SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Deskripsi: Berikut informasi lengkap HTM, fasilitas, lokasi, dan jam buka Pura Pucak Mangu yang terkenal keunikannya berada di atas puncak Gunung Catur.

Sebagai mayoritas penduduk lokal yang menganut agama Hindu, banyak tersebar pura di Pulau Dewata sebagai tempat peribadatan umat Hindu. Dari sekian Pura di Bali, beberapa pura lain berada di lokasi yang tak biasa, seperti Pura Tanah Lot di tengah laut. Selain itu, ada juga Pura Pucak Mangu yang lokasinya terletak di atas puncak Gunung Catur.

Di mana Gunung Catur merupakan gunung tertinggi keempat di Bali dengan ketinggian 2096 mdpl. Posisi pertamanya diduduki oleh Gunung Agung dengan ketinggian 3031 mdpl. Oleh karena itu butuh perjuangan ekstra untuk bisa sampai di wisata pura ini. Walaupun harus bersusah payah, banyak wisatawan yang penasaran ingin melihat langsung wujudnya.

Sekilas Tentang Pura Pucak Mangu

wisata religi Pura Pucak Mangu

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Pura Pucak Mangu mempunyai menyimpan sejarah yang cukup kompleks. Masyarakat setempat meyakini bahwa keberadaan pura ini sudah ada sejak zaman Bali Kuno. Terbukti terdapat batu linga besar di pelataran halaman utama pura.

Selain itu keberadaan pura dikaitkan dengan salah seorang tokoh pendiri Kerajaan Mengwi, yaitu I Gusti Agung Putu. Walaupun sebagai salah satu tokoh pendiri Kerajaan Mengwi, yang menduduki sebagai kerajaan pertama yaitu I Gusti Agung Made, saudara kandungnya.

Setelah Kerajaan Mengwi mengalami kekalahan, I Gusti Agung Putu memilih bertapa di pedalaman hutan untuk menenangkan pikiran. Pada saat melakukan perjalanan spiritualnya, ia mengalami kesulitan dalam melalui hutan yang sangat lebat.

Suatu ketika ia secara tak sengaja menemukan reruntuhan bangunan linggih lengkap dengan batu lingganya. Di sinilah akhirnya I Gusti Agung Putu bertapa dan menemukan jati dirinya. Semenjak itu ia bangkit kembali dan berusaha mengambil alih kekuasaan Kerajaan Mengwi.

Setelah mendapatkan kemenangan I Gusti Agung Putu mengambil alih tahta kerajaan. Pada masa pemerintahannya, Pura Pucak Mangu sempat direnovasi dan dibangun sejumlah pelinggih. Kompleks Pura Pucak Mangu sendiri mempunyai ukuran lahan yang cukup luas dengan lebarnya 14 meter dan panjangnya mencapai 24 meter.

Di dalamnya, Anda dapat menjumpai deretan pelinggih dan bangunan yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Lingga setinggi 60 cm adalah salah satunya.

Masyarakat Bali sendiri khususnya umat Hindu cukup mensakralkan pura ini. Karena menganggap Pura Pucak Mangu bagian dari Pura Kahyangan Jagat. Pura Kahyangan Jagat merupakan pura yang tersebar di sembilan arah mata angin di mana akan menjaga kutukan dan kesialan dari segala arah.

Harga Tiket Masuk Pura Pucak Mangu

Kabar baiknya, untuk bisa melakukan pendakian ke atas puncak Gunung Catur, Anda tak perlu merogoh kocek sama sekali alias gratis. Asalkan harus mematuhi peraturan pendakian yang ada seperti selalu menjaga kebersihan dan larangan memberikan makanan kepada monyet liar pegunungan.

Namun bila datang dengan membawa kendaraan, Anda harus membayar retribusi parkir. Besaran biayanya tergantung dari kendaraan yang Anda bawa. Untuk lebih jelasnya bisa lihat pada tabel harga di bawah ini.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Lokasi Pura Pucak Mangu

Lokasi Pura Pucak Mangu

Pura Pucak Mangu ini terletak di puncak gunung tertinggi keempat di Bali yakni Gunung Catur dengan ketinggian 2096 mdpl . Sedangkan Gunung Catur sendiri terletak di wilayah Banjar Tinggan, desa Pelaga, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Bali.

Akses jalan menuju ke basecamp Gunung Catur sudah cukup bagus. Anda bisa mengunjunginya dengan kendaraan motor atau layanan rental mobil pajero sports Bali.

Untuk menuju ke objek wisata ini, Anda dapat berangkat dari Denpasar melalui jalur darat. Jarak tempuh dari kota Denpasar menuju Pura Pucak Mangu di Gunung Catur Badung yaitu sekitar 31 km. Perjalanannya akan melalui dataran tinggi pegunungan. Sehingga jangan heran bila sepanjang kiri dan kanan jalan, Anda dapat menikmati pemandangan alam hijau yang indah dan mempesona.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Miqdad Aufa

I am Groot
By Categories: Bali, Destinasi

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)