earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Apa jadinya jika kita berlibur di pulau terluar Indonesia? Seperti di Pulau Rondo ini. Karena letaknya ada di area terluar wilayah Indonesia, tak banyak orang yang tahu tentang pulau ini.

Padahal faktanya, pulau ini memiliki potensi pariwisata dan SDM yang sangat besar. Kawasan pantai, misalnya, menjadi sorotan para pelancong karena pantai di pulau ini sungguh eksotis.

Jika pemerintah daerah dan pusat melihat potensi ini lalu mengembangkannya, kemungkinan besar pulau ini akan bertransformasi seindah Gili Meno Lombok.

Sekilas Tentang Pulau Rondo

Posisi pulau ini berada di ujung Utara Sumatera. Lebih tepatnya di sisi Barat Pulau Weh dan berbatasan dengan Negara India. Secara letak, pulau ini sangat strategis karena berada di area pelayaran internasional.

Berdasarkan data terkini, pulau ini adalah satu dari 12 pulau terluar Indonesia dengan status prioritas.

Kemudian secara administratif, pulau ini masuk dalam wilayah Kelurahan Ujung Ba’u, salah satu kelurahan di Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang. Luas wilayahnya hanya 0.4 kilometer persegi. Sangat kecil, bukan?

Satu-satunya akses menuju pulau kecil ini adalah dengan menggunakan kapal motor yang ditempuh dari Ujung Ba’u, Iboih, dan Kota Sabang.

Menariknya lagi, pulau ini tidak berpenduduk. Hanya ada petugas marinir yang bertugas secara bergantian di mercusuar.

Harapannya, jika nantinya pulau ini berkembang menjadi sebuah tempat wisata, akan ada warga dari pulau seberang yang menghuni pulau ini.

Harga Tiket Masuk Pulau Rondo

Tidak ada tiket masuk untuk liburan di sini. Artinya, Anda dan wisatawan dapat berkunjung secara gratis.

Wisatawan hanya perlu mempersiapkan budget untuk biaya transportasi kapal motor dan biaya paket tour di masing-masing tour organizer bila ingin mengunjungi pulau ini.

Daya Tarik Pulau Rondo Aceh

daya tarik pulau rondo aceh

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Meski belum secara resmi menjadi sebuah tempat wisata Aceh, pulau ini mempunyai banyak sekali daya tarik yang sebaiknya tak boleh Anda lewatkan.

Selain landscape alamnya yang masih sangat natural dan view lautnya yang sangat eksotis, ada beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan di sini. Berikut adalah beberapa contohnya.

Trekking ke Hutan

Untuk kegiatan alam yang satu ini, sebaiknya dilakukan oleh wisatawan yang sudah berpengalaman. Atau setidaknya didampingi oleh kawan yang sudah terbiasa trekking di hutan.

Alasannya, kawasan hutan di pulau ini masih sangat asli. Trekking di medan semacam ini memang membutuhkan skill yang mumpuni agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan. Ancaman cuaca ekstrim dan hewan buas, misalnya.

Jangan lupa untuk membawa bekal makanan dan minuman sendiri karena di sini tidak ada warung makan sama sekali.

Bekal makanan khas Aceh plus kopi Aceh Gayo sepertinya menjadi kombinasi sempurna. Tentunya bekal ini siap menambah stamina Anda.

Begitu sampai di dermaga, Anda akan mendapat sambutan khusus berupa anak tangga.  Jalur inilah yang akan mengantarkan Anda ke puncak. Di kanan-kiri jalur terdapat hutan tropis yang lebat.

Menariknya lagi, hutan ini adalah habitat Ular Piton khas Sumatera. Jadi, Anda wajib waspada ya selama trekking di sini.

Tepat di tengah jalur, Anda akan menjumpai sebuah bangunan tugu yang telah usang. Tugu ini adalah Tugu 0 Kilometer Indonesia.

Jangan anggap Tugu 0 Kilometer ini sama dengan titik 0 kilometer yang ada di kawasan Malioboro ya. Tugu 0 Kilometer Indonesia ini adalah penanda titik terjauh di wilayah Indonesia bagian Barat.

