SalSari Resto & Coffee

Salah satu tempat wisata di Tegal yang lagi hits yang menyita perhatian wisatawan adalah Purwahamba Indah. Destinasi ini berupa pantai dengan pemandangan yang indah dan begitu mempesona.

Menghabiskan liburan ke pantai memang bisa menjadi pilihan terbaik. Apalagi jika Anda mengajak keluarga untuk healing bersama. Dan objek wisata yang terkenal dengan nama Pur’in ini sangat cocok untuk acara liburan keluarga.

Sebab, selain lokasinya yang sangat strategis dan dekat dengan pusat kota, fasilitasnya juga lengkap. Pengunjung tak hanya bisa melihat keindahan pantai atau bermain di area pantai. Mereka juga bisa bermain-main di kolam renang, waterboom, dan mini zoo.

Sekilas Tentang Pantai Purwahamba Indah

harga tiket masuk pantai pur'in tegal

Pantai Purwahamba Indah sangat populer di kalangan wisatawan terutama mereka yang berasal dari Tegal dan sekitarnya. Area garis pantainya memiliki luas hingga 13.5 Hektar. Garis pantainya juga cukup panjang dan konturnya landai.

Salah satu yang unik dan menjadi pemikat dari objek wisata ini adalah adanya sebuah waterboom lengkap dengan wahana bermainnya. Jika Anda pernah berlibur ke waterpark di Kuningan Cirebon, suasananya sangat mirip dengan suasana di waterboom ini.

Tidak hanya anak-anak saja yang bisa bermain, sebab kawasan wisata ini cocok untuk semua usia, seperti remaja hingga orang dewasa. Terlebih bagi Anda yang bisa berenang, maka bisa bermain air sepuasnya baik di pantai maupun di waterboom.

Harga Tiket Masuk Pantai Purwahamba Indah

Untuk bisa masuk ke kawasan wisata pantai ini, Anda harus membeli tiket masuk di loket yang tersedia. Harga tiket masuk Purwahamba Indah Tegal yang harus Anda beli tidaklah mahal.

Besaran harga tiket untuk anak-anak dan pengunjung dewasa juga dibedakan. Demikian juga harga tiket selama kunjungan di hari kerja dan hari libur. Semua informasi tentang harga tiket masuk kolam renang Pur’in Tegal bisa Anda akses di tabel di bawah ini:

Retribusi Tarif Weekday Tarif Weekend
Tiket Masuk – Anak Rp2.500,00 per orang Rp3.000,00 per orang
Tiket Masuk – Dewasa Rp3.000,00 per orang Rp3.500,00 per orang

Tiket yang murah, bukan? Bahkan dengan harga tiket yang murah ini, Anda masih bisa menyisihkan uang Anda untuk kulineran di sekitar. Ada cukup banyak referensi resto yang siap manjakan lidah Anda dengan ragam makanan tradisional Jawa.

Rute Menuju Lokasi Pantai Purwahamba Indah

objek wisata purwahamba indah tegal

Lokasi Purwahamba Indah berada di Desa Purwahamba, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Bagi Anda yang ingin rekreasi ke tempat ini maka bisa menggunakan kendaraan berupa mobil atau motor.

Letaknya tepat di Jalan Raya Tegal-Pemalang sehingga sangat mudah Anda akses karena merupakan jalur lintas antar kota. Pantai ini berada di jalur Pantura dan bisa Anda akses dari Semarang, Brebes, Pekalongan, dan kota-kota lainnya.

Jika Anda berangkat dari pusat Kota Tegal, maka akan membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke lokasi. Jika Anda dari kota seperti Jakarta, Bandung atau Bogor, maka bisa menggunakan Jalan Tol Cipali.

Karena aksesnya sangat mudah, Anda bisa tiba di objek wisata ini dengan kendaraan apapun. Termasuk kendaraan berkapasitas besar seperti bus pariwisata dengan harga sewa bus pariwisata harian yang murah.

Daya Tarik Wisata Pantai Purwahamba Indah

Pantai Pur’in menjadi destinasi yang cocok untuk menghabiskan liburan akhir pekan. Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas menarik selama berada di sini.

Keberadaan waterboom membuat rekreasi Anda lebih menarik. Jadi, selain bermain di pantai Anda juga bisa puas bersenang-senang di area waterboom.

