earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Bali dengan julukan Pulau Dewata merupakan destinasi wisata paling lengkap yang pernah ada di Indonesia. Berbagai jenis atraksi wisata tersedia di sini, mulai dari pantai hingga gunung seperti misalnya Gunung Agung.

Terletak di sebuah dataran tinggi, gunung ini menjadi destinasi wisata pelengkap wisata-wisata pantai terkenal di Bali.

Dengan suguhan panorama hutan dan gunung yang hijau membuat Bali menjadi surga dunia bagi wisatawan. Tak heran jika tempat wisata di Bali ini tak pernah sepi dari kunjungan para wisatawan.

Seputar Gunung Agung

Wisata Gunung Agung

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Gunung suci masyarakat Bali ini terletak di Kecamatan Rendang, salah satu kecamatan di Kabupaten Karangasem. Tingginya mencapai 3.031 mdpl dan menjadi gunung tertinggi di Bali.

Sama seperti Gunung Papandayan, gunung ini juga masuk dalam daftar gunung yang masih aktif di Indonesia. Terakhir kali terjadi erupsi sekitar tahun 2017 lalu.

Jenisnya sendiri termasuk dalam tipe gunung stratovolcano seperti kebanyakan gunung api di Indonesia. Tipe stratovolcano adalah tipe gunung api dengan ciri khas puncak lancip mengerucut.

Bentuk puncak semacam ini membuat isi dapur magma keluar dengan kekuatan yang dahsyat.

Gunung yang menjadi tujuan wisata pendakian ini tak hanya menyuguhkan keindahan alam khas pegunungan saja. Melainkan juga memiliki daya tarik lain yang  tidak ada pada gunung-gunung api lainnya.

Daya tarik tersebut, tak lain tak bukan adalah keberadaan sebuah pura yang masih aktif untuk kegiatan sembahyang bagi masyarakat sekitar. Pura tersebut merupakan Pura Besakih, salah satu pura penting di Bali.

Gunung ini juga memiliki sebuah kawah yang sangat dalam dan berukuran besar. Terkadang kawah ini mengeluarkan uap air dan asap dari material belerang.

Nah, dari puncak, pengunjung dapat melihat puncak gunung api lainnya yang lokasinya berdekatan dengan gunung ini. Sebut saja Gunung Rinjani di sisi Timur.

Selain itu, terlihat pula pemandangan indah Nusa Penida di sisi Selatan gunung. Sedangkan di sisi Barat Laut, kemegahan dan pesona Gunung Batur dan Pantai Sanur bisa Anda nikmati dari puncak.

Daya Tarik Wisata Gunung Agung

Pemandangan Gunung Agung dari Pura Besakih

Bagi sebagian besar wisatawan yang sudah pernah berkunjung kesini, mereka mengakui bahwa tempat wisata Bali ini adalah tempat yang istimewa.

Ada banyak daya tarik yang akan didapat ketika datang ke tempat ini. Berikut daftarnya:

Tempat Sakral bagi Umat Hindu

Keyakinan umat Hindu mengatakan bahwa Tuhan menempati tempat tertinggi. Lalu, sebagai puncak tertinggi di Bali, masyarakat sekitar meyakini puncak gunung ini sebagai tempat di mana Tuhan bersemayam.

Oleh karena itu, hampir seluruh warga bali menyebut kawasan puncak tersebut tempat yang suci dan sakral. Tempat ini juga sering menjadi salah satu pusat berbagai upacara keagamaan umat Hindu.

Di waktu tertentu, sebagian besar umat Hindu meminta air suci atau tirta di kawasan ini.

Bukan hanya para dewa, warga lokal juga mempercayai kawasan gunung dan sekitarnya merupakan tempat tinggal arwah para leluhur.

Meski dengan segala nilai kekeramatan dan kesucian tersebut, bukan berarti Anda para wisatawan tidak boleh berkunjung ke sini. Kawasan gunung dan area sekitarnya tetap terbuka untuk kunjungan wisata.

Tentunya, sebagai tamu di tempat suci ini, para wisatawan wajib mengetahui segala pantangan dan larangan yang berlaku.

Pura Besakih

Selain trekking dan pendakian, Anda juga akan mendapat menyaksikan arsitektur dan kekayaaan budaya di salah satu pura terbesar di Bali. Pura tersebut tak lain dan tak bukan merupakan Pura Besakih.

Spot di sekitar pura selalu ramai karena di spot ini, Anda dapat langsung menyaksikan puncak gunung api yang menawan dari kejauhan. Tentu Anda juga dapat menyaksikan upacara keagamaan di pura ini.

