunga langka, yaitu Raflesia.

Meski tak dapat mekar kapan saja, banyak wisatawan yang ingin melihat langsung bunga ukuran besar ini.

Fasilitas di Teluk Hijau

Gambar Teluk Hijau Banyuwangi

Ada sejumlah fasilitas yang bisa wisatawan nikmati ketika berada di teluk cantik ini. Salah satunya adalah fasilitas boat atau perahu sebagai alat transportasi utama untuk antar-jemput wisatawan.

Selain fasilitas di atas, ada juga fasilitas untuk camping meski hanya berupa area biasa, bukan area khusus untuk camping. Anda boleh mendirikan tenda di sini setelah mendapat izin dari pihak pengelola.

Rasakan sensasi menginap semalaman di tempat indah ini, lalu sambut mentari pagi dengan secangkir kopi panas. Akan lebih enak lagi jika Anda jadikan oleh-oleh khas Banyuwangi yang terkenal kesukaan Anda sebagai ‘teman’ ngopi Anda.

Ada juga fasilitas area parkir untuk kendaraan sepeda motor, mobil, dan minibus. Tiap kendaraan nantinya akan mendapat tiket retribusi parkir yang tarifnya masih relatif murah.

Karena teluk ini hanya sebuah tempat singgah, belum ada fasilitas-fasilitas penting pendukung wisata di sini.

Sebut saja toilet umum, resto penyedia makanan khas Banyuwangi yang enak, mushola, dan bahkan tempat untuk istirahat seperti pondok atau gazebo.

Harga Tiket Masuk Teluk Hijau

Pihak pengelola tidak memungut biaya tiket masuk Teluk Ijo satu rupiah pun kepada semua wisatawan yang datang ke sini. Wisatawan yang datang dengan menggunakan kendaraan nantinya akan dikenai biaya retribusi parkir.

Berikut kami bagikan info tarif retribusi parkir kendaraan terbaru di objek wisata Teluk Ijo ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp0,00
Parkir Motor Rp3.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00
Sewa Perahu – One Way Rp25.000,00
Sewa Perahu PP Rp35.000,00

Tarif retribusi parkir dan biaya sewa perahu di atas adalah tarif normal. Tarif biasanya akan naik di waktu-waktu tertentu seperti libur akhir pekan dan high season.

Lokasi dan Rute Menuju Teluk Hijau

Wisata Teluk Hijau Banyuwangi

Teluk Ijo berada di Dusun Krajan, Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Lokasi ini cukup dekat dengan objek wisata Pantai Batu Banyuwangi.

Terdapat dua akses menuju Teluk Ijo, yaitu via darat dan via laut. Rute darat harus dilakukan dengan cara trekking sejauh 2 KM selama 1 jam. Anda dapat memarkirkan kendaraan di halaman rumah penduduk.

Jalur yang nantinya akan Anda lalui tidaklah mudah karena berupa tanjakan berbatu.

Selama musim hujan, jalur ini sangat licin sehingga Anda wajib hati-hati saat melewatinya. Untuk memudahkan para pengunjung, di sepanjang jalur telah dipasang tali tambang.

Rute yang kedua yaitu via laut, tepatnya menggunakan perahu. Cara ini jauh lebih cepat dan mudah.

Nah, untuk perjalanan dari Kota Banyuwangi ke Kecamatan Pesanggaran, jalur yang harus Anda lalui adalah sebagai berikut: Jalan Nasional III lalu lanjutkan ke arah Jalan Karangdoro-Genteng.

Anda juga bisa gunakan paket rental hiace Banyuwangi untuk mempermudah trip Anda menuju tempat wisata impian Anda ini.

Jam Operasional Teluk Hijau

Teluk Ijo dibuka untuk keperluan kunjungan wisata dari hari Senin hingga Minggu dari pukul 07.00 sampai pukul 16.30 WIB. Kami sarankan untuk datang saat hari biasa atau weekdays karena teluk akan cenderung lebih sepi.

Namun jika Anda tertarik untuk liburan ke beberapa tempat di Banyuwangi, Anda bisa manfaatkan paket tour Banyuwangi murah dari Salsa Siswa.

Dengan begitu Anda bisa mengunjungi banyak tempat wisata menarik dengan harga bersahabat. Jadi pengalaman liburan Anda akan semakin menyenangkan.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)