SalSari Resto & Coffee

Kalau Anda penikmat film Jurassic Park, Anda pasti ingat adegan di mana Thunderbird melayang-layang di angkasa. Tahukah Anda bahwa sebetulnya di Indonesia ada tempat seperti itu? Ya, namanya Pulau Pasumpahan.

Pulau yang masih masuk ke dalam provinsi Sumatera Barat ini punya pemandangan alam yang tidak kalah cantik dengan Pantai Gandoriah. Pesona baharinya bisa diadu dengan berbagai tempat wisata tropis di luar negeri.

Di perairan Padang rupanya ada pulau-pulau kecil yang tersebar dengan letak berbeda. Masing-masing menawarkan keindahannya sendiri-sendiri. Salah satunya adalah Pasumpahan ini.

Sekilas Tentang Pulau Pasumpahan

wisata Pulau Pasumpahan

Yang membuat pulau cantik ini menarik minat pengunjung sebetulnya bukan cuma pemandangan alamnya saja, tapi juga legenda dan sejarah di baliknya. Memang tempat wisata alam di Indonesia umumnya sarat akan hikayat.

Begitu juga di Pulau Pasumpahan ini. Ada cerita rakyat di baliknya yang disampaikan dari generasi ke generasi. Ada dua versi cerita mengenai pulau ini.

Yang pertama, banyak orang percaya bahwa pulau ini adalah tempat di mana ibu Malin Kundang murka dan mengutuk anaknya menjadi batu. Versi kedua kurang lebih sama seperti versi pertama.

Ceritanya tentang seorang anak yang durhaka pada ibunya, lalu ibunya mengutuknya menjadi bukit di pulau ini. Anda bisa lihat bahwa bentuk bukit di sini tampak seperti orang yang sedang bersujud.

Itulah sebabnya pulau ini diberi nama Pasumpahan, yang dalam bahasa Indonesia berarti kutukan. Meskipun cerita rakyat di balik tempat ini sangat menyedihkan, pengunjung boleh yakin bahwa mereka tidak akan merasakan kesedihan saat datang ke sini.

Panorama alam yang indah ditambah dengan udara khas pantai yang segar dan tempat yang jauh dari keramaian akan membuat Anda serasa ada di surga pribadi. Ada banyak wahana dan kegiatan seru yang bisa Anda lakukan di Pasumpahan.

Fasilitas Pulau Pasumpahan

fasilitas Pulau Pasumpahan

Fasilitas di pulau ini bisa dibilang cukup lengkap. Ada toilet, kamar mandi untuk bilas, dan tentu saja tempat ibadah.

Selain itu, fasilitas penunjang juga ada. Kedai makanan untuk wisata kuliner, toko souvenir untuk beli oleh-oleh khas Padang tahan lama, penginapan, dan persewaan peralatan snorkeling. Semua sudah tersedia di sini.

Harga Tiket Masuk Pulau Pasumpahan

Tidak seperti pulau-pulau lain di sekitarnya, Pulau Pasumpahan punya tiket masuk. Berikut rincian yang harus Anda siapkan kalau mau datang ke pulau ini:

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp15.000,00
Sewa boat menuju pulau Rp50.000,00-Rp75.000,00
Tiket camping Rp15.000,00

Rute Menuju Pulau Pasumpahan

pemandangan Pulau Pasumpahan

Kalau Anda berangkat dari kota Padang, Anda cuma harus menempuh jarak sekitar 35 km. Dari pusat kota, Anda bisa langsung mengarahkan kendaraan ke Padang-Painan, lalu ambil arah ke Kelurahan Sungai Pisang.

Di sana, nanti Anda akan bertemu dermaga penyebrangan ke berbagai pulau terdekat, seperti Pulau Suwarnadwipa, Pulau Pasumpahan, dan Pulau Padang.

Dari Padang ke pulau ini memang tidak terlalu jauh, tapi lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Kalau Anda wisatawan dari luar kota dan tiba di Padang dari bandara, disarankan untuk menggunakan rental mobil Fortuner Padang plus driver dari bandara.

Daya Tarik Pulau Pasumpahan

Kalau Anda datang ke sini, jangan lupa persiapkan diri Anda untuk melakukan hal-hal seru berikut ini:

Keliling Menjelajahi Pulau

explore Pulau Pasumpahan

Dari pulau ini, Anda bisa melihat keindahan pulau-pulau kecil di sekitarnya yang elok. Tentu saja Anda bisa mengeksplor sendiri pulau-pulau tersebut. Asyiknya, ombak di pantai Pasumpahan ini tidak besar dan cenderung sangat tenang.

Jadi, Anda bisa sekalian menyeberang ke pulau-pulau lain. Pulau yang biasanya masuk ke dalam paket wisata eksplorasi pengunjung adalah Pulau Padang dan Pulau Suwarnadwipa.