Tapi ingat, semua pengunjung atau wisatawan yang memasuki kawasan pura ini tidak boleh melanggar pantangan. Salah satunya yaitu larangan untuk membawa bekal berupa hasil olahan daging sapi.

Pantangan lainnya adalah untuk wisatawan perempuan yang sedang datang bulan, mereka sebaiknya tidak memasuki kawasan suci ini. Pantangan yang sama juga berlaku di Pura Lempuyang dan pura-pura lainnya.

Puncak

Terdapat dua buah puncak, yaitu Puncak 2 yang dapat Anda tempuh melalui jalur Selatan, jalur Pura Pasar Agung. Puncak ini berada di ketinggian 2.000 mdpl.

Meski masih ada puncak yang lebih tinggi, spot puncak ini juga tetap suguhkan pemandangan alam yang sungguh memukau.

Ketinggian ini sudah membawa Anda di titik di mana Anda dapat melihat hamparan awan dan juga kawah.

Puncak ini juga kerap menjadi tujuan utama para wisatawan karena waktu tempuh pendakian yang lebih singkat. Pastinya cocok untuk para pendaki pemula.

Fasilitas Wisata di Gunung Agung

Di lereng gunung, terdapat fasilitas situs suci untuk sembahyang umat Hindu, yaitu Pura Besakih. Sementara di kaki gunung, Anda bisa menjumpai banyak pilihan restoran untuk Anda yang hobi wisata kuliner khas Bali yang enak.

Fasilitas umum seperti toilet umum dan area parkir juga pastinya mudah sekali untuk Anda jumpai di kaki gunung dan kawasan pura.

Spot foto cantik dan juga fasilitas eksklusif lainnya juga dapat Anda jumpai di area kaki gunung api ini.

Kemudian jika Anda ingin mencari oleh-oleh, Anda dapat menemukannya di sentra oleh-oleh di sepanjang jalan menuju wisata ini. Produk yang tersedia juga beraneka ragam. Mulai dari makanan hingga souvenir unik.

Anda hanya perlu memilih jenis oleh-oleh khas Bali murah yang kiranya pantas Anda berikan kepada sahabat atau keluarga di rumah.

Wisatawan di sini juga akan ditemani dengan seorang guide yang siap mengantarkan Anda hingga ke pura dan puncak. Selain itu, ada juga fasilitas ojek yang juga akan mengantarkan Anda hingga ke titik awal pendakian.

Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Agung

Pemandangan Gunung Agung dari Pura Lempuyang

Untuk memulai pendakian, Anda perlu membeli tiket masuk atau mengurus SIMAKSI dengan tarif retribusi tiket masuk yang murah. Tarif ini belum termasuk tarif parkir kendaraan.

Ada juga pilihan paket tour wisata Bali dari banyak biro perjalanan yang siap memudahkan perjalanan Anda mendaki. Namun, untuk tarif masuk wisata non-paket, berlaku sebagai berikut:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp20.000,00
Ojek Rp70.000,00

Lokasi dan Rute Menuju Gunung Agung

Lokasi Gunung Agung

Wisata alam ini berlokasi di Dusun Jungutan, Desa Bebandem, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali. Karena lokasi ini tidak terjangkau oleh transportasi umum, Anda harus menggunakan kendaraan pribadi.

Atau bagi wisatawan yang tidak membawa kendaraan pribadi, Anda bisa gunakan mobil sewa dari penyedia jasa sewa mobil terpercaya di Bali.

Salsa Wisata adalah salah satunya. Terdapat beberapa opsi paket sewa mobil yang dapat Anda pilih. Salah satu paket yang cocok untuk perjalanan wisata ke gunung adalah paket sewa mobil Pajero Sport Bali murah.

Bodinya yang sporty dan performanya yang gahar sudah pasti akan mudah lalu lalang di jalur khas pegunungan.

Jam Operasional Wisata Gunung Agung

Wisata alam dengan tujuan utama puncak dan juga Pura Besakih ini buka setiap hari selama 24 jam penuh. Nah, agar Anda mendapat momen liburan terbaik, pastikan Anda berkunjung di waktu kunjungan terbaik.

Salah satu waktu terbaiknya adalah saat musim kemarau di mana jalur pendakian tidak akan licin akibat hujan.

Kemudian, pastikan juga Anda tidak berkunjung bersamaan dengan waktu-waktu upacara keagamaan di pura. Pada waktu tersebut pura akan tutup untuk wisatawan selam penyelenggaraan upacara berlangsung.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (3 votes)