Spot untuk Memancing

Daya tarik lainnya dari pulau ini adalah adanya spot pemancingan yang ada di area pesisir pulau ini. Kami bisa katakan bahwa area pesisir pulau ini adalah surga bagi para pemancing.

Perairan di sini merupakan habitat berbagai jenis ikan laut, khususnya ikan tenggiri dan ikan kerapu.

Anda dan wisatawan lainnya juga dapat menikmati kegiatan memancing melalui layanan yang diberikan beberapa tour organizer.

Ada cukup banyak pilihan tour organizer yang menyertakan kegiatan memancing ini ke dalam paket tour mereka. Salsa Wisata adalah salah satunya.

Snorkeling & Diving

Snorkeling pulau rondo aceh

Alam bawah laut di kawasan perairan di pulau ini begitu indah dan belum disentuh alias masih asli. Ratusan terumbu karang hidup subur di sini.

Terumbu karang ini pastinya juga menjadi rumah sekaligus sumber makanan bagi ratusan jenis satwa laut, termasuk ikan, gurita, lobster, udang, dll. Saat mulai menyelam, akan terlihat ikan-ikan hilir-mudik di depan Anda.

Air laut yang begitu jernih tentunya akan membuat Anda betah dan ingin terus berlama-lama menikmati keindahan biota laut.

Namun perlu diingat bahwa hanya wisatawan bersertifikat yang boleh melakukan snorkeling atau diving di laut sekitar pulau ini.

Berwisata di Pulau Terdekat, Pulau Weh

Pulau ini memang tak banyak menawarkan tempat rekreasi. Tempat ini memang lebih cocok untuk para pecinta alam dan pecinta laut.

Namun jika Anda ingin mencari destinasi wisata untuk acara liburan keluarga, Anda bisa langsung menyeberang ke Pulau Weh.

Di sini, Anda akan menemukan cukup banyak pilihan tempat wisata. Sebut saja wisata untuk berenang, wisata kuliner khas Aceh, dan masih banyak lainnya.

Manfaatkan jasa rental mobil dari Salsa Wisata untuk mempermudah perjalanan Anda menuju destinasi wisata pilihan Anda di Pulau Weh. Untuk liburan keluarga, paket rental mobil Fortuner Aceh pastinya sangat recommended untuk Anda.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Rondo

Segala macam fasilitas yang tersedia ini sangat terbatas dan hanya untuk para tentara yang bertugas. Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain toilet, dapur umum, mess, dan dermaga.

Sedang untuk penerangan, para tentara memanfaatkan panel-panel solar sebagai sumber listrik.

Lokasi dan Rute Menuju Pulau Rondo

Secara administratif pulau ini terletak di Kelurahan Ujung Ba’u, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Provinsi Aceh. Lokasi ini bisa Anda jangkau dengan menggunakan kapal nelayan atau kapal motor.

Jika Anda dari Kota Sabang, Anda bisa langsung menuju ke pulau ini dengan menempuh perjalanan selama 40 menit hingga 2 jam tergantung jenis kapal apa yang Anda gunakan.

Jam Operasional Pulau Rondo

Pulau kecil ini buka setiap hari selama 24 jam. Setiap wisatawan yang akan berkunjung ke pulau ini wajib lapor kepada petugas TNI yang bertugas.

Hindari berkunjung di malam hari. Selain rawan dengan serangan binatang buas, khususnya ular piton, penerangan yang terbatas tentu sangat berbahaya bagi Anda.

Perjalanan di malam hari dengan menggunakan kapal juga dinilai cukup berbahaya mengingat ombak laut yang besar.

Pulau Rondo dengan potensi wisata dan SDM yang melimpah adalah aset bagi Indonesia.

Dengan tata kelola yang matang dan didukung dengan promosi yang gencar, tempat ini tentu akan menjadi destinasi wisata populer Indonesia selanjutnya. Senasib dengan Nusa Lembongan, Bali, yang kini ramai oleh turis.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)