Bermain Air dan Pasir

bermain di Pulau Pasumpahan

Tentu saja, aktivitas yang tidak boleh dilewatkan saat sedang ke pantai adalah main air dan main pasir di pinggir pantai. Itu adalah dua keseruan wajib yang harus dilakukan di pantai mana saja. Sama seperti di Pantai Padang Tiram dan Pantai Gandoriah seperti juga di sini.

Apalagi air di sini sangat jernih. Pasirnya juga berwarna putih, bersih, dan teksturnya lembut di kaki. Ombaknya tenang. Anda bahkan bisa berenang di pinggir-pinggir pantai.

Snorkeling

snorkling Pulau Pasumpahan

Ini adalah daya tarik utama pulau-pulau cantik yang ada di perairan Padang. Sebagai salah satu tempat wisata hits di Padang yang menawarkan panorama alam, Anda akan tahu bahwa nagari Minang bukan cuma indah di daratan saja, tapi juga di bawah lautnya.

Ditambah lagi, airnya juga sangat jernih. Jadi begitu menyelam, Anda bisa melihat keindahan ekosistem laut yang masih sangat asri. Bisa dibilang, pantai di pulau ini ada surga bagi para penyelam. Kalau Anda mau snorkeling, jangan lupa bawa kamera bawah air untuk mengabadikan pemandangan bawah laut.

Hiking ke Puncak Bukit

trekking Pulau Pasumpahan

Seperti yang tadi disebutkan dalam cerita legenda, ada sebuah bukit besar di pulau ini yang bentuknya seperti orang bersujud. Bukit ini sebetulnya tidak tinggi, cuma sekitar seratus meter dari permukaan. Anda bisa hiking ke puncak bukit ini.

Dari sini, Anda bisa melihat pemandangan laut dan kepulauan dari ketinggian. Meski pemandangannya indah, kalau mau naik ke sini, Anda harus hati-hati. Soalnya, jalur naiknya belum dilengkapi dengan pagar pembatas. Pijakan kakinya juga masih berupa campuran antara batu dan tanah.

Namun, masih ada tali di pinggir tangga yang bisa dijadikan sebagai pegangan. Memang perjalannya melelahakan dan mengharuskan Anda untuk berhati-hati. Semua itu akan terbayarkan begitu Anda sudah sampai di atas. Disarankan untuk naik ke atas saat senja, jadi Anda bisa menyaksikan matahari terbenam dari ketinggian.

Main Ayunan di Atas Air

ayunan Pulau Pasumpahan

Salah satu spot foto buatan yang ada di sini adalah ayunan yang dibangun di atas air. Ayunan ini bukan berada di pasir, melainkan di area pantai yang sudah menjorok ke tengah laut. Hal ini memungkinkan karena gelombang air di sini sangat kecil.

Air lautnya juga terlihat sangat jernih, jadi kalau main ayunan di sini, Anda bisa mencelupkan kaki sambil melihat dasar laut. Tentu saja hasil fotonya nanti jadi sangat instagramable. Itulah sebabnya spot foto ini selalu jadi favorit pengunjung.

Kuliner

Setelah lelah beraktivitas di pantai, Anda bisa mengisi energi dengan cara datang ke tempat makan yang ada di pulau ini. Tempat makannya beragam, dari kedai, warung, sampai cafe, semua ada.

Sajian makanan utamanya tentu saja hidangan laut. Namun, Anda juga bisa kok menikmat makanan khas Padang kekinian yang lainnya. Kalau mau camilan, bisa pesan jagung bakar atau kelapa muda. Anda bisa makan di gazebo sambil menikmati pemandangan sekitar.

menikmati wisata kuliner Padang yang lezat di Gazebo sembari melihat pemandangan laut yang ekstotis merupakan pengalaman yang menarik bukan? Sayang sekali jika Anda lewatkan.

Jam Operasional Pulau Pasumpahan

jam buka Pulau Pasumpahan

Sebetulnya, Pulau Pasumpahan buka setiap hari selama 24 jam. Namun, jika cuaca buruk, jadwal penyeberangan tidak beroperasi. Maka dari itu, waktu terbaik untuk mengunjungi pulau ini adalah di musim kemarau, ketika air laut sedang tenang.

Ingin liburan ke Padang sambil mengeksplorasi berbagai tempat wisata lainnya di Sumatera Barat? Anda bisa pesan paket wisata dari Salsa Wisata. Kami menawarkan banyak paket wisata ke berbagai kota dan provinsi di Indonesia.

Anda hanya tinggal pilih yang sesuai budget. Atau, Anda juga bisa membuat sendiri rencana perjalanan Anda dan kami yang akan mengaturnya. Simpel, praktis, dan efisien.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)