Selain pantai dan waterboom, ada cukup banyak hal menarik lainnya yang perlu Anda ketahui dari objek wisata ini. Berikut rangkumannya:

Bermain di Waterboom

waterboom pantai purwahamba indah tegal

Jika Anda membawa anak-anak, ajaklah mereka untuk bermain di waterboom. Ya, selain bermain air di tepian pantai, anak-anak juga bisa puas berselancar dan bersenang-senang di waterboom.

Ada berbagai permainan yang tersedia. Mulai dari kereta mini, taman, hingga sepeda air. Anda bisa berkeliling dengan kereta mini seperti yang biasa Anda jumpai di Alun-Alun Tegal.

Selain itu, taman yang cantik juga bisa menjadi spot foto selain panorama laut. Taman di sini selalu menjadi incaran anak-anak dan orang tuanya yang ingin bermain serta foto bersama.

Wahana yang tentu saja menjadi primadona di sini adalah waterboom. Anak-anak bisa bermain air sekaligus berseluncur dengan riang di spot tersebut.

Kebun Binatang Mini

Sempatkan untuk berkunjung ke kebun binatang mini yang terdapat di pantai ini. Meski tidak seperti Kebun Binatang Ragunan di Jakarta, kebun binatang mini ini bisa menjadi sarana edukatif bagi anak-anak.

Ada berbagai binatang yang menambah seru liburan Anda bersama keluarga. Anda juga bisa memberi mereka makan dengan makanan yang sudah tersedia. Anak-anak pasti akan menyukai kegiatan ini.

Suasana Pantai

wisata pantai pur'in tegal

Sesampainya di kawasan pantai, Anda akan melihat hamparan pasir pantai dan suara deburan ombak yang menyambut. Pasir pantai ini berwarna hitam, tidak seperti Pantai Tanjung Pasir di Banten.

Meski berwarna hitam, suasana di pantai ini tetap cantik. Panorama alam yang tersaji tetap indah dan Anda bisa melakukan berbagai kegiatan menarik seperti mencari kerang atau bermain pasir.

Pasir pantai juga terasa sangat lembut di kaki. Pasir tersebut sangat bersih meski warnanya hitam, kebersihan di tempat ini memang sangat terjaga karena pihak pengelola dan masyarakat selalu aktif membersihkannya.

Jika bersantai di tepian pantai, Anda akan merasakan angin sepoi-sepoi yang berasal dari laut. Selain itu, keberadaan pepohonan yang cukup rindang juga membuat suasana semakin asri.

Fasilitas di Pantai Purwahamba Indah

fasilitas wisata purwahamba indah

Wisata favorit warga Tegal dan sekitarnya ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan siap memanjakan pengunjung. Ada area parkir yang cukup luas dan mampu menampung banyak kendaraan.

Setelah itu memasuki area wisata, ada kolam renang Purwahamba Indah Tegal lengkap dengan berbagai permainan menariknya. Kemudian ada warung makan yang menyediakan berbagai hidangan, mulai dari makanan khas Jawa Tengah yang awet hingga makanan berat.

Jika Anda ingin bersantai sambil mentanyap makanan, maka bisa singgah ke gazebo yang tersedia. Jika memasuki waktu ibadah dan Anda ingin melaksanakan shalat, maka bisa melakukannya di mushola umum.

Selain itu, ada juga toilet, kamar mandi, dan kamar ganti yang tersebar di beberapa spot. Jangan lupakan kios-kios yang menyediakan cinderamata menarik, Anda bisa membelinya untuk oleh-oleh.

Jam Buka Wisata Pantai Purwahamba Indah

Jika Anda ingin berkunjung ke Pantai Pur’in, bisa datang di hari apa saja karena tempat ini buka dari Senin hingga Minggu. Karena wisata ini buka setiap hari dan jam buka Purwahamba Indah ini 24 jam, Anda bebas tentukan jadwal kunjungan.

Waktu terbaik untuk datang ke tempat wisata hits ini adalah ketika pagi dan sore hari. Karena jika siang hari, terik matahari akan cukup terasa menyengat.

Anda bisa datang lebih awal untuk menikmati suasana pantai yang lebih sepi. Kemudian, jangan lupa untuk membeli cemilan khas Jawa Tengah ketika Anda ingin pulang.

Itulah informasi mengenai Pantai Purwahamba Indah yang berada di Tegal, Jawa Tengah. Jika Anda tertarik, maka segera atur jadwal untuk berkunjung ke sana bersama keluarga. Anda bisa menghubungi Salsa Wisata yang akan mengurus perjalanan Anda. Dengan paket wisata murah, Anda bisa keliling Tegal dengan nyaman.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)